Harga Kucing Caracal

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Kucing merupakan hewan yang sangat umum dijadikan sebagai peliharaan. Apakah kamu juga memelihara kucing? Ingin pelihara kucing tapi jenis yang tidak biasa? Mungkin kamu bisa mencoba memelihara kucing caracal. Disini akan kita bahas ciri-ciri beserta daftar harga kucing caracal.

Kucing caracal sendiri merupakan salah satu kucing liar yang sangat terkenal saat ini. Kalau kamu mau belinya, usahakan cari tahu dulu bagaimana karakteristik atau ciri-cirinya. Selain itu pelajari dulu bagaimana perilakunya supaya ketika dipelihara nantinya tidak kaget karena ternyata punya sifat tidak terduga.

Baca juga: Harga kucing bengal

Mengenal Kucing Caracal

Kucing caracal adalah kucing liar yang bisa kita temukan di Afrika, Pakistan, India sampai dengan Timur Tengah. Kucing caracal sendiri juga sangat terkenal dengan sebutan Lynx Mesir atau Lynx Persia. Meskipun kalau kita lihat ukuran tubuhnya termasuk kecil, tapi dibandingin kucing kecil lainnya termasuk punya bobot yang berat.

Tubuh yang kecil ini sendiri membuat kucing caracal termasuk sangat cepat larinya. Kucing caracal sendiri punya beberapa sebutan berbeda-beda pada tiap negara. Misalnya saja di wilayah India dan Pakistan yang sering disebut sebagai Syahgosh. Hal ini sendiri mengacu kepada sebutan untuk kucing persia yang dilengkapi dengan telinga berwarna hitam.

Kucing caracal sendiri punya habitat alami di wilayah Savanna, semi gurun maupun di Stepa. Bulunya yang panjang pada bagian telinga, membuat keunikan sendiri. Sebenarnya banyak sekali teori tentang bulu pada telinga kucing caracal. Misalnya saja digunakan untuk kamuflase serta memudahkannya saat melakukan lompatan.

Ciri-Ciri Kucing Caracal

Harga kucing caracal dewasa dan anakan

Walaupun dilengkapi dengan postur tubuh kecil, tapi kucing caracal sangat langsing dan berotot. Kalau kamu mau mengenali kucing caracal tentunya sangat mudah, terutama karena sangat unik, khas dan pokoknya akan berbeda dibanding kucing lain.

Misalnya saja bisa kita lihat pada bagian kaki yang panjang akan tetapi ekornya cukup pendek. Bulunya sendiri ada yang abu-abu, warna pasir sampai merah anggur. Ciri khas tersebut secara tak langsung membuat harga kucing caracal jadi mahal.

Kalau kita melihat kucing caracal yang masih muda, maka akan ada bintik kemerahan pada bagian bawah tubuhnya. Kalau sudah dewasa nanti tanda tersebut akan hilang. Tapi nantinya akan ada bintik hitam di bagian atas mata. Selain itu akan muncul juga bercak berwarna putih pada bagian hidung serta mata. Bagian dagu dan tubuhnya juga akan dilengkapi dengan sentuhan warna putih.

Penampilan yang sangat langsing dari kucing caracal memang didukung oleh bulunya yang pendek. Lalu kalau kita melihat pada bagian kepala, maka bisa melihat mata kucing caracal yang berbentuk lingkatan. Selain itu untuk telinganya sendiri cukup berumbai dengan warna hitam.

Sementara itu pada bagian rahang dan gigi kucing caracal ternyata sangat kuat. Untuk pejantan kucing caracal sendiri bisa tumbuh sampai berat 28 kg, sedangkan betinanya hanya 11 kg saja.

Baca juga: Harga kucing anggora terbaru

Habitat Kucing Caracal

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya kalau habitat utama dari kucing caracal adalah di wilayah Afrika, Timur Tengah, India sampai Pakistan. Kucing ini memang sangat suka dengan daerah yang cenderung terbuka. Selain itu mereka juga suka tempat dimana ada semak atau bebatuan yang dapat digunakan untuk menyerang mangsa yang sedang lewat.

Kucing caracal sendiri bisa hidup dalam waktu yang lama, yaitu mencapai 12 tahun. Kalau kucing caracal hidup di penangkaran, maka bisa lebih lama lagi. Bahkan bisa hidup sampai umur 17 tahun. Hal yang lebih unik dari kucing caracal yaitu bisa hidup tanpa minum meskipun di wilayah tandus seperti gurun. Walaupun tergolong dalam kucing liar, tapi kucing caracal termasuk mudah untuk kita jinakkan.

Perilaku Kucing Caracal

Kucing caracal merupakan jenis kucing yang suka tinggal sendiri. Maka dari itu kucing caracal jantan bisa berkeliaran bahkan sampai jarak antara 19-220 km. Sementara itu kalau betinanya sendiri paling hanya berkeliaran antara 5-57 km saja. Nantinya kucing caracal juga selalu menandai wilayah dengan cara mengeluarkan kotoran ataupun urine yang menyengat.

Untuk memperoleh mangsa, maka kucing caracal perlu berdiam diri terlebih dahulu. Kemudian kalau jaraknya sudah mendekati, maka bisa secara tiba-tiba melakukan gigitan pada mangsanya. Mereka akan langsung melakukan gigitan pada bagian leher sampai mangsanya mati. Tapi kalau mangsa yang ditangkap cenderung besar, maka akan ditutup dulu dengan pasir.

Selain berburu mangsa yang berupa hewan mamalia, kucing caracal juga bisa mengangkap burung. Apalagi kucing caracal memang dilengkapi dengan kemampuan panjatan dan lompatan yang luar biasa.

Harga Kucing Caracal

Perlu diketahui kalau pada dasarnya kucing caracal merupakan salah satu yang paling mahal bahkan di dunia. Dari segi postur juga disebut sebagai yang terbaik di dunia. Karena memiliki segala macam keunikan, maka harganya tentu bisa sangat mahal sekali. Perlu diketahui kalau harga kucing caracal dewasa dan harga anak kucing caracal tentu akan beda ya!

Kalau di internasional sendiri kita bisa melihat caracal yang dihargai pada angka 7000-12000 dollar. Tentu saja sangat besar untuk ukuran hewan peliharaan. Kalau di Indonesia sendiri harganya dibedakan berdasarkan keadaannya. Misalnya yang baru lahir itu dihargai Rp. 70.000.000-Rp. 80.000.000-an. Lalu kalau anakan dihargai Rp. 100.000.000-an.

Jika yang dewasa apalagi bisa menang kontes, maka bisa dihargai Rp. 140.000.000-Rp. 210.000.000-an keatas.

UmurStatusHarga
Baru LahirBelum DivaksinRp. 70.000.000-Rp. 80.000.000-an
Baru LahirSudah DivaksinRp. 75.000.000-Rp. 85.000.000-an
3 Bulan-6 BulanBelum DivaksinRp. 100.000.000-an
3 Bulan-6 BulanSudah DivaksinRp. 105.000.000-an
DewasaBelum DivaksinRp. 140.000.000-Rp. 210.000.000-an
DewasaSudah DivaksinRp. 145.000.000-Rp. 220.000.000-an

Baca juga: Harga kucing persia medium

Karena kucing Caracal termasuk golongan yang sangat mahal, maka kamu bisa terlebih dahulu untuk mencoba menabung dalam jumlah yang cukup. Tentunya tabungan tersebut bukan hanya memikirkan harga kucing caracal yang mahal, akan tetapi juga dari segi perawatannya. Kalau memikirkan keduanya, maka pastinya akan terencana dengan baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *