Harga ikan kerapu

Harga Ikan Kerapu

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan kerapu adalah salah satu jenis ikan laut yang sangat mudah ditemui. Keberadaannya sering kali terlihat di perairan laut dangkal, bahkan di muara sebuah sungai.

Ikan kerapu juga merupakan salah satu ikan yang paling digemari masyarakat, karena kandungan gizinya yang sangat baik dan tekstur dagingnya yang juga sangat empuk. Oleh karena itu tidak heran jika harga ikan kerapu cukup mahal.

Harga Ikan Kerapu Hari Ini

Dan berikut harga-harga ikan kerapu semua jenis.

1. Ikan Kerapu Macan

Harga kerapu macan

Ikan kerapu macan biasanya terdapat di perairan indo-pasifik dan menjadi salah satu ikan yang paling popular di masyarakat Indonesia. Namun, sayangnya ikan kerapu macan sudah termasuk ke dalam ikan yang terancam punah sehingga statusnya dilindungi oleh pemerintah.

Habitat ikan kerapu macan adalah perairan laut dangkal, terumbu karang, laguna pantai, laut terbuka dan kawasan pasang-surut. Ikan kerapu jenis ini masuk ke dalam genus Epinephelus.

Karena statusnya yang terancam punah dan rasanya yang lezat, harga ikan kerapu macan di Indonesia sangat mahal. Harga ikan kerapu macan di Indonesia adalah Rp. 120.000/kg.

Baca juga: Harga ikan tenggiri

2. Ikan Kerapu Air Tawar

Ikan kerapu air tawar

Mungkin jarang ada yang mendengar tentang ikan kerapu air tawar, karena memang habitat asli ikan kerapu adalah air laut. Tetapi, sekarang sudah terdapat banyak sekali para penjual ikan kerapu air tawar. Kamu bisa menemukan ikan kerapu air tawar di toko ikan, baik offline maupun online.

Biasanya ikan kerapu air tawar dibeli bukan untuk dimakan atau dikonsumsi, melainkan untuk dirawat menjadi hiasan di dalam aquarium. Karena keistimewaan dan kelangkaannya ini, harga ikan kerapu air tawar jauh lebih mahal dibandingkan ikan kerapu jenis lainnya. Harga ikan kerapu air tawar di Indonesia bisa mencapai Rp. 500.000.

3. Ikan Kerapu Tikus

Ikan kerapu tikus
Sumber: https://www.bulelengkab.go.id/

Ikan kerapu tikus mempunyai ciri-ciri permukaan yang berwarna abu-abu keputihan disertai dengan bitnik-bintik hitam. Selain itu, kepalanya juga menyerupai kepala tikus. Oleh karena itulah jenis kerapu ini disebut kerapu tikus.

Saat ini ikan kerapu tikus sangat jarang ditemui, apalagi ikan kerapu memang sudah termasuk ke dalam hewan-hewan terancam punah. Karena alasan tersebut di Indonesia semakin banyak orang yang berlomba-lomba membudidayakannya. Harga kerapu tikus juga relatif mahal, yaitu sekitar Rp. 420.000/kg.

4. Ikan Kerapu Lumpur

Dinamakan ikan kerapu lumpur karena ikan kerapu jenis ini memang senang hidup di perairan berlumpur. Walaupun begitu bukan berarti ikan kerapu jenis ini jarang ditemui di perairan dangkal atau terumbu karang.

Bagi mereka yang hobi memancing, pasti sudah sering mendapatkan ikan kerapu lumpur ini. Karena ikan kerapu lumpur juga bisa didapatkan di area pertemuan air laut dan air sungai atau di muara sungai. Karena pertumbuhannya yang masih cepat, maka harga kerapu lumpur masih terjangkau, yaitu sekitar Rp. 150.000/kg saja.

5. Ikan Kerapu Kertang

Kerapu kertang merupakan jenis ikan kerapu yang terbesar dibandingkan jenis ikan kerapu yang lain. Ukuran tubuh ikan kerapu kertang dapat mencapai hingga 1,5 meter lebih dan bobotnya bisa sampai lebih dari 100 kg.

Ikan kerapu kertang memiliki ciri khas seluruh tubuh yang berwarna hitam dan disertai dengan kombinasi bintik polkadot putih merata di seluruh kulitnya. Walaupun ukurannya adalah yang paling besar, tetapi harganya masih relative murah dan terjangkau, yakni sekitar Rp. 170.000/kg. Tentu semakin besar ukurannya, maka harganya juga semakin mahal.

6. Ikan Kerapu Cantang

Ikan kerapu cantang adalah jenis ikan kerapu yang merupakan hasil persilangan antara ikan kerapu macan dengan ikan kerapu kertang. Hasil persilangan ini menghasilkan jenis kerapu yang masih memiliki bentuk tubuh kedua induknya tadi, tapi pertumbuhannya lebih baik dibandingkan induknya.

Hasil persilangan dari kedua induk kerapu tadi menghasilkan bibit ikan kerapu baru yang mempunyai rasa enak dan menarik minat banyak orang. Hal tersebut membuat ikan kerapu kartang dihargai lumayan mahal. Di pasaran, ikan kerapu cantang dijual sekitar Rp. 300.000/kg. Harga ini tentu saja sebanding dengan rasanya yang lezat.

7. Ikan Kerapu Batu

Ikan kerapu batu mempunyai corak warna yang hampir mirip dengan jenis kerapu tikus, hanya saja terdapat sedikit perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuk kepalanya yang lebih besar daripada ikan kerapu tikus. Selain itu, warna hitam ikan kerapu batu juga lebih dominan dan lebih pekat.

Ikan kerapu jenis ini sering dijadikan sebagai target buruan para pemancing, karena rasanya yang gurih dan enak. Harga kerapu batu bisa dibilang tidak mahal juga tidak murah, yaitu berkisar Rp. 250.000-an saja.

8. Ikan Kerapu Kustang

Selain ikan kerapu cantang, ada juga ikan kerapu kustang yang merupakan hasil kawin silang antara jenis ikan kerapu lain, lebih tepatnya antara ikan kerapu tikus dan kerapu kertang.

Hasil persilangan ini menghasilkan keturunan yang bagus dengan perkembangan yang juga cukup pesat. Tekstur daging ikan kerapu kustang empuk. Selain itu, cita rasany yang enak juga membuat siapapun yang mencoba masakannya akan ketagihan. Maka dari itu ikan kerapu hasil persilangan ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp. 400.000.

9. Ikan Kerapu Sunuk

Ikan kerapu sunuk mempunyai warna dasar kulit merah dan bintik-bintik biru di sekujur tubuhnya. Oleh karena itu ikan kerapu sunuk juga sering disebut ikan kerapu merah. Karena termasuk ke dalam spesies langka dan susah dibudidayakan, maka harga kerapu merah melambung cukup tinggi. Biasanya ikan kerapu sunuk dijual dengan harga sekitar Rp. 375.000/kg.

10. Ikan Kerapu Batik

Ikan kerapu batik memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa dibedakan dengan jenis ikan kerapu lainnya. Ciri-ciri ikan kerapu batik adalah warna tubuhnya yang coklat pucat disertai dengan bintik coklat yang melekat hampir di seluruh tubuhnya.

Jenis ikan kerapu yang satu ini cukup langka. Hal tersebut merupakan akibat dari penangkapan terus-menerus dan juga kerusakan alam yang tidak diimbangi dengan pelestarian spesiesnya di habitat aslinya.

Tapi jangan khawatir, karena ikan kerapu batik masih bisa dibudidayakan di keramba dengan mudah. Ikan kerapu batik dijual dengan harga Rp. 200.000/kg nya.

Baca juga: Harga ikan salmon

11. Ikan Kerapu Cantik

Dan jenis ikan kerapu cantik terakhir yang dibahas pada artikel ini adalah ikan kerapu cantik. Sama seperti ikan kerapu kustang dan cantang, ikan kerapu cantik juga merupakan jenis ikan kerapu hasil persilangan. Ikan kerapu cantik adalah jenis ikan kerapu persilangan dari ikan kerapu macan dengan ikan kerapu batik.

Harga ikan kerapu cantik sendiri lumayan murah, yakni sekitar Rp. 150.000/kg saja dan jenis ikan kerapu ini juga masih mudah untuk didapatkan di alam.

Agar lebih lengkap mengetahui harga semua jenis ikan kerapu, lihat tabel daftar harga di bawah ini.

Jenis Ikan KerapuHarga Per Kg
Kerapu MacanRp. 120.000
Kerapu Air TawarRp. 500.000
Kerapu TikusRp. 420.000
Kerapu LumpurRp. 150.000
Kerapu KertangRp. 170.000
Kerapu CantangRp. 300.000
Kerapu BatuRp. 250.000
Kerapu KustangRp. 400.000
Kerapu SunukRp. 375.000
Kerapu BatikRp. 200.000

Demikian daftar harga ikan kerapu semua jenis lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *