Harga burung cucak rowo
Sumber: jalaksuren.net

Harga Burung Cucak Rowo

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung cucak rowo – Burung Cucak Rowo adalah burung yang termasuk kedalam jenis cucak-cucakan yang tinggal atau memiliki habitat di rawa-rawa (rowo=rawa). Burung ini merupakan unggas dari Genus Pycnonotus, dengan nama latin Pycnonotus Zeylanicus.

Di kalangan para pecinta burung hias, jenis burung yang satu ini sangat digemari karena kicauannya yang khas, mirip dengan jenis cucak hijau. Di Indonesia terdapat berbagai jenis burung cucak rowo dengan persebarannya mulai dari wilayah Sumatera hingga Papua.

Karakteristik Burung Cucak Rowo

Secara umum burung cucak rowo memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Umumnya morfologi burung cucak rowo memiliki ukuran rata-rata berkisar 28 cm, dengan warna tubuh didominasi oleh warna coklat.
  • Merupakan burung pemakan serangga dan buah-buahan dengan bentuk paruh yang kuat akan tetapi tidak terlalu panjang serta berwarna hitam pekat.
  • Memiliki habitat asli di sekitar rawa-rawa (cucak rowo = burung cucak yang tinggal di daerah rawa) atau tepi hutan.
  • Mempunyai kaki yang kuat yang mampu mencengkram dengan kokoh.
  • Burung ini dapat dijumpai di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera hingga Papua.
  • Memiliki kebiasaan yang unik, yaitu burung cucak rowo senang menyembunyikan dirinya dibalik dedaunan dan mengeluarkan kicauan merdunya.

Jenis-jenis Burung Cucak Rowo

Harga cucak rowo anakan, sepasang gacor
Sumber: mediaindonesia.com

Setelah mengetahui karakteristik dari burung cucak rowo, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis dari burung cucak rowo ini. Biasanya jenis atau varietas sangatlah berpengaruh terhadap harga burung cucak rowo. Berikut merupakan jenis-jenis burung cucak rowo yang ada di Indonesia:

1. Burung Cucak Rowo Papua

Sesuai dengan namanya, burung cucak rowo ini berasal dari Pulau Papua. Cucak rowo papua memiliki nama ilmiah Pycnonotus zeylanicus. Dikarenakan habitatnya yang berada di pedalaman Papua, harga burung cucak rowo papua ini relatif mahal. Jenis unggas ini juga terbilang langka apabila kita ingin mendapatkannya langsung dari habitatnya.

Burung khas papua ini memiliki ciri fisik dengan warna coklat kehitaman pada kepala. Pada bagian dada terdapat warna putih, sedangkan untuk bagian tubuh dan sayap didominasi oleh campuran warna hijau lumut dan coklat. Suara kicauannya yang merdu dan morfologi nya yang indah menjadikan burung ini salah satu daya tarik kuat di kalangan pecinta burung kicau hias.

2. Burung Cucak Rowo Medan

Habitat asli dari jenis burung cucak rawa ini adalah Medan, sesuai dengan namanya. Burung ini memiliki ciri khas yang menonjol dibanding jenis cucak rowo yang lainnya yaitu adanya totol-totol putih pada bagian sayap yang juga didominasi oleh warna abu-abu dan coklat. Warna coklat ini juga terdapat pada bagian kepala dan tubuhnya. Harga burung cucak rowo medan dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 3 juta.

3. Burung Cucak Rowo Sumatera

Suara kicauan yang nyaring, makin tinggi dan sangat keras adalah keunikan dari jenis burung cucak rowo yang berasal dari Pulau Sumatera ini. Bagaimana tidak, dengan kicauannya yang khas burung cucak rowo ini bisa dibandrol dengan harga hingga belasan juta rupiah. Secara fisik burung ini memiliki campuran warna abu-abu, coklat dan garis-garis putih. Pada bagian kepala burung ini memiliki warna coklat terang. Jenis burung cucak rowo ini juga memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan jenis lainnya.

Baca juga: Harga burung cucak ijo

4. Burung Cucak Rowo Jawa

Dengan asal daerah dari Pulau Jawa, jenis burung ini relatif lebih mudah ditemukan. Kamu bisa membeli dan mendapatkannya di banyak toko burung atau penangkaran. Cucak rowo jawa memiliki warna tubuh coklat hingga abu-abu gelap. Dari segi kicauan burung ini agak mengerol dan mengeluarkan suara lantang.

5. Burung Cucak Rowo Ropel

Apabila kamu mencari jenis dan harga cucak rowo terbaik, jenis burung ini dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan. Burung cucak rowo ropel mampu menirukan dengan baik kicauan dari jenis cucak rowo lainnya. Suaranya juga sangat nyaring dan mampu mengerol panjang dalam waktu yang cukup lama. Dengan bentuk dada yang bidang dan kokoh burung ini juga memiliki ukuran tubuh yang relatif besar. Untuk kisaran nilai jual, harga burung cucak rowo ropel dibandrol mulai dari Rp. 4,5 juta hingga belasan juta.

6. Burung Cucak Rowo Kalimantan

Jenis burung ini memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis cucak rowo lainnya. Secara fisik burung ini memiliki keunikan yaitu gradasi antara warna abu-abu, coklat dan hijau. Cucak rowo kalimantan merupakan jenis burung yang cocok digunakan untuk kontes atau perlombaan karena burung ini memiliki karakter kicauan yang melengking dan keras.

Selain jenis-jenis yang telah disebutkan diatas, terdapat pula jenis-jenis lainnya dari burung cucak rowo seperti, cucak rowo lampung, cucak rowo jambi, cucak rowo timtim dan masih banyak lagi. Harganya pun akan kian melambung apabila burung ini telah bersifat gacor atau matang (menghasilkan suara kicauan yang nyaring dengan rutin).

Bagi kamu pecinta burung kicau hias, kamu bisa juga merawat burung cucak rowo ketika usianya masih terhitung anakan. Harga burung cucak rowo anakan sendiri dibandrol dengan kisaran Rp. 2,5 juta. Yang paling penting adalah, kamu mempelajari cara merawatannya dengan baik dan selalu belajar dari para profesional. Dengan begitu cucak rowo akan terpelihara dengan baik dan mampu menghasilkan keuntungan yang sangat tinggi.

Kamu bisa pula membeli burung ini langsung sepasan apabila ingin mengembangbiakan cucak rowo. Untuk harga burung cucak rowo sepasang dibandrol mulai Rp. 15 juta – 18 juta. Fantastis bukan?

Baca juga: Harga burung murai

Harga Burung Cucak Rowo Terbaru Hari Ini

Berikut merupakan daftar tabel lengkap harga burung cucak rowo berbagai jenis terbaru:

NoJenis Burung Cucak RowoHarga Jual Burung Cucak Rowo
1Cucak Rowo PapuaRp. 900.000
2Cucak Rowo MedanRp. 3.000.000
3Cucak Rowo JawaRp. 2.500.000
4Cucak Rowo Sumatera 1-2 BulanRp. 4.000.000
5Cucak Rowo Sumatera 3-5 BulanRp. 6.000.000
6Cucak Rowo Sumatera 12 BulanRp. 8.000.000
7Cucak Rowo Sumatera SepasangRp. 15.000.000 - Rp. 18.000.000
8Cucak Rowo Kalimantan 1-2 BulanRp. 3.000.000
9Cucak Rowo Kalimantan 3-5 BulanRp. 6.000.000
10Cucak Rowo Kalimantan 12 BulanRp. 7.000.000
11Cucak Rowo Kalimantan SepasangRp. 17.000.000
12Cucak Rowo RopelRp. 4.500.000 - Rp. 15.000.000
13Cucak Rowo AnakanRp. 3.000.000
14Cucak Rowo BakalanRp. 4.500.000
15Cucak Rowo GacorRp. 9.000.000
16Cucak Rowo HutanRp. 5.000.000
17Cucak Rowo Penangkaran Sepasang 3-4 BulanRp. 7.000.000 - Rp. 10.000.000

Dengan nilai jualnya yang tinggi burung ini sangat diminati di kalangan pebisnis burung hias. Burung cucak rowo juga terbilang mudah didapatkan, karena burung ini bukan jenis burung yang dilindungi. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di pasar burung, toko burung hias dan penangkaran. Bahkan sekarang kamu juga bisa membelinya di situs jual beli online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *