Cara memandikan kucing
Sumber: https://www.drmartybecker.com/

Cara Memandikan Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara memandikan kucing – Kucing sebenarnya adalah hewan yang cinta kebersihan, apalagi jika dia adalah kucing rumahan. Untuk p*p saja, kucing memiliki kebiasaan menggali lubang terlebih dahulu baru kemudian p*p di dalam lubang tersebut. Dan uniknya, jika sudah selesai buang kotoran, si kucing akan mengais tanah untuk menimbun lubang tersebut.

Walaupun tidak semua kucing seperti itu, terkadang kita melihat kucing buang kotoran sembarangan di jalan. Tetapi perilaku mengais membuat lubang dan mengais untuk menutup lubang sebenarnya tetap ada, namun karena minimnya saat ini tanah lapang maka si kucing seperti tidak ada pilihan.

Kebiasaan menjilati hampir semua bagian tubuh yang dilakukan kucing, juga menguatkan pernyataan bahwa kucing adalah hewan yang dikenal menjaga kebersihan. Pantas saja banyak orang sangat berminat memelihara kucing dan membebaskan dia berkeliaran di dalam rumah.

Namun walaupun kucing memiliki kebiasaan menjaga kebersihan, tetap masih saja butuh perawatan ekstra dari kita sebagai manusia. Hal ini dikarenakan masih saja ada bakteri, kuman, bahkan kutu bulu yang ada di badan kucing. Salah satu cara yang efektif dan efisien untuk membersihkannya adalah memandikannya.

Cara Memandikan Kucing Yang Baik Dan Benar

Memandikan kucing tidak boleh asal-asalan, karena pada dasarnya kucing sangat sensitif terhadap air. Sehingga harus ada cara yang benar untuk memandikannya. Berikut beberapa tips dari kami tentang cara memandikan kucing.

1. Perhatikan Usia kucing

Sebagaimana penjelasan di atas, kucing pada dasarnya tidak suka dengan air. Namun hal ini bisa kita ajarkan pada kucing. Oleh karenanya tidak semua kucing bisa bertahan dengan air. Kucing dengan usia diatas 3 bulan lebih tahan terhadap suhu air yang cenderung dingin. Dengan demikian, jika kucing kamu dibawah usia 3 bulan, sangat tidak kami anjurkan kamu memandikannya.

2. Mempersiapkan Perlengkapan Mandi

Sebelum kita memandikan kucing, alangkah baiknya kita mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Agar nanti saat memandikan kucing, kita hanya fokus pada memandikannya, tidak mencari-cari lagi perlengkapan yang dibutuhkan.

Karena jika harus mencari lagi, akan membutuhkan waktu lama. Padahal jika ini adalah pengalaman pertama si kucing dimandikan, maka dia tidak akan nyaman dan berusaha untuk kabur. Beberapa perlengkapan yang perlu kamu siapkan menurut pengalaman Sudut Kebun adalah sbb:

  • Air hangat
  • Ember yang nanti kita isi dengan air hangat
  • Shampoo kucing
  • Bedak khusus kucing
  • Sisir bulu
  • Hair dryer
  • Handuk
  • Cottonbuds

Daftar di atas adalah perlengkapan standar untuk memandikan kucing. Kamu bisa mengurangi atau menambahkan beberapa peralatan yang pada intinya memiliki tujuan untuk membersihkan kucing dengan baik. Untuk memandikan memang disarankan menggunakan air hangat, ini adalah cara memandikan kucing yang benar.

Mengapa demikian? Karena kucing memiliki sensitifitas terhadap air apalagi suhu airnya dingin. Sehingga memandikan kucing harusnya pakai air hangat. Selain itu, menggunakan air hangat juga diyakini sebagai cara memandikan kucing yang takut air.

3. Membasahi Seluruh Tubuh Kucing

Untuk membahasahi tubuh kucing agar tidak kaget, maka baiknya menggunakan keran shower. Dengan menggunakan keran shower, maka kita bisa mengatur model guyuran airnya. Semakin airnya menyebar kecil-kecil, maka kucing semakin nyaman dan tidak kaget saat terkena guyuran air hangat.

Basahi seluruh tubuh kucing sambil usap-usap badan kucing agar air bisa mengenai kulit kucing. Kucing yang memiliki bulu yang tebal, memerlukan usaha lebih besar dibandingkan yang memiliki bulu tidak tebal. Perhatikan juga jangan sampai air tersebut masuk ke telinga kucing, karena bisa menyebabkan infeksi bakteri di dalam telinganya.

4. Menggunakan Shampoo

Tuangkan shampoo secukupnya ke seluruh tubuh kucing. Lakukan disertai dengan mengusap dan memijat tubuh kucing agar busa shampoo dapat membersihkan seluruh badan kucing dengan merata. Hal yang perlu kamu pertimbangkan saat menggunakan shampoo kucing adalah jangan sampai terkena air terbuka seperti mata, mulut, telinga dan juga hidung.

5. Membilas

Setelah dirasa cukup memberikan shampoo pada kucing, maka bilaslah dengan air hangat yang mengalir. Pembilasan yang bersih akan menghilangkan busa shampoo dan juga kotoran serta kutu pada bulu kucing. Bilaslah dari bagian atas tubuh kucing terlebih dahulu hingga ujung kaki kucing. Kamu bisa mengeluarkan terlebih dahulu si kucing dari bak atau ember yang digunakan untuk mandi tadi.

6. Mengeringkan Badan Kucing

Setelah proses pembilasan, maka cara memandikan kucing tahapan selanjutnya adalah mengeringkan badan kucing. Gunakan handuk lembut yang telah kamu siapkan tadi. Jika memang tidak ada handuk, kain seperti kanebo bisa menjadi altenatif pengganti.

Handuk atau kanebo tetap tidak mengeringkan dengan sempurna. Ada air yang terjebak di sela-sela bulu kucing atau yang tepat di atas permukaan kulit kucing. Jika demikian, cara tepat untuk mengeringkannya adalah dengan menggunakan hair dryer. Tetapi ingat, jangan terlalu lama menggunakannya karena akan terasa panas atau tidak nyaman pada kucing.

7. Membersihkan Telinga

Di tahap persiapkan perlengkapan mandi di atas, disiapkan juga cottonbuds. Sebagian dari kita pasti akan bertanya-tanya, buat apa cuttonbuds segala. Jadi kegunaannya adalah untuk membersihkan telinga dari kucing.

Lakukan sebagaimana kamu membersihkan telinga kamu, lakukan perlahan karena kucing bisa lebih sensitif dibandingkan manusia jika area-area di dalam telinga tersentuh benda. Selain untuk membersihkan telinga, cuttonbuds juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran pada sudut mata kucing.

Tahapan cara memandikan kucing di atas bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mungkin untuk kamu yang pemula, ada beberapa kendala saat melakukannya, seperti kucing berontak ketika dimandikan. Kamu tidak perlu khawatir karena hal seperti itu adalah wajar terjadi bagi pemula. Tetap tenang dan mencoba melakukannya berulang-ulang, maka lama-lama kamu akan semakin mahir melakukannya.

Kamu bisa mengikuti video ini ketika ingin memandikan kucing.

Manfaat Memandikan Kucing

Dengan memandikan secara rutin kucing kesayangan kamu, maka si kucing akan terlihat bersih dan terawat. Beberapa manfaat kesehatan yang akan didapatkan jika kamu memandikan kucing secara rutin adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Kucing Mengalami Masalah Kutu

Kita tahu bahwa masalah kutu rambut yang ada di bulu kucing bisa menjadi hal yang sangat menganggu bahkan membahayakan si kucing. Jika terdapat kutu di dalam tubuh kucing, ia akan merasa gatal dan akan menggaruk badannya sendiri. Proses menggaruknya jika berlebihan akan menyebabkan luka dan bahkan infeksi di permukaan kulit si kucing. Mandi akan menyingkirkan kutu bahkan telur-telur kutu yang ada pada badan kucing.

2. Menyehatkan Bulu Kucing

Dampak positif bagi kucing ketika kita rajin memandikannya adalah terjaganya kesehatan bulu kucing. Lebat dan sehatnya bulu pada kucing adalah salah satu alasan mengapa kita memeliharanya. Sehingga dalam hal ini, memandikan kucing memiliki dampak yang bagus.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah penggunaan shampoo untuk memandikan kucing. Gunakan shampoo yang memang dikhususkan untuk kucing karena sudah mempertimbangkan untuk kesehatan bulu kucing. Penggunaan shampoo yang biasa di pakai manusia untuk memandikan kucing sangat tidak kami anjurkan.

Itu dia artikel hari ini seputar kesehatan kucing, semoga dapat bermanfaat, terima kasih telah membaca di Sudut Kebun, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.