Manfaat ikan tenggiri

Manfaat Ikan Tenggiri

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Memakan ikan merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Selain kandungan gizinya yang berlimpah, toh rasanya juga enak. Salah satu ikan yang bisa dikonsumsi setiap hari adalah ikan tenggiri. Kali ini kita akan membahas berbagai kandungan beserta manfaat ikan tenggiri paling lengkap.

Mengetahui kandungan serta manfaat makanan yang akan kita makan tentu menjadi hal penting belakangan ini. Terutama mengikuti perkembangan zaman dimana orang akan lebih suka makan makanan yang enak akan tetapi bisa lebih cepat disajikan tapi kandungan gizinya tetap lengkap.

Apa Saja Kandungan dan Manfaat Ikan Tenggiri?

Sedikit informasi mengenai ikan tenggiri. Ikan ini termasuk berkerabat dengan jenis ikan laut semacam tongkol, makarel, tuna dan sebagainya. Ikan Tenggiri terkenal dengan tubuh panjang yang bisa mencapai 2,2 meter dan warna kulit abu-abu mengkilap yang tanpa disertai sisik.

Ciri fisik lain yang terkenal dari ikan tenggiri yaitu moncongnya yang runcing dilengkapi bentuk mulut lebar yang dipenuhi gigi tajam. Selain itu di dalam daging ikan tenggiri juga dilengkapi dengan duri. Jangan khawatir karena duri ini ukurannya cukup besar sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Tekstur daging ikan tenggiri sendiri terbilang sangat berserat. Maka dari itulah cocok apabila di fillet. Oh iya, kamu yang mau mengolah ikan tenggiri jangan lupa membersihkan ikan terlebih dahulu ya! Kalau perlu bisa membeli yang sudah difillet atau digiling supaya lebih mudah diolah sehingga manfaat ikan tenggiri bisa segera dirasakan.

Baca juga: Harga ikan tenggiri

Kandungan Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri yang dikonsumsi secara rutin dianggap mampu mengobati berbagai penyakit. Selain itu kalau kamu mau tetap sehat juga bisa mengkonsumsi tenggiri karena dapat mencegah kamu terkena berbagai penyakit serius. Untuk beberapa kandungan gizi ikan tenggiri antara lain:

1. Energi

Kandungan pertama dari ikan tenggiri yaitu energi. Energi dalam ikan tenggiri bahkan mencapai 109 kalori. Energi ini sendiri bakalan berguna sebagai penambah stamina saat kamu melakukan segala kegiatan sehari-hari.

2. Protein

Protein dalam ikan tenggiri akan berguna membentuk masa otot tubuh. Kamu yang saat ini sedang gemar nge-gym juga bakalan cocok menggunakan ikan tenggiri sebagai pemasok protein.

3. Lemak

Lemak dalam ikan tenggiri mencapai 2,6 gram. Kandungan lemak ini tentu saja merupakan lemak baik. Jadi akan baik buat kesehatan tubuh. Yang penting ikan tenggiri di masak atau dikonsumsi menjadi masakan sehat.

4. Kalsium

Kalsium dalam ikan tenggiri dapat menjaga kesehatan tulang serta mencegah kamu terkena osteoporosis. Maka dari itu kesehatan tulang bakalan bisa terus terjaga.

5. Zat Besi

Seperti yang kita ketahui zat besi sangat bagus sebagai peningkat kadar hemoglobin dalam darah. Selain itu zat besi dalam ikan tenggiri juga mampu mengikat oksigen pada sel darah merah.

Kandungan baik lainnya dari daging ikan tenggiri yaitu Vitamin A, Vitamin C serta Vitamin B1.

Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

Sebelumnya kita telah membahas kandungan nutrisi ikan tenggiri. Kandungannya memang banyak sekali. Maka dari itu karena rasa yang enak dan kandungan baik membuat kita wajib rutin mengonsumsinya. Lalu apa saja manfaat tenggiri?

1. Menurunkan Risiko Kardioviskular

Manfaat pertama dari mengonsumsi ikan tenggiri yaitu bisa menurunkan risiko terkena kardioviskular. Penyakit kardioviskular yaitu penyakit yang bisa menyerang jantung serta pembuluh darah. Nantinya akan dapat dicegah dengan mengonsumsi ikan tenggiri yang didalamnya mengandung omega 3 yang bagus buat jantung serta pembuluh darah.

2. Mencegah Anemia

Penyakit anemia merupakan penyakit yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Penyakit ini memang merupakan kondisi dimana sel darah merah di dalam tubuh semakin berkurang. Kandungan zat besi dalam ikan tenggiri nantinya akan membuat sel darah merah menjadi bertambah sehingga anemia bisa terobati.

3. Menurunkan Depresi

Depresi merupakan kondisi dimana ada seseorang yang memiliki stres berkepanjangan. Depresi yang dibiarkan tentu saja akan membuat seseorang bisa saja memiliki gangguan kesehatan lainnya. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan tenggiri mampu membuat depresi ataupun stres seseorang semakin berkurang.

4. Menambah Nutrisi Otak

Ikan tenggiri mengandung asam lemak omega 3. Kandungan ini sendiri memang sangat bagus buat otak. Maka dari itulah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan tenggiri memang bisa membuat pertumbuhan serta perkembangan sel syaraf otak. Konsumsi ikan tenggiri juga meminimalisir resiko pikun.

5. Menutrisi Janin

Pada saat janin masih di kandungan, perlu sekali diberi berbagai nutrisi dan gizi yang baik. Pada ikan tenggiri terdapat kandungan berupa AA dan DHA. Kandungan ini terbilang bagus buat perkembangan janin. Kandungan tersebut juga sangat bagus supaya otak dan bagian tubuh lain dari janin semakin kuat.

6. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Disini yang dimanfaatkan sebagai pengobat penyakit kulit adalah bagian sirip. Sirip ikan tenggiri memang terbukti mampu mengobati penyakit kulit seperti kudis, panu, eksem dan sebagainya. Cara memakai sirip ikan tenggiri sebagai obat yaitu merebus sirip ikan dalam 2 gelas dan minum saat hangat.

7. Meredakan Gangguan Saluran Kemih

Disini bagian tubuh ikan tenggiri yang dapat digunakan meredakan gangguan pada saluran kemih yaitu hati. Tapi perlu diperhatikan harus memakai hati yang masih segar. Selain itu hanya direkomendasikan buat orang berusia 20-45 tahun saja. Kalau sudah manula, maka bisa mengonsumsi secara mentah supaya manfaatnya lebih maksimal.

Semua kandungan dan manfaat ikan tenggiri memang sangat baik. Walaupun harganya relatif mahal, tapi karena memang baik buat kesehatan jadi rasanya tidak akan rugi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *