Harga kucing bengal

Harga Kucing Bengal

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Apakah pernah mendengar tentang kucing bengal? Betul sekali kucing bengal memang sangat terkenal karena penampilan pola dan warnanya yang mirip dengan harimau dan cheetah. Tertarik membelinya? Cari tahu dulu karakter, ciri, sifat sampai dengan update harga kucing bengal terbaru.

Kucing bengal sendiri bisa dibilang dilengkapi dengan penampilan yang sangat eksotis dan unik. Hal inilah yang menjadi ciri utama kenapa kucing bengal sangat disukai banyak orang. Penampilan yang terkesan sangat garang juga membuatnya eyecatching banget. Lalu sebenarnya apa saja jenis keistimewaan kucing bengal?

Sejarah Kucing Bengal

Kucing bengal sendiri pada saat pertama kali ditemukan belum ada yang bisa mendefinisikan secara jelas. Pada tahun 1889 oleh Harrison Wier dikatakan kalau kucing bengal merupakan persilangan yang terjadi antara kucing Leopard Asia dengan kucing Domestik. Tapi kemudian ditemukan lagi pada jurnal saintifik Belgia yang menyebutkan di Jepang ada yang memelihara kucing serupa di tahun 1924.

Memang pada awalnya terbilang sulit untuk diketahui asal usulnya. Terutama pada saat itu pengembangbiakan juga hanya dilakukan pada beberapa generasi saja. Lalu pada sebenarnya ada orang yang sangat berjasa dalam perkembangan kucing bengal yakni Jean Mill. Dia lah yang berhasil menyilangkan kucing domestik dengan kucing Leopard Asia pada tahun 1963 dan didokumentasikan.

Tapi pada saat itu tentunya tidak ada tanggapan lebih serius lagi. Maka dari itulah Jean Mill melakukan pengembangbiakan lagi di Universitas Loyola pada tahun 1975 dibantu Willard Centerwall. Setelah berhasil melalui berbagai registrasi, kemudian kucing bengal berhasil diakui oleh TICA, GCCF, FIFe, ACF dan CFA. Berturut-turut pada tahun 1991, 1997, 1999, 1999 dan 2016 yang lalu.

Baca juga: Harga kucing persia medium

Karakteristik Tubuh Kucing Bengal

Kalau kita melihat dari pola tubuhnya memang kelihatan seperti predator di alam liar. Apalagi seluruh tubuhnya ini memang dilengkapi dengan ukuran besar dan cukup berotot. Selain itu bisa kita lihat juga di dalam bagian tubuhnya yang keras dan tebal. Hal ini tidak heran juga sangat mendukung kebiasaan kucing bengal yang sangat aktif dalam kegiatannya.

Untuk berat kucing bengal sendiri bisa mencapai antara 4-8 kg, terutama kalau sudah dewasa. Tentu saja untuk kucing bengal jantan punya tubuh lebih besar ketimbang para betina. Otot yang dimiliki oleh kucing bengal memang membuatnya kelihatan benar-benar besar. Apalagi bagian tubuh lain seperti kaki depan, kaki belakang serta ekor panjangnya memang besar.

Semua bagian tubuhnya begitu seimbang, besar dan langsung. Selain itu untuk bentuk kepalanya sendiri cenderung lebih lebar. Bagian hidungnya juga cukup lebar dengan bagian mata bulatnya yang gak terlalu sempurna. Bentuknya memang bisa dibilang lebih mirip dengan kacang almond, jadi memang tidak bulat-bulat amat.

Pola dan Warna Kucing Bengal

Ciri utama yang dimiliki oleh kucing bengal sebenarnya terletak pada pola tubuhnya. Saat ini ada beberapa jenis pola kucing bengal yang bisa ditemui, misalnya saja Spotted. Pola yang pertama ini bisa dibilang merupakan salah satu pola paling favorit dengan warna cokelatnya. Kita bisa melihat warna corak tutulnya yang sangat beragam. Pola spotted ini bisa dibilang paling mirip sama Leopard.

Selanjutnya ada pola Marble. Pola ini sendiri bisa dibilang cukup besar. Pola ini lebih gelap dan nantinya akan menutupi hampir secara menyeluruh dan lebih dominan. Kamu juga bisa menemukan adanya gradasi yang sedikit pada bagian hitam. Pola tutul Marble ini sendiri biasanya sering dimasukkan dalam pola Tabby dalam berbagai jenis kucing lainnya.

Selain pola yang sangat terkenal mirip dengan Leopard. Kucing bengal juga sangat terkenal dengan warnanya yang berbeda-beda. Beberapa warna yang dimiliki yaitu seperti coklat, lynx point, sepia, perak dan mink. Warna ini sendiri banyak kita temukan berkombinasi dengan pola Spotted dan Marble tadi. Hal ini yang membuat harga kucing bengal sangat mahal dibanding kucing lain.

Sifat Kucing Bengal

Kucing bengal termasuk dalam jenis kucing yang sangat aktif. Hal ini sendiri disebabkan indukannya yaitu kucing Leopard Asia yang merupakan jenis kucing liar. Kucing bengal terkenal juga tidak bisa diam dan selalu mencari tahu apapun yang menarik perhatiannya. Mereka juga sering belarian dengan ceat, memanjat tempat yang tinggi sampai dengan melompat. Kucing bengal juga tidak penakut, terlebih dengan hewan lain ataupun dengan air.

Baca juga: Harga kucing caracal

Harga Kucing Bengal Dewasa dan Anakan

Harga kucing bengal terbaru

Untuk harga kucing bengal dewasa, harga anak kucing bengal tentu saja akan berbeda. Selain itu kemurnian dan pola serta warnanya juga sangat berpengaruh terhadap harga. Kita bisa mengambil contoh dari harga bengal berumur 3-6 bulan yang dihargai antara Rp. 9.000.000-Rp. 39.000.000-an. Memang cukup mahal, jadi sebelum beli pastikan siap secara mental dan mempersiapkan perawatan.

UmurStatusHarga
2 BulanBelum DivaksinRp. 5.000.000-an
2 BulanSudah DivaksinRp. 6.000.000-an
3-6 BulanBelum DivaksinRp. 9.000.000-Rp. 39.000.000-an
3-6 BulanSudah DivaksinRp. 10.000.000-Rp. 40.000.000-an
> 7 BulanBelum DivaksinRp. 15.000.000-an
> 7 BulanSudah DivaksinRp. 16.000.000-an

Cara Merawat Kucing Bengal

Dalam perawatan kucing bengal sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya saja nutrisi yang harus mampu menopang tubuhnya yang aktif. Kucing bengal juga grooming dan kuku supaya lebih besar. Perlu diingat juga kalau kucing bengal bukan merupakan kucing rumahan. Maka dari itu jika ditaruh di rumah saja pasti akan diberantakin. Jangan lupa juga untuk selalu bermain atau berinteraksi karena kucing bengal selalu membutuhkan teman.

Baca juga: Harga kucing anggora terbaru

Sebelum memastikan membelinya kamu harus sudah tahu mengenai bagaimana karakter dan sifat kucing bengal apakah cocok untuk kamu atau tidak. Selain itu harus menyesuaikan juga antara daftar harga kucing bengal dan kantong kamu. Terutama karena kita gak selesai dengan membeli saja, akan tetapi juga harus dirawat dan memerlukan lebih banyak biaya lagi. Bagaimana, masih tertarik memiliki kucing bengal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *