Harga koi hari ini

Harga Ikan Koi

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Salah satu jenis ikan paling populer yang banyak dipelihara pecinta ikan adalah Koi. Ikan yang dipercaya dari Jepang ini banyak disukai karena motifnya yang variatif dan unik sehingga membuat banyak orang tertarik. Bila Anda tertarik beli, jangan lupa cek dulu daftar harga ikan koi terbaru.

Kalau Anda seorang penggemar ikan, memang tidak boleh ketinggalan pelihara ikan koi di rumah. Apalagi ikan koi gak semuanya mahal, dimana ada jenis koi lokal yang lebih terjangkau. Terlebih dari perawatannya juga tidak ribet. Lalu mana jenis koi terbaik? Berapa perbedaan harga koi lokal dan import?

Jenis-Jenis Ikan Koi Lokal dan Import Beserta Harganya

Seperti yang telah kita ketahui memang ada koi lokal dan import. Tentu saja kedua jenis koi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan harga juga akan dibedakan berdasar keaslian ikan, corak, sampai warnanya. Karena dalam kedua jenis baik lokal ataupun import indukannya berbeda-beda, maka hasilnya jadi sangat menarik. Kita simak lebih lanjut dibawah ini:

Baca juga: Harga ikan lele terbaru

1. Ikan Koi Chagoi

Ikan Koi Chagoi sebenarnya merupakan jenis koi yang tidak terlalu terkenal. Pasti masih banyak yang belum pernah mendengar ataupun melihat koi chagoi. Hal ini wajar karena proses budidayanya memang susah. Terlebih lagi warnanya yang hanya satu saja juga kurang menarik apabila dibandingkan dengan koi lain.

2. Ikan Koi Sanke

Ikan Koi Sanke merupakan jenis koi yang sangat digemari karena sisiknya yang unik. Dapat kita lihat sisiknya dilengkapi dengan 3 warna berbeda yakni merah, hitam dan putih. Kisaran harga ikan koi sanke sendiri juga masih tergolong mahal. Koi sanke yang sudah dewasa bisa mencapai harga 200 ribuan lebih.

3. Ikan Koi Kohaku

Untuk jenis koi ketiga adalah kohaku. Koi Kohaku ini merupakan jenis yang sangat mudah untuk ditemukan di tempat penjualan ikan manapun. Selain karena mudah dibudidayakan, corak dan warnanya tergolong unik. Sementara itu harga ikan koi lokal kohaku sendiri tergolong mahal, bisa mencapai angka jutaan rupiah.

4. Ikan Koi Showa

Jenis ikan Koi Showa sebenarnya kalau dilihat terbilang mirip dengan ikan koi sanke, tapi bisa dilihat perbedaannya dari warna hitam yang sangat dominan. Dari segi perpaduan warna juga cukup menarik dan unik. Karena keunikan ini membuat ikan koi showa jadi lebih banyak diburu pecinta koi. Termasuk jenis koi populer juga.

5. Ikan Koi Slayer

Ikan Koi Slayer sampai saat ini telah menjadi ikan koi paling unik yang pernah ada. Bisa kita lihat dari juntaian ekor dan sirip yang sangat unik. Beberapa jenis koi slayer yang paling bagus saat ini yaitu Platinum Slayer dan Kumpay Slayer. Jenis platinum slayer inilah yang harganya relatif sangat mahal.

6. Ikan Koi Tancho

Selanjutnya ada Koi Tancho yang terbilang sangat unik. Koi tancho ini terkenal dengan bulatan di bagian kepala. Bulatan warna ini tidak selalu satu warna melainkan ada yang silver, hitam sampai kuning. Karena keunikannya ini ikan koi tancho dibanderol cukup mahal. Bahkan anakannya saja bisa mencapai 100 ribuan.

7. Ikan Koi Blitar

Walaupun diberi nama Blitar, namun bukan berarti jenis ikan koi yang satu ini benar-benar berasal dari Blitar. Melainkan, jenis ini merupakan hasil persilangan koi yang dilakukan oleh para petani asal daerah Blitar.

Ikan Koi Blitar relatif masih murni selayaknya ikan koi jepang dengan kualitasnya yang sangat tinggi. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, koi dari Blitar terkenal berkualitas karena pada pembudidaya disana benar-benar selektif ketika melakukan persilangannya.

8. Ikan Koi Goromo

Pada dasarnya, Ikan Koi Goromo merupakan ikan koi jenis hokahu yang di tepi badannya berwarna hitam atau biru dan ditambahkan ke setiap skala warna merah. Kemudian ikan koi goromo juga dibagi lagi menjadi 3 jenis yang diketahui sampai saat ini, yaitu ai goromo, budo goromo, dan sumi goromo.

