Harga kucing maine coon terbaru

Harga Kucing Maine Coon

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga kucing maine coon – Di Indonesia ada banyak jenis kucing yang dapat dijadikan hewan peliharaan, salah satunya adalah Kucing Maine Coon. Selain kucing anggora dan persia, kucing jenis maine coon ini juga cukup populer dikarenakan bentuk kepalanya yang unik dan bulu di sekitar lehernya yang mirip singa.

Harga kucing maine coon melonjak menjadi sangat mahal akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan keunikannya tersendiri dan populasinya yang semakin menipis akibat sudah banyak induk yang dicampur dengan kucing persia atau bahkan kucing kampung.

Asal Usul Kucing Maine Coon

Harga kucing maine coon dewasa dan anakan

Kucing maine coon adalah kucing domestik dan berasal dari ras tua yang dari dulu sudah ada. Rumornya, asal aslinya adalah daerah Maine yang ada di Amerika Serikat. Namun, ada teori lain juga yang mengatakan bahwa kucing maine coon merupakan hasil kawin silang antara kucing hutan Norwegia dan kucing anggora.

Ada teori lagi yang mengatakan bahwa kucing maine coon merupakan hasil perkawinan kucing liar dan rakun. Tentu saja ini merupakan mitos belaka karena kucing tidak bisa dikawinkan dengan rakun. Kabarnya, kucing ini dulunya dimiliki oleh seorang wanita Prancis bernama Marie Antoinette yang pada saat itu mengirimkan kucing peliharannya tersebut ke Amerika.

Dan teori terakhir mengatakan bahwa mereka berasal dari hasil kawin kucing domestik berbulu pendek dengan yang berbulu panjang di Amerika dan dilakukan oleh seorang pelaut Viking. Pada saat ini kucing-kucing ini digunakan untuk menangkap tikus yang berkeliaran di kapal.

Terlepas dari semua teorinya tersebut, kucing ini kian populer setiap hari dan membuat harga kucing maine coon di Indonesia juga kian naik. Cocok juga untuk dijadikan sebagai peluang bisnis.

Baca juga: Harga kucing persia terbaru

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Jika kamu ingin membeli seekor kucing maine coon dan ingin menjadikannya peliharaan di rumah, maka kamu perlu tahu bagaimana cara merawat kucing maine coon. Berikut ini panduan merawat kucing maine coon yang baik dan benar.

1. Pemberian Makan

Karena kucing maine coon mempunyai tubuh ukuran yang cukup besar secara alami, maka kamu perlu mengontrol berat badannya. Berikanlah makanan berkualitas tinggi sehingga berat badannya dapat terkontrol. Setelah kucing berusia 5 sampai 10 tahun, usahakan ubah pola makannya menjadi diet rendah kalori. Terapkan pola makan ini terutama untuk kucing maine coon dalam ruangan.

Sementara untuk minumnya, secara alami kucing jenis ini minum banyak air. Jadi berikanlah air matang dalam jumlah yang cukup banyak. Kamu bisa memberinya air yang sudah dididihkan atau air galon. Pastikan juga kamu menjaga kebersihan air dan tempat minumnya.

2. Pemandian

Sebelum melakukan pemandian kucing maine coon, sisirlah tubuhnya terlebih dahulu untuk menghilangkan jamur, gimbal atau bulu mati yang masih menempel. Jangan lupa juga untuk memotong kukunya agar kamu tidak tercakar saat memandikannya nanti.

Setelah dimandikan, bilas bulunya sampai kira-kira cukup kering, bersih dan kesat. Kemudian gunakan shampo khusus agar bulunya tidak rontok dan tetap sehat. Untuk mengeringkannya, pertama-tama gunakan lap sintetic atau kanebo terlebih dahulu untuk menyerap airnya. Hal ini dilakukan karena bulu kucing maine coon cukup lebat.

Setelah itu, barulah gunakan handuk halus dan bersih untuk mengeringkannya lebih lanjut. Gunakan juga tisu kering setelah menggunakan handuk untuk memastikan agar kucing kering setidaknya 75%. Pada tahap akhir, gunakan hair dryer dengan daya secara bertahap sampai bulunya benar-benar kering. Sisir bulu kucing maine coon dari atas sampai bawah secara searah.

3. Kebersihan Kandang

Bersihkan dan rawat kandang secara rutin minimal 1 kali dalam 3 minggu. Jangan pernah membiarkannya terlalu lama karena jamur akan tumbuh di sekelilingnya. Jadi, semakin sering akan semakin baik.

Kemudian jangan tempatkan kandang kucing maine coon di luar ruangan atau dalam kondisi yang terlalu panas. Hal tersebut dapat mempengaruhi bulunya. Lingkungan yang sehat dan bersih akan membuat kucing maine coon kesayangan kamu tetap senang dan nyaman.

4. Grooming

Lakukan grooming atau perawatan pada bulu kucing maine coon. Gunakan sikat khusus untuk mengurangi bulu rontok dan menghaluskan bulu-bulunya. Minimal seminggu sekali. Taruh perhatian lebih terhadap bulu bagian bawah, karena biasanya pada bagian itu bulu cenderung mudah kusut. Bila bulunya kusut, sisir pelan-pelan menggunakan sisir bergigi rapat.

5. Berikan Kotak Pasir

Semua kucing pasti akan senang jika diberikan sebuah kotak pasir yang besar, begitu pula dengan kucing maine coon. Berikan ia sebuah kotak pasir besar yang tidak menggumpal. Lalu tempatkan kotak pasir itu di pojokan ruangan yang sepi dan tenang untuk kucing buang air.

Tapi, jika kotor dia tidak akan mau menggunakannya. Oleh karena itu pastikan kamu selalu menjaga kebersihannya.

6. Melatihnya

Kucing maine coon mudah dilatih sesuai dengan kebiasaannya. Semakin sering ia melakukan sebuah kebiasaan maka akan semakin mudah juga untuk melatih kebiasaan tersebut. Oleh karena itu latih mereka pada saat melakukan kegiatan yang disukainya, misalnya ketika memberi makan.

Harga Kucing Maine Coon

Harga kucing maine coon anakan biasanya lebih mahal dibandingkan harga kucing maine coon dewasa. Namun umur bukan faktor utamanya, karena masih ada faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi. Harga kucing anakan dari ras ini berada pada kisaran Rp. 4.000.000 untuk non ped dan untuk pednya berada di kisaran Rp. 15.000.000.

Kemudian ada juga kucing maine coon pedigree yang mempunyai sertifikat resmi dari sebuah organisasi dan juga memiliki silsilah. Kucing pedigree ini biasanya memiliki harga jauh lebih mahal daripada yang non-ped. Harga maine coon pedigree dewasa berkisar antara Rp. 10.000.000 sampai Rp. 20.000.000. Dan untuk non-ped dewasanya sekitar Rp. 5.000.000.

Baca juga: Harga kucing hutan

Setelah mengetahui harganya di atas, pastikan kamu sudah memikirkan dana secara matang-marang. Karena biaya adopsi kucing maine coon memang tidak murah. Selain itu kamu masih harus mengeluarkan uang untuk keperluan-keperluan lainnya setelah proses adopsi selesai. Jadi, pastikan kamu sudah memikirkannya dengan baik.

Jenis Kucing Maine CoonKeteranganHarga
AnakanPedigreeRp. 12.000.000 – Rp. 15.000.000-an
DewasaPedigreeRp. 10.000.000 – Rp. 20.000.000-an
SeniorPedigreeRp. 7.000.000 – Rp. 12.000.000-an
AnakanNon-PedRp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000-an
DewasaNon-PedRp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000-an
SeniorNon-PedRp. 1.500.000 – Rp. 3.000.000-an
Kucing Maine Coon x Persia 3 bulanBelum VaksinRp. 1.900.000-an
Kucing Maine Coon x Persia 3 bulanSudah VaksinRp. 2.800.000-an
Kucing Maine Coon x Persia 6 bulanBelum VaksinRp. 3.600.000-an
Kucing Maine Coon 3 bulanBelum VaksinRp. 4.000.000-an
Kucing Maine Coon 3 bulanSudah VaksinRp. 5.000.000-an
Kucing Maine Coon 6 bulanBelum VaksinRp. 7.000.000-an
Kucing Maine Coon 6 bulanSudah VaksinRp. 12.000.000-an

Itulah informasi lengkap kali ini seputar hewan peliharaan tentang harga kucing maine coon. Jadi, selain kucing anggora dan persia masih ada jenis kucing unik lain yang bisa kamu pelihara, kok, yaitu kucing maine coon ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *