Harga ikan mas

Harga Ikan Mas

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga ikan mas – Ikan mas merupakan salah satu ikan konsumsi yang paling populer di Indonesia. Semua orang sudah pasti tahu ikan mas, dan sebagian besar pernah memakannya. Ikan air tawar ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena selain kandungan proteinnya yang tinggi, harga ikan mas juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Namun selain dijadikan ikan konsumsi, tak jarang ikan mas juga sering ditaruh di aquarium sebagai ikan hias. Hal tersebut dikarenakan warnanya yang menarik dan unik bila dilihat baik-baik. Karena jenisnya memang cukup banyak, maka tidak heran jika ikan mas punya warna yang beragam. Warna-warna ikan mas diantaranya oranye, kuning, merah, cokelat bahkan ada juga yang hitam.

Ikan mas konsumsi biasanya ikan mas dengan warna yang tidak mencolok alias biasa-biasa saja. Selain kandungan proteinnya yang tinggi dan kaya akan gizi, banyak orang juga menilai bahwa ikan mas memiliki cita rasa yang khas. Maka dari itu permintaan ikan mas di pasaran relatif banyak.

Oleh sebab permintaan pasar yang tak kian surut itu, semakin banyak saja petani ikan mas baru yang muncul. Hal tersebut tentu saja sangat berbanding lurus dengan kebutuhan akan ikan mas di pasar. Jadi, usaha budidaya ikan mas juga masih mempunyai potensi menghasilkan banyak keuntungan untuk saat ini.

Pakan Ikan Mas

Berbicara usaha budidaya ikan mas, ikan mas tergolong jenis ikan yang mudah diternak. Hanya saja kamu perlu memperhatikan asupan makanannya agar ikan bisa tumbuh besar dengan baik. Berilah makanan-makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk ikan mas.

Baca juga: Umpan mancing ikan mas jitu

Pakan ikan mas yang bisa kamu pilih adalah pelet. Pelet mengandung cukup nutrisi agar ikan mas tumbuh cepat dengan baik dan mempunyai bobot yang ideal. Selain pelet, berikut beberapa pakan ikan mas yang bisa juga kamu berikan.

  • Cacing tubifex dan daphani
  • Cacing tanah dan sutera
  • Sekam padi dan pelet
  • Kroto dan ulat daun pisang

Harga Ikan Mas Terbaru

Harga ikan mas bibit, kecil, dewasa per kg

Ikan mas dijual dengan harga yang berbeda di tiap-tiap daerah Indonesia. Hal tersebut karena tidak semua daerah mempunyai pembudidayaan ikan mas yang bisa memenuhi kebutuhan pasarnya. Akibatnya para petani terpaksa mengimpor ikan mas dari daerah lain. Sehingga bisa saja harganya dinaikkan sedikit.

Biasanya ikan mas yang dijual di pasar adalah ikan yang mempunyai bobot 2 sampai 3 ons per ekor atau 1 kilonya berisi 4 hingga 5 ekor ikan. Di pasar ukuran ini merupakan yang paling banyak dicari. Karena para konsumen menilai rasanya lebih gurih dan manis.

Sementara itu ikan mas berukuran besar biasanya dibeli untuk dijadikan indukan atau untuk ditaruh di kolam pemancingan. Tentu semakin besar ukurannya maka semakin mahal juga harga ikan mas per kg.

1. Harga Ikan Mas Konsumsi

Saat ini, ikan mas konsumsi rata-rata dijual dengan harga Rp. 30.000 per kg. Di Indonesia sendiri daerah penghasil ikan mas berkualitas baik sudah banyak tersebar di mana-mana. Salah satu daerah tersebut adalah di Cirata, Jawa Barat. Di sana kamu dapat menemukan banyak penghasil ikan mas berkualitas tinggi.

Untuk selengkapnya, berikut tabel daftar harga jual ikan mas di beberapa daerah Indonesia.

DaerahHarga per kg
BandungRp. 26.000
CirataRp. 26.000
JatiluhurRp. 27.000
SubangRp. 28.000
SukabumiRp. 28.000
MajalengkaRp. 28.000

Di pasar tradisional terdekat daerah kamu juga harganya pasti tidak akan jauh dari harga-harga di atas. Namun, sewaktu-waktu harga tersebut bisa saja berubah, terlebih lagi ketika situasinya seperti ini.

2. Harga Bibit Ikan Mas

Dalam sekali pemijahan, indukan ikan mas mampu menghasilkan ratusan hingga ribuan benih ikan mas. Biasanya bibit-bibit ikan mas ini dijual mulai dari ukuran 2-3 cm.

Harga ikan mas kecil ukuran 2 sampai 3 cm berkisar di Rp. 300 per ekor. Namun sebetulnya harga ini tergantung pada ukuran dan seberapa banyak ekor yang ingin dibeli.

Untuk mempermudah kamu mengetahui harga bibit ikan mas, berikut ditampilkan tabel daftar harga benih ikan mas untuk banyak ukuran.

Ukuran Bibit Ikan MasIsinya per BoxHarga Bibit Ikan Mas
Larva30.000 ekorRp. 30
2-3 cm6.000 ekorRp. 80
3-5 cm5.000 ekorRp. 150
4-6 cm4.000 ekorRp. 225
5-7 cm3.000 ekorRp. 300

3. Harga Ikan Mas Per Kg

Mengingat tingginya kandungan protein dan rasanya yang enak, kebutuhan ikan mas di pasaran Indonesia cukup tinggi. Hal ini juga didukung dengan harganya yang terjangkau bagi masyarakat kita.

Namun, sayangnya ikan mas juga mempunyai kekurangan, yaitu duri. Ikan mas memiliki jumlah duri halus yang banyak. Maka dari itu lebih baik ikan mas dipresto terlebih dahulu agar durinya menjadi halus dan bisa dinikmati dengan nyaman.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa harga ikan ini berbeda-beda tergantung tempatnya. Untuk memudahkan kamu yang ingin mengetahuinya, berikut tabel harga jual ikan mas per kg di banyak daerah Indonesia.

DaerahHarga per Kg
Pasar tradisional terdekatRp. 25.000
CirataRp. 25.000
ManadoRp. 25.000
MedanRp. 25.000
CikarangRp. 25.000
PekanbaruRp. 28.000
SiantarRp. 30.000
SukabumiRp. 30.000
LampungRp. 30.000
Jawa BaratRp. 35.000
GarutRp. 35.000
JakartaRp. 40.000
BandungRp. 35.000
PadangRp. 25.000
Petani CirataRp. 22.000
BekasiRp. 35.000
BalikpapanRp. 35.000
TasikmalayaRp. 30.000
MalaysiaRp. 140.000
JambiRp. 28.000
PemancinganRp. 25.000
JatiluhurRp. 28.000
BatamRp. 35.000
AcehRp. 23.000
CirebonRp. 28.000
SuperindoRp. 35.000
SubangRp. 25.000
BogorRp. 35.000
MakassarRp. 30.000
Waduk CirataRp. 22.000
PontianakRp. 35.000

Harga yang dipatok di pasar dan penjualnya langsung tentu saja beda. Kamu akan mendapatkan harga yang berbeda ketika membeli ke peternak ikan masnya secara langsung. Harga pasaran Rp. 30.000 itu tidak sama dengan harga di produsennya.

Namun, jika masih ada ikan mas yang dijual dengan harga Rp. 35.000, itu terbilang mahal apabila dibandingkan dengan ikan konsumsi lainnya seperti ikan lele atau ikan nila.

Baca juga: Harga ikan patin per kg

Harga-harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu karena berbagai faktor. Biasanya faktor yang paling mempengaruhi adlah cuaca dan kondisi ekonomi masing-masing daerah. Selain di pasar, kamu juga bisa membeli ikan mas di peternakan ikan mas secara langsung atau di tempat pelelangan ikan. Faktor lain yang dapat mempengaruhi harga seekor ikan mas adalah akses menuju tempat pembelian dan biaya kendaraan yang mengangkut ikannya ke pasar.

Dari tabel harga di atas, harga di Jakarta merupakan yang paling mahal dibandingkan daerah-daerah tempat penjualan ikan mas di Indonesia lainnya. Hal tersebut dikarenakan saat ini kota Jakarta sedang susah dijadikan tempat beternak ikan mas. Sehingga ikan mas yang dijual di Jakarta biasanya datang dari daerah Bogor atau Bekasi.

Demikian informasi tentang harga jual ikan mas di berbagai daerah Indonesia. Ikan mas bisa kamu racik dan masak sendiri menjadi beraneka ragam makanan yang lezat. Kandungan tinggi protein ikan mas juga bisa menyehatkan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *