Harga Kura Kura Brazil

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Salah satu hewan peliharaan yang sangat difavoritkan masyarakat adalah kura-kura Brazil. Hal ini sendiri dikarenakan kura-kura brazil yang punya bentuk dan warna tubuh begitu unik dan menarik. Buat Anda yang tertarik membelinya, saya akan memberi informasi harga kura kura brazil lengkap.

Kura-kura Brazil sendiri bisa dibilang bukan hewan yang sangat mudah dipelihara atau dirawat. Melainkan kita membutuhkan beberapa perawatan khusus supaya kura-kura dapat bertahan hidup lebih lama. Lalu berapa kisaran harga terbarunya? Bagaimana cara perawatan kura-kura Brazil ini?

Baca juga: Harga ikan salmon

Mengenal Kura-Kura Brazil

Kura-kura Brazil merupakan hewan yang berasak dari benua Amerika Selatan. Karena tergolong dalam hewan yang mudah melakukan adaptasi, jadi tempat perawatannya bisa dilakukan dimana saja. Tapi tentu saja gak boleh sembarangan karena kura-kura Brazil sangat mudah terkena penyakit yang membuat pertumbuhannya terganggu.

Ukuran tubuh kura-kura Brazil sendiri paling besar bisa mencapai 30 cm dengan umur maksimalnya 20 tahun. Ukuran tubuh dan umur kura-kura Brazil tersebut bisa terjadi kalau dirawat dalam lingkungan yang terbaik. Jadi saat pemeliharaan kura-kura brazil, perawatan merupakan salah satu yang paling sulit.

Saat kura-kura Brazil mulai beranjak dewasa, nantinya akan melakukan proses kawin di musim panas. Umumnya akan terjadi pada bulan Agustus-September. Setelah kawin, kura-kura Brazil betina dapat menghasilkan 20-45 telur. Telur ini akan menetas setelah berumur 3 minggu dan segera masuk ke dalam air.

Untuk tempat pemeliharaan kura-kura Brazil yang paling bagus adalah akuarium kaca yang ukurannya lebar dan harus terbuka. Selain itu tidak boleh hanya terdapat air saja, melainkan wajib ada daratan yang bisa digunakan kura-kura Brazil buat berjemur. Memang tetap harus ada air walaupun kebanyakan berada di air.

Memang kita wajib memberikan tempat buat berjemur karena sangat dibutuhkan oleh kura-kura Brazil. Apalagi saat pemeliharaan kita juga dianjurkan untuk memberikan sinar matahari langsung buat si kura-kura Brazil tersebut. Kita bisa menjemur kura-kura Brazil antara jam 6-9 pagi selama 30 menit saja.

Oh iya, untuk tempat pemeliharaan si kura-kura Brazil ini juga wajib kita rawat dengan baik dengan cara selalu dibersihkan rutin. Apalagi kura-kura Brazil juga kebanyakan makan di dalam air. Kura-kura Brazil juga banyak buang kotoran di dalam air. Jadi harus rutin dibersihkan supaya tidak menjadi penyakit.

Harga Kura Kura Brazil Indukan

Perlu diketahui kalau jenis kura-kura Brazil ada beragam. Jadi dipasaran kita bisa menemukan yang paling terkenal itu harga kura kura brazil albino dan hijau. Sementara itu untuk harganya sendiri sampai saat ini masih tergantung dengan ukuran. Misalnya saja ukuran 20 cm yang dihargai Rp. 38.000-an.

Lalu ada juga yang ukurannya lebih besar yaitu 25 cm dihargai Rp. 44.000-an. Selanjutnya ada kura-kura Brazil dengan ukuran 35 cm yang dihargai Rp. 48.000. Salah satu ukuran terbesar di pasaran yaitu ada 40 cm. Kalau ukurannya sudah sangat besar seperti ini, maka per ekornya bisa dihargai sampai Rp. 57.000-an.

Harga Kura Kura Brazil Anakan

Kalau yang namanya anakan, pasti harganya akan jauh lebih murah dibandingkan yang sudah tumbuh. Untuk kisaran harga kura kura brazil dengan ukuran 5 cm contohnya yang hanya dihargai Rp. 24.000-an saja. Lalu ada juga ukuran 10 cm yang dihargai tidak jauh berbeda yaitu hanya sebesar Rp. 28.000-an saja per ekor.

Selanjutnya untuk anakan dengan panjang 15 cm, dihargai dengan banderol Rp. 35.000-an. Jika Anda akan membeli anakan kura-kura Brazil dengan maksud membesarkannya, maka jangan asal ketika membeli. Perhatikan ciri-ciri dan kelengkapan kura-kura Brazil yang bagus. Jadi kura-kura bisa tumbuh dewasa dan panjang umur.

Berikut ini adalah tabel harga lengkapnya:

NoUkuranHarga
1Kura-kura Brazil 5 cmRp. 22.000
2Kura-kura Brazil 10 cmRp. 27.000
3Kura-kura Brazil 15 cmRp. 32.000
4Kura-kura Brazil 20 cmRp. 37.000
5Kura-kura Brazil 25 cmRp. 42.000
6Kura-kura Brazil 35 cmRp. 52.000
7Kura-kura Brazil 40 cmRp. 60.000

Baca juga: Harga ikan koi

Tips Merawat Kura-Kura Brazil

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwasanya dalam merawat kura-kura Brazil merupakan salah satu proses paling sulit dan harus diperhatikan dengan benar. Berikut ini beberapa cara merawat kura-kura Brazil yang baik dan benar:

1. Menyiapkan Akuarium

Akuarium merupakan tempat paling umum yang akan kita gunakan untuk memelihara kura-kura Brazil. Di dalam akuarium tersebut wajib dijaga dengan suhu 20-28 derajat celcius. Jangan terlalu dingin karena berbahaya untuk paru-paru kura-kura Brazil.

2. Bersihkan Akuarium

Untuk membersihkan akuarium, kita bisa memanfaatkan filter air. Kalaupun Anda tidak memasang filter air di akuarium kura-kura Brazil, maka wajib membersihkan air tersebut. Jangan sampai air di dalam aquarium kelihatan kotor karena bisa saja itu merupakan penyakit.

3. Pemberian Pakan

Pakan yang akan kita berikan kepada kura-kura Brazil tidak boleh hanya berupa pelet. Kita juga wajib memberi kura-kura Brazil makanan lain seperi cacing, ikan kecil, sampai sayur dan buah-buahan. Pemberiannya pun tidak boleh terlalu banyak supaya proses pencernaan kura-kura Brazil tetap lancar.

4. Bersihkan Tubuh Kura-Kura Brazil

Terutama bagian cangkang merupakan bagian tubuh yang wajib dibersihkan. Kita bisa memakai sikat dengan bulu halus untuk membersihkan cangkangnya.

5. Berikan Suplemen

Suplemen buat kura-kura Brazil merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan demi membuat kura-kura Brazil menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Dengan kata lain suplemen khusus ini dibuat untuk imun kura-kura Brazil agar selalu kuat.

6. Letakkan Kura-Kura Di Tempat Dengan Cahaya Matahari

Kura-kura Brazil sangat membutuhkan sinar matahari untuk berjemur. Nantinya sinar ini berguna supaya kura-kura lebih hangat dan pencernaannya lancar.

7. Jangan Mengobok-obok Akuarium

Hal ini sendiri banyak yang melakukannya sehingga kura-kura Brazil jadi stress dan kemudian mati. Kamu harus menghindari hal ini agar kura-kura milikmu tetap hidup dan tidak setress.

Itulah pembahasan mengenai karakteristik, harga kura kura brazil dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat.

One thought on “Harga Kura Kura Brazil

  1. Gan mau tanya lebih nih, boleh saya minta nomor telepon yang bisa saya hubungi?
    Atau agan hubungi saya di nomor +62 813-3276-3434. Saya tunggu kabarnya, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *