Jenis-jenis kucing persia

Jenis Kucing Persia

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Kucing Persia merupakan jenis kucing yang terkenal dengan hidungnya yang pesek. Akan tetapi, apakah semua kucing yang hidungnya pesek itu jenis persia? Tentu saja tidak! Supya kamu paham lebih banyak mengenai kucing persia, maka wajib tahu mengenai berbagai macam jenis kucing persia terlengkap yang ada di bawah ini!

Mengenal Kucing Persia

Sebelum membahas mengenai jenis kucingnya, maka kita bahas dulu mengenai sejarah kucing Persia. Kucing persia sendiri dikenalkan pada tahun 1620 pertama kali di Italia oleh Pietro della Valle. Selanjutnya dari wilayah Turki dikenalkan lagi ke Prancis oleh Nicholas Claude Fabri de Peiresc.

Jenis kucing yang sangat terkenal ini memang menyebar dengan mudah karena disukai semua kalangan. Untuk sejarah lainnya sendiri ada yang bilang merupakan jenis keturunan kucing anggora Turki yang kemudian dikawinkan sama kucing domestik.

Sering juga yang bilang kalau kucing persia merupakan hasil dari perkawinan kucing liar Afrika. Hal ini sebenarnya memang cukup masuk akal karena kucing liar Afrika itu punya bulu pendek dan kalau ingin memanjangkan bulu keturunannya, tentu saja harus melalui proses penyilangan terlebih dahulu.

Sejarahnya yang terbilang cukup panjang ini tentu saja dikarenakan kucing persia merupakan jenis kucing tertua. Karena keunikannya, maka membuatnya jadi di ekspor ke luar negeri. Selain memiliki bentuk fisik unik, kucing persia juga lucu sehingga menarik hati siapa pun yang melihatnya.

Jenis-Jenis Kucing Persia dan Harganya

Untuk kamu yang mau membelinya, usahakan belilah kucing persia yang paling cocok buat diri kamu sendiri. Terutama karena yang namanya memelihara kucing pastinya akan dijadikan sebagai teman saat di dalam rumah dalam waktu yang cukup lama.

1. Kucing Persia Medium

Jenis kucing persia medium

Penamaan kucing persia medium ini sendiri dikarenakan hidungnya yang tidak pesek-pesek amat. Bisa kita lihat hidungnya memang tidak datar dengan kedua matanya seperti jenis lain. Ciri fisik inilah yang dapat mudah kita kenali dari jenis persia ini. Persia medium sendiri merupakan jenis yang paling banyak dipelihara saat ini.

Perlu diketahui kalau saat ini ada dua jenis persia medium, antara lain yaitu shorthair dan longhair. Kalau yang shorthair, tentu saja memiliki bulu yang lebih pendek, sedangkan longhair bulunya relatif lebih panjang. Walaupun beda panjang bulu akan tetapi ketebalannya tetap sama-sama tebal.

Perlu diketahui kalau jenis ini lebih murah dibandingkan kucing persia flatnose dan juga kucing persia peaknose. Saat ini kalau kita melihat dipasaran harga jenis kucing persia medium hanya berkisar Rp. 499.000-Rp. 1.999.000. Tergantung dengan umur sampai dengan kualitasnya.

Sedangkan untuk harga anak kucing persia medium sekitar Rp. 499.000-an juga.

2. Kucing Persia Himalaya

Jenis kucing persia himalaya

Jenis kucing persia himalaya merupakan persia yang punya perbedaan mencolok dibandingan kucing persia lainnya. Untuk ciri utama yang dapat langsung kita ketahui yaitu kalau kucing persia himalaya ini memiliki tubuh besar, bulu lebih panjang dan tebal serta bagian hidungnya relatif sedang.

Warna bulu sangat khas dimana terdapat colorpoint. Colorpoint sendiri untuk singkatnya adalah selain warna dasar maka pada bagian tubuh kucing juga dilengkapi dengan kombinasi titik kecil. Untuk kombinasi umumnya berupa warna hitam, cokelat ataupun abu-abu. Tergantung juga sama warna dari indukannya.

Colorpoint ini sendiri sering terdapat pada hidung, ekor, telinga dan bagian tubuh lainnya. Setiap persia himalaya pasti memiliki colorpoint dengan bentuk, warna atapun letak berbeda-beda.

Kucing persia himalaya sebenarnya sangat tenang dan penurut. Selain itu kebanyakan lebih suka tidur. Persia ini juga gak senang meloncat karena takut sama ketinggian. Walaupun tenang, kucing ini juga sering bermain. Sementara itu untuk kisaran harga kucing persia himalaya ini yaitu Rp. 349.000-Rp. 1.499.000.

3. Kucing Persia Peaknose

Jenis kucing persia peaknose

Jenis kucing persia peaknose merupakan tipe kucing persia yang dilengkapi dengan hidung paling pesek diantara tipe kucing persia lain. Hal inilah yang membuatnya jadi lucu dan unik, selain itu juga membuat harganya sangat tinggi. Perlu diketahui kalau persia peaknose merupakan jenis yang paling banyak digemari.

Kalau kita lihat antara peaknose dan flatnose cukup sulit dibedakan, terutama karena sifatnya yang sama. Untuk cara membedakannya sebenarnya mudah, bisa melihat lewat bagian samping mukanya.

Nantinya bakal kelihatan bentuk hidungnya. Kalau memang hidungnya datar banget dan kita gak melihat tonjolan, maka ini adalah jenis peaknose. Kucing favorit semua orang ini saat ini masih dihargai antara Rp. 399.000-Rp. 4.499.000.

4. Kucing Persia Flatnose

Jenis kucing persia flatnose

Terakhir ada jenis kucing persia flatnose yang dilengkapi dengan tubuh kecil dan pendek. Ukuran kakinya juga snagat kecil, akan tetapi kokoh dan sangat lincah. Hal ini bisa dilihat dari kegemarannya dalam melakukan berbagai kegiatan seperti melompat sampai dengan berlarian dengan cepat.

Tentu saja hal ini membuatnya aktif dalam mencakar berbagai benda saat bermain. Untuk ciri khas kucing persia yang sangat mencolok dari tipe ini adalah hidung pesek tapi menonjol. Kalau kita lihat maka hidungnya memang sangat kecil dan sejajar sama kedua mata.

Hal ini yang membuat kucing yang sangat terkenal di wilayah Amerika Serikat ini jadi mahal. Penyebarannya di seluruh dunia tentu saja masih banyak dilakukan karena proses pengembangbiakan yang mudah dilakukan. Saat ini saja diberbagai tempat masih dihargai pada angka Rp. 599.000- Rp. 1.999.000.

Semua jenis kucing di atas tentu saja bagus. Selain itu dilengkapi juga dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu dapat memelihara yang paling tepat berdasarkan karakter dan keinginan kamu sendiri.

Itulah pembahasan paling lengkap mengenai jenis-jenis kucing persia beserta harga terbarunya saat ini. Semoga bisa bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi Sudut Kebun, dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.