Ciri-ciri kucing lagi sakit

Ciri-Ciri Kucing Sakit

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, selamat datang di Sudut Kebun. Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar kucing. Kalau kamu sedang memelihara kucing, kamu harus tahu berbagai macam masalah yang terjadi pada kucing, tidak terkecuali mengenai ciri-ciri kucing sakit.

Cara mengobati kucing sakit bisa kamu lakukan sendiri dan ada juga yang membutuhkan dokter hewan tergantung jenis penyakitnya. Ada banyak penyakit yang dapat menyerang kucing, seperti sakit panas, flu, diare, sakit perut, sakit telinga, sakit tenggorokan, sakit gigi, dan penyakit lainnya.

Ciri-Ciri Kucing Lagi Sakit

Ciri ciri kucing sakit dan cara mengobatinya

Ada beberapa persamaan antara ciri-ciri kucing sakit dengan ciri-ciri kucing mau mati, karena tidak semua kucing sakit akan berakhir dengan kematian. Sebagai orang yang memelihara kucing, kamu harus mengetahui tanda-tanda kucing sakit dan cara mengobatinya, karena tidak semua penyakit yang menyerang kucing harus membutuhkan dokter hewan, dan sayang juga uang yang dikeluarkan ketika pergi ke dokter hewan. Nah, berikut ini adalah ciri dan tanda-tanda kucing sakit.

1. Suhu Kucing Naik Drastis

Ciri-ciri kucing sakit yang paling sering terjadi adalah suhu kucing menjadi naik secara drastis. Ciri ini terjadi apabila kucing kamu akan mengalami demam. Untuk itu kamu bisa memeriksa kucingmu ketika lagi sakit dengan cara menempelkan tangan kamu ke badan kucing tersebut, agar kamu tahu jenis penyakit apa yang sedang menyerang kucing milikmu.

2. Nafsu Makan Berkurang Drastis

Tanda selanjutnya ketika kucing sedang sakit adalah pola dan nafsu makannya menjadi berkurang. Ketika sedang sehat, kucing selalu makan dengan lahap namun ketika sedang sakit dia akan susah untuk diberi makan karena selalu tidak dihabiskan walaupun yang kamu berikan adalah makanan kesukaannya. Biasanya ini terjadi ketika kucing kamu sakit demam.

3. Lebih Sering Tidur

Kucing cenderung malas bermain, makan, dan aktifitas lainnya karena kucing sedang lemas dan lesu sehingga kucing lebih sering tidur dan bermalas-malasan. Kamu harus memperhatikan kucing kamu dari sekarang, kalau kucingmu biasanya senang bermain dan sangat aktif, tiba-tiba menjadi lebih sering tidur dan bermalas-malasan secara tiba-tiba maka itu adalah tanda kucing kamu sedang sakit.

4. Kucing Menjadi Lemas dan Lesu

Tanda kedua juga sering terlihat apabila kucing sedang sakit, kamu harus sering memperhatikan bagaimana aktifitas kucing milikmu, memang terkadang kucing senang bermain dan kadang juga senang bermalas-malasan, namun kamu harus dapat membedakan ketika kucing kamu lemas dan lesu secara berlebihan.

Baca juga: Ciri-ciri kucing hamil

5. Berat Badan Turun Drastis

Saat kucing sakit, maka dia akan lemas dan lesu, sering bermalas-malasan, sering tidur, nafsu makan berkurang sehingga berat badannya akan berkurang.

6. Mata dan Hidung Sering Berair

Ketika sakit demam, mata dan hidung kucing akan mengeluarkan kotoran dan berair. Bukan hanya mata dan hidung, telinganya pun akan mengeluarkan kotoran yang membuat telinganya menjadi bau.

7. Mengalami Diare atau Mencret Ketika Buang Air

Penyebab dari kucing diare dan mencret ketika buang air besar adalah makanan yang dikonsumsinya. Untuk itu kamu jangan terlalu sering mengganti-ganti makanan kucing milikmu. Jika kucing mengalami diare dan mencret dengan jangka waktu yang lama dan disertai dengan kotorannya berdarah serta muntah-muntah maka harus kamu tanyakan kepada ahli atau dokter hewan terdekat.

8. Minum Lebih Banyak Air

Ketika kucing sedang sakit tenggorokannya menjadi tidak enak sehingga mengurangi rasa nyamannya, untuk itu dia meminum lebih banyak air karena untuk menghindari dehidrasi dan untuk mengembalikan suhu tubuhnya. Ketika kucing sedang membutuhkan banyak air, dia cenderung mencari air hingga ke seluruh sudut tempat.

9. Sering Muntah

Ciri kucing yang sedang sakit selanjutnya adalah kucing tiba-tiba mengalami muntah-muntah. Muntah tersebut menandakan bahwa ada hal yang tidak beres pada perut kucing dan menandakan kucing sedang sakit demam. Kamu harus mewaspadai apabila muntahnya mengeluarkan darah.

10. Telinga Kucing Menjadi Panas

Sudah disinggung sebelumnya bahwa jika kucing sedang sakit, maka telinganya akan mengeluarkan kotoran yang menyebabkan bau. Namun bukan hanya mengeluarkan kotoran dan bau, namun telinga kucing akan menjadi panas, jika kucing kamu mengalami tanda-tanda tersebut dalam jangka waktu yang panjang maka kamu harus waspada kucing kamu sakit.

11. Tiba-Tiba Galak dan Sensitif

Saat kucing sedang sakit, biasanya selain menjadi lebih pendiam dan lemas, ia juga akan lebih sensitif atau bahkan jadi kucing galak. Hal tersebut disebabkan karena ada hal yang tidak enak dirasakannya pada tubuhnya. Sehingga ia menjadi tidak nyaman dan terkadang tidak mau didekati siapapun, termasuk pemiliknya.

12. Sering Muntah-Muntah

Biasanya, selain demam disertai diare, kucing juga akan muntah-muntah secara tiba-tiba ketika lagi sakit. Ini berkaitan sekali dengan ciri-ciri nafsu makannya yang berkurang dan bentuk kotorannya yang berubah. Bisa saja walaupun tidak diare, kucing kamu jadi muntah-muntah karena sakit. Hal tersebut mungkin disebabkan karena perutnya tidak dapat menerima dan mencerna makanannya.

Baca juga: Penyebab dan cara mengobati kucing muntah

13. Mulutnya Bau

Kalau kucing kamu mengerluakan bau yang tidak sedap dari mulutnya, bisa jadi ia sedang sakit. Bau tidak wajar pada mulut kucing merupakan salah satu penyebab kucing sakit tenggorokan atau panas dalam. Ciri-ciri ini tidak jauh berbeda dengan bau mulut yang biasa terjadi pada manusia juga, karena panas dalam atau sakit tenggorokan.

14. Tidak Lincah Seperti Biasanya

Ciri-ciri kucing sakit yang satu ini biasanya akan langsung terlihat dan mudah diketahui. Apabila kucing kamu mendadak jadi lebih pendiam, lesu dan tidak bersemangat, ia sedang merasa tidak enak badan atau bahkan sakit. Karena sakit juga bisa benar-benar membuat kucing yang dari tadinya sangat lincah jadi mendadak pendiam dan galau.

15. Terjadi Perubahan Berat Badan Secara Drastis

Dan tanda-tanda kucing sakit yang terakhir adalah berat badannya menurun secara drastis. Perubahan berat badan secara drastis pada kucing merupakan salah satu tanda kucing sedang menderita penyakit gangguan pencernaan atau diare.

Tanda-Tanda Kucing Sakit Lainnya:

  1. Sering menyendiri,
  2. Sering menggelengkan kepala,
  3. Kotorannya terdapat darah dan berlendir,
  4. Menjadi sangat sensitif,
  5. Terjadi pembengkakan di tubuh kucing,
  6. Mata, hidung, dan telinga mengeluarkan sebuah cairan yang aneh,
  7. Nafsu makan menjadi meningkat secara tiba-tiba secara tidak wajar,
  8. Kucing susah berdiri dan berjalan.
  9. Rambut rontok berlebihan
  10. Mengalami perubahan bentuk tubuh

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri ketika kucing sakit, maka sekarang kamu harus mempelajari cara mengobati ketika kucing sedang sakit, berikut penjelasannya.

Baca juga: Ciri ciri kucing cacingan

Cara Mengobati Kucing Sakit

Cara mengobati kucing sakit

Secara singkat ada berbagai macam cara untuk mengobati kucing yang sedang sakit yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, seperti berikut:

  1. Memberi air minum bersih,
  2. Memberi multivitamin,
  3. Ajak kucing bermain,
  4. Ganti tempat tidur menjadi lebih nyaman,
  5. Memberi susu kucing,
  6. Memberi makanan kering,
  7. Memberi obat cacingan,
  8. Memberi air minum kelapa muda,
  9. Bersihkan kandang kucing,
  10. Dan lainnya.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai tanda dan ciri-ciri kucing sakit. Mulai sekarang jaga lah kucingmu dari berbagai macam penyakit dengan melakukan cara-cara dan memperhatikan ciri-ciri di atas. Karena jika kucing yang sedang sakit terlalu lama dibiarkan, bisa menjadi kematian.

Kita sudah sampai di penghujung artikel, terima kasih telah mengunjungi Sudut Kebun semoga bermanfaat untuk kamu, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.