Ciri-ciri kucing anggora

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Kucing anggora merupakan satu jenis kucing favorit saat ini. Jenisnya pun ada banyak karena sudah melalui proses persilangan. Kalau kamu mau beli kucing anggora asli, maka wajib sekali terlebih dahulu mempelajari bagaimana ciri-ciri kucing anggora yang asli. Wajib diketahui sebelum membelinya.

Kucing anggora asli sendiri bisa dibilang merupakan jenis yang tanpa persilangan ataupun merupakan murni. Maka dari itu akan sangat berbeda dengan kucing anggora hasil persilangan yang pasti akan memiliki bentuk atau ciri fisik seperti indukannya. Lalu bagaimana ciri-ciri kucing anggora yang asli tersebut?

Mengenal Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Kucing anggora asli

Kucing anggora merupakan jenis kucing yang dilengkapi dengan bulu memikat. Selain itu yang paling penting adalah sifatnya yang begitu aktif membuat siapa pun tertarik memeliharanya. Sangat cocok untuk dijadikan teman di dalam rumah. Apalagi kucing anggora kalau sudah sangat dekat dengan majikannya, pasti akan selalu berdekatan karena sudah terlanjur nyaman.

Kucing anggora sendiri merupakan jenis kucing yang asalnya dari Ankara, Turki. Karena memiliki bentuk yang sangat menarik, kemudian banyak yang tertarik memeliharanya. Hal ini pun membuat banyak yang melakukan budidaya kucing anggora. Tentu saja wajar saja dilakukan karena orang yang mau mengadopsi kucing anggora semakin hari terus menerus bertambah saja jumlahnya.

Sebelum memutuskan akan membeli kucing Anggora, maka kamu wajib tahu bagaimana ciri kucing anggora yang asli. Ciri ini sendiri akan dapat sangat diketahui karena perbedaan antara yang murni, ciri-ciri kucing anggora kampung ataupun persilangan sangat berbeda. Kita bisa memperhatikan bagian tubuh dikepala, badan, kaki, ekor sampai dengan perilakunya. Lalu bagaimana ciri-ciri kucing anggora asli?

Baca juga: Ciri-ciri kucing persia

1. Bagian Kepala Kucing Anggora

Bentuk kepala pada kucing anggora sendiri cenderung mirip sama kucing lokal yang kepalanya berbentuk segitiga. Tentu saja bentuk segitiga yang dimaksud adalah dimana pada bagian atas lebih lebar yang kemudian semakin ke bawah semakin mengerucut. Pada bagian kepala sendiri terbilang tidak dilengkapi dengan bulu panjang, melainkan cukup normal saja.

Lalu beberapa bagian tubuh pada kepala seperti telinga juga memiliki ciri khas berbeda. Kita bisa melihat telinga kucing anggora yang lebar dan cukup besar. Bentuknya juga mirip sama segitiga. Memang kalau dilihat dari bentuk telinga kucing anggora ini mirip sama kucing lokal yang letaknya berdekatan. Selain itu karena bulunya gak lebat, maka bentuk telinganya bisa kelihatan sangat jelas.

Sementara itu pada bagian matanya sendiri kalau dilihat mirip sama buah almond. Untuk warna matanya sendiri bisa berupa kuning atau biru, bisa juga antara mata yang kanan dengan yang kirinya berbeda. Perlu kamu ketahui kalau pada kucing anggora dengan mata biru banyak yang tuli, jadi perlu diperiksa lebih detail. Tapi kalau menurut kamu tidak masalah, maka bisa diambil.

Ciri-ciri kucing anggora pada bagian kepala lainnya bisa kita lihat pada hidung. Hidung kucing anggora sendiri bisa dibilang mancung tidak seperti kucing persia yang pesek. Selain itu wajah lonjongnya juga terbilang serasi dengan bentuk hidungnya yang sedikit ke atas dengan lubang hidung yang kelihatan.

2. Tubuh dan Bulu Kucing Anggora

Kucing anggora terkenal akan tubuhnya yang cukup langsung dengan kucing yang berjenis kelamin jantan punya tubuh lebih besar dibanding betinanya. Panjang tubuh ini sendiri terbilang cukup normal. Tapi kalau dilihat pada bagian belakangnya lebih tinggi dibanding bagian depan. Struktur tulang yang kuat juga membuatnya semakin cantik.

Sementara itu pada bagian bulunya sendiri terbilang sangat unik dimana akan menyesuaikan dengan cuaca yang ada. Misalnya saja kalau sedang panas, maka bulunya bisa lebih pendek. Kalau lagi dingin, tentunya akan tumbuh lebih cepat sehingga bisa menghalangi suhu yang lagi dingin. Selain itu bulunya juga terbilang sangat halus.

3. Kaki dan Ekor Kucing Anggora

Kucing anggora memiliki kaki yang panjang sehingga dengan struktur tubuhnya menjadikan kelihatan tinggi. Kaki dan tubuh yang langsing ini membuat kucing anggora kelihatan lebih elegan waktu berjalan. Mirip banget dengan model dalam dunia kucing.

Sementara itu pada bagian ekornya juga tidak kalah unik. Terutama karena bulunya paling tebal dan lebat diantara bagian tubuh yang lainnya. Kalau dilihat bulu yang lebat pada bagian ekor ini mirip banget dengan yang dimiliki oleh binatang musang. Ciri-ciri kucing anggora ini memang sangat khas.

4. Kelangkaan dan Perkawinan Kucing Anggora

Jenis kucing anggora memang ada yang sangat langka terutama Turkish Angora. Apalagi dilengkapi dengan harga yang sangat makal. Maka dari itulah siapa pun yang memeliharanya, maka pasti akan memiliki sertifikat tertentu. Tentu saja karena perkawinannya pun sulit sehingga kelangkaan sudah pasti akan terjadi.

Dalam menjaga keaslian kucing anggora sendiri memang sangat dijaga ketat. Umumnya kalau ada orang yang punya kucing anggora asli, maka juga akan mencari para pemilik kucing anggora asli lainnya supaya perkawinan yang terjadi adalah hanya antara kucing anggora murni saja.

Hal ini tentu saja wajar dilakukan. Apalagi kalau ditempas asalnya, bahkan kucing Anggora Turki dimasukkan dalam kebun binatang.

Harga Kucing Anggora Di Pasaran

Kucing dengan kepribadian aktif dan ingin tahu akan segala hal ini memang sangat menyenagkan. Karena sifat aktifnya, maka tidak suka jika hanya berada di dalam kandang saja. Dengan sifat dan perilaku menarik serta bentuk tubuh unik, membuat harga kucing anggora asli cukup mahal. Bahkan saat ini dibanderol pada kisaran Rp. 3.000.000-Rp. 15.000.000-an per ekornya.

Untuk harga kucing anggora anakan sudah pernah dibahas juga pada artikel sebelumnya.

Untuk semua ciri-ciri kucing anggora tersebut pastinya wajib untuk Anda ketahui. Terutama kalau belum tahu bagaimana membedakan berbagai jenis kucing. Supaya waktu beli kucing Anggora bisa dapat yang terbaik, maka bisa tanya-tanya sama penjualnya yang punya pengetahuan lebih banyak mengenai kucing Anggora. Dengan begitu pembelian kucing Anggora peliharaan berjalan sukses. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *