Harga burung kutilang

Harga Burung Kutilang

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Bagi para pecinta burung kicau hias, burung kutilang tentunya sudah tidak asing lagi. Pasalnya, burung kutilang ini masih termasuk dalam rumpun burung cucak-cucakan. Kebanyakan jenis dari burung cucak-cucakan ini terkenal dengan suara kicauannya yang merdu dan berdaya jual.

Burung dengan nama ilmiah Pycnonotus Aurigaster ini dikenal dengan burung liar karena habitatnya yang tersebar di wilayah terbuka mulai dari perbukitan, vegetasi, semak hingga ketinggian permukaan laut tertentu. Namun apabila dijadikan burung peliharaan, burung kutilang juga mampu dijinakkan dan dipelihara dengan baik karena sifatnya yang sangat mudah menyesuaikan diri.

Mengenal Karakteristik Burung Kutilang

Dibawah ini merupakan ciri-ciri/karakteristik dari burung kutilang yang perlu kamu ketahui:

  • Memiliki nama ilmiah Pycnonotus Aurigaster dan masih termasuk kedalam kelompok burung cucak-cucakan.
  • Dari segi morfologi, burung kutilang memiliki ciri fisik dengan ukuran tubuh rata-rata berkisar 20 cm, dengan warna tubuh yang didominasi warna coklat hingga kekuningan.
  • Burung kutilang merupakan jenis burung yang hidup dalam sebuah kawanan/berkelompok, namun burung kutilang juga memiliki kemampuan penyesuaian diri yang baik dan mudah beradaptasi terhadap lingkungan baru.
  • Di wilayah Indonesia, persebarannya terletak di sebagian besar Pulau Jawa dan Bali.
  • Merupakan jenis burung pemakan serangga kecil dan buah-buahan.
  • Tidak termasuk kedalam kategori burung monomorfik, karena terdapat perbedaan fisik yang mencolok antara burung kutilang jantang dan burung kutilang betina.

Jenis-Jenis Burung Kutilang di Indonesia

Harga burung kutilang emas, sutra, putih, jambul, mutiara

Burung kutilang memiliki jenis-jenis/varietas yang tersebar di setiap daerah. Jenis-jenis burung ini menentukan harga burung kutilang di pasaran. Berikut merupakan beberapa jenis burung kutilang yang sering dijumpai dan dibudidayakan di Indonesia:

1. Burung Kutilang Sutra

Jenis burung kutilang yang satu ini memiliki nama latin Pycnonotus Atriceps. Dari segi fisik dan morfologinya burung ini memiliki warna kehijauan yang indah dan warna hitam mengkilap pada bagian kepalanya. Burung kutilang sutra biasanya memiliki habitat di wilayah perbukitan. Bagi kamu yang menginginkan burung kutilang sebagai masteran atau prestasi, jenis burung kutilang sutra sangat cocok untuk di latih kicauannya.

Harga burung kutilang sutra saat ini berkisar antara Rp. 150 ribu untuk yang anakan dan mulai Rp. 400 ribu untuk yang sudah dewasa.

2. Burung Kutilang Putih

Sesuai dengan namanya, burung kutilang ini memiliki warna putih pada seluruh tubuhnya. Di kalangan pecinta burung hias, jenis kutilang ini juga sering dipanggil dengan kutilang albino. Jenis burung ini terbilang langka dan agak sulit ditemukan sehingga harga jualnya relatif mahal dipasaran. Untuk keturunan asli, harga burung kutilang putih bisa mencapai Rp. 3 juta rupiah.

3. Burung Kutilang Emas

Jenis burung kutilang yang tak kalah menarik adalah jenis burung kutilang emas. Senada dengan namanya, burung ini memiliki corak warna keemasan yang indah pada tubuhnya dan waran dominan hitam pekat pada bagian kepalanya.

Burung kutilang emas ini memiliki nama ilmiah Pycnonotus Melanicterus. Burung yang satu ini juga memiliki tipikal suara yang nyaring dan sangat digemari di kalangan para pecinta burung hias. Bagi kamu yang ingin memelihara burung kutilang dengan harga terjangkau, burung kutilang emas merupakan pilihan yang tepat. Harga burung kutilang emas di pasaran cukup ekonomis yaitu mulai dari Rp. 75 ribu hingga Rp. 100 ribu.

4. Burung Kutilang Mutiara

Burung kutilang yang satu ini adalah jenis kutilang yang coraknya paling unik dan sangat menarik. Terkadang kutilang mutiara ini juga dijuluki dengan kutilang zebra (cucak bersisik) karena corak hitam putihnya yang khas. Jenis kutilang yang memiliki nama ilmiah Pycnonotus Squamatus ini tersebar di wilayah Jawa, Kalimantan dan juga Sumatera.

Dari tampilan fisik dan morfologi, kutilang mutiara juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis kutilang yang lainnya, yaitu hanya sekitar 15 cm. Keunikan lainnya, burung kutilang mutiara ini memiliki warna yang berbeda dari jenis lainnya yaitu dominasi warna zaitun pada punggungnya. Untuk harga burung kutilang mutiara yang sudah gacor bisa berkisar Rp. 300 ribu.

5. Burung Kutilang Jambul

Jenis burung kutilang ini memiliki nama latin Pycnonotus Jocosus, dengan ciri khas nya yang berjambul burung kutilang yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar burung dan toko burung. Dari segi fisik, kutilang jambul memiliki warna hitam, abu-abu hingga kecoklatan pada bagian punggung, dan warna dominan putih pada bagian dadanya.

Untuk nilai jual di pasaran, harga burung kutilang jambul berkisar antara Rp. 90 ribu hingga Rp. 150 ribu. Harga yang terjangkau bukan?

6. Burung Kutilang Gacor

Sama dengan jenis burung kicau yang lainnya, burung kutilang akan disebut gacor apabila kicauannya sudah matang dan menghasilkan suara nyaring yang teratur dan berkala. Burung kutilang yang telah melalui proses pemasteran dan dilatih serta mendapatkan nutrisi tambahan akan lebih cepat gacor dan bernilai jual lebih tinggi. Apabila kondisinya sudah gacor, harga burung kutilang ini bisa mencapai Rp. 300 ribu-an.

Selain dari jenis-jenis yang telah dijelaskan sebelumnya, masih banyak lagi berbagai jenis burung kutilang, baik yang ada di wilayah Indonesia maupun di luar Indonesia. Jenis lainnya yang juga cukup digemari adalah kutilang wilis. Apabila kamu berniat untuk memelihara burung kutilang dan melakukan pemasteran (agar cepat gacor) kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Pakan sebagai penambah nutrisi. Selain jenis serangga kecil dan buah-buahan, kamu juga bisa mensuplai nutrisi tambahan seperti voer, kroto dan juga ulat kandang.
  • Perhatikan sarang atau kandang tempat tinggal dari burung kutilang. Pastikan kandang selalu dalam kondisi bersih dan selalu tersedia air serta makanan yang cukup untuk burung kutilang. Burung kutilang sesekali juga perlu mendapatkan cahaya matahari, maka dari itu jemurlah burung kutilang pada waktu tertentu.

Harga Burung Kutilang Hari Ini

Berikut ini merupakan daftar tabel lengkap harga pasaran burung kutilang berbagai jenis:

NoJenis Burung KutilangHarga Burung Kutilang
1Kutilang JantanRp. 50.000
2Kutilang BiasaRp. 40.000 – Rp. 100.000
3Kutilang SutraRp. 150.000 – Rp. 400.000
4Kutilang EmasRp. 75.000 – Rp. 200.000
5Kutilang JambulRp. 90.000 – Rp. 150.000
6Kutilang WilisRp. 50.000 – Rp. 400.000
7Kutilang MutiaraRp. 300.000
8Kutilang Putih Keturunan Asli (Albino Mata Merah)Rp. 3.000.000
9Kutilang AnakanRp. 40.000
10Kutilang GacorRp. 100.000 – Rp. 300.000

Burung kutilang dapat dengan mudah kamu temukan di pasaran, kecuali jenis tertentu seperti burung kutilang putih keturunan asli atau yang sering disebut dengan burung kutilang albino. Harga-harganyapun relatif terjangkau dan sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai budidaya burung kicau hias. Yang terpenting adalah, kamu bisa merawat dan memelihara burung kutilang dengan tepat agar populasinya dapat dikembangbiakkan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *