Penyebab dan cara mengobati kucing muntah
Sumber: https://themeowthing.com/

Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengobatinya

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Penyebab kucing muntah – Pernahkah kalian jumpai kucing peiharaan muntah-muntah? Kebanyakan pecinta kucing pasti pernah mejumpai kejadian seperti itu. Karena kucing muntah-muntah adalah kasus yang umum terjadi pada seekor kucing.

Intensitas kucing muntah yang normal adalah sekitar 4-5 kali dalam sebulan. Dan penyebabnya adalah hal-hal yang normal saja. Namun jika intensitasnya diatas itu, maka penyebabnya bisa bakteri atau virus yang menyebabkan kucing mengalami sakit.

Ada beberapa tipe muntah pada kucing, pertama muntah biasa. Terus ada juga kucing muntah yang disertai dengan mencret. Ada yang muntah disertai cairan berwarna kuning dan terakhir muntah yang disertai keluarnya cacing. Dengan banyaknya jenis muntah pada kucing, maka tentu banyak sekali penyebab-penyebabnya.

Penyebab Kucing Muntah

Jika kucing kesayangan kamu mengalami muntah-muntah, sikap petama yang perlu kamu lakukan adalah jangan panik. Kepanikan seringkali menjadikan kita salah dalam mengambil langkah, bisa-bisa kucing kita semakin parah masalahnya. Kamu tenang saja, karena dalam kesempatan ini Sudut Hewan akan ulas tuntas mengenai penyebab kucing muntah dan tentu saja bagaimana cara mengobati kucing muntah.

Berbagai penyebab kucing muntah-muntah:

1. Bulu Yang Tertelan

Kalian pasti paham salah satu kebiasaan umum yang dilakukan kucing adalah menjilati sekujur badannya. Kebiasaan ini dilakukan agar tubuh kucing bersih dari parasit atau kotoran yang ada di bulu-bulunya. Namun saat melakukan kegiatan ini, tidak sedikit bulu-bulu kucing yang rontok ikut terjilat dan masuk ke mulutnya.

Jika yang masuk sudah mencapai volume tertentu yang akhirnya mempersempit ruang untuk makanan pada lambung, maka hal yang biasa terjadi adalah kucing memuntahkan makanannya.

2. Kekenyangan

Penyebab kucing muntah-muntah berikutnya adalah karena kekenyangan makan. Sama halnya manusia jika sudah kenyang, maka ada timbul rasa mual dan beberapa orang akan muntah. Kucingpun demikian, jika kekenyangan akan muntah juga dan kamu tidak perlu khawatir jika penyebabnya demikian.

3. Alergi Makanan

Sensitifitas terhadap jenis makanan tertentu juga bisa menyebabkan kucing muntah. Kamu perlu mencermati menu makanan yang diberikan pada si hewan imut ini. Cara mudah untuk mendeteksi menu makanan mana yang menyebabkan si kucing alergi dan muntah adalah dengan mencoba satu persatu menu makanan tersebut.

4. Sedang Hamil

Ketika kucing hamil, maka hormon esterogen akan mengalami peningkatan. Meningkatnya hormon ini bisa menyebabkan tingginya asam lambung. Hal inilah yang menjadikan kucing cenderung mengalami mual dan kemudian sering muntah-muntah.

5. Keracunan Makanan

Penyebab kucing muntah yang bisa mengancam jiwanya adalah keracunan. Salah satunya adalah keracunan makanan. Jika kita lupa memberikan makanan kepada si kucing dan ia sangat lapar. Maka bisa dipastikan ia akan mencari makan sendiri dan tempat sampah adalah tempat favorit.

Makanan yang basi atau sudah terkontaminasi dengan zat tertentu bisa menyebabkan kucing keracunan. Segera bawa ke dokter hewan jika kamu meyakini penyebab kucing kamu muntah adalah keracunan.

6. Keracunan Minuman

Yang paling umum dalam kasus ini adalah kucing meminum air bekas cucian baju atau piring. Karena secara tempat airnya sangat mudah dijangkau si kucing baik di rumah maupun diluar rumah. Ini bisa terjadi ketika kita kelupaan memberikan air minum pada si kucing.

7. Parasit

Muntahan kucing tidak hanya berupa makanan baru saja dimakan, namun juga bisa berupa atau berisi cacing. Salah satu penyebab kucing muntah cacing adalah adanya parasit di dalam sistem pencernaannya khususnya lambung. Parasit ini bisa berupa telur cacing yang secara tidak sengaja ikut termakanan atau terminum si kucing. Jika parasit sudah mencapai usus biasanya juga menjadi penyebab kucing muntah dan mencret.

Untuk itu kamu harus mempelajari juga mengenai ciri-ciri dan cara mengobati kucing cacingan.

8. Memakan Kertas

Terkadang kucing yang sedang lapar akan memakan apapun yang ada disekitarnya, termasuk kertas yang berserakan. Karena kertas bukanlah makanan, tentu akan menimbulkan masalah di lambung. Mual dan muntah adalah reaksi umum jika kucing memakan sesuatu yang bukan makanan.

9. Memakan Plastik

Sama halnya dengan kertas, plastik pun bisa saja termakan oleh kucing kita. Biasanya berupa mainan-mainan kecil yang berbahan utama plastik. Benda-benda ini akan sulit untuk ditelan oleh kucing sehingga kucing secara spontan akan memuntahkannya. Jika kita memberikan makanan tepat waktu, hal seperti ini tidak akan pernah terjadi.

10. Virus Panleukopenia

Jika kucing kamu muntah yang disertai dengan cairan berwarna kuning, maka jangan anggap remeh. Infeksi virus adalah salah satu peyebab kucing muntah kuning. Penanganan segera ke dokter hewan sangat kami anjurkan. Karena membutuhkan analisa mendalam tentang virus yang menjadi penyebabnya dan obat yang tepat untuk mengatasinya.

11. Penyakit Hati

Muntah cairan berwarna kuning juga bisa disebabkan oleh masalah pada organ hati si kucing. Jika kamu melihat kucing kesayangan mengalami hal ini, jangan panik dan bawa kucing ke klinik hewan. Untuk penyakit hati, biasanya perlu beberapa tahapan pemeriksaan. Pastikan si kucing tidak mengalami stress dengan cara beri perhatian lebih ke kucing seperti sering diusap bulu-bulunya.

12. Luka Pada Usus

Penyebab yang satu ini menimbulkan muntahan yang berbeda dibandingkan dengan penyebab-penyebab di atas. Yakni muntahan yang berwarna merah atau kecoklatan. Hal ini dikarenakan adanya unsur darah yang ikut dimuntahkan oleh si kucing. Infeksi bakteri yang akut menyebabkan rusaknya sistem pencernaan dan pada skala tertentu bisa melukai usus si kucing.

13. Radang Pankreas

Kasus seperti sangat jarang terjadi, pankreas yang mengalami sakit bisa menyebabkan kucing muntah berupa cairan berwarna hijau tua.

14. Pengaruh Obat

Jika kucing kalian sakit, salah satu solusinya adalah pemberian obat. Namun tidak semua kucing memberikan respon yang positif terhadap senyawa obat yang masuk. Dalam sedikit kasus akan dijumpai respon penolakan dengan memuntahkan senyawa obat oleh si kucing.

15. Keracunan Obat Semprot Nyamuk

Jika kita menggunakan obat nyamuk dan kita memelihara kucing, alangkah baiknya kita lebih ekstra waspada. Karena gas yang disemprotkan bisa terhirup oleh kucing kita dan menyebabkan reaksi muntah. Jadi perhatikan jika kita sedang menggunakan obat nyamuk tipe spray. Kalau tipe bakar, kucing cenderung tidak akan memakannya karena secara aroma, kucing bisa mengidentifikasi kalau benda itu bukanlah makanan.

16. Keturunan

Beberapa studi menunjukkan faktor genetik juga bisa menjadi penyebab kucing muntah-muntah. Namun tetap ada stimulus seperti alergi makanan tertentu atau perubahan-perubahan suhu lingkungan.

17. Terkena Pukulan Benda Tumpul

Pusing pada kepala bisa menjadikan kucing muntah-muntah. Penyebabnya adalah terkena pukulan benda tumpul. Pernah kita menjumpai selepas kucing kepalanya tepukul oleh sandal, beberapa saat kemudian jalannya mulai gontai atau kehilangan keseimbangan dan akhirnya bereaksi muntah.

18. Kualitas Makanan

Saat ini sudah banyak sekali produk-produk makanan untuk si kucing, namun kamu perlu memperhatikan komposisi gizi di dalamnya. Kualitas gizi yang buruk bisa menjadi pemicu si kucing muntah.

Cara Mengobati Kucing Muntah

Lalu bagaimana cara mengobati kucing muntah? Prinsipnya anda jangan panik, tetap berikan makanan dan minuman yang sehat. Istirahatkan terlebih dahulu kucing, beri dia pijatan-pijatan untuk memberikan sensasi nyaman. Konsultasikan ke dokter hewan untuk diberikan penanganan yang tepat.

Itu dia artikel lengkap mengenai penyebab dan cara mengobati kucing muntah, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel Sudut Hewan selanjutnya.