Cara menghilangkan kutu kucing

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara menghilangkan kutu kucing – Jika kamu melihat kucing kesayangannya sering menggaruk tubuhnya, maka kamu patut mewaspadai adanya kutu yang hidup di bulu kucing. Jangan anggap remeh masalah kutu, karena bisa menyebabkan permasalahan yang cukup serius.

Kutu yang bersemayam di bulu-bulu kucing memang awal kali hanya menyebabkan rasa gatal, namun jika tidak ditangani bisa berubah menjadi iritasi dan infeksi kulit. Bahkan di beberapa kasus, si kucing bisa berusaha menggigit bagian tubuhnya yang terasa gatal.

Kutu memang sangat senang hidup di area yang gelap dan hangat, rambut di kepala manusia dan di tubuh hewan seperti kucing adalah habitat yang sangat baik bagi si kutu. Jika koloni kutu sudah sangat banyak tidak terkendali, maka akan menjadi masalah kulit yang sangat serius.

Baca juga: Cara mengobati kucing cacingan

Penyebab Kucing Kutuan

Penyebab munculnya kutu pada kucing

Ada beberapa penyebab munculnya kutu pada kucing. Berikut beberapa penyebab tersebut dan juga penjelasannya.

1. Dari Manusia

Meskipun jarang muncul kasus akibat dari penyebab yang pertama ini, namun bukan berarti kasus seperti ini tidak mungkin terjadi. Kutu sering kali memanfaatkan manusia sebagai alat transportasi atau perantara untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dari satu lingkungan ke lingkungan lainnya.

Hingga akhirnya kutu hinggap di kucing peliharaan. Dengan manusia sebagai perantaranya, kutu bisa berpindah dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya, termasuk berpindah ke kucing kesayanganmu.

2. Tertular Ketika Berada di Dokter Hewan

Dokter hewan merupakan tempat bertemu dan bercampurnya segala hewan dengan beragam kondisi, mulai dari yang sehat, kotor, bersih, sakit hingga berkutu. Maka dari itu, bisa saja kucing kamu tertular kutu dari dokter hewan.

Hal ini memang sulit sekali untuk dihindari dan diketahui. Karena, proses penyebaran kutu dari hewan atau kucing lain ke kucing kamu itu tidak bisa dilihat secara langsung dengan kasat mata. Oleh karena itu, perawatan menghilangkan kutu kucing di dokter hewan saja tidak cukup, kamu juga perlu menghilangkannya secara mandiri di rumah ketika membersihkannya.

3. Tertular Dari Hewan Pengerat

Kucing merupakan predator alami tikus. Jadi, kadang ada naluri dari kucing untuk memburu tikus. Tikus sendiri merupakan salah satu hewan pengerat yang bisa menularkan kutu dan penyakit. Karena, seperti yang kita semua ketahui dan sepakati bahwa tikus merupakan hewan kotor yang kerap kali menjadi perantara wabah atau penyakit berbahaya.

Jadi, bisa saja penyebab kutu kucing berasal dari hewan pengerat yang satu ini. Kalau di rumah kamu ada banyak sekali tikus, sebaiknya kamu waspada dan segera membasminya. Selain untuk menjaga kucingmu dari kutu, membasmi tikus juga akan meningkatkan kebersihan lingkungan rumah.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

Menghilangkan kutu kucing dengan sunlight

Kutu-kutu yang terdapat pada tubuh kucing bisa juga berpindah ke badan kita jika kita bersentuhan dengannya. Sehingga sangat penting untuk kamu mengetahui cara menghilangkan kutu kucing. Kami merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara menghilangkan kutu kucing yang ampuh.

1. Usapkan Minyak Telon

Ternyata cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu yang menempel pada bulu kucing kesayangan kita. Kandungan alami pada minyak telon bisa menyingkirkan kutu. Caranya adalah dengan mengusapkan minyak telon ke tubuh kucing. Dan pastikan setelah pemakaian, bersihkan dengan cara mandikan agar minyak telon yang menempel tidak dijilati kucing.

2. Memandikan Si Kucing

Sebagaimana manusia yang bisa membersihkan tubuhnya dengan cara memandikan kucing. Maka kutu di dalam bulu-bulu kucing juga bisa hilang dengan cara demikian. Bahkan telur-telur kutu juga bisa ikut hilang terkena guyuran air. Memang tidak semua kucing suka dengan kegiatan ini, tapi biasanya kucing peliharaan suka bermain air.

3. Oleskan Minyak Kelapa

Vitamin E yang terdapat pada minyak kelapa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu-bulu kucing. Tentunya juga dapat mencegah munculnya kutu yang menyebabkan si kucing gatal.

4. Basmi Dengan Daun Sirsak

Jika kutu rambut pada bulu kucing masih membandel, maka gunakan daun sirsak untuk membasminya. Haluskan daun sirsak sampai bertekstur mirip pasta, lalu usapkan ke bagian yang gatal. Dijamin kutu rambut bakal mati bahkan telur-telurnya pun tidak akan menetas.

5. Menyisir Bulu Kucing

Kegiatan ini umum dilakukan orang untuk merapikan bulu kucing. Namun sebenarnya juga bisa menyingkirkan kutu rambut yang ada di bulu kucing. Semakin rapat sisir rambutnya, maka akan semakin efisien untuk mengeluarkan kutu dari bagian paling bawah bulu kucing.

6. Gunakan Shampoo Penghilang Kutu Alami

Jika ingin hasil yang maksimal saat memandikan kucing, maka gunakan shampoo yang berbahan dasar alami untuk mempercepat menyingkirkan kutu yang hinggap di badan kucing. Shampoo ini bisa membuat kutu-kutu pada kucing mati dan menyingkirkan telur-telur kutu yang ada.

Pemakaian shampoo ini walaupun berbahan dasar alami seperti lidah buaya atau zinc janganlah terlalu sering. Setelah kutu-kutu telah hilang, tetap mandikan kucing secara rutin untuk mencegah munculnya kutu.

7. Batasi Kucing Bermain Di Luar

Seringkali lingkungan bermain kucing yang kotor menjadi penyebab munculnya kutu. Batasi kucing bermain di luar bisa menjaga kesehatan bulu-bulunya. Termasuk mencegah bertambahnya kutu pada bulunya.

8. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Aroma minyak kayu putih dipercaya ampuh mengusir kutu. Tapi pastikan si kucing mandi selepas diolesi minyak, karena jika terjilat oleh si kucing, bisa muntah atau kucing gak mau makan.

9. Semprotkan Air Cuka

Kutu rambut yang ada di bulu kucing sangat tidak suka dengan cuka. Sehingga kamu bisa menggunakan bahan alami ini untuk menyingkirkan kutu yang mengganggu tersebut. Campurkan terlebih dahulu cuka dengan air dengan perbandingan 50:50. Masukkan ke botol semprot lalu semprotkan secara merata ke badan kucing.

Ingat, jangan sampai kena mata atau area luka terbuka karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau perih pada kucing. Gunakan sisir untuk mempermudah meratakan air cuka. Selain itu cuka juga bisa digunakan untuk mengobati kucing mencret.

10. Semprotkan Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang tidak disukai oleh kutu. Peras lemon dan campur dengan air, masukkan ke alat penyemprot, lalu semprotkan merata ke bulu kucing. Cara ini cukup ampuh menghilangkan kutu.

11. Menggunakan Cuka Apel

Kandungan yang sama antara cuka apel dengan lemon, menjadikan cuka apel juga bisa menjadi cara alami untuk mengusir kutu pada kucing.

12. Jus Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan kutu kucing di rumah yang sangat alami adalah menggunakan jus lidah buaya. Di daerah tropis seperti Indonesia, tanaman lidah buaya tumbuh dengan sangat subur. Kamu akan sangat mudah menemukannya. Lidah buaya sudah dikenal lama sebagai bahan utama produk kesehatan rambut. Tambahkan sedikit cabe pada jus lidah buaya, cukup efektif mengusir kutu yang ada pada kucing.

13. Mandi Air Garam

Garam juga bisa digunakan untuk menyingkirkan kutu pada kucing kesayangan kamu. Campurkan garam ke bak air yang akan digunakan untuk berendam si kucing. Mandikan kucing dengan air garam hangat agar kutu dan telurnya bisa hilang.

14. Memakai Obat Kutu Yang Alami

Ada beberapa merk untuk obat kutu yang berbahan alami. Salah satu yang sering dijumpai adalah fluffy cat. Ini adalah salah satu cara yang paling efisien untuk membasmi kutu biang gatal. Kamu bisa membelinya disini.

15. Gunakan Minyak Zaitun

Menghilangkan kutu kucing di rumah yang bisa kamu lakukan dengan gampang adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini sangat mudah kamu dapatkan di minimarket dekat rumah. Caranya adalah dengan dioleskan ke permukaan kulit si kucing.

16. Bawang Putih

Bahan alami ini sangat mudah kamu jumpai di dapur rumah. Sifat anti bakteri dan kuman yang ada di bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu yang hinggap di hewan kesayangan kamu. Caranya cukup mudah yakni blender bawang putih dengan air secukupnya, lalu oleskan merata ke bulu kucing.

17. Oleskan Mayonnaise

Ternyata mayonnaise tidak hanya sebagai bahan tambahan pada makanan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengusir kutu. Dan tentunya tidak masalah jika si kucing menjilatinya.

18. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur atau mouth wash ternyata cukup ampuh untuk mengusir kutu rambut. Gunakan pada bulu kucing layaknya keramas. Lalu jangan lupa bilas, dijamin kutu rambut bakal hilang.

19. Alkohol

Ini adalah cara alami untuk menghilangkan kutu kucing yang bisa dibilang efisien. Gunakan produk yang kandungan alkoholnya sekitar 70%. Ternyata sifat anti bakteri juga bisa mengatasi kutu rambut kucing juga.

20. Menggunakan Petroleum Jelly

Sama halnya dengan minyak zaitun, petroleum jelly juga bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut. Usapkan merata ke bulu kucing kesayangan, diamkan beberapa saat lalu bersihkan.

Baca juga: Ciri ciri kucing sakit dan cara mengobatinya

21. Menggunakan Air Cucian Beras

Jika kamu selesai mencuci beras, janganlah membuang sisa air bekas cuciannya. Karena bisa kamu gunakan untuk memandikan kucing yang sedang terkena serangan kutu. Beberapa pengalaman para pecinta kucing yang mengalami masalah kutu rambut, air cucian beras ternyata mampu merontokkan kutu dari bulu-bulu kucing.

Demikian cara menghilangkan kutu kucing. Dan jika cara-cara alami diatas masih belum mampu mengatasi masalah kutu pada kucing kamu, maka kami sarankan anda membawa si kucing ke dokter hewan terdekat. Karena bisa jadi penyebab kutu masih membandel sangatlah kompleks atau sebab yang tidak umum. Terima kasih sudah mengunjungi Sudutkebun.