Harga burung kolibri

Harga Burung Kolibri

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung kolibri – Burung kolibri adalah salah satu jenis burung kecil yang memiliki paras dan pesona yang sangat indah. Burung kolibri memilki warna yang cerah, sebagian besar tinggal di daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Burung kolibri mempunyai kurang lebih 1000 bulu yang sangat bersinar sehingga dapat memancarkan sinar warna-warni.

Ada 300 jenis burung kolibri yang hidup di daerah Hutan Amazon tapi ada banyak juga burung kolibri yang berada di Indonesia. Misalnya jenis burung kolibri ninja, kolibri kelapa, kolibri sriganti, kolibri ninja dada merah. Tentu saja harga burung kolibri ini sangat bervariasi.

Perawatan Burung Kolibri

Sebelum kita memilki hewan peliharaan hal yang terpenting adalah merawatnya. Beruntung sekali burung kolibri ini adalah jenis burung yang terhitung cukup mudah perawatannya. Perawatan ini dilakukan agar burung kolibri terhindar dari berbagai penyakit dan cepat mengeluarkan suara yang gacor.

Baca juga: Harga burung elang

1. Kebersihan Kandang

Mungkin kebersihan kandang adalah hal yang biasa di anggap sepele, tapi ini sangat berpengaruh pada mood si burung kolibri dan mengakibatkan stres. Hal utama yang harus dilakukan adalah membersihkan kandangnya setiap hari, jangan sampai menunggu kotoran menumpuk.

Karena burung kolibri ini termasuk burung terkecil di dunia, kita tidak memerlukan kandang yang terlalu besar, yang penting bersih dari kotoran sehingga si burung kolibri ini nyaman.

2. Memandikan Burung Kolibri

Burung kolibri adalah burung yang sangat senang dimandikan. Karena apabila dia merasa tubuhnya kotor dia akan merasakan stres sehingga dia tidak akan mengeluarkan suara sama sekali dan mungkin bisa jatuh sakit.

Bagi kicau mania yang memiliki burung kolibri sebaiknya memandikannya pada pagi hari dan juga sore hari. Caranya adalah dengan menyemprotkan air ke badan burung kolibri. Bisa juga Anda memandikan dengan cara mencelupkan badan burung kolibri ke air dengan cara perlahan.

3. Terapi Di Pagi Hari

Mungkin didengar aneh ada terapi untuk burung, tapi jangan salah ini adalah hal yang penting dan banyak orang yang tidak peduli dengan hal ini. Hal ini dilakukan untuk membuat si burung kolibri ini rajin untuk berkicau.

Hal ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya ditugaskan untuk mengeluarkan kandang burung kolibri ini di pagi hari, karena pada pagi hari naluri dan hormon dari burung kolibri ini sedang bagus-bagusnya.

4. Berjemur

Inilah alasan mengapa adanya terapi di pagi hari, dan dimandikan di pagi hari. Karena sinar matahari mempunyai berbagai manfaat untuk tulang manusia begitu juga untuk burung kolibri.

Setelah dimandikan pada pagi hari, jemurlah burung kolibri di tempat yang terkena sinar matahari agar bisa menjaga kesahatan daya tahan tubuh dan tulangnya.

5. Pakan

Ada tiga jenis makanan yang harus diberikan kepada burung kolibri, yaitu buah, cemilan, dan madu. Buah yang paling cocok untuk burung kolibri ini adalah buah jeruk, karena mengandung banyak vitamin dan memberikan energi kepada burung supaya rajin berbunyi dan nyaring. Jangan berikan buah berlebihan, dia juga memerlukan nutrisi lain.

Cemilan, hal ini pun perlu diperhatikan untuk pertumbuhan tubuh si burung tersebut dan membuat suara lebih gacor. Cemilan yang tepat untuk burung kolibri adalah serangga seperti ulat hongkong, belalang, dan kroto.

Di alam liar burung kolibri biasa mengkonsumsi madu atau sari bunga untuk menambah stamina tubuhnya. Tetapi, pemberian madu yang berlebihan dapat membuat suhu badan burung kolibri tinggi atau panas. Efek samping apabila burung ini memiliki suhu tubuh yang tinggi adalah rontoknya bulu indah dari burung kolibri ini.

Mengenal Jenis Burung Kolibri

Harga burung kolibri ninja, kelapa, sriganti, ninja dada merah

Terdapat beberapa jenis burung kolibri yang ada di Indonesia dan paling sering diikutkan dalam kontes-kontes burung. Berikut adalah penjelasannya.

1. Burung Kolibri Kelapa

Burung kolibri kelapa atau kolibri manggar yang memiliki nama latin Anthreptes Singalensis ini seringkali kita jumpai di perkebunan kelapa, hutan mangrove, dan pantai. Yang khas dari burung kolibri kelapa ini adalah warna bulunya yang sangat mengkilap metalik.

Tidak hanya parasnya yang cantik, burung kolibri kelapa juga mempunyai ciri khas suara melengking dan kencang, sehingga banyak sekali orang yang sengaja mencarinya untuk dirawat.

Perbedaan burung kolibri kelapa jantan dan betina adalah pada bagian punggungnya saat sudah dewasa. Jika burung kolibri kelapa jantan akan muncul tanda warna hijau mengkilap dan mempunyai mahkota kecil. Harga burung kolibri memang sangat bervariatif, kali ini burung kolibri kelapa dibilang cukup murah karena dibandrol mulai dari harga Rp. 100.000 – Rp. 300.000 untuk yang masih anakan. Harga burung kolibri kelapa jantan biasanya akan lebih tinggi dibandingkan Betina.

2. Burung Kolibri Sriganti

Burung kolibri sriganti atau yang mempunya nama latin Nectarinia Jugularis, merupakan burung pemakan serangga kecil, laba-laba, dadap, pepaya, dan mengkudu. Ciri-ciri dari burung ini adalah memiliki paruh yang lancip dan panjang.

Ada perbedaan fisik antara burung kolibri sriganti betina dan jantan yaitu:

  • Betina: Bagian tubuh bawahnya berwarna kuning. Tidak ada warna hitam pada bagian dagu dan dada. Mempunyai warna alis kuning muda. Paruh hitam dan kaki berwarna hitam.
  • Jantan: Bagian bawah tubuhnya berwarna kuning terang. Dagu hitam dan dada berwarna ungu metalik yang bersinar. Punggung berwarna hijau zaitun.

Burung ini mempunyai kicauan yang sangat indah, sehingga banyak sekali orang memperjualkannya. Harga burung sriganti memang terhitung murah, karena harga burung kolibri sriganti ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 50.000 untuk yang masih anakan. Bila sudah terlatih harganya bisa sampai Rp. 200.000.

3. Burung Kolibri Ninja Dada Merah

Burung kolibri ninja dada merah (Konin) atau biasa orang sebut dengan kata “Sunbird” ini sebenarnya memiliki berbagai varian warna. Ada yang dadanya berwarna hitam, merah, dan coklat.

Pada dasarnya burung ninja ini memanglah berwarna merah di bagian dadanya, tapi karena ada banyaknya unsur yang dikonsumsi oleh si burung itu bisa mempengaruhi warna dada burung tersebut. Ada juga kicau mania yang sengaja ingin merubah warna dada burung tersebut, contohnya memberikan susu kental manis sehingga dada berubah menjadi warna coklat.

Perubahannya bisa terjadi saat burung kolibri ninja ini selesai berganti bulu. Jadi tidak ada perbedaan antara burung kolibri ninja dada merah atau pun coklat, hanya warnanya saja. Harga burung kolibri ini cukup tinggi mulai dari Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000. Harga burung kolibri ninja dada merah lebih mahal dibandingkan harga burung kolibri ninja biasa. Harga kolibri ninja biasa dibandrol dengan harga Rp. 150.000 – Rp. 250.000.

Baca juga: Harga burung pleci

Harga Burung Kolibri

Sebenarnya masih banyak sekali jenis burung kolibri yang belum tertulis diatas seperti burung kolibri lebah, kolibri berleher rubi, kolibri anna, kolibri dagu hitam, kolibri rufus, kolibri dagu indah dan masih banyak jenis lainnya. Berikut adalah harga burung kolibri, harga yang dicantumkan adalah berdasarkan harga pasar di saat ini.

NoJenis Burung KolibriHarga Burung Kolibri
1Burung Kolibri NinjaRp. 500.000 - Rp. 1.000.000
2Burung Kolibri KelapaRp. 100.000
3Burung Kolibri WulungRp. 300.000
4Burung Kolibri Sepah RajaRp. 150.000 - Rp. 250.000
5Burung Kolibri ManggarRp. 100.000 - Rp. 300.000
6Burung Kolibri SrigantiRp. 100.000 - Rp. 400.000
7Burung Kolibri RajaRp. 150.000 - Rp. 250.000
8Burung Kolibri Ninja HitamRp. 1.000.000
9Burung Kolibri GacorRp. 300.000

Harga burung tolibri ini termasuk harga burung kicau yang relatif murah karena sangat terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *