Ciri kucing mau mati

Ciri-Ciri Kucing Mau Mati

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, selamat datang di Sudut Hewan. Pada hari ini kita akan membahas salah satu hewan yang disukai dan dicintai oleh manusia, yaitu kucing. Apakah kamu memelihara kucing? Jika ya, maka kamu harus mengetahui apa saja ciri-ciri kucing mau mati, agar kamu bisa mewaspadainya. Sebelum mati, kucing menampakkan berbagai macam ciri atau gejala tertentu yang akan kita bahas berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Yang Mau Mati

Walaupun banyak orang yang sudah memelihara kucing, namun hanya sedikit yang sudah mengerti gejala dan tanda-tanda kucing mau mati, padahal tanda-tanda tersebut harus kita ketahui sebagai pemilik dari kucing tersebut, agar tidak salah mengambil langkah ketika tanda-tanda tersebut sudah terlihat pada kucing milik kita.

Secara singkat ada beberapa ciri kucing akan mati yang sudah diketahui banyak orang, seperti kucing tidak semangat untuk bergerak dan bermain, lemas dan lesu, hilangnya nafsu untuk makan, kebiasannya yang berubah menjadi lebih aneh, hingga penurunan berat badan dan lain-lain. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tanda tanda kucing akan mati

1. Tidak Nafsu Makan Dan Minum

Ciri-ciri kucing akan mati yang pertama dan sering terjadi adalah hilangnya nafsu untuk makan dan minum pada kucing. Namun, walaupun kucing kamu sekarang sudah mulai mengalami tidak nafsu makan, mungkin ada beberapa penyebab mengapa bisa terjadi, seperti makanan yang kamu berikan tidak disukainya, atau sedang sakit.

Jadi, kamu harus mengerti terlebih dahulu apakah kucing kamu sakit atau mau mati. Kamu bisa mengetesnya dengan cara memberikan makanan yang paling disukainya pada sebuah tempat, dan setelah ditinggal beberapa saat apakah makanan tersebut masih tersisa banyak atau dikit.

Jika makanannya masih tersisa banyak kamu harus memeriksanya apakah sedang sakit atau akan mati. Biasanya jika kucing sudah mau mati ia tidak hanya hilang nafsu makan dan minum, namun memperlihatkan ciri-ciri kucing mau mati lainnya.

2. Tidak Nyaman Ketika Beristirahat

Jika kucing kamu terlihat tidak nyaman dan sulit ketika sedang beristirahat seperti biasanya, maka itu adalah ciri-ciri bahwa kucing mau mati. Kamu bisa membantunya dengan cara memberikan tempat yang nyaman untuk beristirahat, memberikannya selimut, dan mengkondisikan ruangan menjadi lebih tenang agar kucing kamu nyaman untuk beristirahat.

Baca juga: Kucing tidak mau makan

3. Lebih Sering Tidur

Kucing yang mau mati akan cenderung lebih sering tidur lama, sehingga waktu istirahatnya lebih banyak dibanding waktu ketika bermain. Karena jika kucing kamu dalam keadaan sehat, dia akan lebih sering bergerak secara aktif, baik ketika bermain maupun aktifitas lainnya.

4. Detak Jantung Akan Melemah

Selain nafasnya yang terganggu, ciri lainnya ketika kucing mau mati adalah jantungnya akan melemah. Pada kucing normal, detak jantungnya adalah 140 hingga 220 detak setiap menitnya.

Kamu bisa mengecek detak jantung kucing milikmu dengan cara menempelkan tangan kamu di sebelah kiri badan kucing dan di sisi belakang kaki depan kucing tersebut dan mulai hitung detak jantungnya, jika perbedaan antara detak jantung kucing kamu dengan detak jantung kucing normal maka kamu harus mewaspadainya lebih lanjut.

5. Kebiasaannya Mulai Berubah

Jika kamu telah memelihara kucing dalam waktu yang lama maka kamu sudah paham sekali dengan kebiasaan atau kepribadiannya, jika tiba-tiba menjadi berubah dan terlihat aneh maka kamu harus mewaspadai dan memeriksanya. Walaupun bukan berarti kucing kamu akan mati, bisa saja hanya ciri-ciri kucing sakit saja.

6. Pengelihatannya Menjadi Terganggu

Tanda-tanda kucing akan mati selanjutnya adalah terganggunya pengelihatan kucing yang disebabkan oleh gangguan pada otak. Ketika pengelihatan kucing terganggu, dia akan menabrak setiap kali jalan dan terlihat seperti orang mabuk yang sempoyongan. Untuk mengatasi jika terjadi pada kucing kamu, maka kamu harus membantunya ketika jalan, membuatnya menjadi nyaman, dan sediakan makanan kesukaannya di dekatnya.

7. Suhu Tubuh Kucing Menurun

Kalau kucing kamu memiliki suhu tubuh dibawah suhu kucing normal yaitu 37 sampai 39 derajat celcius, maka kamu harus memeriksanya karena ciri-ciri kucing mau mati yang sering ditemukan adalah suhu tubuhnya menurun.

Kamu bisa memeriksa suhu kucing dengan cara menempelkan termometer khusus hewan pada telinganya. Selain itu bisa juga dengan cara menempelkan tangan di telapak kucing, apabila telapak kakinya dingin itu merupakan ciri bahwa jantung kucing tersebut melemah.

8. Nafasnya Menjadi Berat Dan Tidak Beraturan

Ketika kucing akan mati, nafasnya menjadi tidak beraturan dan berat karena organ-organnya sudah mulai melemah, seperti jantung dan paru-paru yang membuat oksigen yang masuk ke dalam aliran darah hanya sedikit. Ketika sedang sekarat, kucing akan kesusahan ketika mengambil nafas dan tarikannya menjadi lebih cepat untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak. Pada kucing normal ia bernafas 20 sampai 30 kali dalam semenit.

Untuk itu kamu harus memantau kucing kamu ketika bernafas dengan cara mendengarkannya ketika sedang bernafas, dan melihat badan kucing tersebut menjadi naik dan turun pada saat bernafas.

9. Badan Kucing Menjadi Bau Yang Tidak Enak

Ketika kucing ingin mati maka organ tubuhnya akan melemah sehingga dia tidak bisa mengendalikan toksin di dalam tubuhnya, sehingga akan menimbulkan berkumpulnya zat-zat beracun yang akan membuat badan kucing menjadi bau yang tidak enak. Untuk itu jaga kesehatan kucing milikmu agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

10. Lebih Sensitif Pada Lingkungan

Contoh kucing sensitif pada lingkungan adalah sensitif ketika melihat cahaya dan mendengar suara dari sekitarnya, untuk itu kamu harus membawa dia ke tempat yang tenang dan cukup cahaya agar dia merasa nyaman.

11. Kesulitan Ketika Buang Air

Ketika kucing sedang sakit atau akan mati, maka organ-organ untuk buang airnya pun ikut melemah, sehingga dia tidak bisa mengontrol organ-organ tersebut lagi. Jadi ketika itu kucing akan buang air kecil dan buang air besar sembarangan, kamu harus sabar ketika membersihkannya karena itu adalah hal yang wajar terjadi pada kucing.

12. Kesulitan Ketika Mencerna Makanan

Ketika kucing sudah semakin lemah, maka ia akan kesulitan ketika makan dan mencerna makanan tersebut. Untuk itu kamu bisa membantunya dengan cara memberinya dia makanan yang mudah dicerna seperti makanan kucing yang basah atau makanan kering yang direndam terlebih dahulu di dalam air.

13. Menjadi Lemah, Lesu, Dan Tidak Bersemangat

Ketika organ-organ pada tubuhnya mulai melemah, kucing akan merasa lemas, lesu, dan tidak bersemangat untuk melakukan aktifitas apapun. Bahkan untuk berpindah tempat saja ia tidak bisa, sehingga kamu harus membantunya dengan cara menggendongnya dan juga letakan makanannya tidak jauh dari jangkauannya.

14. Sering Bersembunyi Dan Berlindung

Ciri selanjutnya adalah kucing akan mencari tempat untuk bersembunyi ketika ajalnya sudah dekat. Biasanya dia bersembunyi di perabotan rumah dan di tempat yang sulit dijangkau oleh tuannya, jika kucing kamu lebih sering bersembunyi dengan alasan yang tidak jelas dan menampilkan ciri-ciri seperti di atas juga, maka kamu harus mewaspadainya.

15. Mengalami Kejang-Kejang

Ciri-ciri kucing mau mati yang paling sering ditemui adalah kejang-kejang. Layaknya manusia dan binatang lainnya, kucing yang mengalami kejang-kejang apalagi jika disertai dengan mulut berbusa dan mata terbalik, maka ia sudah mendekati ajalnya. Kalau kucingmu sudah seperti ini, maka sudah saatnya kamu mengikhlaskannya saja.

16. Kucing Menjadi Suka Muntah

Kucing yang mendadak muntah-muntah dengan intensitas tinggi merupakan gejala yang berbahaya. Jika kucing kamu sering muntah-muntah sambil mengeluarkan cairan warna kuning, bisa jadi ia sedang mengalami infeksi pada bagian pencernaannya atau keracunan. Apabila ciri yang satu ini muncul, segera beri penanganan supaya tidak membahayakan nyawanya.

17. Mencari Tempat Bersembunyi dan Menghindar

Pada dasarnya, kucing merupakan jenis hewan yang ketika akan mati tidak ingin meninggalkan jejak. Oleh karena itu, biasanya mereka akan cenderung bersembunyi, menghindari manusia atau bahkan kabur entah kemana di saat-saat akhir usianya.

Baca juga: Ciri-ciri kucing hamil

Tanda-Tanda Kucing Mau Mati Lainnya

  1. Tubuhnya menjadi lebih kurus,
  2. Mata kucing berubah menjadi lebih cekung,
  3. Banyaknya kotoran mata atau belek yang mengumpul,
  4. Bulunya mudah kusut dan rontok,
  5. Dan lainnya

Itu dia semua tanda-tanda dan ciri-ciri kucing mau mati, namun perlu dicatat tidak semua ciri tersebut menandakan kucing akan mati, bisa jadi kucing kamu sedang terserang penyakit tertentu sehingga cirinya mirip dengan kucing yang mau mati.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang mencari informasi di atas, semoga kamu sudah paham bagaimana mengatasi tanda-tanda tersebut jika terjadi pada kucing kamu. Sampai jumpa pada artikelnya, terima kasih telah membaca di Sudut Kebun.