Kucing tidak mau makan

Kucing Tidak Mau Makan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, sebagai pecinta kucing kamu harus mengetahui berbagai macam permasalahan mengenai kucing, seperti mengapa kucing tidak mau makan. Untuk itu hari ini Sudut Hewan akan memberikan penyebab dan cara mengatasi kucing yang gak mau makan.

Kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia selain anjing, karena kucing merupakan hewan yang lucu, imut, dan menggemaskan sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, kucing juga merupakan hewan peliharaan yang rentang terserang penyakit.

Apabila kucing milikmu sudah lama tidak nafsu makan, maka itu merupakan pertanda buruk karena jika kucing tidak makan sehari saja ia dapat merusak metabolisme yang ada pada tubuhnya, sehingga menyebabkan hepatik lipidosis atau terserangnya organ hati kucing.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Sebelum kamu mengetahui penyebab-penyebabnya, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu apakah kucing kamu hanya tidak mau makan saja atau disertai beberapa hal lainnya, seperti muntah-muntah, mencret, atau dia hanya mau minum saja. Semua itu harus kamu perhatikan terlebih dahulu agar nanti ketemu apa penyebab sebenarnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika kamu sudah tahu masalah yang terjadi pada kucingmu saat ini, maka berikut adalah penyebab yang mungkin terjadi.

1. Bosan Dengan Makanannya

Sama seperti manusia yang suka bosan terhadap suatu makanan, kucing juga memiliki kesukaan makanannya sendiri. Jadi jika kamu selalu memberikan makanan yang itu-itu saja maka itu menjadi penyebab dia tidak mau makan.

Untuk itu coba lah ganti jenis makannya dan variasikan. Misalnya kamu selalu memberikan makanan yang kering setiap harinya maka mulai sekarang coba lah beri dia makanan kucing yang basah. Sebagai variasi untuk menjaga nafsu makannya.

2. Makanannya Tidak Bersih

Kucing memiliki indera penciuman yang dapat membedakan mana makanan yang masih layak dimakan atau tidak. Dia tidak akan mau memakan makanan yang tidak bersih dan makanan yang sudah kadaluwarsa. Sebelum kamu memberi makanan kepada kucing, hendaknya pastikan makanan tersebut bersih dan higienis sehingga layak untuk dikonsumsi.

3. Tempat Makan Lembab

Selain faktor makanan yang membosankan dan makanannya tidak bersih dan tidak higienis, tempat makan yang lembab juga merupakan faktor penyebab kucing tidak mau makan. Untuk itu sebelum memberi makan kucing hendaknya keringkan tempat makannya terlebih dahulu.

4. Nafsu Makan

Penyebab ini terjadi ketika kucing sedang sakit, ketika sedang sakit biasanya kucing tidak mau makan dibarengi dengan mencret dan muntah-muntah tergantung penyakit yang menyerangnya. Untuk itu kamu juga harus membaca artikel mengenai ciri-ciri kucing sakit. Namun jika tidak dibarengi dengan hal-hal tersebut mungkin kucingmu hanya ingin makanan dari jenis yang berbeda.

5. Mulutnya Sakit

Ketika kucing sedang terserang penyakit pada mulutnya, maka dia tidak mau makan. Sama halnya dengan manusia yang akan berkurang nafsu makannya ketika mulutnya sedang sakit sariawan. Coba lah periksa mulut kucing kamu, dan lihat apakah ada luka dan mengeluarkan bau yang tidak enak.

6. Pencernaannya Sedang Terganggu

Kucing merupakan hewan yang metabolisme tubuhnya lemah, yang mengakibatkan kucing mudah terserang penyakit, tidak terkecuali pencernaannya. Yang menyebabkan pencernaan kucing terganggu adalah cacing yang ada di perutnya, atau bisa jadi karena ada benda asing yang dimakannya sehingga mengganggu pencernaan.

Ketika pencernaan kucing sedang terganggu dia akan sulit untuk makan, dan biasanya ketika pencernaan kucing sedang terganggu maka bukan hanya nggak mau makan namun disertai mencret ketika buang air besar.

7. Terserang Penyakit

Selain sakit mulut dan pencernaan, ada banyak lagi penyakit yang membuatnya tidak mau makan, seperti:

  1. Peradangan pada organ pankreas kucing,
  2. Kanker pada organ usus kucing,
  3. Hepatik lipidosis yang menyerang organ hati kucing,
  4. Dan penyakit lainnya.

8. Mengalami Stres

Ketika kucing sedang stres dia akan malas untuk makan, penyebab kucing stres ada banyak. Contohnya adalah karena sedang beradaptasi di lingkungan baru, belum lama melahirkan, kehilangan anak, trauma, dan penyebab lainnya. Untuk itu buatlah lingkungan rumahmu menjadi nyaman dan ajak kucing milikmu bermain lebih sering.

9. Faktor Cuaca

Kembali ke faktor lingkungan, cuaca juga berpengaruh loh pada nafsu makan kucing. Ketika cuaca sedang berubah-ubah maka kucing menjadi kesulitan ketika menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungan. Karena kucing dapat mengatur sendiri suhu tubuhnya maka ia akan memilih tidur dan jarang makan ketika dalam cuaca panas, sedangkan pada cuaca dingin dia membutuhkan susu hangat dan jarang makan.

10. Nafsu Birahi

Menurut pengalaman saya nafsu birahi pada kucing ini mulai memuncak ketika umur kucing hampir satu tahun, bahkan kucing milik saya selalu memaksa ibunya sendiri untuk kawin dengannya. Ketika nafsu birahi kucing sedang meningkat ada baiknya kamu menurutinya dengan cara mencari pasangannya agar dia tidak tertekan, stres, dan tidak mau makan.

Untuk itu kamu harus tahu ciri-ciri kucing kamu ingin kawin, seperti lebih agresif, lebih incah, selalu ingin keluar rumah, sering marah dengan mengeong-ngeong, terlihat gelisah, dan lain-lain. Jika kucing kamu sudah menunjukkan ciri-ciri tersebut maka carikan pasangan untuknya.

Baca juga: Ciri-ciri kucing mau mati

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Setelah kamu mengetahui penyebab-penyebab di atas dan ternyata penyebab tersebut sedang terjadi pada kucing kamu, maka selanjutnya kamu harus melakukan beberapa cara mengatasi kucing tidak mau makan di bawah ini.

1. Beri Makanan Sesuai Keinginannya

Ketika kamu memberikan makanan kucing dengan jenis yang kering dan ternyata kucing kamu tetap susah untuk makan, maka coba lah untuk membeli makanan kucing dengan jenis yang basah dan ketika kucing kamu tetap nggak mau makan. Maka, cobalah untuk mencampurkan kedua jenis makanan kucing tersebut.

Saran saya kamu jangan memberikan makanan yang sembarangan, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit dan bisa merubah sifat dari kucing yang sebelumnya. Misalnya jika kamu selalu memberikan makanan basah kepada kucing maka bisa menyebabkan munculnya karang pada gigi kucing.

2. Dekatkan Makanan Ke Hidungnya

Untuk meningkatkan nafsu makan kucing bisa dilakukan dengan cara ini. Jika kucing kamu sudah malas makan, coba lah untuk menyodorkan makanan ke hidungnya, cara ini sudah saya coba sendiri. Dan memang awalnya tetap tidak mau makan, namun kamu harus sabar dan tetap mencoba namun pastikan makanannya sudah makanan yang diinginkan olehnya.

3. Suapi Makanan Ke Mulutnya

Ketika kucing kamu sedang malas makan, lemas dan hanya berdiam diri saja. Maka sudah menjadi tugas kamu untuk menyuapinya, namun kamu harus memberikan makanan basah kepadanya, jika kamu hanya memiliki makanan kucing yang kering maka kamu bisa menghancurkan terlebih dahulu dengan air panas. Kamu bisa menyuapinya dengan sendok yang berukuran kecil, namun kamu harus bersabar dalam menyuapi kucing.

4. Pastikan Makanan dan Tempat Makannya Bersih

Untuk mengatasi kucing susah makan kamu harus memastikan makanan yang diberikan merupakan makanan yang bersih dan higienis, dan jangan lupa tempat makannya juga harus bersih dan dikeringkan terlebih dahulu.

5. Beri Obat Sakit Mulut

Jika kucingmu memiliki luka dimulutnya dan mengeluarkan bau yang tidak enak, maka kamu harus pergi untuk membeli obat sakit mulut, kamu bisa pergi ke petshop untuk membelinya.

6. Ajak Kucing Bermain Lebih Sering

Jika kamu baru saja membeli atau mengadopsi kucing baru, maka sebagai pengenalan kamu dengannya ajak dia bermain sesering mungkin agar tidak bosan, dan jangan sampai membuat dia marah.

7. Siapkan Tempat Yang Nyaman

Kalau kucing kamu sedang tidak nafsu makan dan lebih sering tidur, maka siapkan tempat yang nyaman untuk beristirahat, dan janganlah mengganggunya dengan suara-suara yang berisik.

8. Berikan Vitamin

Kalau kucing kamu sulit makan, kamu bisa memberikannya vitamin yang mengandung asam amino lysin dan vitamin B kompleks seperti becombion, biolysin, lysmin, dan sebagainya yang dapat dibeli di apotek terdekat.

9. Pergi Ke Dokter Hewan

Jika semua cara di atas sudah kamu temukan, namun kucing milikmu masih belum mau makan maka kamu harus pergi ke dokter hewan untuk memeriksa apa yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasi kucing tidak mau makan.

Baca juga: Ciri-ciri kucing hamil

Itu dia pembahasan pada hari ini, semoga dapat membantu kamu, terima kasih telah membaca di Sudut Hewan.