Ciri-ciri kucing hamil

Ciri-Ciri Kucing Hamil

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, ciri-ciri kucing lagi hamil – Kucing adalah hewan yang sangat banyak orang di dunia ini memeliharanya. Tingkah yang lucu dan menggemaskan adalah salah satu alasan kenapa orang memeliharanya. Ada sangat banyak sekali jenis-jenis kucing yang ada di dunia ini, beberapa diantaranya yang cukup banyak dipelihara di rumah adalah jenis anggora dan persia.

Banyak sekali fakta-fakta unik yang terdapat pada perilaku kucing. Beberapa diantaranya adalah ketika kucing berkenalan dengan kucing yang lain, kucing akan saling menempelkan hidungnya. Kucing memiliki struktur tulang kaki yang sangat unik, dia bisa mendarat dengan aman tanpa terluka dari tempat yang cukup tinggi.

Tanda dan Ciri Kucing Sedang Hamil

Ciri ciri kucing hamil muda atau palsu

Dan fakta unik yang akan kita bahas adalah ciri-ciri kucing hamil muda. Kucing memiliki ciri-ciri yang khas saat hamil dan informasi ini tentu sangat wajib diketahui bagi kamu yang memang memelihara seekor kucing di rumah.

Mengetahui tanda dan ciri-ciri kucing yang sedang hamil akan sangat berguna bagi kamu supaya bisa mengambil tindakan tepat. Berikut ciri ciri kucing hamil yang Sudut Kebun rangkum dari berbagai sumber.

1. Lebih Manja Dari Biasanya

Jika kamu memelihara seekor kucing dan merasakan ada perubahan perilaku dari kucing peliharaan kamu, seperti sering mendekat mengelilingi kamu dan sangat nyaman ketika dielus-elus. Maka ada dua kemungkinan, pertama itu memang sudah menjadi tabiat kucing kamu, atau kucing kamu sedang hamil. Beberapa studi menunjukkan salah satu indikasi kucing hamil adalah perubahan perilaku yang lebih manja dari biasanya.

Kucing yang sedang hamil biasanya lebih rentan terkena stres. Untuk mengatasinya, ia akan bertingkah menjadi lebih manja. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan tolak kucing peliharaanmu kalau dia tiba-tiba manja dan ingin bermain bersama. Karena siapa yang tau, kalau dia sedang mengandung dan membutuhkan lebih banyak kasih sayang.

Baca juga: Kucing tidak mau makan

2. Nafsu Makan Meningkat

Ini adalah tanda-tanda kucing hamil yang mungkin mudah untuk dideteksi. Layaknya manusia yang sedang hamil dimana kebutuhan zat gizi meningkat dikarenakan adanya calon bayi yang juga akan tumbuh, kucing juga demikian.

Seekor kucing yang sedang hamil akan melahap makanan lebih cepat dari biasanya, hal ini menandakan nafsu makannya sedang tinggi. Apalagi biasanya seekor kucing bisa melahirkan anak kucing lebih dari satu bahkan ada yang sampai 7 ekor sekali melahirkan. Sehingga sangat wajar kebutuhan zat gizinya juga akan meningkat tajam.

Kalau kamu tidak bisa memperhatikan seberapa cepat kucing kamu makan, maka kamu bisa mengenalinya dari seberapa sering ia minta makan. Semakin sering kucing minta makan, berarti nafsu makannya sedang meningkat yang menjadi salah satu tanda kalau ia sedang hamil. Kamu juga harus tahu apa saja ciri kucing mau melahirkan.

3. Perut Mulai Membesar

Jika kucing kamu sudah mengalami beberapa indikasi di atas, dan terbukti beberapa waktu ada perubahan pada perutnya. Yakni tampak semakin membesar, maka siap-siap saja kucing kamu akan segera melahirkan. Beberapa sumber mengatakan bahwa usia kehamilan kucing adalah dalam rentang 2-2,5 bulan.

Tapi, perut besar kucing karena sedang hamil itu berbeda dengan perut kucing yang membesar karena nafsu makannya meningkat ya. Membesarnya perut kucing yang sedang hamil berbanding lurus dengan waktu. Artinya, semakin lama perutnya akan semakin besar sampai ia melahirkan dan tidak malah kembali mengecil sebelum anaknya lahir.

4. Menjadi Lebih Lembut Dari Biasanya

Tidak hanya menjadi lebih manja dengan selalu mendekat kepada pemiliknya, kucing bisa berubah perilaku menjadi lebih lembut ketika hamil. Terutama di masa-masa usia kehamilan yang tua. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh sifat alami keibuan yang tiba-tiba muncul karena ia akan segera memiliki anak.

5. Menjadi Lebih Pendiam

Jika tidak sedang bertemu dengan kucing yang lain, biasanya kucing yang sedang hamil akan tampak tidak bergairah atau menjadi pendiam dari biasanya. Jika kucing peliharaan kamu seperti itu, maka ini tanda-tanda kucing hamil.

6. Lebih Suka Tidur

Ketika perubahan fisiknya semakin tampak, maka kucing akan butuh lebih banyak istirahat. Hal ini menjadikan si kucing kesayangan terlihat malas atau tidur. Tempat dia tidur biasanya akan menjadi tempat dimana dia melahirkan.

7. Bulu Mengalami Kerontokan

Fenomena ini umum terjadi pada kucing yang sedang hamil dan kamu tidak perlu khawatir karena hanya berlangsung antara 1 – 2 minggu saja. Kerontokan bulu-bulu kucing ini disebabkan oleh perubahan hormon saat kucing hamil. Kucing-kucing yang hamil biasanya memiliki bulu-bulu yang gampang rontok.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi bulu kucing rontok

8. Puting Membesar

Selain warna puting yang tampak merah muda, secara ukuran juga akan lebih besar dari biasanya. Hal ini dikarenakan perubahan hormon sebagai reaksi atas hadirnya janin bayi kucing yang ada dalam perutnya.

9. Berhentinya Siklus Birahi

Pernah dengar kucing mengeong-ngeong secara terus menerus? Dan terkadang bikin sakit telinga. Ini biasanya adalah tanda-tanda si kucing dalam masa kawin dan siklus birahi ini terjadi 1-1,2 bulan sekali. Masa kawin ini terjadi kurang lebih selama seminggu. Sehingga jika tiba-tiba perilaku mengeong di masa kawin tidak tampak lagi, maka bisa ada kemungkinan si kucing baru-baru ini hamil.

10. Keluarnya Air Susu

Jika kamu perhatikan, seiring dengan perubahan warna dan ukuran puting si kucing, maka indikasi yang menguatkan lainnya yang muncul adalah keluarnya air susu. Jika situasi ini terjadi, maka tidak lama lagi atau sekitar 2 mingguan si kucing akan melahirkan.

11. Sensitif Melihat Kucing Lain

Mungkin ini dikarenakan naluri melindungi anak-anaknya nanti yang sudah mulai muncul. Sehingga kucing akan lebih waspada terhadap kehadiran kucing-kucing lain. Ciri-ciri ini berkaitan dengan ciri-ciri kucing menjadi lebih pendiam. Jadi, kalau kucing menjadi lebih suka sendiri, jarang bermain dengan kucing lain, dan menjadi sensitif ketika didekati, kemungkinan besar ia sedang hamil atau memiliki penyakit.

12. Sering Muntah

Perilaku ini juga menjadi ciri-ciri kucing hamil muda. Namun tidak semua kucing yang muntah tandanya sedang hamil, karena bisa juga dikarenakan si kucing dalam kondisi sakit. Untuk membedakannya biasanya jika sedang hamil, intensitasnya hanya sesekali namun berlangsung lama. Berbeda dengan muntah-muntah karena penyakit yang intensitasnya lebih sering namun tidak berkepanjangan.

Baca juga: Penyebab kucing muntah

13. Bulu Kucing Menjadi Tipis

Jika kamu merasakan ketika membelai kucing kesayangan bulu-bulunya lebih tipis dari biasanya, maka bisa jadi itu adalah pertanda kucing kamu sedang hamil. Perubahan hormon menjadikan bulu-bulu kucing mulai sensitif sehingga menjadi lebih tipis. Dan dalam usia kehamilan yang semakin tua, biasanya bulu-bulu tersebut akan mudah rontok.

14. Perubahan Warna Pada Puting

Ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan berikutnya adalah terjadi perubahan warna pada puting kucing, yakni tampak lebih kemerahan. Jika kucing kamu terdapat tanda-tanda seperti ini, maka kamu harus bersiap-siap karena 2-3 minggu lagi si kucing akan melahirkan.

15. Mengeong Terus Menerus

Ketika kita mendengar suara kucing yang terus menerus mengeong, kita pasti akan berfikir kucing pasti kelaparan. Padahal banyak hal yang melatarbelakangi si kucing terus menerus mengeong. Selain karena lapar, kucing mengeong bisa karena mendekati saat-saat melahirkan. Sebagai penanda kepada kucing-kucing yang lain atau bisa jadi si kucing mulai kesakitan menjelang melahirkan.

16. Punggung Makin Melengkung

Makin besarnya perut kucing membuat beban yang dibawa si kucing makin berat. Hal ini menjadikan tubuh kucing akan bereaksi sebagai langkah antisipasi beban berat yang dibawa. Salah satu reaksinya adalah semakin melengkungnya punggung kucing. Dengan makin melengkungnya punggung kucing, maka ia bisa menjaga geraknya ketika beban yang dibawa makin berat.

Kamu bisa menghubungkan tanda yang satu ini dengan tanda-tanda perut kucing yang semakin membesar. Karena keduanya saling berkorelasi dan berkaitan.

17. Terlihat Sering Berpindah Lokasi

Ciri-ciri kucing hamil selanjutnya adalah sering berpindah tempat istirahat. Ini merupakan pertanda bahwa ia sedang hamil dan sedang berproses mencari tempat yang aman untuk melahirkan nanti. Si kucing akan melakukan survey ke beberapa tempat untuk memastikan bahwa tempat tersebut sangat aman dan nyaman untuk anak-anaknya nanti.

Baca juga: Ciri-ciri kucing cacingan

18. Sering Tidak Terlihat

Ini bukan berarti si kucing tiba-tiba hilang atau pergi dari rumah ya. Di masa-masa menjelang kelahiran, kucing memang akan sibuk mencari tempat untuk melahirkan yang aman dan nyaman. Ia akan berusaha menghindari keramaian atau hal-hal yang berpotensi mengganggu proses kehamilannya.

Ciri-ciri tempatnya biasanya yang sunyi dan hangat. Bahkan kita pernah melihat anak kucing lahir di atas kain yang biasanya dibawa sendiri oleh induknya.

Namun, tempat yang akan dipilih olehnya biasanya merupakan tempat di mana ia sering tidur. Ini lagi-lagi berkaitan dengan ciri-ciri lainnya, yaitu kucing menjadi lebih sering tidur. Karena, tempat peristirahatannya sudah terbukti aman dan nyaman bagi dirinya sendiri.

Secara garis besar, ciri-ciri kucing hamil yang paling utama adalah membesarnya perut, lebih sering tidur, nafsu makan yang meningkat dan cenderung menghindari keramaian atau hewan lain.

Jika kucing kesayangan kamu mengalami beberapa tanda-tanda kucing hamil di atas, maka segeralah ke dokter hewan. Sehingga kamu bisa mendapatkan kepastian dan juga tips agar proses kehamilan sampai melahirkannya berjalan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi Sudut Kebun.