Jenis-jenis burung lovebird

Jenis Burung Lovebird

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Burung adalah salah satu hewan yang gemar dikoleksi oleh masyarakat di Indonesia. Dari waktu ke waktu, populasi pecinta burung semakin meningkat mulai dari rakyat biasa sampai yang berprofesi sebagai pengusaha. Salah satu jenis burung yang digemari dan diminati banyak kolektor burung adalah jenis burung lovebird.

Tidak semua jenis burung digemari oleh para pecinta burung. Biasanya mereka memilih jenis burung berdasarkan suara kicauannya dan motif bulunya. Burung lovebird menjadi pilihan para pecinta burung karena selain suara kicauannya yang cukup keras dan bulunya yang indah, burung lovebird juga dapat beradaptasi dengan mudah.

Burung yang termasuk pada jenis burung beo ini dapat beradaptasi dengan cuaca serta lingkungan apa saja, oleh karena itu burung lovebird juga mudah untuk dipelihara.

Jenis Burung Lovebird dan Harganya

Burung lovebird terdiri dari berbagai jenis dan macam. Jenis-jenisnya mempunyai ukuran yang berbeda, mulai dari 13 sampai 17 cm dengan berat dari 30 sampai 60 gram. Harga burung lovebird juga bervariasi, ada yang dijual dengan harga murah ada juga yang dipatok sangat mahal, yang jelas bisa disesuaikan dengan dana yang kamu miliki. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan jenis-jenis burung lovebird berikut.

1. Lovebird Nyasa

Burung lovebird nyasa
Gambar burung lovebird nyasa

Jenis lovebird nyasa memiliki warna dominan hijau di sekujur tubuhnya. Mulai dari pantant, punggung hingga sayapnya semua berwarna hijau. Hanya bagian kepala dan lehernya saja yang bukan berwarna hijau.

Biasanya warna leher, dada dan kepala burung lovebird nyasa adalah oranye. Mata burung lovebird nyasa juga terlihat seperti kaca. Sementara itu paruhnya berwarna merah menyala.

Karena memiliki panjang sampai 13 cm, burung lovebird nyasa sering dianggap sebagai lovebird dari ras fischer.

2. Lovebird Fischer

Lovebird fischer memiliki ciri-ciri khusus sayap bagian atas berwarna hijau, lehernya berwarna kuning keemasan dan oranye gelap, serta paruhnya berwarna merah terang dan pada bagian ekor, warna ungu gelap yang indah menghiasinya.

Burung lovebird jenis ini ditemukan pada akhir abad 19 lalu. Selain sayapnya yang berwarna hijau, bagian dada dan punggungnya juga berwarna hijau.

3. Lovebird Muka Salem

Jenis lovebird muka salem
Gambar jenis lovebird muka salem

Sesuai dengan namanya, jenis lovebird ini memiliki paruh yang berwarna sedikit salem. Tapi walaupun namanya lovebird muka salem, burung ini tidak benar-benar memiliki warna salem pada mukanya. Mukanya tergolong berwarna merah, hanya paruhnya saja yang salem.

Sementara itu sebagian besar bulu pada bagian tubuhnya yang lain berwarna hijau. Jenis lovebird ini merupakan ras asli yang bisa ditemukan di gurun Namib, sekitar barat daya Afrika.

4. Lovebird Dakocan

Burung lovebird jenis ini diberni nama dakocan karena rupanya yang mirip seperti tentara koloni. Tubuhnya didominasi oleh bulu berwarna hijau gelap. Sedangkan kepala dan bagian atasnya berwarna hitam. Warna yang dimiliki burung lovebird dakocan ini membuat karakter fisiknya terkesan unik.

Untungnya keunikan burung lovebird dakocan tidak membuatnya dibanderol dengan harga yang mahal. Dengan yang Rp. 500 ribu saja kamu sudah bisa membawa pulang satu ekor burung lovebird dakocan. Harganya ini tergolong murah untuk sekelas burung jenis lovebird.

5. Lovebird Biola

Jenis burung lovebird biola

Lovebird biola adalah burung lovebird yang berasal dari Australia serta dikembangkan dengan baik di daerah Michigan, Amerika Serikat. Sebenarnya lovebird biola merupakan hasil peranakan dari jenis lovebird muka salem pada tahun 1997 silam.

Jenis burung lovebird biola ini merupakan salah satu jenis burung yang sangat digandrungi para pecinta burung di Indonesia. Jenis lovebird biola green opaline yang memiliki badan berwarna hijau, kepala berwarna merah dan sedikit oranye di bagian ekor merupakan yang paling digemari.

Karena kepopuleran dan kecantikannya, lovebird biola tergolong jenis burung lovebird termahal. Harga burung lovebird biola di pasaran bisa mencapai Rp. 5,5 juta per ekor. Bahkan harga untuk indukannya bisa sampai Rp. 22 juta per pasang.

6. Lovebird Violet

Berbeda dengan jenis lovebird pada umumnya, lovebird violet memiliki warna bulu biru tua yang menarik. Selain warna biru, warna ungu muda juga menjalar mulai dari mulai bagian leher sampai perutnya. Dua warna gelap ini membuat perpaduan warna yang indah.

Jika warna tubuhnya dominan berwarna gelap, maka kepala burung lovebird violet ini mempunyai warna yang sebaliknya, yaitu putih. Keunikan dan perbedaan tampilan yang dimilikinya membuat lovebird violet juga disukai para pecinta burung.

Lovebird violet dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Harga lovebird violet per ekornya hanya sekitar Rp. 650 ribu. Oleh karena itu lovebird violet bisa termasuk ke dalam golongan jenis lovebird termurah.

7. Lovebird Parblue

Selain lovebird violet, ada juga jenis lovebird parblue yang juga memiliki bulu bernuansa gelap. Badan burung lovebird parblue didominasi oleh warna biru tosca gelap, sedangkan bagian kepalanya memiliki bulu warna kuning yang indah. Kombinasi dua warna yang berlawanan ini membuat perpaduan yang sangat indah.

Tidak heran jika lovebird parblue memiliki penggemar yang cukup banyak. Banyaknya peminat membuat jenis lovebird yang satu ini masuk ke dalam jajaran jenis burung lovebird termahal. Harga yang dipatok untuk satu ekor lovebird parblue berkisar antara Rp. 3 juta sampai Rp. 5 juta.

8. Lovebird Albino

Sebenarnya lovebird jenis ini bukanlah jenis baru. Ia disebut lovebird albino tidak lain karena kelainan yang terletak pada pigmen kulitnya. Kelainan inilah yang membuat tubuhnya tampak berwarna putih secara keseluruhan. Bagian tubuhnya yang berwarna putih meliputi badan, sayap, paruh, kaki bahkan kukunya.

Uniknya, jika badannya berwarna serba putih, maka matanya justru berwarna merah cerah. Apabila ada lovebird berwarna bulu serba putih namun warna matanya hitam, maka itu bukan termasuk lovebird jenis albino karena kelainan kulit albino mempengaruhi seluruh pigmen bagian tubuh, termasuk mata.

9. Lovebird Batman

Seperti namanya, batman, jenis lovebird yang satu ini mempunyai bulu yang didominasi warna hitam gelap pada bagian kepala dan sayapnya. Sedangkan bagian dadanya mempunyai bulu berwarna gradasi abu-abu ke putih.

Harga lovebird batman lumayan tinggi, namun tidak semahal jenis lovebird termahal seperti lovebird biola atau parblue. Kamu bisa membeli seekor lovebird batman yang berumur 4 bulan dengan harga sekitar Rp. 770 ribu.

Masih banyak lagi jenis-jenis lovebird yang ada di dunia, berikut ini adalah nama-namanya.

  1. Lovebird Pipi Hitam
  2. Lovebird Abisinia
  3. Lovebird Berkerah Hitam
  4. Lovebird Madagaskar
  5. Lovebird Lutino
  6. Lovebird Muka Merah
  7. Lovebird Blorok
  8. Lovebird Australian Cinnamon
  9. Lovebird Biru Mangsi
  10. Lovebird Biru Cobalt
  11. Lovebird Euwing
  12. Lovebird Halfsider
  13. Lovebird Dakori
  14. Lovebird Misty
  15. Lovebird Merah
  16. Lovebird Import Hofland dan Taiwan
  17. Lovebird Pale Fallow
  18. Lovebird Olive
  19. Lovebird Slaty
  20. Lovebird Topeng
  21. Lovebird Pastel
  22. Lovebird Josan (Ijo Standar)
  23. Lovebird Pasjo (Pastel Ijo)

Sekian pembahasan mengenai berbagai macam jenis-jenis burung lovebird dan harganya, mulai dari jenis burung lovebird biola sampai lovebird pastel ijo. Anda juga dapat mengunjungi blog Kicau mania untuk melihat artikel seputar burung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *