Harga burung poksay
Sumber: hargakatalog.id

Harga Burung Poksay

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga Burung Poksay – Burung poksay atau burung yang memiliki nama latin Garrulax, merupakan burung yang di habitat asli nya membentuk grup kecil saat mencari makan. Burung ini adalah salah satu burung yang memiliki suara terindah dan memilki volume keras.

Saking keras nya suara burung poksay ini bisa terdengar sampai hingga ratusan meter dan tidak hanya suara nya saja, paras dari burung ini pun sangat indah sehingga banyak pecinta burung yang mencari burung ini ke pelosok dunia.

Jenis-Jenis Burung Poksay

Harga burung poksay mandarin, hongkong, jambul, mantel
Sumber: gemarburung.com

Ada beberapa jenis burung poksay di dunia. Mereka memiliki ciri khas masing-masing . Misalnya jenis burung poksay mandarin, hongkong, jambul, dan mantel. Harga burung poksay ini pun tentu berbeda-beda.

1. Burung Poksay Mandarin

Burung Poksay Mandarin atau burung yang memiliki nama latin Garullax Mitratus burung yang berasal dari Negara China atau yang biasa di sebut dengan nama negara tirai bambu. Burung ini setara seperti burung hwa mei karena sangat di cari oleh pecinta burung kicau.

Burung poksay mandarin adalah burung kicau yang sangat gampang dijinakkan. Burung poksay mandarin betina dan jantan memiliki suara yang berbeda. Burung poksay mandarin betina hanya memiliki satu suara kicauan saja sedangkan burung poksay mandarin jantan memiliki kicauan yang sangat bervariasi.

Burung poksay mandarin memiliki mahkota kecil yang berwarna coklat, di daerah mata nya terdapat warna putih yang melingkarinya dan juga pada bagian bola matanya mempunyai warna hitam, dan ciri-ciri yang sangat menonjol ada pada bagian dada nya berwarna abu-abu sampai ekor. Harga burung ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 untuk yang jantan, dan untuk harga burung poksay mandarin anakan dibandrol dengan harga Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000.

Baca juga: Harga burung beo

2. Burung Poksay Hongkong

Burung Poksay Hongkong atau burung yang memiliki nama latin Garullax Chinesis, adalah burung poksay yang sangat terkenal di Indonesia. Biasanya di sebut oleh kicaumania dengan sebutan nama (poksay pipi putih) karena dia memiliki ciri khas tompel berwarna putih di bagian pipinya.

Burung ini sangat terkenal pada tahun 90-an tapi karena ada kasus flu burung pada saat itu pengiriman impor burung sempat di tutup. Burung poksay hongkong memiliki kelincahan dan daya tahan yang cukup kuat.

Tetapi, burung poksay jenis hongkong ini lebih liar jika dibandingkan dengan burung lain yang berasal dari penangkaran. Ciri- ciri burung poksay hongkong dia memiliki leher yang panjang tegak mendongak. Bentuk paruh yang panjang dan keras, kepala besar, mata melotot dan warna abu di daerah leher sampai batas punggung.

Burung ini salah satu burung yang paling sering didaftarkan lomba kicau di Indonesia karena suara nya merdu nada keras seolah menantang yang sangat khas tetapi itu hanya berlaku pada burung poksay hongkong jantan, karena betina jarang sekali bersuara lebih cenderung diam. Varian yang unik sekali dan harga burung poksay hongkong ini relatif tinggi dari Rp. 3.000.000 – Rp. 3.500.000.

3. Burung Poksay Jambul

Burung poksay jambul berbeda dengan burung poksay lainnya, burung poksay jambul ini berasal dari Negara Thailand karena burung ini diimpor langsung dari Thailand . Burung poksay yang sangat terkenal adalah jenis burung poksay jambul putih karena sangat aktif di dalam sangkar dan memiliki suara yang sangat berwibawa saat berkicau.

Burung poksay jambul ini disebut sebagai raja dari jenis poksay karena dia diminati oleh banyak pecinta burung di Indonesia karena memiliki jambul putih yang sangat menarik serta penampilannya juga gagah, burung poksay jambul juga sering dijuluki Burung Raja Ketawa karena dapat menaklukan burung jenis lain.

Ciri-ciri burung poksay jambul putih ini adalah pada bulunya yang berwarna putih. Selain itu burung ini juga memiliki pita bulu berwarna hitam dari mulai telinga, garis mata sampai ke pangkal paruh. Burung poksay jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar di bandingkan jenis burung poksay lainnya.

Harga burung poksay jambul ini berada di sekitar Rp. 1.000.000 dan harga burung poksay mantel putih di bandrol dengan harga Rp. 1.100.000.

Selain jenis burung poksay diatas masih banyak lagi jenis burung poksay yang ada seperti Burung poksay samho, poksay genting, poksay hitam, poksay kuda, poksay lesser necklaced laughingthrus, poksay spotted laughthingtrush, dan poksay hwa mei.

Harga Burung Poksay Hari Ini

Berikut daftar harga burung poksay terlengkap. Harga yang dicantumkan dalam tabel dibawah adalah harga pasaran di saat ini karena sewaktu-waktu harga bisa berubah setiap saat.

NoJenis Burung PoksayHarga Burung Poksay
1Burung Poksay HongkongRp. 3.000.000
2Burung Poksay MandarinRp. 1.000.000 - Rp. 2.000.000
3Burung Poksay JambulRp. 1.000.000
4Burung Poksay Jambul PutihRp. 1.100.000
5Burung Poksay MedanRp. 300.000 - Rp. 1.000.000
6Burung Poksay HitamRp. 300.000 - Rp. 1.000.000
7Burung Poksay SumaterRp. 1.000.000
8Burung Poksay HwameiRp. 7.000.000 - Rp. 9.000.000

Cara Memelihara Burung Poksay

Karena burung poksay termasuk jenis burung kicau yang sering diikutsertakan dalam kontes, maka cara memelihara burung poksay pun harus diperhatikan, berikut penjelasannya.

1. Sangkar

Pemilhan sangkar adalah hal utama yang harus diperhatikan saat memelihara burung poksay. Gunakanlah sangkar yang luas dan lebar agar dia bisa bergerak leluasa sehingga tidak mudah stres. Hindari penggunaan sangkar yang berebentuk bulat karena bisa menyebabkan si burung untuk malas berkicau.

2. Lingkungan

Burung poksay ini cenderung mudah stres apabila dia tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Ada cara untuk melatih agar dia bisa beradaptasi dengan mudah yaitu dengan, memindah-mindahkan sangkarnya ke tempat yang berbeda-beda setiap hari, atau beberapa hari sekali.

3. Pakan

Berikan pakan tambahan seperti pepaya matang dan jangkrik. Hal yang harus diperhatikan adalah makan yang teratur sehingga burung poksay tidak merasa kekurangan dan kelebihan makanan.

4. Melatih Suara

Kelebihan dari burung poksay memanglah suara merdunya, sehingga orang-orang berlomba-lomba mencarinya. Tapi tetap harus dilatih agar burung ini sering mengeluarkan suara yang merdu.

Cara yang paling mudah untuk melatih burung poksay ini adalah, rajin memancing bunyi dengan memutarkan suara rekaman burung poksay yang sudah rajin bunyi di dekat sangkarnya.

Baca juga: Harga burung cucak rowo

5. Mandi

Burung poksay ini sangat senang apabila dimandikan setiap hari. Mandikan burung poksay dengan cara di semprot air setiap pagi bila perlu tambahkan juga setiap sore hari.

Burung poksay sangat senang bila dimandikan karena dia bisa membersihkan bulu-bulu nya dari kutu dan debu. Lakukan penyemprotan hingga ke seluruh tubuh si burung tersebut. Setelah itu tempatkan burung poksay di tempat yang teduh agar terkena angin.

Bila hujan di pagi hari, burung poksay diperbolehkan untuk mandi hujan untuk beberapa menit. Pastikan hujannya tidak terlalu lebat agar si burung tidak sakit. Sangat tidak disarankan apabila hujan sore karena sudah banyak tercampur oleh polusi. Demikian informasi mengenai jenis-jenis dan harga burung poksay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *