Harga kucing hutan

Harga Kucing Hutan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Kucing hutan merupakan salah satu jenis kucing yang sering digunakan sebagai hewan peliharaan. Tentu saja disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja keunikan bulu dan sifatnya. Disini kita akan mencari tahu tentang apa saja jenis beserta update daftar harga kucing hutan terbaru saat ini.

Tentu saja kita wajib mengetahui tentang kucing hutan terlebih dahulu. Terutama karena kucing hutan beberapa jenisnya termasuk langka, jadi tidak boleh untuk asal kita beli. Maka dari itu wajib mengetahui sebenarnya mana jenis yang dapat dipelihara dan mana jenis yang gak boleh dipelihara.

Jenis-Jenis Kucing Hutan

Kucing hutan adalah jenis kucing liar yang sangat disukai karena memiliki sifat yang agresif dan aktif, selain itu bukan jenis kucing penakut. Kucing hutan juga dilengkapi dengan bulu yang terkesan panjang tapi halus. Walaupun kucing hutan termasuk kucing liar, tapi tetap saja bisa jinak. Kalau sudah jinak, apalagi dirawat dari kecil, maka kucing hutan bisa sangat manja seperti kucing biasanya. Sudut Hewan pernah membahas mengenai cara menjinakkan kucing.

Perlu diketahui kalau dibandingkan dengan kucing biasa, kucing hutan punya kebiasaan berburu yang lebih unik. Kita pasti tahu dimana kucing biasa seperti kucing kampung akan memburu tikus pada rumah kecil. Hal ini berbeda dibanding kucing hutan yang bisa memburu tikus berukuran besar, reptil serta burung. Selain itu dibeberapa kasus pernah terlihat kucing hutan berburu hewan yang jauh lebih besar.

Semua keunikannya memang membuat banyak yang ingin tahu tentang kucing hutan. Sebelum kamu membelinya, pastikan sudah mengantongi dana dulu ya! Saat ini untuk kisaran harga kucing hutan anakan dan harga kucing hutan dewasa Rp. 300.000-Rp. 100.000.000-an.

Semakin unik jenisnya, maka akan semakin mahal. Tentu saja setiap jenis akan punya karakter dan harganya masing-masing. Lalu apa sajakah jenis kucing hutan terbaik?

1. Kucing Hutan Dahan Kalimantan

Kucing Dahan Kalimantan masih tergolong dalam kucing liar yang ukurannya sedang saja. Ukuran terbesarnya bisa mencapai 90 cm dengan bobot 25 kg. Kita bisa menemukan jenis kucing hutan ini di wilayah pulau Kalimantan dan Sumatera. Kucing Dahan Kalimantan dikenal punya taring gigi sepanjang 2 inchi yang proporsional. Sementara itu corak bulunya cenderung berbentuk oval tapi tidak beraturan.

2. Kucing Hutan Jawa

Kucing Hutan Jawa termasuk dalam jenis kucing hutan yang paling terkenal. Sesuai namanya memang dengan sangat mudah kita temukan di wilayah pulau Jawa. Kucing Hutan Jawa sendiri tentunya tidak bisa sembarangan dijualbelikan, apalagi telah termasuk dalam satwa liar dilindungi.

Kucing Hutan Jawa sebenarnya mirip dengan kucing kampung, tapi badannya lebih besar. Selain itu juga pandai berenang tidak seperti kucing kampung.

3. Kucing Hutan Bengal

Kucing Bengal adalah hasil persilangan antara American Shorthair dengan Asian Leopard. Walaupun merupakan hasil persilangan, tapi kucing Bengal tetap saja merupakan jenis kucing hutan. Kucing bengal sendiri terkenal dengan panjang tubuh serta struktur otot yang begitu kuat. Tulangnya juga sangat kokoh. Sementara itu pada bagian bulunya sendiri cenderung rapat sehingga terasa halus.

4. Kucing Hutan Kuwuk

Kucing Kluwuk sering juga disebut sebagai kucing congkok. Ini merupakan jenis kucing hutan dengan ukuran kecil. Kucing kluwuk sendiri dapat dengan mudah kita temukan di wilayah Asia Selatan dan Asia Timur. Sebegai kucing hutan, kucing kluwuk memang berukuran sama seperti kucing kampung. Hanya saja lebih langsing dan kakinya lebih panjang. Kita bisa melihat keunikan pada dua garis gelap pada bagian kepalanya.

5. Kucing Hutan Batu

Kucing Batu biasa kita temui di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Kucing yang punya garis keturunan dari Pantherine ini ternyata sudah diancam kepunahan. Kucing Batu sendiri kalau di alam bisa tumbuh dari ukuran 46-62 cm dengan berat mencapai 5 kg. Kalau kita lihat, maka Kucing Batu cenderung punya kemiripan dengan kucing dahan dimana warnanya coklat abu-abu, hitam dan kuning.

6. Kucing Hutan Emas Asia

Kucing Emas Asia dapat dengan mudah kita temukan di wilayah Asia Tenggara. Karena banyak diburu, maka habitatnya di alam sangat terancam. Kucing Emas Asia sendiri bisa tumbuh dengan panjang 66-105 cm dengan bobot 16 kg. Kalau kita bandingkan dengan kucing biasa, maka bisa sampai 3 kali lipat lebih besar.

7. Kucing Hutan Dahan Benua

Kucing Dahan Benua akan banyak kita temui di wilayah Tiongkok, India, Indocina sampai semenanjung Melayu. Sebenarnya Kucing Dahan Benua di alam sudah punah, jadi memang cukup disayangkan sekali. Kucing Dahan Benua sendiri bisa tumbuh sampai dengan 95 cm tetapi kakinya cenderung pendek. Keunikan yang dapat kita lihat adalah bulu kelabu coklat dilengkapi bintik yang lucu.

Cek juga harga kucing jenis lainnya di artikel berikut:

Harga Kucing Hutan Semua Jenis

Harga kucing hutan semua jenis terbaru

JenisStatusHarga
Kucing Hutan KalimantanBelum DivaksinRp. 400.000-an
Kucing Hutan KalimantanSudah DivaksinRp. 800.000-an
Kucing Hutan JawaBelum DivaksinRp. 1.000.000-an
Kucing Hutan JawaSudah DivaksinRp. 1.500.000-an
Kucing Hutan BengalBelum DivaksinRp. 9.000.000-an
Kucing Hutan BengalSudah DivaksinRp. 10.000.000-an
Kucing Hutan DahanBelum DivaksinRp. 3.000.000-an
Kucing Hutan DahanSudah DivaksinRp. 3.500.000-an

Cara Merawat Kucing Hutan

Proses perawatan kucing hutan sehari-hari memang cenderung sulit. Kita harus menyiapkan makanan seperti daging-dagingan yang sudah matang. Sementara itu kita juga wajib menyiapkan kandang yang hangat dan nyaman. Kesehatan kucing juga harus selalu kita periksa supaya kalau ada penyakit bisa langsung diobati ataupun dicegah.

Kucing hutan juga perlu dimandikan. Hal ini sendiri karena sifatnya yang sangat suka berenang. Jadi bisa dimandikan paling tidak 1 minggu sekali. Untuk cara memandikan kucing hutan telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Sebelum memutuskan akan benar-benar memelihara kucing hutan, maka kamu sepenuhnya wajib nengetahui apa saja resiko didalamnya. Kamu juga harus memiliki tanggung jawab besar karena perawatan yang dibutuhkan harus dilakukan terus menerus. Jadi tidak selesai dengan membelinya saja. Itulah pembahasan harga kucing hutan semua jenis terbaru. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *