Cara menjinakkan kucing

Cara Menjinakkan Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Masalah pertama dan utama saat kita baru saja mengadopsi atau merawat seekor kucing adalah bagaimana cara menjinakkan kucing yang tepat. Apalagi jika si kucing adalah jenis kucing kampung yang sudah terbiasa dengan habitat yang keras sehingga tebentuk karakter liar. Walaupun begitu tetap saja ada juga catlovers yang memelihara kucing kampung atau liar, karena memang kucing memiliki bakat alami menghibur manusia.

Kucing termasuk salah satu hewan yang dianggap paling ramah dan bersahabat dengan manusia. Hal ini diketahui dari fakta sejarah, bahwa sudah sejak lama kucing menjadi salah satu hewan yang paling umum dipelihara manusia selain hewan ternak tentunya.

Cara Menjinakkan Kucing

Bagi kamu yang saat ini memelihara kucing baik kucing yang biasa dipelihara rumahan seperti jenis persia dan anggora maupun kucing lokal atau kampung, pasti memiliki masalah yang sama. Masalah tersebut adalah bagaimana menjinakkan kucing kita.

Berikut Sudut Kebun sajikan kepada kamu bagaimana cara menjinakkan kucing baik kucing liar, kucing baru, maupun kucing penakut.

1. Kenali Karakter Kucing

Hal pertama sebelum kamu mengeahui cara menjinakkan kucing liar adalah memahami karakter kucing. Karakter yang dimaksud adalah kebiasaan kucing ketika sedang stress, gelisah yang menjadikan dia bersiap menyerang.

Karakter ini wajib diketahui para catlovers, karena jika dalam kondisi seperti yang disebutkan di atas, maka jangan lakukan pendekatan apapun terlebih dahulu untuk menjinakkan. Hal ini dikarenakan si kucing sedang dalam posisi mood yang tidak baik, yang ada dalam reaksinya adalah ketika ada yang dianggap menganggunya, maka akan dilakukan penyerangan.

Bagaimana kita megetahui jika kucing dalam kondisi stress? Mudah saja, kenali apakah kucing dalam posisi merendahkan badannya, atau sorot mata kucing sangat tajam, atau si kucing mengeluarkan suara mengeong seperti mengeram. Jika tanda-tanda terebut ada, maka saat itulah kucing dalam kondisi tidak mood dan siap menyerang siapa saja yang mengganggu.

2. Singkirkan Hal-Hal Yang Bisa Membahayakan Kucing

Jika kita memutuskan untuk memelihara kucing kampung, maka salah satu cara menjinakkan kucing kampung adalah dengan menyingkirkan hal-hal yang dapat berbahaya bagi kucing. Karena kucing kampung sudah terbiasa liar, maka dia akan mencoba memanjat segala sesuatu, sehingga rawan menjatuhkan barang-barang. Jika yang jatuh adalah barang pecah belah, maka serpihannya bisa membahayakan kucing.

3. Pastikan Tidak Ada Lubang Untuk Keluar

Adanya lubang yang cukup besar, bisa membuat si kucing kabur dari rumah. Tempat khusus tanpa ada celah untuk meloloskan diri adalah cara awal yang tepat untuk menjinakkan kucing liar. Namun jangan lupa membuat tempat tersebut senyaman mungkin dan sering kita ajak jalan-jalan si kucing.

4. Tunggu Kucing Tenang

Sehingga jika melihat situasi kucing pada poin pertama di atas, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah menunggunya hingga tenang. Melakukan berbagai cara seperti memberi makan, mencoba mengelusnya akan tidak begitu efektif meredakan situasi kucing, lebih baik kamu menjadi orang yang tidak mengganggunya dengan cara tidak melakukan apapun.

5. Usap Dengan Lembut

Jika kucing sudah dalam posisi atau situasi yang tenang, maka kamu bisa mulai dengan langkah kecil untuk menjinakkan kucing. Yakni dengan mengusap-usap lembut badan kucing. Lakukan beberapa saat, kemudian usap juga bagian kepalanya. Kucing sangat senang diperlakukan seperti itu, sehingga jika kamu memperlakukannya seperti itu secara rutin, maka kucing lama-kelamaan akan menjadi penurut.

6. Ciptakan Lingkungan Bermain

Kucing adalah salah satu hewan yang paling aktif. Kebutuhan ruang atau tempat bermain untuk kucing sangatlah tinggi. Sehingga cara menjinakkan kucing baru yang kamu pelihara di rumah adalah dengan mendesain rumah kamu senyaman mungkin agar bisa menjadi tempat bermain si kucing.

Dengan terpenuhinya kebutuhan dasar si kucing, maka kucing akan merasa nyaman, tidak mudah stress sehingga insting liarnya lama-kelamaan akan memudar dan kucing menjadi jinak.

7. Ciptakan Tempat Istirahat Yang Nyaman

Membuat kucing nyaman termasuk saat dia istirahat, diyakini sebagai salah satu cara menjinakkan kucing yang cukup efektif. Dengan demikian, kamu perlu menyiapkan tempat tidur atau istirahat kucing kesayangan senyaman mungkin.

Kamu bisa menggunakan semacam keranjang rotan yang besar dan memberikan alas kain yang lembut. Jangan lupa membersihkan atau mengganti alas kain tersebut secara rutin sehingga kesehatan kucing pun juga ikut terjaga.

8. Siapkan Tempat Buang Kotoran

Paling bagus untuk kucing yang baru pertama kita rawat di rumah adalah tanah organik sebagaimana kebiasaan dia buang kotoran di tanah. Jangan gunakan pasir apalagi yang memiliki aroma harum untuk buang kotoran, karena kucing liar tidak biasa dengan hal tersebut.

9. Berikan Pakaian Bekas Kita Di Area Kandang

Cara ini diyakini bisa mempercepat kucing membiasakan diri berinteraksi dengan kita. Kucing akan sering mencium aroma badan kita sehingga akan terbiasa dan menganggap kehadiran kita tidaklah berbahaya bagi dia.

10. Jangan Membentak atau Meneriaki Kucing

Kucing sebagaimana manusia juga tidak nyaman jika mendengar suara yang tinggi seperti teriakan atau bentakan. Kucing akan kaget dan cenderung menjadikan dia penakut. Dan ketika kita kembali membuat kaget, maka kucing akan mengidentifikasi kamu sebagai orang yang berbahaya dan harus dihindari. Lama-kelamaan kucing kamu pun akan takut dan tidak penurut sebagaimana yang kamu inginkan.

11. Jangan Melempar Benda Ke Kucing

Biasanya jika kita dalam kondisi jengkel dengan perilaku kucing yang suka mencuri makanan, kita akan melemparinya dengan benda baik padat maupun cair. Inilah yang menjadikan kucing sulit untuk jinak. Perilaku kucing yang suka mencuri makanan adalah insting dasarnya, sehingga harusnya kitalah yang mengantisipasinya dengan menyembunyikan makanan atau disiapkan saja makanan untuk si kucing.

12. Disiplin Dalam Memberi Makan Dan Minum

Seringnya kita memberi kucing peliharaan makan dan minum akan menjadikan kucing lebih penurut atau jinak. Hal ini karena kucing akan mempelajari ketika sedang lapar, dia akan mendekat kepada kita. Kita juga bisa membiasakan dengan memanggil namanya untuk memberinya makan.

13. Berilah Makanan Yang Padat Gizi

Tidak hanya menyediakan makanan dan minuman secara rutin kepada si kucing, tetapi memberikan makanan yang padat gizi juga penting. Jika kita memberikan makanan yang kurang sehat, maka si kucing akan gampang sakit dan ini berpengaruh terhadap mood si kucing. Kucing akan menjadi lama untuk bisa jinak.

14. Sering Memegang atau Menggendong

Jika kita sudah biasa mengelus badan dan mengusap kepala kucing dan kucing memberikan respon yang tenang, maka kita bisa meningkatkan interaksi dengan si kucing. Caranya adalah dengan memegang dan menggendongnya. Ini juga merupakan salah satu cara menjinakkan kucing penakut. Karena menggendongnya bisa memberikan rasa aman kepadanya.

15. Mengajaknya Bermain

Kucing sebenarnya bisa bahagia dengan bermain sendiri atau dengan kucing lainnya, namun tidak menjamin kucing bisa jinak atau nurut kepada kamu. Apalagi jika yang dirawat adalah kucing kampung. Cara menjinakkan kucing kampung yang mudah dilakukan adalah dengan mengajaknya bermain.

Si kucing akan merasa kita bukanlah sosok ancaman namun sosok yang memberikan rasa bahagia. Jika kita rutin mengajaknya main, maka akan secara cepat kucing kampung menjadi jinak.

16. Mengajaknya Jalan-Jalan

Kucing adalah hewan aktif, sehingga dengan menyempatkan waktu untuk mengajaknya jalan-jalan sama halnya membuat kucing nyaman dan senang mendekat ke kita. Kucing akan menjadi cepat jinak.

Berikut ini adalah video yang harus kamu tonton agar dapat menjinakkan kucing liar.

Berbagai cara menjinakkan kucing di atas, akan dapat dijalankan jika niat dan komitmen kita sangat tinggi untuk merawat si kucing.

10 thoughts on “Cara Menjinakkan Kucing

  1. Kucing itu lucu kalau lagi tenang tapi kalau lagi berantem ko jadi berbahaya ya, ada yang digigit kakinya sampai bengkak beberapa hari, apakah kucing beracun?

    1. Kucing tidak beracun, namun kucing bisa terkena virus yang berbahaya yang mungkin bisa menularkan kepada Anda.

  2. Kucing saya terkadang suka menangkap anak ayam dan dimainkan sampai ayam itu mati. Apa itu juga termasuk dalam insting liar nya? Mohon solusinya

  3. Jadi aku temu kucing liar ..dia slalu bolak balik rmh aku tross dya gk mau klo dideketin malah kabur ..jdi gimana??

  4. saya kan baru adobsi anak kucing yang umurnya 4 bulan,jadi kucingnya asal mau di masukkan ke kandangnya suka lari kesana kesini,cara mengatasi seperti apa ya agar kucing gk lari apabila di masukkan ke kandang??

    1. Itu karena belum terbiasa, sebaiknya pancing dia dengan makanan agar kucing tersebut menjadi jinak dan nurut pada kita

  5. saya baru adobsi anak kucing yang berumur 4bulan, cara mengatasi agar dia gk lari-lari apabila dimasukkan ke kandangnya dan lahap makannya, cara mengatasinya macam mana ya kk?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *