Daftar harga burung jalak suren

Harga Burung Jalak Suren

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Jenis burung kicau sudah menjadi incaran para pecinta burung dari dulu. Karena hal tersebut, tidak heran jika ada semakin banyak orang yang hobi memelihara burung kicau. Salah satu jenis burung kicau yang paling dicari dan diminati adalah burung jalak suren. Selain karena karakter dan kelebihannya, harga burung jalak suren yang relatif standar dan tidak terlalu mahal juga menjadi daya tariknya tersendiri.

Burung jarak suren dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bentuk fisiknya yang unik. Dikarenakan suara kicauannya yang merdu tersebut, selain dijadikan hewan peliharaan burung jalak suren juga sering diikut sertakan dalam kompetisi kicau burung. Maka tidak heran jika jalak suren gacor atau trontol yang mempunyai prospek dalam kompetisi kicau burung sangat diinginkan oleh para peminat yang ingin membelinya.

Cara Memilih Burung Jalak Suren Prospek

Harga jalak suren terbaru

Ketika ingin membeli seekor jalak suren, semua orang tentu saja menginginkan jalak suren yang berkualitas unggul sehingga bisa dilombakan dan memenangkan kompetisi kicau burung. Di sisi lain, karena peminat semakin banyak maka para peternak jalak suren juga terus mencari benih berkualitas agar dapat menghasilkan jalak suren yang bernilai ketika tumbuh dewasa.

Karena semakin banyaknya peminat dan burung jalak suren yang beredar di pasaran, maka kamu memerlukan informasi mengenai cara memilih jalak suren unggulan yang prospek. Informasi ini penting diketahui agar kamu menang dalam kompetisi kicau burung atau hanya untuk dijadikan hewan peliharaan yang unik di rumah. Berikut langkah-langkah cara memilih burung jalak suren unggulan.

1. Mengamati Bagian Paruh

Bentuk paruh burung jalak suren sangat berpengaruh terhadap banyaknya variasi kicauan yang dapat dihasilkannya. Ada beberapa informasi khusus yang perlu kamu ketahui tentang berbagai macam bentuk paruh jalak suren.

Jika paruhnya berbentuk sedikit bengkok dan agak tipis, maka jalak suren tersebut gemar berkicau dengan suara yang nyaring.

Apabila paruhnya tebal tapi tidak terlalu panjang, maka burung tersebut suka sekali mengoceh.

Sedangkan bentuk paruh yang berukuran sedikit terbal dan panjang menandakan bahwa jalak suren tersebut tergolong cerewet dan sering sekali berkicau, gaya berkicaunya tersebut dikenal dengan sebutan mompa garuda. Harga burung jalak suren dengan bentuk paruh seperti ini relatif sedikit lebih mahal.

2. Mengamati Bagian Mata

Selanjutnya amati matanya. Bentuk dan kondisi mata jalak suren dapat menandakan kondisi fisiknya. Burung jalak suren muda yang mempunyai mata yang tajam, melotot atau terlihat bersemangat merupakan burung jalak suren yang berprospek bagus.

Apabila matanya tidak bisa melotot dan mempunyai pandangan yang sayu maka burung jalak suren tersebut kurang sehat.

3. Mengamati Bulu dan Sayap

Selain mata, kesehatan seekor jalak suren juga dapat dilihat dari sayap dan bulunya. Apabila jalak suren memposisikan sayapnya agak ke bawah, melainkan tidak tepat di punggungnya, maka tandanya jalak suren tersebut sedang kurang sehat.

Burung jalak suren yang sehat mempunyai bulu yang lembut dan mengkilap. Pastikan juga bahwa jalak suren yang akan kamu pilih sudah sering dimandikan. Jalak suren yang dimandikan secara rutin akan mempunyai kondisi yang lebih sehat, mempunyai bulu yang rapi, bersih dan mengkilap. Cara memandikan burung jalak suren cukup dengan menyediakan wadah untuknya mandi dan biarkan dia mandi sendiri.

4. Mengamati Bagian Ekor

Bagian tubuh yang sebaiknya kamu perhatikan selanjutnya sebelum membeli seekor burung jalak suren adalah ekornya. Burung jalak suren yang bagus dan sehat mempunyai bentuk ekor memanjang serta tubuh yang tegap.

Akan tetapi, ekor burung jalak suren yang masih anakan atau yang berusia 2 – 3 bulan biasanya masih cenderung pendek sehingga kamu perlu menunggu sampai ekornya tumbuh dengan maksimal.

Harga burung jalak suren dengan ekor yang panjang juga biasanya lebih mahal, terlebih lagi jika suara kicauannya nyaring.

5. Mendengarkan Suara Kicauan Burung

Yang jelas, burung jalak suren unggulan bisa dikenali melalui suara kicaunya. Oleh karena itu penting sekali bagi kamu untuk mendengarkan kicauan burung jalak suren yang akan kamu pilih dan beli.

Coba luangkan sedikit waktu untuk mendengarkan kicauannya. Apabila burungnya memiliki karakter pemalu, maka kamu harus bersembunyi sesaat agar ia mau mengeluarkan suara kicaunya yang merdu. Sedangkan jika burungnya sudah percaya diri, maka kamu bisa mendengarkan suara kicau merdunya secara langsung dan lebih dekat.

Akan tetapi, burung jalak suren prospek unggulan dapat diukur dari mentalnya ketika sedang berkicau. Yang jelas kamu perlu melatihnya secara bertahap agar lebih berani dan memiliki mental yang kuat.

6. Perhatikan Tingkah Lakunya

Pada dasarnya, jalak suren tergolong sebagai burung yang dapat dijinakkan dan bisa menjalin hubungan dekat dengan manusia. Oleh sebab itu kamu juga perlu memperhatikan tingkah laku burung jalak suren. Apabila jalak suren sulit kamu dekati atau belum terbiasa dengan kehadian manusia, maka bisa saja ia belum dapat berkicau dengan focus. Burung jalak suren unggulan biasanya berani berkicau dan tampil walaupun ada manusia di sekitarnya.

7. Jenis Kelamin

Secara umum, burung jalak suren jantan lebih cocok dijadikan sebagai master kicau dan diikut sertakan ke dalam kompetisi. Oleh karena itu harganya lebih mahal dibandingkan harga burung jalak suren betina.

Sedangkan untuk betina, lebih cocok untuk dijadikan induk atau benih dan diternakkan agar menghasilkan burung jalak suren unggulan.

Namun biasanya harga burung jalak suren sepasang akan lebih murah dibandingkan kamu membeli satu-satu secara terpisah.

8. Nafsu Makan

Jalak suren yang baik dan berprospek unggul adalah yang mempunyai nafsu makan baik. Nafsu makan burung jalak suren dapat menandakan kesehatan dan keaktifannya.

Namun, pada umumnya burung kicau seperti jalak suren akan cenderung kehilangan nafsu makan ketika memiliki pemilik baru karena dia perlu adaptasi dengan lingkungan baru.

Cara memberi makan burung jalak suren agar nafsu makannya naik adalah dengan memberi pakan jangkrik menggunakan tangan.

9. Indukannya

Kalau bisa, kamu telusuri dulu keturunan jalak suren pilihan kamu. Karena apabila jalak suren tersebut berasal dari indukan yang unggul, maka kualitas anakannya juga tidak perlu diragukan lagi.

Harga Burung Jalak Suren Terlengkap

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara memilih burung jalak suren unggulan. Setelah mengetahui informasi tersebut, maka kamu juga perlu mengetahui mengenai harga jalak suren unggulan. Berikut daftar harga jalak suren dewasa.

Jenis Jalak SurenHarga
Jalak suren juaraRp. 3.000.000 - Rp. 10.000.000-an
Jalak suren gacorRp. 1.000.000 - Rp. 1.500,000-an
Jalak suren jawa gacorRp. 800.000 - Rp. 900.000-an
Jalak suren jinakRp. 700.000-an
Jalak suren malaysia gacorRp. 600.000 - Rp. 700.000-an
Jalak suren calon gacorRp. 300.000 - Rp. 400.000

Dan berikut daftar harga burung jalak suren anakan lengkap.

Jenis Jalak Suren AnakanHarga
Jalak suren siap budidayaRp. 600.000 - Rp. 700.000-an
Jalak suren lokalRp. 500.000-an
Jalak suren malaysiaRp. 400.000-an
Jalak suren anakanRp. 300.000 - Rp. 400.000-an
Anakan jalak suren lokalRp. 300.000-an
Jalak suren bakalanRp. 300.000-an

Demikian informasi lengkap tentang cara memilih burung jalak suren unggulan dan daftar harga burung jalak suren terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *