Jenis burung kicau di Indonesia

Jenis Burung Kicau

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Jenis burung kicau – Penggemar burung berkicau atau biasa dijuluki kicau mania di Indonesia sangatlah banyak. Anda bisa melihat di lingkungan Anda pasti ada beberapa orang yang memelihara burung berkicau. Apalagi Indonesia dikenal memiliki beragam jenis burung dengan suara-suara yang merdu nan unik.

Kemerduan suara burung berkicau selain menjadi hiburan tersendiri di rumah, juga bisa dikompetisikan. Banyak sekali saat ini perlombaan-perlombaan burung berkicau mulai tingkat kelurahan hingga skala nasional. Hal yang dinilai biasanya selain keindahan dan kekerasan suara burung, juga beberapa perlombaan menilai aspek fisiknya.

Jenis-Jenis Burung Kicau Di Indonesia

Bagi Anda yang ingin memulai memelihara burung berkicau dan bingung memilih mana yang tepat untuk dipelihara, maka artikel ini dapat membantu Anda. Beragam jenis burung kicau akan kami sajikan untuk Anda.

1. Anis Kembang

Jenis burung kicau yang pertama adalah anis kembang. Motif bulu pada burung yang satu ini sangat unik. Perpaduan warna putih, orange dan hitam yang terkesan tidak membentuk suatu motif teratur membuatnya sangat unik.

Anis kembang sangat pemalu, ia hanya berkiau saat tidak ada orang dan saat hujan. Dalam perawatan dan perkembangbiakkan burung yang satu ini cukup sulit. Salah satunya adalah kita akan sulit membedakan mana yang betina dan mana yang jantan.

Baca juga: Jenis Burung Lovebird

2. Anis Merah

Ada beberapa sebutan kicau mania untuk anis merah. Beberapa dianataranya seperti punglor merah, anis bata, punglor bata dan punglor cacing. Perilaku unik burung anis merah yang jantan adalah akan mendongakkan kepala keatas jika bertemu dengan jantan yang lain.

3. Branjangan

Burung yang satu ini punya ciri khas ketika berkicau akan mengepakkan kedua sayapnya, hal yang tidak dijumpai di kebanyakan burung berkicau lainnya. Habitatnya di tempat terbuka seperti persawahan dan padang rumput.

4. Cendet

Jenis burung kicau berikutnya adalah cendet, atau ada yang menyebutnya plentet. Hal yang paling disuka oleh kicau mania pada burung ini adalah suaranya yang cukup keras. Selain itu, cendet memiliki perpaduan warna bulu yang keren.

5. Ciblek

Burung ciblek kicau

Ciblek termasuk jenis burung kicau yang harganya sangat murah. Dikenal di masyarakat dengan sebutan prenjak. Ciblek memiliki suara yang unik, jika sampai gacor, burung yang satu ini bisa laku hingga ratusan ribu.

6. Cucak Ijo

Sebagaimana namanya, burung ini didominasi warna hijau pada bulu-bulunya. Namun bagian paruh dan sebagian kepalanya tampak hitam, membuat penampilannya begitu mempesona. Cucak ijo biasa hidup berkelompok di dalam hutan. Namun, masih bisa dijadikan peliharaan di rumah.

Daerah persebaran burung ini meliputi Banyuwangi, Sumatera, Bali dan Kalimantan. Dan yang paling terkenal adalah cucak ijo dari Banyuwangi karena memiliki suara yang keras dan merdu.

7. Cucak Jenggot

Kekhasan burung ini terletak pada adanya bulu berwarna putih yang berada tepat dibawah paruhnya. Fisik seperti ini yang menjadikan burung ini dijuluki cucak jenggot. Fisiknya kecil seperti burung trucukan. Harga di pasar burung, cucak jenggot dijual dengan kisaran harga 150 ribu hingga 250 ribu.

8. Cucak Rowo

Burung yang satu ini bahkan dijadikan lirik lagu dangdut yang cukup hits di masanya. Kicaunya yang nyaring dan enak didengar, menjadikan nilai jual burung cucak rowo cukup tinggi. Walau begitu cukup banyak juga orang yang memelihara burung yang satu ini.

Keberadaan burung cucak rowo bisa Anda temukan di beberapa daerah seperti Pulau Sumatera, Jawa bagian barat, daerah Kalimantan dan daerah semenanjung Malaysia. Cucak rowo terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan asal daerahnya. Misal ada cucak rowo Malaysia, cucak rowo Bengkulu, cucak rowo Lampung, cucak rowo Kalimantan, dll.

9. Gelatik

Harga burung gelatik relative bisa terjangkau,yakni 75.000 sampai 200.000. Dikalangan pecinta burung, gelatik biasa dijadikan masteran. Artinya adalah sebagai burung penstimulus burung utama untuk berkicau dengan baik.

10. Jalak

Jenis burung kicau, jalak

Spesies burung jalak di Indonesia sangatlah beragam. Beberapa diantaranya adalah jalak bali, jalak hitam, burung jalak suren, jalak Thailand, dll. Banyak masyarakat yang berternak burung jalak karena harganya cukup tinggi.

11. Kacer

Burung kicau yang satu ini mudah sekali dikenali. Perpaduan warna pada bulunya hanya hitam da putih. Warna putih ada di bagian dada bawah dan sayap, sedangkan warna hitam di bagian selain dua bagian tersebut.

12. Kenari

Kicauan burung kenari biasa disebut oleh kicau mania dengan bahasa ngriwik. Semakin variasi suara ngriwikya, maka burung yang secara ukurannya kecil ini bisa memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Baca juga: Harga burung kenari

13. Kolibri

Keluarga kolibri memiliki beberapa jenis, beberapa diantaranya adalah sepah raja, ninja, manggar dan sriganti. Ia juga pandai menirukan suara burung lainnya dan tahun 2016 mejadi massa popular burung kolibri.

14. Love Bird

Secara fisik burung yang mulai popular beberapa tahun terakhir ini mirip dengan burung parkit, namun memiliki ekor yang lebih pendek. Karena popular, maka harganya sedikit lebih mahal. Perpaduan warna yang mencolok mata seperti hijau, kuning dan orange, menjadikan burung ini enak dipandang.

Berbagai turnamen atau perlombaan burung love bird seringkali diadakan. Kekhasan suaranya menjadi faktor kunci untuk memenangkan perlombaan.

15. Murai Batu

Jenis burung kicau, murai batu

Burung yang satu ini adalah salah satu jenis burung kicau di Indonesia yang banyak sekali penggemarnya. Harganya juga relative sama mahalnya dengan cucak rowo. Kemampuan meniru beberapa suara burung lain adalah salah satu keunikan dari burung murai batu. Bahkan murai batu Medan menjadi burung kicau terbaik yang diakui oleh dunia.

16. Pelatuk

Sebelumnya burung ini tidak dianggap sebagai burung berkicau. Burung pelatuk hanya bisa mengeluarkan suara dari patokan paruhnya ke kayu. Namun begitu masyarakat mengetahui kicauannya, maka burung pelatuk kini popular juga di kalangan kicau mania.

17. Panca Warna

Julukan lain dari burung panca warna adalah burung robin. Panca warna dikenal sebagai burung kicau yang paling cantik. Siapapun yang melihat pertama kalinya burung ini, pasti ingn memeliharanya.

Suara burung ini juga sangat merdu, sangat cocok menemani Anda bersantai di teras depan rumah dengan udara yang sejuk. Sebagaimana namanya, warna burung ini memang perpaduan dari lima warna, yakni coklat, oranye, biru, kuning dan hitam.

18. Pleci

Ada jenis burung kicau kecil, salah satunya adalah pleci. Namun, Anda jangan meremehkan bentuk fisiknya yang kecil. Pleci memiliki suara yang khas sehingga seringkali bisa memnangkan perlombaan.

19. Tledekan

Setidaknya ada empat jenis dari burung tledekan. Tledekan gunung, bakau, selendang biru dan jenis laut. Dan yang paling digemari adalah jenis tledekan gunung atau disebut buurng sulingan. Warna biru adalah warna yang selalu ada di burung tledekan jenis apapaun.

20. Trucukan

Trucukan adalah salah satu jenis burung kicau murah. Harganya hanya dibanderol di nominal Rp. 20.000-200.000 saja. Jarang perlombaan burung yang mengikutsertakan burung trucukan. Namun jika hanya digunakan untuk mengisi suara alam, namun dengan dana terbatas, maka trucukan bisa menjadi solusi.

Itu dia 20 jenis burung kicau terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda untuk memilih burung untuk lomba maupun dipelihara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *