Harga ikan tenggiri

Harga Ikan Tenggiri

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan merupakan salah satu hasil alam konsumsi terbesar yang ada di Indonesia. Salah satu ikan yang sangat terkenal di Indonesia adalah ikan tengiri yang memiliki rasa sangat enak. Disini kita akan membahas secara lengkap tentang ikan tengiri beserta update harga ikan tenggiri yang paling baru.

Indonesia sendiri memang terkenal sebagai salah satu penghasil ikan terbesar dunia. Dan kalau kita berbicara mengenai ikan tengiri, maka merupakan salah satu ikan yang sudah dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam makanan sejak zaman dulu. Lalu berapakah kisaran harga ikan tenggiri saat ini?

Mengenal Ikan Tengiri

Harga ikan tenggiri hari ini
Harga ikan tenggiri hari ini

Ikan tenggiri adalah jenis ikan laut bermana latin Scomberomorus. Ikan tenggiri memiliki kedekatan dengan jenis ikan laut lain seperti tuna, tongkol, makarel dan sejenisnya. Ikan tenggiri sendiri punya tekstur daging berserat tinggi. Maka dari itulah dagingnya bakalan cocok dijadikan fillet.

Walaupun ikan tenggiri punya duri, tapi durinya ini termasuk lebih mudah untuk kita pisahkan dari daging. Hal ini disebabkan karena ukuran duri yang relatif besar. Tapi tetap saja perlu hati-hati karena durinya termasuk tajam. Kalau tidak teliti, bisa-bisa berdarah karena terluka.

Karena daging yang enak, maka banyak digunakan sebagai bahan pembuatan salah satu kuliner paling enak Indonesia yaitu pempek. Bisa kita lihat di daerah asalnya yaitu Palembang sangat digemari masyarakat sana. Bahkan karena sangat enak, dipasarkan ke seluruh Indonesia dan tetap laku.

Ikan tenggiri sendiri seperti yang kita ketahui termasuk dalam ikan yang ukuran tubuhnya besar. Keuntungan lain dari ikan tenggiri yaitu tidak adanya sisik. Jadi ikan yang punya warna abu-abu ini bakalan lebih mudah saat kita olah.

Kebutuhan akan ikan tenggiri yang semakin besar tetap membuat para nelayan menangkapnya setiap hari. Kalau ditangkap di alam, maka ikan tenggiri bisa punya panjang sampai 2.2 meter. Lalu mulutnya yang moncong juga semakin lebar, apalagi giginya juga tajam.

Baca juga: Harga ikan kerapu

Manfaat Ikan Tengiri

Ikan tenggiri tergolong dalam ikan yang dilengkapi kandungan gizi lengkap. Kandungan gizi ini yang akan bagus apabila dikonsumsi setiap hari. Bahkan ikan tenggiri dianggap sangat bagus buat wanita hamil. Salah satu kandungan paling bagus dalam ikan tenggiri yaitu omega 3 yang sangat sehat untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam ikan tenggiri menurut penelitian bisa membuat kesehatan otak tetap stabil. Selain itu mengkonsumsi ikan tenggiri dianggap baik buat saluran kemih, terutama supaya dapat mengobati dan mencegah terkena penyakit.

Buat kamu yang ingin terhindar dari penyakit seperti kanker, eksem, radiovaskular sampai depresi juga bagus mengkonsumsi ikan tenggiri. Kandungan mineral A dan DHA pada ikan tenggiri juga sangat bagus buat ibu hamil.

Ikan tenggiri yang dikonsumsi ibu hamil bisa membuat perkembangan otak janin lebih baik. Selain itu pertumbuhannya saat masih berada di dalam rahim sampai sesudah dilahirkan juga selalu baik. Manfaat kandungan ikan tenggiri inilah yang membuat harga ikan tenggiri bisa mahal.

Rasa Ikan Tengiri

Rasa ikan tenggiri sendiri saya yakin banyak orang yang belum mencoba rasa original. Kebanyakan orang merasakan rasa ikan tenggiri yang sudah diolah saja. Lalu bagaimana sebenarnya rasa ikan tenggiri yang asli? Tentu saja rasanya memang terbilang sangat gurih dan bila dirasakan kembali seperti ada manis-manisnya.

Maka dari itulah cocok digunakan untuk berbagai hidangan. Sesudah diolah pun bisa kita lihat tampilan hidangan yang menggugah selera siapa pun yang melihatnya. Beberapa makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yaitu pempek, tekwan, model sampai kerupuk ikan tenggiri yang sudah dipasarkan ke seluruh penjuru negeri.

Supaya rasa ikan tenggiri yang gurih dan sedikit manis ini bisa tetap terjaga, maka pengolahannya juga wajib diperhatikan. Tentu saja kita tidak boleh mengolah ikan tenggiri hingga rasanya hilang dan tertutupi oleh bahan lain. Maka dari itu perpaduan antara bahan utama berupa ikan tenggiri dan bahan pendukungnya harus tepat.

Syarat utama supaya ikan tenggiri siap untuk digunakan sebagai bahan pembuatan makanan adalah harus dalam keadaan bersih. Jangan lupa memisahkan semua duri yang ada pada daging karena umumnya ikan tenggiri akan digiling. Jangan lupa memberikan bumbu yang cukup dan tidak boleh berlebihan supaya rasanya tetap ada.

Harga Ikan Tengiri Di Pasaran

Sementara itu kalau kita berbicara mengenai harga tenggiri, maka akan dibedakan berdasarkan bagaimana cara jualnya. Baik itu masih utuh ataupun sudah digiling atau di fillet. Perlu diingat lagi jangan kaget kalau ternyata harganya bisa mahal. Wajar saja toh kandungan gizinya juga luar biasa.

Kalau ikan tenggiri giling sendiri merupakan salah satu olahan yang difavoritkan banyak orang. Hal ini sendiri disebabkan kita tidak perlu membersihkan ataupun memotong ikan tenggiri lagi. Tinggal beli dan campurkan saja dengan berbagai bahan makanan yang lain. Tapi tentunya harga ikan tenggiri sekarang cukup mahal yaitu berkisar Rp. 129.000 per kg.

Olahan ikan tenggiri yang cukup populer lainnya yaitu fillet. Ikan fillet sendiri merupakan daging ikan tenggiri yang sudah diiris tipis dan dibuang durinya. Jadi bisa langsung kita olah setelah dibeli. Sama seperti tenggiri giling, tenggiri fillet juga punya harga lebih mahal. Terbukti harga ikan tenggiri hari ini fillet mencapai Rp. 105.000 per kg.

Jenis OlahanHarga
Kerupuk ikan tenggiriRp. 60.000 - Rp. 70.000
Ikan tenggiri di Muara AngkeRp. 80.000 - Rp. 90.000
Ikan tenggiri di pasar tradisionalRp. 90.000 - Rp. 95.000
Ikan tenggiri di CarrefourRp. 120.000 - Rp. 125.000
Ikan tenggiri filletRp. 110.000 - Rp 115.000
Ikan tenggiri gilingRp. 130.000 - Rp. 135.000

Perlu diketahui kalau harga tidak hanya akan terpengaruh berdasarkan olahan jual. Harga juga bisa dipengaruhi tempat pembelian. Misalnya saja bisa kita lihat harga di pasar ikan dan supermarket yang perbedaan harganya bisa mencapai puluhan ribu. Jadi saat mau beli murah, beli saja di pasar ikan.

Itulah pembahasan harga ikan tenggiri yang paling update saat ini dari Sudut Hewan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *