Cara mengobati kucing mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, cara mengobati kucing mencret – Sebagaimana manusia yang bisa terserang penyakit diare, kucing peliharaan kita juga bisa terkena penyakit yang dikenal di masyarakat dengan sebutan mencret. Indikasi yang paling menonjol bahwa kucing kita terkena diare adalah bentuk pup atau kotorannya. Kucing sehat memiliki kotoran dengan tekstur yang padat, sedangkan kucing yang terkena diare memiliki bentuk kotoran yang lembek atau justru cair bahkan ada yang sampai mengeluarkan darah.

Apa yang menyebabkan si kucing mengalami diare? Ada beberapa hal seperti minuman dan makanan yang dikonsumsi cenderung kotor atau megandung bakteri penyebab mencret. Walaupun kita sudah rutin memberikan minuman dan makanan yang cenderung bersih, namun kita juga sulit mengontrol si kucing tidak makan dan minum di sembarang tempat.

Pemberian susu sapi yang mengandung lactose juga di beberapa kasus bisa menyebabkan mencret. Juga bisa disebabkan kucing mengalami stres karena perubahan iklim atau lingkungan tempat tinggalnya, ini biasanya ketika pemilik kucing berganti.

Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami

Penyebab dan cara mengatasi kucing mencret
Sumber: https://www.wideopenpets.com/

Namun kamu tidak perlu lagi khawatir, karena ada banyak sekali cara mengobati kucing mencret yang akan Sudut Hewan ulas detail di artikel ini. Tanpa perlu basa-basi lagi langsung saja berikut ulasannya.

1. Lokalisir Di Satu Tempat Yang Bersih

Jika kucing peliharaan anda sudah terlanjur mengalami diare atau mencret, maka pastikan tindakan pertama yang harus anda lakukan adalah melokalisir si kucing. Langkah ini penting agar si kucing tidak terkontaminasi penyakit lainnya yang justru makin memperparah kondisi si kucing.

2. Berikan Kasih Sayang

Salah satu penyebab kucing mengalami mencret selain faktor makanan dan minuman adalah karena mengalami stres. Stres ini disebabkan salah satunya adalah perubahan lingkungan si kucing. Pemberian perhatian kepada si kucing dengan cara memberikan makanan dan minuman yang teratur, elusan-elusan pada badannya akan berdampak pada menurunnya stres si kucing. Jika kucing sudah tidak stres, maka masalah mencret akan hilang dengan sendirinya.

3. Jangan Beri Makanan 12-24 Jam

Ini adalah cara mengobati kucing mencret dan muntah yang sangat sederhana dan tanpa modal. Dengan membatasi terlebih dahulu makanannya akan mencegah proses pencernaan yang sedang mengalami masalah. Dengan demikian mencret pun akan cenderung berkurang, tetapi tetap beri air minum tanpa ada batasan karena kucing yang mencret kehilangan banyak cairan.

4. Jangan Berikan Sayuran Dalam Beberapa Hari

Cara mengobati kucing mencret secara alami lainnya adalah dengan tidak diberikannya makanan yang kaya serat. Hal ini dikarenakan makanan yang kaya serat justru membuat feses si kucing menjadi makin lunak atau cair. Salah satu makanan yang kaya serat adalah sayur-sayuran, sehingga stop beberapa saat pemberiannya. Dengan begitu dalam waktu beberapa hari masalah mencret hewan kesayangan kamu akan segera hilang.

Baca juga: Tanda-tanda kucing sakit

5. Ganti Susu Dengan Yogurt

Di dalam produk yogurt mengandung bakteri lactobacillus. Bakteri ini dikenal sebagai bakteri yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan khususnya usus. Dengan adanya bakteri ini, bisa melawan adanya bakteri jahat yang menyebabkan mencret di dalam susu si kucing.

Berikan 2-3 sendok teh saja setiap kali mencret. Karena yogurt sejatinya komposisinya adalah bahan-bahan alami, maka aman-aman saja jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Apalagi kandungannya sangat baik sekali untuk kesehatan sistem pencernaan secara umum, sehingga dapat mencegah terkena mencret di kemudian hari.

6. Beri Larutan Elektrolit

Jika dalam situasi genting dan kamu tidak menjumpai oralit di toko hewan dekat lokasi kamu, maka kamu bisa membuat larutan elektrolit sendiri. Pada dasarnya oralit terdiri dari gula dan garam, sehingga bahan-bahan ini tentu sangat gampang kamu temukan.

Caranya adalah cukup sediakan kurang lebih 900 ml air bersih, kemudian campur dengan satu sendok makan gula dan satu sendok teh garam. Berikan kepada kucing kesayangan kamu setiap kali pup. Pemberian secara rutin akan membantu menyelesaikan diare si kucing secara bertahap.

7. Beri Oralit Khusus Hewan

Cara mengobati kucing mencret secara alami berikutnya adalah oralit. Larutan oralit umumnya memiliki komposisi yang sangat alamai salah satunya garam. Jika kamu tidak mau repot membuatnya, datangilah pet shop terdekat karena hampir semua pet shop menyediakan oralit.

Cara mengkonsumsinya sama dengan yogurt, berikan kepada kucing setiap kali mencret. Sehari bisa 3-6 kali tergantung intensitas mencretnya. Manfaat lain dari oralit juga sebagai larutan elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh kucing yang hilang karena mencret.

8. Mengubah Menu Makanan Yang Diberikan

Makanan adalah salah satu penyebab kucing mengalami mencret. Bisa, karena makanan tersebut terkontaminasi atau memang kucing tidak cocok dengan makanan tersebut. Sehingga cara mudahnya adalah dengan mengganti makanan yang diberikan pada kucing. Ingat-ingat kembali makanan-makanan yang telah diberikan dan tidak memiliki efek diare pada si kucing.

9. Campurkan Wortel Pada Makanan

Diare pada kucing bisa juga disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh cacing. Wortel dikenal juga sebagai obat cacing yang alami. Kandungan zat yang terdapat pada wortel bisa dipercaya membunuh beberapa jenis cacing yang biasa menginfeksi sistem pencernaan.

10. Berikan Makanan Yang Lunak

Setelah masa puasa makan sekitar 12-24 jam, berilah kucing kamu makanan yang mudah dicerna namun kaya gizi. Salah satunya adalah daging ayam atau ikan yang telah dimasak dengan cara direbus. Bisa juga dicampur dengan nasi putih, dalam waktu singkat masalah mencret akan segera hilang.

11. Campurkan Cuka Apel Pada Minuman

Cara mengobati kucing mencret yang terakhir adalah dengan cuka apel. Bagi manusia, penggunaan cuka apel memang sangat baik untuk sistem pencernaan. Hal ini juga berlaku bagi kucing yang sedang mengalami masalah pencernaan.

Tapi tidak semua kucing menyukai rasa dari cuka apel, namun tidak ada salahnya kamu coba minumkan. Jika rasanya terlalu asam dan kucing tidak suka, maka bisa ditambahkan air bersih. Pemberian cuka apel ini sangatlah cocok karena berupa minuman dimana si kucing yang sedang diare memang sangat membutuhkan banyak cairan.

12. Tempe Rebus

Sudah banyak yang meyakini dan membuktikan khasiat tempe rebus untuk menyelesaikan masalah diare pada hewan. Jangan lupa untuk merebus tempe hingga matang sebelum diberikan kepada kucing kamu.

13. Tambahkan Probiotik Pada Makanan atau Minuman

Probiotik adalah bakteri-bakteri yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Ada beberapa produk khusus yang memang mengandung probiotik seperti FortiFlora yang memang dikhususkan untuk hewan. Dengan membaiknya sistem pencernaan pada si kucing, maka diare secara perlahan akan berhenti dan hilang.

Baca juga: Cara mengobati kucing cacingan

14. Gunakan Norit

Selain oralit, salah satu produk dengan bahan alami yang bisa menjadi salah satu cara mengobati kucing mencret berdarah adalah norit. Kandungan karbon aktif pada norit mampu menyerap zat-zat racun pada sistem pencernaan dan akan dikeluarkan melalu feses. Sehingga kamu akan menjumpai warna feses pada kucing yang menghitam dan cenderung padat. Pemakaian beberapa kali dapat menghilangkan masalah mencret si kucing.

15. Periksakan ke Dokter Hewan

Dan cara terakhir yang bisa kamu lakukan ketika kucing mencret adalah membawa dan memeriksakannya ke dokter hewan terdekat.

Bila memungkinkan, bawa sampel kotoran yang dikeluarkan kucing kurang dari 12 jam yang lalu. Sedikit darah berwarna merah yang menempel pada kotoran kucing bukan hal yang serius. Namun, apabila kotorannya tampak hitam dan agak lengket, biasanya ada luka di perutnya.

Beberapa pengobatan dan tes akan dilakukan oleh sang dokter hewan seperti pengunjian kotoran untuk menguji jika ada parasit, kinerja darah, dan sinar elektromagnetik. Ikuti saja instruksi dari dokter dan berikan obat yang diberikannya sesuai dosis yang dianjurkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, terima kasih telah membaca. Jaga terus kucing kesayangan kamu agar terus sehat.