Ai goromo mempunyai tepian warna biru yang hanya ada di bagian dalam sisik warna merahnya. Sedangkan budo goromo punya tepian biru di luar skala merah sehingga menciptakan efek cluster mirip seperti buah anggur. Sementara sumi goromo mempunyai tepian hitam di sisiknya yang membuatnya terlihat hampir sepenuhnya hitam.

Ikan koi goromo dijual dengan harga sekitar Rp. 1,8 jutaan di pasaran. Harga ini tentu sepadan dengan coraknya yang indah.

9. Ikan Koi Goshiki

Selanjutnya ada jenis koi goshiki. Jenis ini mirip-mirip seperti jenis ikan koi sanke karena sama-sama punya pola topi warna merah di atas tubuhnya yang berwarna dasar abu-abu. Bedanya, jenis sanke berwarna dasar putih.

Pada bagian punggungnya terdapat garis pendek warna putih susu dan siripnya juga berwarna putih. Ikan Koi Goshiki dibanderol dengan harga mulai Rp. 700 ribuan. Bukan harga yang mahal untuk mendapatkan ikan yang elegan nan indah ini, kan?

10. Ikan Koi Hikarimono

Ikan Koi Hikarimono atau yang punya nama panjang hikarimoyomono ini punya badan berwarna dasar putih pucat disertai pola warna hitam blur di atas punggungnya. Pola-pola tersebut membentuk menyerupai tulang-tulang punggung di tubuhnya.

Jenis ini termasuk ke dalam ikan koi langka karena cukup susah untuk menemukan dan mendapatkannya. Harganya sendiri berkisar di Rp. 700 ribuan per ekor.

11. Ikan Koi Kinginrin

Lalu ada Ikan Koi Kinginrin. Ciri-ciri ikan koi kinginrin adalah warna kulit kuning yang terang dan tidak tampak seperti jenis ikan koi. Tubuhnya bisa dibilang lebih mirip seperti ikan mas. Hal tersebut disebabkan karena jenis ini ternyata memang salah satu dari hasil ikan koi persilangan. Kamu bisa memilikinya dengan merogoh kocek sekitar Rp. 900 ribuan untuk 1 ekornya.

12. Ikan Koi Doitsu Hariwake

Jenis selanjutnya bisa dibilang sebagai jenis ikan koi paling mewah, yaitu Ikan Koi Doitsu Hariwake. Tubuhnya yang berwarna putih keperakan membuat tampilan visualnya bak mutiara, siripnya juga berwarna putih keperakan. Sementara itu di beberapa bagian tubuhnya terdapat corak-corak kuning muda.

Keunikan lain dari ikan koi doitsu hariwake ini adalah warna kelopak matanya yang sebelah putih dan sebelah kuning. Hal ini membuatnya dihargai dengan nilai yang cukup ekslusif, yaitu sebesar Rp. 700 ribu sama halnya seperti jenis koi goshiki.

13. Ikan Koi Ogon

Ikan Koi Ogon merupakan ikan koi persilangan antara jenis shiro-fuji dan jenis koi punggung kuning. Warna kuning keemasan yang melekat pada tubuhnya membuat ia digilai oleh para pecinta ikan koi.

Pada saat pertama kali disilangkan, ikan koi ogon berwarna emas sempurna masih belum bisa didapatkan. Namun, setelah melakukan percobaan generasi keturunan sebanyak 6 kali maka lahirlah ikan koi ogon emas yang eksotis ini.

Karena butuh perjuangan dan waktu untuk mendapatkan warna emas sempurna pada ikan koi ogon, harganya melonjak menjadi kurang lebih Rp. 1,5 juta. Tapi harga ini masih di bawah jenis koi goromo.

14. Ikan Koi Matsuba

Ikan Koi Matsuba mempunyai tubuh dengan paduan warna dasar metalik yang solid disertai pola mirip jaring warna hitam. Warna dasarnya ini bervariasi tergantung pada subjenisnya. Ada 4 subjenis ikan koi matsuba, yaitu Aka Matsuba, Gin Matsuba, Ki Matsuba, dan Doitsu Matsuba.

Aka Matsuba punya warna dasar tubuh merah, Gin Natsuba warna dasarnya putih, Ki Matsuba memiliki warna dasar kuning, dan hanya Doitsu Matsuba yang warna dasarnya bisa lebih bervariasi lagi. Jenis ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran dengan banderol harga sekitar Rp. 500 ribu.

15. Ikan Koi Ki Bekko

Berikutnya ada jenis Ikan Koi Ki Bekko yang sangat beda dan cantik dari yang lain. Mengapa disebut berbeda? Karena warna dasarnya kuning, agak beda dengan jenis-jenis ikan koi lainnya.

Hal ini juga yang membuatnya lebih dikenal dengan sebutan ikan koi kuning. Corak warna hitam ikut hadir menghiasi tubuhnya. Bila diperhatikan lebih seksama lagi, coraknya ini juga terlihat lebih seimbang dengan tepian yang tajam.

Untuk mendapatkannya juga tidak susah, kamu bisa dengan mudah mencarinya karena memang jenis ini sudah cukup umum di pasaran.

16. Ikan Koi Shiro Bekko

Kemudian ada jenis ikan koi hitam putih. Koi Shiro Bekko memiliki tubuh berwarna dasar putih terang dengan corak-corak kecil berwarna hitam di seluruh bagian badannya. Oleh karena itulah jenis ini disebut dengan ikan koi hitam putih.

Jika dilihat sekilas mungkin memang sama seperti jenis koi lain, tapi warna dasarnya ini masih ada perbedaan. Maka dari itu, sebaiknya kamu selalu teliti ketika memilih ikan koi sebelum membelinya agar tidak salah beli jenis yang lain.

17. Ikan Koi Aka Bekko

Jenis selanjutnya tidak kalah menarik, yaitu Ikan Koi Aka Bekko yang punya warna dasar merah atau oranye. Di atas area punggungnya ada pola atau corak yang berwarna hitam. Perpaduan pola dengan warna dasar pada ikan koi satu ini telrihat cukup kontras. Sehingga dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi pemiliknya.

Tidak heran banyak pecinta koi yang memilih jenis ini untuk dijadikan peliharaan di rumah. Warnanya yang cerah dan terang tentu bisa membuat mata segar kembali.

18. Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan Koi Ki Utsuri ini punya dua perpaduan warna, yaitu warna kuning dan hitam. Ikan koi utsuri memiliki warna tubuh dasar hitam dan coraknya berwarna kuning. Ikan koi ki utsuri tidak kalah populer di kalangan para kolektor ikan koi dibandingkan jenis lainnya, karena paduan warnanya ini dinilai menarik untuk diperhatikan.

19. Ikan Koi Hi Utsuri

Masih dengan warna dasar yang sama, yakni hitam, di urutan kali ini ada Ikan Koi Hi Utsuri yang masih satu keluarga dengan jenis sebelumnya. Tubuh ikan koi jenis hi utsuri lebih unik dibanding jenis lainnya yang telah dibahas di atas, walaupun corak ikan koi ini juga berwarna merah. Ketika memasuki usia yang cukup dewasa, biasanya koi hi utsuri akan berubah warna. Oleh sebab itu, bagi sebagian orang ikan ini sangat unik dan menarik.

20. Ikan Koi Shiro Utsuri

Dan jenis ikan koi urutan terakhir adalah Koi Shiro Utsuri. Jenis ini bisa dibilang sangat unik karena dirinya hanya mempunyai perpaduan dua warna polos, yakni hitam dan putih.

Warna dasarnya adalah hitam sementara putih menjadi warna coraknya. Banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan koi hitam corak putih. Jenis ini banyak dipelihara mereka-mereka yang lebih suka warna polos dan tidak terlalu mencolok.

Baca juga: Harga ikan patin terbaru

Harga Ikan Koi Di Pasar Terbaru

Harga ikan koi besar, kecil, lokal, import

Seperti kita ketahui ikan koi termasuk dalam ikan budidaya yang banyak dijual di pasaran. Untuk jenis import dan lokal tentu saja beda harganya ya! Berikut ini kisaran harga semua jenis koi baik itu lokal ataupun import anakan dan indukan:

1. Ikan Koi Indukan

Ikan indukan merupakan jenis ikan yang banyak digunakan untuk proses budidaya menghasilkan anakan ikan koi. Pada saat membeli ikan koi indukan, usahakan benar-benar memilih yang diinginkan. Perhatikan bagian ikan seperti warna, bagian tubuh, sampai dengan sifat ikan yang wajib sempurna supaya anakannya bagus.

Untuk kisaran harga ikan koi import dan lokal indukan tentu saja cukup berbeda. Kita bisa mengambil contoh dari kisaran harga koi sanke yang bisa dihargai sampai Rp. 200.000-an. Lalu ada juga jenis koi kohaku indukan yang bisa dibanderol sampai Rp. 400.000-an. Tentu saja memang cukup mahal.

Selanjutnya ada juga ikan koi slayer dengan banderol Rp. 160.000-an. Lalu ada ikan koi chagoi yang lebih mahal lagi yaitu mencapai Rp. 499.000-an per ekor. Harga chagoi ini sama dengan tancho. Harga ikan koi besar atau indukan ini hanya berukuran 30 cm saja ya. Jadi kalau ukurannya lebih besar, pasti lebih mahal.

2. Ikan Koi Anakan

Anakan ikan koi yang bagus bisa dihasilkan dari indukan yang berkualitas. Buat Anda yang mau beli anakan koi dari peternak, maka wajib mengetahui bagaimana cara memilih koi yang benar. Salah satunya dengan melihat corak atau motif, pola warna sampai bentuk dan kelengkapan anggota tubuh.

Sementara itu harga ikan koi kecil juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai membeli anakan koi mahal tapi sebenarnya merupakan jenis murah. Untuk harga anakan koi sendiri juga beragam ya. Misalnya saja anakan koi berukuran 10 cm dihargai Rp. 100.000-an, koi tancho Rp. 119.000 dan koi chagoi Rp. 129.000.

Itu adalah harga yang cukup mahal. Ada juga harga anakan yang lebih murah. Misalnya jenis koi kohaku ukuran 10 cm dengan harga Rp. 39.000. Lalu ada juga koi slayer yang dihargai setengah harga koi kohaku. Terakhir ada jenis showu yang tidak jauh berbeda harganya yaitu berada dikisaran Rp. 39.000-an. Berikut tabel harga terbarunya:

Jenis Ikan KoiUkuranHarga Per Ekor
Koi Kohaku8-12 cmRp. 45.000
Koi Kohaku12-15 cmRp. 55.000
Koi Kohaku15-18 cmRp. 105.000
Koi Kohaku20 cmRp. 155.000
Koi Kohaku25 cmRp. 325.000
Koi Kohaku30 cmRp. 400.000
Koi Sanke5 cmRp. 60.000
Koi Sanke10 cmRp. 145.000
Koi Sanke15 cmRp. 295.000
Koi Sanke25 cmRp. 395.000
Koi Chagoi5 cmRp. 150.000
Koi Chagoi10 cmRp. 200.000
Koi Chagoi15 cmRp. 250.000
Koi Chagoi20 cmRp. 300.000
Koi Chagoi25 cmRp. 400.000
Koi Chagoi30 cmRp. 500.000
Koi Tancho5 cmRp. 120.000
Koi Tancho10 cmRp. 155.000
Koi Tancho15 cmRp. 220.000
Koi Tancho20 cmRp. 300.000
Koi Tancho25 cmRp. 400.000
Koi Tancho30 cmRp. 550.000
Koi Slayer10 cmRp. 60.000
Koi Slayer15 cmRp. 100.000
Koi Slayer20 cmRp. 160.000
Koi Slayer25 cmRp. 200.000
Koi Slayer30 cmRp. 300.000
Koi Slayer35 cmRp. 400.000
Koi Showa10 cmRp. 35.000
Koi Showa15 cmRp. 45.000
Koi Showa20 cmRp. 60.000
Koi Showa25 cmRp. 100.000
Koi Showa30 cmRp. 150.000
Koi Showa35 cmRp. 300.000
Koi Ki Utsuri-Rp. 125.000
Koi Shiro Utsuri-Rp. 130.000
Koi AsagiAnakanRp. 45.000
Koi AsagiDewasaRp. 500.000
Koi ShusuiAnakanRp. 50.000
Koi ShusuiDewasaRp. 600.000
Koi Matsuba-Rp. 135.000
Koi OrgonAnakanRp. 25.000
Koi OrgonDewasaRp. 350.000
Koi Kujaku-Rp. 135.000
Koi Goromo-Rp. 155.000
Koi Soragoi-Rp. 150.000
Koi Slayer Kumpay5 cmRp. 20.000
Koi Slayer Kumpay10 cmRp. 35.000
Koi Slayer Kumpay15 cmRp. 50.000
Koi Slayer Kumpay20 cmRp. 80.000
Koi Slayer Kumpay25 cmRp. 120.000
Koi Slayer Kumpay30 cmRp. 160.000
Koi Slayer Platinum10 cmRp. 50.000
Koi Slayer Platinum15 cmRp. 100.000
Koi Slayer Platinum20 cmRp. 150.000
Koi Slayer Platinum25 cmRp. 200.000
Koi Slayer Platinum30 cmRp. 300.000
Koi Slayer Platinum35 cmRp. 400.000
Koi Kawarimono-Rp. 200.000
Koi Showasansoku-Rp. 1.000.000
Koi Shiro Bekko-Rp. 800.000
Koi Utsurimono-Rp. 800.000
Koi Hikari-Utsurimono-Rp. 900.000
Koi Hikarimoyomono-Rp. 700.000
Koi Kinginrin-Rp. 900.000
Koi Gonsanke41 cmRp. 500.000
Koi Bekko20 cmRp. 100.000
Koi Bekko35 cmRp. 250.000

Perbedaan harga ini sendiri seperti kita bahas sebelumnya akan dibedakan berdasarkan dengan kualitas dan keaslian jenis. Jadi gak masalah mahal asalkan kualitas dan keasliannya terjamin. Demikianlah pembahasan harga ikan koi terlengkap. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *