Harga ikan tuna

Harga Ikan Tuna

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ikan tuna adalah salah satu ikan laut yang paling digemari orang karena dagingnya yang kaya akan gizi dan rasanya yang lezat. Dalam hal berenang, ikan ini sangat pandai. Jika umumnya daging sebuah ikan warnanya putih, maka beda lagi dengan daging ikan tuna yang berwarna merah. Dan karena permintaan pasar yang sangat tinggi, harga ikan tuna menjadi cukup mahal dibandingkan ikan-ikan lainnya.

Daging ikan tuna memiliki karakteristik yang lembut dan warna merah darah. Orang menilai harga ikan tuna di pasar dari warna dagingnya, semakin merah warna dagingnya maka semakin mahal juga harganya.

Klasifikasi Ikan Tuna

Berikut di bawah ini klasifikasi ikan tuna dari berbagai jenis dan spesies.

  • Filum: Chordata
  • Sub-Filum: Vertebrata
  • Ordo: Perciformes
  • Sub-Ordo: Scombridei
  • Kingdom: Animalia
  • Class: Teleostei
  • Sub-Class: Arctinopterygii
  • Famili: Scombridae
  • Genus: Thunnus
  • Spesies: Thunnus sp

Kandungan Gizi Ikan Tuna

Selain rasanya yang lezat, ikan tuna juga mempunyai banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat. Maka tidak heran jika harga ikan tuna per kg cukup mahal. Berikut kandungan-kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan tuna.

  • Fosfor
  • Magnesium
  • Tamin
  • Kalium
  • Selenium
  • Triprtofan
  • Vitamin B6
  • Niacin
  • Asam lemak omega 3 yang berguna menurunkan tekanan darah tinggi
  • DHA, EPH, dan vitamin C yang bisa menyegarkan fungsi otak
  • Protein yang berguna menjaga otot-otot pada tubuh agar tetap kuat

Manfaat Ikan Tuna

Manfaat ikan tuna dan harganya

Karena kandungan gizi yang dimilikinya juga sangat banyak, maka ikan tuna juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik jika dikonsumsi. Itu juga merupakan salah satu alasan mengapa ikan tuna banyak dicari orang. Berikut beberapa manfaat ikan tuna yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin.

1. Sumber Protein yang Baik

Mungkin selama ini manusia memenuhi kebutuhan proteinnya dari daging ayam yang dimakan. Namun, ternyata protein yang terkandung dalam ikan tuna lebih cocok. Terutama bagi kamu baik pria maupun wanita yang sedang menjalani diet sehat.

Sumber protein yang baik dan tinggi dari ikan tuna akan berfungsi menjaga otot-otot tubuh agar tetap kuat. Bahkan dapat dikatakan juga bahwa ikan tuna adalah sumber protein hewani terbaik kedua setelah ikan salmon. (Baca juga: harga ikan salmon)

2. Bisa Menurunkan Hipertensi

Ikan tuna cocok dikonsumi bagi kamu yang sedang menderita hipertensi. Sebaiknya jangan biarkan keadaan kamu tersebut dan coba untuk mengkonsumsi tuna. Ikan tuna dapat menurunkan hipertensi yang diderita orang. Dan tentu saja, makanan hewani seperti ikan tuna yang berasal dari alam lebih aman dan sehat.

Rasanya yang enak di lidah juga tentu saja lebih lezat dan tidak seperti obat-obatan hipertensi pada umumnya. Jadi, mungkin ikan tuna merupakan obat hipertensi yang cocok untukmu. Jangan biarkan penyakit hipertensi jika kamu menderitanya, karena penyakit ini dapat menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya yang lain.

3. Dapat Mencegah Obesitas

Karena ikan tuna memiliki kandungan lemak baik dan berkalori rendah, maka mengkonumsi tuna mampu mencegah obesitas. Jadi kamu tidak perlu khawatir walaupun kamu sedang melakukan program diet sehat, kamu tetap bisa memakan ikan tuna.

Bagi kamu yang ingin melindungi tubuh dari serangan obesitas, bisa langsung mencoba untuk mengkonsumsi ikan tuna.

4. Menurunkan Kadar Trigliserida

Manfaat ikan tuna selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar trigliserida. Kadar ini merupakan kadar yang dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi ikan tuna, kamu bisa menurunkan kadar penyebab penyakit berbahaya ini dalam tubuh.

Oleh sebab itu, memakan ikan tuna juga merupakan salah satu usaha untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya menyerang tubuh.

5. Bisa Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung

Ikan tuna mengandung banyak gizi yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol buruk dan juga mampu meningkatkan kolestrol yang baik. Sehingga dengan memakan ikan tuna, kamu bisa terhindar dari penyakit stroke dan jantung yang tentu sangat amat berbahaya bagi tubuh.

Karena dapat menurunkan kadar trigliserida juga, maka ikan tuna semakin mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.

6. Membersihkan Pembuluh Darah

Manfaat ikan tuna nomor 6 adalah membersihkan pembuluh darah dalam tubuh. Kandungan gizi yang ada di dalam tubuh tuna dapat membersihkan lemak dan juga mengakumulasi kotoran di dalam pembuluh darah.

Penyumbatan yang terjadi di dalam pembuluh darah dapat mengakibatkan penyakit stroke dan jantung. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan tuna agar pembuluh darah menjadi bersih dan lancar kembali.

7. Meredakan Stres dan Mengatasi Depresi

Jika kamu tidak tahu dan merasa bingung bagaimana cara meredakan stres dan depresi, mungkin mencoba mengkonsumsi ikan tuna dapat membantu mengatasinya. Hal ini dikarenakan salah satu kandungan gizi yang ada pada ikan tuna mampu menyegarkan otak sehingga stres dan depresi bisa sedikit mereda.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan gizi ikan tuna juga ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mata kamu. Apabila kamu memakan ikan tuna dalam jumlah yang cukup secara rutin, maka beberapa gangguan yang menyerang kesehatan mata akan berkurang. Misalnya seperti kualitas penglihatan yang berkurang atau mata kering.

9. Dapat Berperan Sebagai Anti Radang

Ikan tuna juga mampu berperan sebagai anti radang. Jadi, kamu bisa mencoba mengatasi radang dengan cara mengkonsumsi ikan tuna.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tuna mengandung gizi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Oleh sebab itu, tuna merupakan salah satu sumber makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Jenis-Jenis Ikan Tuna

Berikut 2 jenis ikan tuna yang paling terkenal.

1. Ikan Tuna Sirip Biru

Karena tubuhnya yang ramping, ikan tuna sirip biru dapat berenang lebih cepat dan mempunyai daya tahan yang cantik. Bentuk tubuhnya ramping dan torpedo. Jenis ini merupakan tuna terbesar dengan bobot mencapai 269 kg. Sayangnya, tuna sirip biru sudah hampir punah saat ini.

2. Ikan Tuna Sirip Kuning

Meskipun tidak sebesar ikan tuna sirip biru, jenis sirip kuning ini juga berukuran cukup besar. Umumnya, ikan tuna sirip kuning mempunyai panjang tubuh 150 cm, namun ada yang bisa mencapai 195 cm. Jenis ini mempunyai kebiasaan berenang cepat dan bergerombol dengan ikan berukuran sama walaupun dari jenis lain.

Harga Ikan Tuna Terbaru

Berikut tabel harga ikan tuna per kg di beberapa daerah pasar Indonesia.

NoDaerahHarga tuna per kg
1BanjarmasinRp. 45.000-an
2MalangRp. 48.000-an
3SurabayaRp. 48.000-an
4PadangRp. 45.000-an
5PalembangRp. 45.000-an
6SemarangRp. 48.000-an
7BatamRp. 45.000-an
8LampungRp. 45.000-an
9PontianakRp. 52.000-an
10MakasarRp. 51.000-an
11MedanRp. 52.000-an
12PekanbaruRp. 52.000-an
13SamarindaRp. 52.000-an
14JambiRp. 52.000-an
15BalikpapanRp. 52.000-an
16TasikmalayaRp. 48.000-an
17SerangRp. 45.000-an
18BandungRp. 48.000-an
19DenpasarRp. 55.000-an
20JakartaRp. 55.000-an

Itu dia informasi ikan tuna dan harga ikan tuna terbaru. Dengan begitu banyaknya kandungan gizi yang dimilikinya, cobalah untuk mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dan rasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *