Harga ikan salmon per gram, per kg, kalengan

Harga Ikan Salmon

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga ikan salmon – Mengkonsumsi ikan merupakan salah satu cara kita mencukupi kebutuhan gizi lengkap harian. Salah stau jenis ikan dengan kandungan gizi terlengkap ada di ikan Salmon. Kalau Anda mau beli tapi tidak tahu berapa kisaran harga ikan salmon terbaru, maka saya akan memberi bahasan lengkap buat Anda.

Ikan salmon sendiri bukan hanya bagus dikonsumsi buat orang dewasa saja, akan tetapi dikonsumsi oleh anak-anak bahkan bayi juga bisa. Selain kandungan gizi yang sangat banyak, rasanya juga enak dibandingkan jenis ikan lainnya. Lalu berapa kisara harga saat ini? Dimana harga jual yang lebih murah?

Mengenal Kandungan Ikan Salmon

Harga daging ikan salmon fillet

Beberapa saat lalu banyak yang bilang ikan salmon tidak baik karena adanya kandungan merkuri. Sebenarnya memang pada ikan salmon terdapat merkuri, tetapi sangat sedikit dan aman dikonsumsi. Kandungan ini bakal kalah dengan asam lemak omega 3 yang sangat menyehatkan. Berikut ini beberapa kandungan gizi baik pada ikan salmon:

1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang beberapa tahun belakangan cukup populer dibahas. Penyakit ini tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Supaya Anda tidak terkena alzheimer, Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon karena ada kandungan asam lemak omega 3 yang memperlambat masalah kognitif pada kita.

Baca juga: Harga ikan koi

2. Sumber Kalsium

Dalam satu porsi ikan salmon terdapat kandungan vitamin D yang bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari kita. Dalam ikan salmon segar juga mengandung vitamin B12, selenium dan niacin yang bagus bagi tubuh. Perlu diketahui, dalam ikan salmon kalengan ternyata ada kandungan kalsium lebih besar.

3. Punya diabetes? Tidak Masalah

Kandungan dalam ikan salmon yang paling utama yaitu berupa protein dan asam lemak omega 3. Selain itu didalamnya hampir 0% karbohidrat. Hal inilah yang membuat mengonsumsi ikan salmon pada orang-orang dengan penyakit diabetes tidak masalah. Malahan bisa menyehatkan tubuh.

4. Menurunkan Depresi

Di dalam ikan salmon ini terkenal mengandung Tripofan. Tripofan ini sendiri merupakan salah satu kandungan pendahulu dari seratonin yang terbukti mampu membuat depresi dapat diminimalisir. Makan ikan salmon juga dianggap mampu memperbaiki mood karena kandungan vitamin D.

5. Menyehatkan Jantung

Seperti kita sebutkan sebelumnya dalam ikan salmon terdapat kandngan asam lemak omega 3. Bahkan menurut penelitian yang telah dilakukan The American Heart Association, makan ikan salmon paling tidak 2 kali seminggu bisa membuat jantung selalu sehat.

Harga Ikan Salmon Hari Ini

Ikan salmon sendiri kalau di pasaran, paling banyak kita temukan di supermarket besar. Disana pun akan dijual dalam ukuran berbeda, ada yang fillet, per gram atau per kg. Umumnya kalau kita menemukan harga ikan salmon per ekor tanpa kepala, saat ini dihargai dengan banderol Rp. 149.000-an per kg.

Sebenarnya kalau harga ikan salmon per gram yang paling mahal itu adalah fillet. Ikan fillet saat ini dihargai paling mahal Rp. 410.000-an per kg. Ini adalah ikan salmon Australia. Kalau ikan salmon biasa dan fresh, dihargai lebih murah yakni Rp. 210.000-an.

Lalu bagaimana dengan salmon kalengan? Saat ini harga ikan salmon kaleng berada dikisaran Rp. 20.000-Rp.30.000-an. Ingat ya! Ikan salmon kalengan itu ada yang buat manusia dan ada juga yang buat hewan. Jadi saat beli jangan sampai salah.

Jenis Ikan SalmonUkuranHarga
Ikan salmon fillet100 gramRp. 35.000
Ikan salmon fillet500 gramRp. 150.000
Ikan salmon fillet1 kgRp. 285.000
Ikan salmon di pasar tradisional1 kgRp. 260.000
Ikan salmon di Hypermart1 kgRp. 285.000
Ikan salmon di Superindo1 kgRp. 290.000
Ikan salmon di Carrefour1 kgRp. 295.000
Ikan salmon di Giant1 kgRp. 300.000
Kepala ikan salmon500 gramRp. 45.000
Tetelan ikan salmon500 gramRp. 35.000

Tips Memilih Ikan Salmon

Ikan salmon dan harganya

Karena harga salmon yang relatif mahal, maka kita tidak boleh salah membeli salmon terbaik. Tentunya salmon terbaik adalah yang masih segar dan walaupun frozen food, ikan salmon itu harus dalam kondisi selalu baik. Kalau perlu saat beli ikan salmon, ikuti beberapa tips berikut ini:

Baca juga: Harga ikan arwana

1. Pilih Ikan Salmon Merah Muda

Daging ikan salmon terbaik adalah yang warnanya pink atau merah muda. Selain itu Anda juga bisa memilih ikan dengan warna oranye yang cerah. Usahakan pilih ikan salmon dengan warna paling cerah tapi alami. Hindari dalam pemilihan ikan salmon dengan warna pucat.

2. Aroma Tidak Amis

Ikan salmon yang baik dan segar aromanya cenderung segar dan khas. Kalau Anda mencium ada ikan salmon yang amis dan baunya tidak enak, maka jangan dipilih.

3. Perhatikan Juga Tekstur Daging

Cobalah Anda tekan, kalau lunak tapi tidak mudah hancur, maka bisa Anda pilih.

4. Perhatikan Juga Kulitnya

Kulit salmon yang bagus adalah masih berkilau dan cukup lembab. Sementara itu bagian insangnya juga masih segar dan kelihatan kemerahan.

5. Pilih Yang Bersih Dari Kotoran

Kalau ada kotoran baik itu dalam jumlah paling sedikit, sangat dimungkinkan terdapat bakteri. Bakteri ini sangat berbahaya kalau ikan salmon terkontaminasi dengan bakteri.

6. Perhatikan Kandungan Airnya

Jika Anda ingin membeli ikan salmon fillet, maka perhatikan kandungan airnya. Kalau ada kandungan air yang terlalu banyak, maka sudah dijamin ikan tersebut sudah dalam kondisi tidak baik dan tidak fresh.

Karena kandungan ikan salmon yang baik, maka cocok dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Adapun kalau hanya beberapa kali seminggu pun tidak jadi masalah. Supaya hasil dan manfaat lebih terasa, jangan lupa selalu beli ikan salmon paling segar dengan kondisi paling baik untuk dikonsumsi.

Usahakan saat akan mengonsumsi ikan salmon, olahlah dengan masakan paling enak. Jangan masak terlalu matang atau overcook juga supaya kandungan sehat didalamnya tetap terjaga. Kalau perlu pelajari dulu resep memasak ikan salmon yang paling enak.

Itulah pembahasan mengenai harga ikan salmon terbaru paling update saat ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *