Makanan burung hantu anakan dan dewasa

Makanan Burung Hantu

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Makanan burung hantu – Memelihara hewan-hewan karnivora yang biasa hidup liar di alam bebas sudah menjadi tren dewasa ini. Salah satu yang paling favorit adalah burung hantu. Hewan karnivora atau pemakan daging yang satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pecintanya.

Burung hantu juga tergolong hewan nokturnal, artinya hewan ini aktif bergerak pada malam hari. Berburu makananpun dilakukan burung hantu pada malam hari. Sehingga wajar jika Anda melihat burung hantu yang menjadi peliharaan akan lebih banyak tidur pada siang hari.

Bagi Anda yang sudah memiliki burung hantu maupun yang berencana ingin memeliharanya, maka hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah soal makanannya. Makanan burung hantu pada umumnya adalah daging berbagai hewan kecil seperti tikus, belalang, ikan, ayam, dll.

10 Makanan Burung Hantu Anakan Dan Dewasa

Makanan burung hantu terbaik

Karena burung hantu juga banyak jenisnya, maka makanannyapun juga sangat variatif. Berikut Sudut Hewan informasikan berbagai jenis makanan burung hantu.

1. Tikus Anakan

Salah satu jenis burung hantu yang umum dijumpai di Indonesia adalah celepuk. Dan jika Anda memelihara burung hantu celepuk, maka tikus kecil adalah makanan burung hantu celepuk. Burung hantu celepuk reban habitat aslinya ada di wilayah Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Untuk di luar negeri, burung hantu jenis ini ada juga di Filipina.

Namun jika Anda merasa jijik untuk menyiapkan anakan tikus, maka daging ayam atau sapi bisa menjadi alternatifnya.

2. Jangkrik

Burung hantu juga meyukai serangga-serangga kecil semisal jangkrik. Burung hantu yang gemar sekali mengkonsumsi jangkrik adalah jenis Bay Owl. Hal ini dapat diwajari karena jangkrik sangat banyak sekali dijumpai di hutan pada malam hari.

Lingkungan seperti itu adalah habitat asli berbagai jenis burung hantu. Namun Bay Owl juga suka dengan tikus anakan. Burung hantu ini memiliki kekhasan yang tidak dijumpai pada jenis burung hantu yang lainnya, yakni memiliki warna mata yang merah menyala.

3. Tikus Putih

Ada juga burung hantu yang sangat menyukai jenis makanan berupa tikus putih. Secara ukuran memang relatif sama dengan tikus anakan, namun berbeda jenis tikus. Jenis burung hantu Spotted Wood adalah yang paling gemar berburu tikus putih. Di habitat aslinya, banyak ilmuan menemukan sisa-sisa bangkai tikus putih pada sarang burung hantu. Ini membuktikan bahwa tikus putih menjadi salah satu makanan favorit dari burung hantu.

Baca juga: Makanan kura kura

4. Daging Ayam

Ayam juga menjadi makanan favorit selain anakan tikus pada semua jenis burung hantu. Daging ayam segar siap makan bisa menjadi makanan utama burung hantu peliharaan Anda. Ingat, siapkan daging ayam yang segar karena aromanya akan menggugah selera makan si burung hantu.

Anda juga bisa memberikan variasi daging ayam berupa anakan ayam yang masih hidup. Karena di alam liar, burung hantu juga kerap memangsa anakan unggas, salah satunya ayam. Barn Owl dan Tawny Owl adalah dua diantara beberapa jenis burung hantu yang menjadikan anakan unggas sebagai buruan.

5. Ikan Lele

Bagi burung hantu yang hidup di habitat yang dekat dengan sungai, maka ikan adalah jenis makanan yang paling digemari. Jika Anda memelihara burung hantu, baiknya Anda memberikan variasi makanan berupa ikan segar.

Kandungan gizi yang berlimpah pada ikan akan membuat burung hantu Anda tetap terjaga kesehatannya. Ikan yang direkomendasikan pecinta burung hantu adalah ikan lele. Selain mudah didapat, ikan jenis ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk burung hantu. Dan yang paling penting, berbagai jenis burung hantu sangat suka dengan ikan lele. Berikan dalam kondisi hidup maupun mati tidak ada masalah.

6. Kumbang Besar

Di habitat alam liar, hampir semua jenis burung hantu berburu makanan pada malam hari. Hutan adalah habitat umum berbagai jenis burung hantu karena tempat tinggalnya rata-rata berada di ranting pohon. Pada malam hari jenis makanan seperti tikus dan juga kumbang besar sangat melimpah.

Salah satu burung hantu yang gemar berburu kumbang adalah Tawny Owl. Jenis ini sangat populer di Inggris, namun sudah cukup banyak juga orang di berbagai negara memeliharanya. Jika Anda termasuk salah satu yang memeliharanya, maka jangan lewatkan untuk memberikan makanan berupa kumbang besar sebagai selingan.

7. Daging Sapi Segar

Hampir semua jenis burung hantu akan menyukai daging sapi segar. Anda juga tidak akan kesulitan menyiapkan daging sapi karena umum ditemukan di pasar-pasar. Daging sapi segar sangat baik bagi hewan peliharaan seperti burung hantu, protein yang tinggi adalah senyawa penting yang dibutuhkan untuk menjaga burung hantu Anda tetap sehat. Jika Anda memiliki burung hantu Tyto Alba atau disebut juga dengan Barn Owl, maka daging sapi segar adalah makanan burung hantu Tyto Alba yang terbaik.

8. Burung Pipit Anakan

Burung hantu juga menyukai anakan burung khususnya burung pipit. Salah satu burung hantu yang suka dengan anakan burung adalah Eagle Owl. Burung hantu yang memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan elang putih ini sangat sulit untuk dipelihara karena memiliki tingkat stress yang tinggi.

Memberikan makanan yang paling disukai oleh Eagle Owl dapat menurunkan tingkat stresnya. Saat ini cukup mudah sebenarnya untuk mencari anakan burung pipit, Anda bisa pergi ke toko burung, umumnya mereka menjual burung pipit beserta anakannya.

9. Burung Puyuh Anakan

Selain anakan burung pipit, anakan burung puyuh juga digemari beberapa jenis burung hantu. Anakan burung puyuh relatif lebih mudah didapatkan dibandingkan anakan burung pipit. Hal ini dikarenakan banyak sekali yang memiliki usaha jual telur burung puyuh, sehingga pasti memiliki peternakan burung puyuh.

Baca juga: Harga burung hantu

10. Ulat Hongkong

Bagi pecinta burung, ulat hongkong sudah tidak asing lagi di telinga. Ulat jenis ini memang sudah menjadi santapan yang umum bagi semua jenis burung peliharaan. Dan ternyata burung hantu juga bisa kita berikan ulat hongkong sebagai variasi makanannya. Ulat hongkong memiliki ukuran yang kecil, sehingga sangat cocok juga sebagai makanan burung hantu anakan.

Baca juga cara ternak ulat hongkong agar Anda tidak perlu membeli ulat hongkong lagi.

Demikian berbagai jenis makanan burung hantu yang bisa Anda pilih untuk burung hantu peliharaan. Tentunya sesuaikan dengan jenis burung hantunya agar nafsu makannya tidak menurun sehingga kesehatannya terjaga.

Perlu Anda ingat, bahwa habitat burung hantu adalah alam liar. Kemampuan berburu adalah naluri yang menuntut untuk teraktuskan. Pemberian makanan hidup lebih dianjurkan dengan menaruhnya di suatu tempat terbuka agar burung hantu bisa bergerak aktif untuk memburu mangsanya. Hal ini sangat bagus untuk kesehatan fisiknya agar tetap prima dan tidak mudah sakit.

Merawat burung hantu bisa dibilang susah-susah gampang, sifat nokturnalnya adalah salah satu kesulitannya. Namun Anda tidak akan sia-sia merawat burung hantu apalagi yang memiliki motif bisnis. Hal ini dikarenakan nilai jual burung yang sangat eksotis ini sangatlah tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *