Harga Kucing Persia

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Binatang peliharaan merupakan binatang yang dapat kita jadikan sebagai teman dalam kehidupan sehari-hari di dalam rumah ataupun luar rumah. Salah satu jenis binatang peliharaan terfavorit banyak orang adalah kucing persia. Kali ini kita akan mencari tahu apa saja jenis beserta harga kucing persia.

Tentu saja sebagai majikan, sebelum membeli kucing persia kita harus tahu betul apa saja jenis-jenis persia. Hal ini sendiri supaya tidak kaget dengan perilaku dan kebutuhan masing-masing jenis kucing persia. Selain itu kalau tahu semua jenis persia, maka tidak akan kena tipu ketika membeli kucing persia mahal sekalipun.

Apa Saja Jenis Kucing Persia?

Seperti yang telah Sudut Kebun katakan sebelumnya kalau bahwasanya kucing persia itu jenisnya ada banyak. Sampai saat ini yang populer dan banyak dipelihara di Indonesia yaitu kucing persia medium, kucing persia himalaya, kucing persia flatnose, kucing persia peaknose dan kucing perisa campuran dengan kucing kampung. Lalu manakah jenis kucing persia terbaik? Cari tahu selengkapnya di bawah ini!

1. Kucing Persia Medium

Kucing persia medium

Pertama ada jenis kucing persia medium. Disini yang dimaksud dengan medium adalah pada bagian hidungnya yang dapat kita lihat ukurannya sedang saja, tidak terlalu pesek. Malahan kalau kita lihat lebih dekat lagi malah sedikit menonjol. Berbeda sama jenis seperti peaknose yang memang pesek banget.

Untuk jenis kucing persia medium pun akan dibedakan ke dalam dua jenis yakni Shorthair dan Longhair. Tentu saja kalau yang shorthair dilengkapi dengan tubuh yang kelihatan lebih kecil, sedangkan longhair kelihatan berbeda karena punya bulu lebat. Kisaran harga kucing persia medium sendiri mulai umur 1 bulan Rp. 750.000-Rp. 2.100.000.

Baca juga: Harga kucing persia medium terbaru

2. Kucing Persia Himalaya

Harga kucing persia himalaya

Kucing Persia Himalaya terkenal dengan warnanya yang agak berbeda dengan kucing persia lain, dimana persia himalaya punya pola warna colorpoint. Disini yang dimaksud dengan colorpoint tentu saja merupakan warna dasar yang berapa pada titik tertentu. Misalnya pada bagian ekor, ujung kaki, telinga, pipi sampai hidung.

Kucing Persia Himalaya banyak disukai karena terkesan tenang, manja dan penurut. Kita juga banyak melihatnya menghabiskan waktu buat tidur. Akan tetapi sama pada kucing lainnya, persia himalaya juga suka bermain, tapi karena takut ketinggian, maka tidak suka memanjat dan melompat.

Untuk kisaran harga kucing persia himalaya mulai dari umur 2 bulanan dihargai Rp. 700.000-Rp. 2.999.000.

3. Kucing Persia Flatnose

Harga kucing persia flatnose

Kucing Persia Flatnose punya tubuh yang terlihat lebih kecil dan pendek. Selain itu kakinya juga terlihat berukuran sedang akan tetapi sangat kuat dan kokoh. Sama seperti kucing persia lain, persia flatnose juga dilengkapi bulu sangat panjang pada bagian tubuhnya.

Lalu kalau kita lihat pada bagian kepala, cenderung punya bentuk segitiga. Kombinasi dengan tubuh yang gempal, membuatnya terlihat menggemaskan. Sementara itu bagian matanya sendiri lebih kecil dengan bagian telinga yang juga kecil. Tapi hal ini membuatnya sangat pas dengan bagian tubuh lain.

Ukuran hidungnya juga termasuk kecil, tapi bukan yang paling kecil. Ukuran hidung ini membuat pipinya kelihatan sangat chubby. Untuk kisaran harga kucing persia flatnose mulai dari umur 3 bulan dihargai Rp. 4.999.000-Rp. 8.500.000.

4. Kucing Persia Peaknose

Kucing persia peaknose

Selanjutnya ada Kucing Persia Peaknose. Kalau kita membandingkan antara kucing persia peaknose dan flatnose, sebenarnya tidak dilengkapi dengan perbedaan yang terlalu jauh. Disini perbedaan baru dapat kita lihat saat membandingkan bagian samping muka si kucing.

Disinilah dapat kita temukan kalau hidung kucing persia peaknose kelihatan benar-benar sangat datar. Selain itu juga gak kita temukan tonjolan sama sekali. Hal ini yang membuat harganya relatif paling mahal diantara persia lainnya. Bayangkan saja harga kucing persia peaknose mulai dari umur 3 bulan yaitu Rp. 5.900.000-Rp. 8.900.000.

5. Kucing Persia Campuran Kucing Kampung

Terakhir ada jenis kucing persia campuran kucing kampung. Kita bisa lihat ciri kucing ini dari bulunya. Kalau dilihat pada bagian ekor terutama memang sangat khas sekali.

Kita juga bisa melihat dari bagian warna mata. Kalau ada kucing persia yang punya warna mata kucing hitam, maka pasti itu ada kucing persia campuran. Untuk kisaran harga kucing persia asli dan kucing campuran kampung tentu akan beda ya! Saat ini harganya berkisar Rp. 99.000-Rp. 2.950.000.

Tabel Harga Kucing Persia

JenisUmurStatus VaksinHarga
Kucing Persia Medium1 BulanBelum DivaksinRp. 750.000-an
Kucing Persia Medium1 BulanSudah DivaksinRp. 2.100.000-an
Kucing Persia Medium3 BulanBelum DivaksinRp. 3.000.000-an
Kucing Persia Medium3 BulanSudah DivaksinRp. 5.000.000-an
Kucing Persia Medium6 BulanBelum DivaksinRp. 7.000.000-an
Kucing Persia Medium6 BulanSudah DivaksinRp. 9.000.000-an
Kucing Persia Himalaya2 BulanBelum DivaksinRp. 700.000-an
Kucing Persia Himalaya2 BulanSudah DivaksinRp. 2.999.000-an
Kucing Persia Himalaya3 BulanBelum DivaksinRp. 4.000.000-an
Kucing Persia Himalaya3 BulanSudah DivaksinRp. 6.000.000-an
Kucing Persia Himalaya6 BulanBelum DivaksinRp. 8.000.000-an
Kucing Persia Himalaya6 BulanSudah DivaksinRp. 10.000.000-an
Kucing Persia Flatnose3 BulanBelum DivaksinRp. 4.999.000-an
Kucing Persia Flatnose3 BulanSudah DivaksinRp. 8.500.000-an
Kucing Persia Flatnose6 BulanBelum DivaksinRp. 10.000.000-an
Kucing Persia Flatnose6 BulanSudah DivaksinRp. 12.000.000-an
Kucing Persia Peaknose3 BulanBelum DivaksinRp. 5.900.000-an
Kucing Persia Peaknose3 BulanSudah DivaksinRp. 8.900.000-an
Kucing Persia Peaknose6 BulanBelum DivaksinRp. 11.000.000-an
Kucing Persia Peaknose6 BulanSudah DivaksinRp. 13.000.000-an

Baca juga: Harga kucing persia anakan

Tips Memilih Kucing Persia Yang Baik Dan Benar

Sebelum membeli kucing persia, wajib perhatikan cara memilih yang benar. Cara memilih kucing persia pertama yaitu melihat kepribadiannya. Disini kalau mau beli anakan, maka wajib pilih yang aktif dan ceria. Kalau mau beli yang indukan, maka pilihlah yang sebelumnya sudah pernah mengurus anak sehingga berpengalaman.

Selain itu perhatikan juga warna bulunya. Warna bulu akan berpengaruh terutama terhadap keturunannya nanti. Jadi perlu memilih kucing persia dengan warna bulu terbaik. Perhatikan juga warna matanya. Hal ini sendiri karena selain warna bulu, warna mata pada kucing persia juga akan diturunkan pada keturunannya.

Jangan lupa untuk selalu meneliti setiap bagian tubuh dan bulu kucing. Jangan sampai mengadopsi kucing yang punya jamur pada bagian bulu. Perlu diketahui jamur pada bulu kucing ini bisa saja menular ke manusia. Maka dari itu harus diperhatikan dengan benar.

Terakhir, jangan lupa periksa history vaksinasinya. Kucing persia yang baik tentu saja yang sudah divaksin sehingga kebal penyakit. Jadi lebih baik pilih kucing yang sudah divaksin meskipun lebih mahal. Itulah pembahasan mengenai semua jenis kucing persia dan harga terbarunya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *