Cara menggemukkan kucing

Cara Menggemukkan Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara menggemukkan kucing – Kucing yang sehat dan tampak gemuk adalah impian semua cat lovers. Hampir semua orang yang suka dengan kucing sangat suka dengan kucing yang kelihatan gemuk dikarenakan menggemaskan dan lucu.

Kucing yang gemuk dan sehat bisa kamu ikutkan berbagai kontes kucing. Selain ada potensi juara, bertemu dengan kucing-kucing lain juga akan membuat kucing kesayangan kamu ceria dan tidak gampang stress.

Cara Menggemukkan Kucing Secara Alami

Namun bagaimana jika kucing kalian sulit untuk gemuk atau telihat kurus? Tenang, pada artikel ini akan Suduthewan jelaskan bagaimana cara menggemukkan kucing secara alami yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1. Tingkatkan Nafsu Makan

Permasalahan paling mendasar kucing kita terlihat kurus adalah keengganan ia untuk makan dengan lahap. Hal ini disebabkan oleh rendahnya nafsu makan si kucing. Ketika nafsu makan menurun, otomatis asupan zat gizi yang masuk ke tubuh kucing juga akan menurun dan berdampak pada berat badannya.

Sehingga cara menggemukkan kembali si kucing adalah dengan meningkatkan nafsu makannya. Salah satu caranya adalah memberikan makanan khusus yang mengandung bahan penambah nafsu makan.

Baca juga: Penyebab kucing tidak mau makan

2. Makanan Tinggi Protein

Dengan kandungan protein yang tinggi pada menu makanan yang kita berikan kepada kucing, maka otomatis massa tubuh kucing akan bertambah dengan cepat. Saat ini sudah banyak sekali tersedia berbagai menu makanan instan buat si kucing yang dijual di pasaran. Kamu tinggal mencermati mana yang mengandung banyak protein.

3. Berikan Vitamin

Vitamin merupakan zat gizi penting yang dibutuhkan oleh kucing. Berikan asupan vitamin yang tepat agar si kucing dapat tumbuh dengan sehat. Salah satu produk yang cocok untuk menggemukkan kucing adalah minyak ikan. Kandungan minyak ikan sangat baik untuk menambah nafsu makannya.

4. Rutin Vaksin

Kok bisa vaksin dapat menggemukkan badan kucing? Salah satu yang menjadikan kucing kurus adalah terkena serangan penyakit. Vaksin adalah cara untuk mencegah datangnya penyakit tersebut, sehingga logis jika vaksin bisa dijadikan cara membuat kucing gemuk.

5. Perbanyak Konsumsi Ikan Dan Daging

Ayam atau daging rebus bisa menjadi alternatif menu makanan yang baik untuk menggemukkan si kucing kesayangan. Kandungan protein dan zat gizi tinggi pada menu tersebut menjadikan berat kucing makin bertambah.

Tapi ingat, jangan memberikan dry food yang mengandung pewarna dikarenakan sangat berdampak buruk bagi ginjal si kucing. Dry food pun boleh diberikan hanya sebagai camilan dan pilihlah yang megandung banyak sekali proteinnya.

6. Cegah Stress

Ternyata kucing yang stress bisa membuat nafsu makan berkurang. Jarangnya perhatian seperti diajak main, jalan-jalan atau dielus-elus oleh pemiliknya, bisa membuat kucing malas untuk makan. Alhasil, kucing akan makin kurus. Sehingga cara menggemukkannya kembali adalah dengan memberikan perhatian agar kucing tidak stress dan nafsu makannya dapat kembali normal.

7. Sejukkan Tempat Tinggal Kucing

Kamu pasti pernah merasakan ketika hidup atau mungkin sedang berlibur di tempat yang sejuk dan dingin, nafsu makan kamu tiba-tiba meningkat. Hal ini dikarenakan cuaca yang dingin membuat kita malas bergerak dan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan sambil malas-malasan adalah makan.

Sama halnya dengan kucing kesayangan kita, jika dia berada di lingkungan yang sejuk, nafsu makannya pun akan meningkat. Dalam beberapa minggu kedepan, kamu bisa melihat perkembangan berat badannya yang signifikan naik.

8. Penuhi Kebutuhan Air Higienis

Jika kucing kita meminum air dari tempat-tempat kotor yang penuh kuman dan bakteri, maka bisa dipastikan kucing kita akan terkena penyakit. Hal ini akan menyebabkan nafsu makannya menurun. Sehigga untuk mencegah kucing kita kurus, maka pastikan berikan air bersih nan higienis ke kucing kesayangan kita. Sehingga berat badan si kucing akan terjaga tetap gemuk.

Baca juga: Penyebab kucing muntah

9. Berikan Susu Penggemuk

Salah satu cara menggemukkan kucing yang alami dan instan adalah dengan memberikannya susu khsusus menggemukkan kucing. Berikan dua kali sehari atau lebih ke kucing setelah makan.

10. Mengatur Pola Makan

Cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi anak kecil yang berat badannya dibawah standar. Bisa juga diterapkan pada kucing yang mengalami masalah yang sama.

Cara kerjanya adalah dengan disiplin waktu makan dan porsi, maka kucing akan tahu bahwa itu adalah waktunya makan. Dengan demikian berat badan yang ditarget akan mudah sekali dicapai.

11. Letakkan Makanan Di Tengah Tempat Makan

Kebiasaan unik hewan imut ini saat makan adalah seringkali mengabaikan makanan yang di pinggir piring. Kucing biasanya langsung melahap makanan tepat di tengah tempat makannya. Sehingga trik kecil ini memungkinkan membuat makanan bisa termakan semua oleh si kucing.

12. Perhatikan Komposisi Nutrisi Makanan

Setidaknya ada 3 unsur yang harus ada di menu makanan kucing. Pertama adalah protein sebagaimana dijelaskan di atas, kedua adalah kaya serat. Serat yang tinggi sangat dibutuhkan agar kesehatan pencernaan kucing sehat.

Sehatnya sistem pencernaan bisa memaksimalkan penyerapan zat gizi makanan dan berdampak pada berat badan kucing nantinya. Dan unsur yang ketiga adalah aroma yang memikat kucing. Kamu tahu sendiri, jika makanan mengandung aroma yang tidak disukai tentu akan menurunkan nafsu makan kucing.

13. Berikan Kuning Telur Ayam Kampung

Cara menggemukkan kucing yang berikutnya adalah dengan kuning telur. Sudah banyak yang tahu jika di dalam kuning telur ada banyak zat protein dan lemak. Kedua zat gizi ini sangat penting dalam pembentukan sel dan meningkatkan berat badan. Ingat, kuningnya saja ya jangan sertakan putih telur.

Bisa disajikan dengan cara dicampur wet food atau makanan basah kucing. Pilihlah telur ayam kampung karena kandungan proteinnya lebih besar daripada ayam lainnya.

14. Berikan Istirahat Yang Cukup

Kebanyakan bermain justru akan membakar banyak kalori pada tubuh kucing, akhirnya kucing tidak bisa gemuk. Namun bermain memang menjadi kebiasaan bagi kucing, maka perlu trik agar kucing bisa mengurangi waktu bermainnya. Siapkan tempat tidur senyaman mungkin dan atur suhu ruangan buat kucing agar dingin.

Maka bisa dipastikan si kucing akan lebih senang bermalas-malasan daripada bermain. Jika berat tubuh yang diinginkan sudah tercapai, maka atur kembali pola hidupnya agar bisa terjaga berat badannya.

15. Diet Tinggi Kalori

Untuk meningkatkan berat badan kucing, selain memperhatikan asupan protein dan lemak pada menu makanan kucing. Kamu juga bisa fokus pada kadar kalori yang terdapat pada menu makanan. Bandingkan kadar kalori pada masing-masing menu makanan sejenis, pilih yang paling tinggi.

Dengan demikian, si kucing akan mendapatkan asupan kalori yang tinggi. Tingginya kalori dalam tubuh jika tidak digunakan akan disimpan dalam bentuk lemak. Sehingga berat badan kucing kamu akan cepat meningkat jika tumpukan lemak ini semakin banyak.

16. Pilihlah Menu Makanan Yang Tepat

Cara menggemukkan kucing yang terakhir adalah dengan memperhatikan menu makanan yang diberikan kepada si kucing. Terkadang kucing tidak mau makan bukan karena sakit, tetapi karena menu makanan yang diberikan membuat kucing tidak selera.

Baca juga: Cara mengatasi kucing cacingan

Artinya kucing tidak suka makanan tersebut. Atau bisa juga disebabkan menu makanan terlalu monoton sehingga kucing bosan memakannya. Jika ini kamu biarkan, maka dapat dipastikan berat badan kucing akan turun secara perlahan. Sehingga berikan menu makanan yang variatif agar kucing kembali makan dengan lahap.

Itu dia berbagai macam cara untuk membuat kucing gemuk secara alami dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi Sudut Hewan.