Makanan Kucing Kampung

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Makanan kucing kampung – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Banyak orang khususnya perempuan yang memilih memelihara kucing di rumahnya. Beragam kucing rumahan seperti jenis persia dan anggora, sering menjadi pilihan utama.

Namun kedua jenis kucing diatas secara harga relative mahal, sehingga banyak orang juga tidak mampu membelinya. Persia dan anggora menjadi favorit catlovers dikarenakan memiliki bulu yang lebat dan bentuk hidung yang unik untuk kucing persia. Sifatnya yang cenderung jinak, sangat cocok untuk dijadikan kucing peliharaan.

Kucing persia maupun anggora sebenarnya bukan asli Indonesia. Sedangkan di Indonesia sendiri ada jenis kucing lokal atau biasa orang menyebutnya kucing kampung. Kucing jenis ini sebenarnya jika dirawat dengan baik, akan tampak bersih dan bulunya bisa lebat. Selain itu, kucing kampung juga bisa dengan mudah dijinakkan jika kita memberinya makanan dan minuman dengan rutin.

Rekomendasi Makanan Kucing Kampung Terbaik

Makanan untuk kucing kampung

Jadi bagi Anda yang ingin memelihara kucing namun terkendala biaya, maka kucing kampung bisa menjadi alternatifnya. Dalam artikel ini Anda akan mengetahui apa saja rekomendasi makanan kucing kampung, sehingga badannya bisa sehat dan berbulu lebat, berikut daftarnya:

1. Daging

Kucing adalah hewan karnivora, daging tentu saja menjadi menu favoritnya. Berbagai jenis daging sebenarnya bisa di lahap oleh kucing kampung, namun jika diolah terlebih dahulu maka bisa lebih higinis. Diolah disini maksudnya bisa direbus atau digoreng terlebih dahulu.

Daging mengandung banyak sekali nutrisi terutama protein yang sangat penting bagi kebutuhan energy si kucing. Selain itu, daging juga termasuk makanan kucing kampung agar cepat gemuk.

Daging yang sangat disarankan untuk kucing adalah daging ikan bukan unggas apalagi sapi. Hal ini karena kandungan ikan adalah yang paling lengkap untuk si kucing. Walaupun demikian, kucing juga suka daging unggas atau sapi.

Baca juga: Makanan untuk burung hantu

2. Nasi

Bagi kucing, nasi memang tidak umum dimakan. Namun nasi merupakan sumber karbohdirat yang baik. Mengkonsumsi nasi dapat mempercepat kucing kampung untuk gemuk. Tapi jangan terlalu banyak juga karena kandungan glukosa yang tinggi pada nasi. Jika terlalu banyak, beberapa kasus bisa menyebabkan si kucing mencret. Lebih baik beri sedikit nasi dan dicampur dengan lauk.

3. Tempe

Makanan kucing kampung berikutnya adalah tempe. Makanan yang satu ini kaya akan protein layaknya daging. Jadi bisa Anda variasikan antara daging atau tempe untuk memenuhi kebutuhan protein si kucing. Jangan lupa untuk merebus terlebih dahulu tempe, jangan diberikan langsung karena bisa menyebabkan si kucing mengalami sakit.

4. Telur Dadar

Jika daging dirasa sangat mahal, Anda bisa menggantinya dengan telur ayam. Kandungan protein yang ada di telur ayam juga sangat tinggi. Cara menyajikannya bisa Anda dadar telebih dahulu dan bisa juga dicampur dengan nasi.

Jangan memberi kucing langsung telur mentah, walaupun nantinya akan di makan oleh si kucing, namun kandungan bakteri yang ada di telur mentah akan sengat berbahaya bagi kesehatan kucing.

5. Tahu

Ternyata selain tempe, kucing kampung bisa juga kita beri makan tahu. Tahu dan tempe sama-sama mengandung protein nabati dan ini sangat baik bagi kesehatan si empus. Bahkan jika kucing kampung Anda mengalami diare, maka tahu maupun tempe merupakan makanan alami yang bisa membantu mengatasi problem pencernaan si kucing.

6. Kuning Telur Ayam Kampung

Salah satu makanan kucing kampung agar bulunya lebat adalah kuning telur ayam kampung. Hanya kuning telurnya saja bukan putihnya. Mengapa demikian? Karena di dalam putih telur ada kandungan senyawa yang dapat mengilangkan zat penting dalam tubuh kucing, sedangkan pada kuning telur justru mengandung protein dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh si kucing.

Aturan pemberiannya adalah tiga kali dalam seminggu dan berikan dengan dicampur air putih atau susu agar baunya tersamarkan. Jika Anda rutin memberikannya, maka kucing kampung Anda akan memiliki bulu yang lebat, jauh dari masalah bulu kucing rontok yang biasa dialami kucing-kucing liar.

7. Snack Kucing

Praktis adalah alasan utama snack kucing yang dijual di petshop selalu dicari penggemar kucing. Bagi anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan untuk kucing peliharaan, maka makanan yang banyak di jual di petshop adalah pilihan utama. Berbagai kandungan gizi sudah jelas terbaca pada masing-masing snack kucing. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan atau usia kucing anda.

Rekomendasi Minuman Kucing Kampung Terbaik

Minuman untuk kucing kampung

Tidak hanya perlu memperhatikan makanan si kucing, namun minumannya juga perlu kita siapkan. Kebiasaan kucing kampung yang meminum air kotor dipinggir jalan bisa menyebabkan kucing diare. Sehingga jika Anda ingin memeliharanya, maka Anda perlu menyiapkan minumannya dengan baik. Beberapa minuman yang bisa Anda sajikan agar kucing selalu sehat adalah sbb:

1. Air Putih

Berikan kucing Anda air mineral secara rutin, minimal 2x sehari. Tempatkan air pada wadah khusus untuk minum kucing. Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan wadah minumnya setiap memberi air mineral. Karena bisa jadi banyak sekali kuman dan bakteri yang ada pada wadah kucing dan dengan adanya air, maka bakteri dan kuman tersebut akan semakin cepat berkembang.

2. Susu Sapi

Siapa yang tidak suka minuman yang satu ini, kucing kampung juga sangat suka dengan susu. Namun jangan asal susu, kucing bisa mengalami masalah pencernaan jika yang dikonsumsi adalah susu sapi. Beberapa kucing memang tidak ada masalah pencernaan jika meminum susu sapi, pilihlah yang murni bukan yang sudah dicampur dengan gula atau bahan-bahan tambahan lainnya.

3. Susu Khusus Kucing

Jika kucing kampung Anda mengalami diare ketika mengkonsumsi susu sapi murni, maka kucing Anda tidak cocok dengan susu sapi. Anda perlu memberikan susu yang memang khusus untuk kucing. Produk-produk susu yang khusus untuk kucing akan mudah anda temui di petshop terdekat rumah anda. Beberapa produk yang biasa anda pilih seperti Growssy Milk, Goat Milk, dan Kitten Milk.

Growssy Milk menjadi salah satu yang terlaris. Kandungan antioksidan kompleks seperti taurin, vitamin E, vitamin C yang terdapat didalamnya sangat penting agar kucing kesayangan Anda tetap sehat. Sedangkan Goat Milk sangat cocok untuk kucing yang alergi terhadap susu sapi. Kandungannya yang rendah laktosa dan hypoallergenic sangat bagus untuk si kucing.

Baca juga: Makanan untuk kura kura

Demikian informasi makanan kucing kampung beserta minumannya. Anda tidak harus membeli semua rekomendasi diatas, sesuaikan dengan budged yang Anda punya. Namun saran kami untuk memvariasi makanan dan minuman kucing tiap harinya agar si kucing tidak bosan.

Memelihara kucing kampung pada dasarnya jauh lebih mudah daripada ras kucing lainnya seperti persia dan anggora. Makanan kucing kampung sederhana dan mudah kita mendapatkannya, begitupun dengan minumannya. Berbeda dengan kucing impor yang dalam beberapa hal butuh makanan dan minuman khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *