Ciri-ciri kucing mau melahirkan
Sumber: https://www.thedodo.com/

Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ciri-ciri kucing mau melahirkan – Di dunia para pecinta kucing, mendapati kucing peliharaan melahirkan beberapa anak kucing adalah peristiwa yang sangat membahagiakan. Bisa dibayangkan betapa lucunya tingkah pola anak-anak kucing yang bergguling, memanjat, bermain kejar-kejaran di ruang tamu kita.

Namun banyak pecinta hewan menggemaskan ini tidak memiliki wawasan terkait kehamilan dan kelahiran kucing kesayangannya. Padahal wawasan ini sangat penting agar kita bisa merawat atau memastikan bahwa si kucing tidak mengalami masalah saat kehamilan.

Yang sering terjadi adalah kita hanya mengetahui saja bahwa si kucing sedang hamil dan tiba-tiba tidak tahu bagaimana proses kelahirannya, sudah muncul anak-anak kucing. Dan posisinya biasanya di tempat-tempat yang tidak pernah kita lewati atau tempat tersembunyi.

Tanda dan Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Hal ini dikarenakan si kucing memang memiliki karakter atau kebiasaan untuk mencari tempat tersembunyi untuk melahirkan anak-anaknya. Sebenarnya jika kita ingin tahu bagaimana proses melahirkan hewan imut ini, ada banyak sekali ciri-ciri kucing mau melahirkan yang bisa kita jadikan petunjuk.

1. Intensitas Tidurnya Meningkat

Kucing yang sudah dalam kondisi hamil tua akan mudah sekali lelah, sehingga kecenderungan akan terlihat bermalas-malasan. Kamu akan sering melihat si kucing tidur atau bermalas-malasan. Jika kamu melihat tingkah kucing seperti ini, maka kamu harus siap-siap karena bisa jadi tanda-tanda mau melahirkan.

2. Susah Bergerak

Semakin besarnya usia kehamilan si kucing, maka akan semakin besar juga perut atau badannya. Dengan besarnya perut dan badan otomatis berat si kucing juga akan bertambah. Oleh karena itu wajar jika kamu menjumpai seekor kucing yang hamil, semakin lama akan semakin susah bergerak.

3. Selera Makan Cenderung Berkurang

Hal ini disebabkan kucing di masa-masa menjelang kelahiran, sudah sering mudah lelah atau letih yang ditandai dengan intensitas tidur yang makin meninggi. Sehingga berpengaruh dengan selera makannya. Dalam kondisi seperti ini, terkadang kamu perlu menyediakan makanan bergizi agar si kucing dapat memiliki anak-anak yang sehat.

4. Bersuara Keras atau Mengeong Terus-Menerus

Jika kamu memiliki peliharaan kucing yang suatu saat mengeongnya semakin keras, maka bisa jadi kucing kamu akan segera melahirkan. Tapi tidak semua kucing yang mengeluarkan suara yang berisik adalah kucing yang akan melahirkan.

Karena bisa juga karena sedang lapar atau sensitif karena kehadiran kucing lain. Namun jika dari awal sudah ada tanda-tanda kucing hamil yang semakin membesar, maka suara berisik si kucing bisa dipastikan merupakan ciri-ciri kucing mau lahiran.

5. Mengeluarkan Air Seperti Kencing

Ini merupakan ciri-ciri kucing akan melahirkan yang paling dekat dengan waktu kelahiran. Layaknya manusia yang hendak melahirkan yakni mengeluarkan air ketuban, maka hal ini juga terjadi pada dunia kucing. Semua kucing akan mengeluarkan semacam air ketuban pada menit-menit akhir menjelang kelahiran.

Jika kamu mendapati si kucing mengalami hal seperti itu, maka segeralah siapkan kotak kardus yang diberi alas kain yang lembut sebagai tempat si kucing melahirkan.

6. Mencari Tempat Yang Aman

Jika kucing kamu yang sedang hamil tampak sering tidak terlihat di tempat yang biasanya, maka bisa jadi itu adalah ciri kucing kamu mau melahirkan. Hal ini dikarenakan kucing akan cenderung mencari tempat yang sepi atau tersembunyi untuk melahirkan.

7. Mulai Sering Menjilati Tubuh

Sering menjilat tubuh adalah salah satu kebiasaan hewan menggemaskan ini. Kebiasaan ini bertujuan membersihkan tubuh kucing dari bakteri atau kuman-kuman yang ada di badannya. Namun jika kebiasaan ini dilakukan oleh kucing yang sedang hamil, maka tujuannya bisa berbeda.

Kucing yang hamil dan yang akan melahirkan akan membutuhkan rangsangan di daerah tertentu sebagai mekanisme normal untuk persiapan kelahiran. Kebiasaan ini di dunia pecinta kucing menjadi salah satu ciri-ciri kucing mau melahirkan.

8. Puting Susu Kucing Berubah Warna

Jika kamu perhatikan kucing kesayangan yang sedang hamil, akan ada beberapa perubahan fisik yang terjadi selama proses kehamilan. Salah satunya adalah perubahan pada puting susu si kucing. Semakin tua usia kehamilan atau menjelang mau melahirkan, maka warna puting susu kucing tampak semakin berwarna merah muda. jika kamu melihat realitas tersebut, maka itu adalah ciri yang khas seekor kucing yang mau melahirkan.

9. Keluarnya Cairan Dari Kelenjar Susu

Selain perubahan warna puting susu kucing, normalnya juga diiringi dengan keluarnya cairan semacam susu dari kelenjar susu atau puting kucing. Cairan tersebut dikenal juga dengan nama kolostrum. Cairan ini diketahui memiliki manfaat yang baik untuk anak-anak kucing yang baru dilahirkan. Sehingga jika muncul cairan ini, maka otomatis akan lahir anak-anak kucing.

10. Suhu Tubuh Akan Menurun

Suhu normal tubuh kucing berada di kisaran 38 – 39,2 derajat celcius, sedangkan kucing yang akan segera melahirkan bisa mengalami penurunan dibawah 38 hingga sampai 31 derajat celcius. Gejala ini bisa menjadi ciri-ciri kucing mau melahirkan karena biasanya dalam kurun waktu 12 – 24 ke depan, hewan kesayangan kamu akan melahirkan.

11. Nafas Mulai Terengah

Ini juga bisa menjadi tanda jika kucing kamu akan melahirkan. Gejala ini muncul dikarenakan kucing sedang mengalami kontraksi untuk persiapan mengeluarkan anaknya. Dalam kondisi ini, kamu hanya perlu memperhatikan dari jarak dimana kucing tidak melihat kamu. Karena kucing butuh fokus dan tidak mau diganggu saat proses melahirkan yang kita semua tahu akan terasa menyakitkan.

12. Usia Kehamilan Sudah Menginjak 2 Bulan

Jika kamu rajin membawa kucing kontrol ke dokter hewan, maka kamu seharusnya mengetahui mulai kapan kucing kamu hamil. Pengetahuan mengenai sejak kapan kucing hamil akan sangat berguna untuk mengetahui kapan kucing tersebut akan melahirkan.

Usia kehamilan kucing berdasarkan penelitian ada di kisaran 2 – 2,5 bulan. Sehingga jika usia kehamilan kucing kamu sudah mendekati 2 bulan, maka tanpa melihat ciri-ciri yang lain kamu bisa mengetahui bahwa sebentar lagi kucing kamu akan melahirkan.

13. Menjadi Sangat Sensitif

Melahirkan adalah proses yang membutuhkan tenaga ekstra dan seringkali akan merasakan rasa yang menyakitkan. Hal ini juga terjadi pada kucing yang akan melahirkan. Apalagi jika setelah di cek, si kucing akan melahirkan seekor anak kucing. Karena jika hanya seekor anak kucing yang berada dalam kandungan, maka secara berat akan cenderung besar.

Baca juga: Ciri-ciri kucing cacingan

Besarnya anak kucing akan membuat sulit induk kucing untuk melahirkan. Rasa sakit saat melahirkan membuat induk kucing menjadi lebih sensitif. Adanya makhluk lain seperti manusia di sekitar kucing yang sedang melahirkan justru sangat menganggu. Sehingga jika kamu mengetahui ada reaksi marah kucing ketika kamu dekati, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri kucing mau melahirkan.

Ciri-ciri di atas bisa semuanya akan dialami oleh kucing kesayangan kamu, atau hanya beberapa saja. Hal ini mengharuskan kamu harus cermat untuk mengetahui tanda-tanda kucing mau melahirkan. Biasanya seekor kucing bisa melahirkan beberapa ekor anak kucing. Jadi persiapkan diri kamu untuk menjaga dan merawatnya dengan baik. Terima kasih telah mengunjungi Sudut Hewan.