Cara mengetahui umur kucing

Cara Mengetahui Umur Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara mengetahui umur kucing – Memelihara kucing memang sangat menyenangkan. Banyak yang meyakini jika kita memelihara seekor kucing atau beberapa ekor, bisa membuat hidup kita tanpa stres. Kehalusan atau kelembutan bulu kucing dianggap sebagai terapi yang efektif untuk menurunkan tingkat ketegangan emosi kita.

Namun tahukah kamu bagaimana cara mengetahui umur kucing? Karena kita terkadang muai memelihara seekor kucing ketika ia sudah tampak dewasa. Jarang sekali seseorang yang bukan catlovers sejati memelihara kucing mulai kecil. Hal ini dikarenakan, jika memeliharanya mulai kecil memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam perawatannya.

Ketika kita memelihara kucing yang lucu, kita seringkali bertanya-tanya sudah usia berapa kucing kita? Pengetahuan ini penting untuk mengetahui masa subur si kucing dan mungkin persiapan psikologis buat kita jika si kucing sudah usia lanjut dan akan meninggal. Dalam tulisan kali ini, kita akan membahas berbagai cara untuk mengetahui usia kucing.

10 Cara Mengetahui Umur Kucing Yang Benar

Ada beberapa cara agar kita bisa tahu usia kucing, beberapa diantaranya adalah melalui tampilan fisik dan melihat giginya. Berikut ada 10 cara mengetahui usia kucing.

Baca juga: Ciri-ciri kucing akan mati

1. Melihat Jumlah Giginya

Sebagaimana manusia yang mengalami pertumbuhan gigi secara bertahap dan dalam kurun waktu tertentu, kucing juga demikian. Jadi kita bisa menentukan kira-kira berapa usia kucing. Cara mengetahui umur kucing dari giginya adalah dengan menghtung jumlah giginya berdasarkan perkembangan pertumbuhan gigi si kucing.

  • Jika yang tumbuh adalah gigi seri saja baik bagian atas maupun bawah, maka usia kucing diperkirakan masih sekitar 2-3 minggu. Fakta ini menunjukkan bahwa jika usia kucing kurang dari 2 bulan, maka wajar si kucing masih belum tampak ada gigi,
  • Jika sudah ada gigi taringnya baik bagian atas maupun bawah, maka si kucing diperkirakan sudah menginjak usia 3-4 bulan,
  • Dan jika sudah terlihat gigi gerahamnya, maka usia si empus antara 4 hingga 6 bulan. Kucing kesayangan kita secara umum belum ada gigi gerahamnya jika usianya dibawah 5 bulan,
  • Usia 6 hingga 1 tahun, gigi kucing secara bertahap akan penuh. Jadi hanya butuh waktu sekitar 1 tahun saja, si kucing sudah memiliki gigi dewasa secara utuh. Gigi kucing yang baru pertama kali tumbuh ini memiliki warna yang sangat putih. Nantinya seiring waktu akan mulai tampak ada keusangan.

2. Melihat Warna Giginya

Cara mengetahui umur kucing berikutnya adalah dengan melihat perubahan warna gigi kucing kita. Sebagaimana sekilas kami jelaskan di atas, bahwa warna gigi kucing awal kali muncul adalah putih bersih. Namun seiring berjalannya waktu, warna gigi tersebut akan tampak usang atau lebih berwarna kekuningan.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin warna gigi kucing kuning, maka usia kucing semakin tua. Beberapa perkiraan usia kucing berdasarkan perubahan warna giginya.

  • Mulai muncul warna kuning pada gigi kucing adalah indikasi usia kucing diperkirakan 2-5 tahun. Warna kunig pada gigi di masa ini masih sebagian giginya saja dan masih terlihat samar-samar,
  • Jika sudah mulai merata gigi yang berwarna kekuningan, maka usia si kucing berkisar antara 5-10 tahunan,
  • Dan pada usia 10 tahun keatas, warna gigi kucing akan tampak jelas berwarna kuning dan terjadi di seluruh gigi kucing baik gigi seri, gigi taring maupun gigi geraham. Kita tahu bahwa rata-rata usia kucing adalah 10 tahunan, sehingga jika gigi kucing sudah semuanya berwarna kuning, maka kamu harus bersiap akan ditinggal oleh kucing kesayangan.

3. Melihat Ketajaman Giginya

Gigi yang tajam sangat berguna bagi kucing untuk mengoyak makanan terutama gigi taringnya. Hal ini relatif umum dimiliki oleh seluruh hewan karnivora karena jenis makanannya memang membutuhkan alat pemotong yang tajam, yakni daging. Dengan kata lain, jika gigi si kucing terlihat tumpul, maka bisa dipastikan kucing secara usia mulai tampak tua.

4. Melihat Adanya Karang Pada Giginya

Adanya karang gigi mengindikasikan lama penggunaan gigi tersebut. Sehingga jika gigi kucing kesayangan kita terdapat banyak sekali karang gigi, maka secara umum kita tahu bahwa si kucing telah lama hidup di dunia ini. Ketebalan atau banyak sedikitnya karang gigi, otomatis berpengaruh terhadap usia kucing. semakin tebal dan banyak, maka usia kucing semakin tua.

5. Melihat Ketebalan Bulunya

Jika kamu takut untuk memeriksa gigi kucing kesayangan kamu, maka kamu bisa mengetahui usia kucing hanya dengan meraba bulu kucing. Ini adalah cara mengetahui umur kucing dari fisik.

  • Kucing yang masih muda, kecenderungan memiliki bulu yang sangat lebat. Namun kamu juga perlu memahami bahwa faktor kelebatan bulu juga dipengaruhi suhu. Jika suhu udara dalam kondisi dingin, maka secara alamiah bulu kucing tampak lebih tebal dari biasanya.
  • Berlaku sebaliknya, jika kelebatan bulu kucing mulai menipis bahkan dalam beberapa kasus sampai mengalami kerontokan, maka usia kucing kamu bisa diprediksi sudah lanjut usia.

6. Merasakan Tekstur Bulunya

Kucing muda memiliki tekstur bulu yang halus dan lembut. Untuk mengeceknya kamu memang harus mengusap langsung bulu kucing. Dan jika ternyata bulu kucing terasa kasar saat kita elus-elus, maka bisa jadi si kucing sudah mulai tampak tua.

7. Melihat Perubahan Warna Pada Bulunya

Jika kamu pernah melihat ada kucing baik kampung maupun jenis persia memiliki beberapa bagian bulunya tampak berwrna abu-abu, maka itu adalah indikasi dia sudah berumur. Namun standar ini tidak berlaku bagi kucing yang memang memiliki warna bulu abu-abu.

Perubahan warna bulu terjadi dikarenakan tubuh si kucing sudah tidak bisa mempertahankan pigmen pada bulu kucing sehigga bulu kucing makin tidak bernutrisi dan tampak warna keabu-abuan.

8. Melihat Fisik Kulit Tubuh Kucing

Sama halnya manusia yang jika sudah memasuki usia senja, permukaan kulitnya baik wajah maupun bagian tubuh yang lainnya akan tampak mulai keriput. Kucing juga demikian, jika kamu perhatikan dengan seksama, maka kamu akan mengetahui bahwa kucing yang kulit tubuhnya tampak mulai mengendor adalah kucing dengan usia lanjut. Kucing muda biasanya memiiki badan yang lebih berisi sehigga kulitnya masih tampak kencang.

9. Melihat Tingkah Lakunya

Kucing yang sudah berusia lanjut akan tampak lebih sensitif dari biasanya. Namun kucing menjadi sensitif faktornya tidak hanya karena tua, bisa juga karena sedang tidak mood atau marah setelah berkelahi dengan kucing lainnya. Kucing tua lebih agresif dikarenakan seluruh badannya seringkali kesakitan akibat usia yang senja. Rasa tidak nyaman inilah yang membuat si kucing tampak lebih sensitif dari biasanya.

10. Melihat Pola Tidurnya

Cara mengetahui umur kucing yang terakhir adalah dengan melihat pola atau jadwal tidurnya. Jika si kucing lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur atau sekedar bersantai, maka bisa jadi ini disebabkan oleh faktor usia yang semakin tua. Usia tua membuat si kucing memiliki energi yang jauh lebih sedikit dibandingkan saat ia masa muda.

Itu dia artikel hari ini seputar cara mengetahui usia kucing yang akurat. Terima kasih telah membaca disini. Semoga bermanfaat :).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *