Makanan kura kura

Makanan Kura Kura

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Salah satu hewan peliharaan yang populer saat ini adalah kura-kura. Hewan lucu yang satu ini memiliki masa hidup antara 20-40 tahun. Umur kura kura dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari makanan kura kura, cara merawat dan menjaga kesehatannya.

Cara merawat kura kura tidak begitu sulit. Jika kamu rutin merawat dan menjaga kesehatannya, maka kemungkinan besar kura kura akan hidup lebih lama. Salah satu cara merawat kura kura agar sehat adalah dengan memberinya makanan yang baik.

Makanan Kura Kura Semua Jenis

Makanan untuk kura kura kecil, brazil, air
Sumber: fishsubsidy.org

Makanan berbagai jenis kura kura bisa kamu dapatkan di toko-toko hewan. Saat ini bukan hal yang sulit untuk menemukan makanan hewan kura kura, karena sudah banyak toko hewan yang menyediakannya. Hanya saja, kamu perlu memberikan jenis makanan yang tepat untuk kura kura yang kamu miliki. Karena makanannya berbeda-beda tergantung pada jenis kura kura dan umurnya. Berikut makanan semua jenis kura kura yang sehat.

Baca juga: Harga kura kura brazil

1. Ikan

Ikan adalah makanan alami kura kura di habitat aslinya. Tidak heran jika ikan menjadi makanan kura kura air, kura kura brazil dan juga kura kura kecil. Ikan-ikan kecil cocok menjadi makanan bagi kura kura yang sudah berumur dewasa. Kamu bisa mendapatkan ikan-ikan kecil di sungai atau membeli anakan ikan mas di toko ikan hias.

Namun, jangan beri makan kura kura dengan jenis ikan air laut atau ikan yang sudah dibekukan. Pilih jenis ikan air tawar. Karena beberapa jenis ikan yang dibekukan akan meningkatkan kadar enzim di dalam ikan sehingga menghancurkan vitamin B1. Hal ini akan menyebabkan permasalahan jangka panjang bagi kura kura.

2. Serangga dan Cacing Tanah

Di alam liar, kura kura lebih sering mendapatkan makanan alami seperti serangga dan cacing. Jenis cacing yang cocok menjadi makanan kura kura kecil adalah cacing sutra dan mealworm. Sementara jenis serangga yang cocok adalah jangkrik kecil.

Jadi, sesekali memberikan makanan serangga atau cacing juga tidak masalah. Selain itu, jenis pakan ini juga cukup baik untuk perkembangan kura kura peliharaan.

3. Daging

Daging merupakan makanan kura kura brazil, kura kura air dan kura kura kecil. Hampir semua jenis kura kura menyukainya. Oleh karena itu daging menjadi makanan yang sehat dan cocok untuk segala jenis kura kura.

Jenis daging yang baik bagi kura kura adalah daging dengan protein dan kalsium yang tinggi. Kandungan nutrisi ini sangat penting bagi pertumbuhan kura kura. Kandungan nutrisi yang baik ini bisa kamu temukan dalam daging sapi, daging ayam atau daging ikan.

Kura kura sangat menyukai daging mentah. Namun, daging mentah masih mengandung banyak lemak sehingga dapat menyebabkan kegemukan bagi kura kura. Jadi, masak daging terlebih dahulu tanpa memakai bumbu dapur. Kamu bisa merebus atau mengukusnya juga. Setelah matang potong daging sesuai dengan ukuran mulut kura kura. Barulah kamu memberi makan kura kura peliharaanmu.

4. Tulang Sotong

Kalsium adalah bahan baku utama untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang yang sehat. Kalsium juga membantu mencegah penyakit tulang metabolik. Dan makanan untuk kura kura yang merupakan sumber kalsium adalah tulang sotong.

Tulang sotong adalah suplemen makanan luar biasa bagi kura kura, terlebih lagi pada saat kura kura mulai memasuki usia pertumbuhan. Di alam liar, kura kura akan menyerap kalsium secara alami dengan mengonsumsi cangkang-cangkang keong. Oleh karena itu memberi makan kura kura tulang sotong juga bisa kamu coba sesekali. Kamu bisa membeli tulang sotong di toko-toko hewan terdekat termasuk toko burung.

5. Pelet

Pelet merupakan jenis pakan yang paling praktis, aman dan mudah ditemukan. Pelet tersedia hampir di semua toko kebutuhan hewan. Biasanya pelet sudah dikemas dengan sedemikian rupa sehingga sudah berisi nutrisi yang sesuai dan dibutuhkan oleh hewan peliharaan.

Namun, kamu jangan sampai salah memilih pelet. Biasanya jenis pelet dibagi sesuai dengan umur kura kura. Selain itu ada 2 jenis pelet kura kura dengan bahan baku yang berbeda. Jenis pelet yang pertama menggunakan bahan baku tumbuh-tumbuhan yang cocok bagi kura kura jenis herbivora.

Pelet ini cocok menjadi makanan kura kura darat. Sementara jenis pelet kura kura yang kedua menggunakan bahan baku daging seperti cacing atau ikan dan cocok untuk kura kura karnivora.

Berikan pelet sedikit demi sedikit tergantung pada ukuran kura kura. Hindari memberi makan pelet dalam jumlah banyak karena dapat membuat air keruh dan menyebabkan penyakit bagi kura kura. Jenis pakan pelet juga tidak boleh terlalu sering diberikan. Sebaiknya selingi pemberian makan pelet dengan jenis makanan yang lain.

6. Telur

Telur kaya akan nutrisi dan protein yang baik bagi kura kura. Oleh karena itu telur bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk kura kura, terutama kura kura brazil. Cara memberi makan kura kura dengan telur adalah dengan merebus telur terlebih dahulu, kemudian potong-potong telur sesuai dengan ukuran mulut kura kura. Dan beri makan kura kura dengan potongan-potongan telur tersebut.

Karena telur berisi protein yang sangat banyak, beri makan kura kura dengan telur hanya setiap 2 atau 3 hari sekali untuk menghindari kegemukan. Sebaiknya kamu benar-benar memotong telur dengan potongan kecil agar kura kura dapat memakannya dengan mudah, apalagi kura kura kecil. Karena kura kura tidak mempunyai gigi dan menggunakan rahangnya untuk mengunyah makanan kemudian menelannya.

7. Tanaman Air

Selain dapat meningkatkan kualitas air, tanaman air juga bisa menjadi pilihan makanan untuk berbagai jenis kura kura. Kamu bisa menambahkan tanaman air ke dalam kolam atau akuarium kura kura. Tanaman air yang dimaksud berupa selada air, eceng gondok atau tanaman yang memang biasa tersedia untuk akuarium. Kamu bisa mendapatkan makanan tanaman air kura kura di toko kebutuhan ikan hias.

8. Buah dan Sayur

Kura kura juga suka makan buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayur bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Kura kura menyukai buah pisang, apel, pepaya dan tomat. Sedangkan sayuran yang cocok untuk kura kura adalah selada, sawi, wortel, bayam dan sayuran hijau lainnya.

Makanan buah dan sayur sangat baik karena kaya akan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan dan kekuatan tempurung kura kura. Tapi, jangan jadikan buah dan sayur sebagai makanan pokok kura kura. Sebaiknya gunakan komposisi 25% daging, 50% buah dan sayur dan 25% jenis makanan lainnya untuk kura kura agar nutrisinya seimbang. Terlalu banyak makan buah dan sayur bisa menyebabkan kura kura terlalu sering buang air besar.

9. Best In Show Morning Sun Turtle Food

Makanan kura kura selanjutnya merupakan makanan buatan dan bukan alami, namun tetap direkomendasikan untuk kura kura kesayangan kamu. Best In Show Morning Sun Turtle Food merupakan makanan untuk kura kura yang berbahan baku biji-bijian dengan kualitas yang tidak perlu diragukan.

Makanan ini bisa dibilang premium, karena kaya akan vitamin dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kura kura. 1 bungkus Best In Show Morning Sun Turtle Food memiliki berat kurang lebih 120 gram. Pakan ini akan sangat cocok untuk menunjang pertumbuhan kura kura peliharaanmu. Kamu bisa mendapatkannya di toko hewan atau toko online dengan harga sekitar Rp. 32.500.

Baca juga: Makanan untuk ikan arwana

10. SUGOI Pelet Pakan Kura Kura

Dan makanan kura kura yang terakhir adalah SUGOI Pelet Pakan Kura Kura. Jenis pakan ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga dapat menyehatkan kura kura. Selain itu, mereka juga pasti akan menyukainya. Komposisinya antara lain mengandung gandum, tepung ikan, dedek padi, bukgil, kacang kedelai dan bahan lainnya yang memiliki aroma sedap.

Didalamnya juga terdapat kandungan gizi, kalsium, vitamin dan protein yang seimbang sehingga sangat cocok untuk membantu dan mempercepat proses perkembangan bayi kura kura kecil. Kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp. 15.000. Pakan ini bisa menjadi pilihan alternatif apabila pakan yang di atas sulit atau terlalu mahal untuk kamu dapatkan.

Itulah 10 makanan kura kura yang sehat dan cocok untuk semua jenis. Semakin rutin kamu merawat kura kura kamu dan memberinya makanan yang bernutrisi, maka semakin panjang juga umurnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *