Harga burung gelatik

Harga Burung Gelatik

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung gelatik, Semakin merdu suaranya, semakin mahal harganya. Kira-kira begitulah yang sering dikatakan para pecinta burung pada burung kecil namun bersuara merdu, yaitu burung gelatik. Harga burung gelatik yang selalu diukur pada kualitas suaranya yang merdu sudah bukan menjadi rahasia lagi. Banyak pecinta burung yang mengincar burung kecil cantik ini sebagai hewan peliharaannya sebagai penyejuk dan penenang suasana.

Karakteristik Burung Gelatik

Ciri utama dari burung kecil ini ialah suaranya yang nyaring, lebih keras dari burung kicau lainnya, lantang, dan memiliki tarikan nafas yang kuat. Tubuhnya kecil dengan kisaran 13 cm. Namun ternyata cara untuk membedakan apakah burung tersebut jantan atau betina bisa dikatakan cukup mudah.

Burung gelatik jantan memiliki suara merdu yang lebih lantang dan lebih bervariasi. Sedangkan burung gelatik betina memiliki suara yang datar dan itu-itu saja. Suara gelatik jantan yang bervariasi tersebut berfungsi untuk menarik perhatian gelatik betina.

Selain itu, gelatik jantan memiliki bulu berwarna hitam di dadanya yang cukup lebat. Tubuhnya proporsional dan terlihat ramping. Bagian atas kepalanya berbentuk datar atau rata dengan hiasan warna bulu yang mengkilap. Terakhir ialah tanda garis hitam yang terletak pada bagian tenggorokan yang memanjang ke bawah. Keistimewaan itulah yang membuat harga burung gelatik jantan agak mahal jika dibandingkan dengan jenis betina.

Baca juga: Harga burung kutilang

Jenis-Jenis Burung Gelatik Dan Harganya

Harga burung gelatik batu, jawa, albino, putih

Disamping keistimewaan gelatik jantan yang unik, di bawah ini ialah beberapa jenis burung gelatik yang sering dijumpai dan dipelihara.

1. Burung Gelatik Batu

Parus Major merupakan nama latin dari burung gelatik batu. Selain mempunyai nama burung gelatik batu, burung gelatik ini juga dinamai dengan gelatik wingko. Sebetulnya nama ini hanyalah nama istilah untuk burung gelatik batu dari daerah yang berbeda di Indonesia.

Di wilayah Sumatera, burung gelatik ini dinamai gelatik batu. Namun untuk wilayah Jawa burung gelatik ini dinamai gelatik wingko. Meski begitu, harga burung gelatik batu di Sumatera terbilang mahal, namun harga burung gelatik wingko di Jawa terbilang murah.

Penamaan yang berbeda pada burung ini didasari pada letak geografis Indonesia. Burung gelatik batu pun merupakan burung yang paling dicari dan diminati oleh para pecinta burung pada jenis burung gelatik. Burung jantan gelatik batu atau wingko memiliki kepala berbulu yang berwarna hitam pekat. Sedangkan untuk burung betina gelatik batu atau wingko memiliki warna bulu kepala abu-abu.

Mayoritas warna tubuh dari burung gelatik batu atau wingko ini ialah hitam. Dengan sedikit warna putih yang terdapat pada burung gelatik batu memberikan kesan coretan yang menarik. Mulanya populasi burung gelatik batu terancam punah, namun sudah banyak pecinta burung yang melakukan penangkaran untuk burung gelatik batu.

Gelatik batu dapat dijumpai pada area hutan mangrove, padang rumput, pantai, pekarangan rumah, dan sawah. Harga gelatik batu pun terbilang relatif standar, harga burung gelatik batu berkisar antara Rp. 500.000,- sedangkan harga untuk anakannya ialah Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.

2. Burung Gelatik Jawa

Oryzivora, tak lain adalah nama latin dari burung gelatik jawa. Dibandingkan jenis burung gelatik lainnya, burung gelatik jawa memiliki panjang tubuh yang berkisar 15 cm. Gelatik jawa berciri khas dengan warna bulu bagian perutnya yang coklat kemerahan. Dan mempunyai bulatan berwarna merah di area matanya.

Uniknya lagi, burung gelatik jawa yang masih muda memiliki warna bulu tubuh yang cokelat, namun akan berubah menjadi abu-abu ketika sudah dewasa. Dengan kaki yang berwarna merah muda, burung gelatik jawa banyak digemari pecinta burung.

Serupa dengan namanya yaitu gelatik jawa, burung ini terdapat di wilayah Jawa dan sekitarnya yang berjajaran yaitu Bali dan Madura. Makanan yang biasa ia makan ialah buah-buahan, serangga, dan biji-bijian. Karena itu, burung gelatik jawa banyak ditemukan bergerombol bersama kelompoknya. Kemampuan burung gelatik yang mudah beradaptasi pun terdapat pada burung gelatik jawa ini, saat ini keberadaan burung gelatik jawa sudah tersebar sampai wilayah Sulawesi, Maluku, dan daerah lainnya.

Meski tidak seistimewa burung gelatik batu, harga burung gelatik jawa dibandrol dari mulai Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000. Harga burung tersebut sudah sangat cocok dengan segala keunikan dan kemampuan yang dimiliki oleh burung gelatik jawa.

3. Burung Gelatik Albino / Burung Gelatik Putih

Padda Oryzivora, nama latin dari seekor burung gelatik berwarna putih bersih atau yang biasa disebut dengan albino. Seperti namanya yang mengandung arti putih, burung gelatik ini memiliki bulu yang berwarna putih bersih. Hiasan patuk yang berwarna merah dan lebar menjadi pendukung penampilan cantik burung gelatik albino atau gelatik putih ini.

Meskipun tidak ada yang membedakan untuk warna gelatik jantan dan betina pada jenis gelatik putih ini, namun perbedaan postur tubuh dan suara kicauannya telah menjadi pembeda antara gelatik putih jantan dan gelatik putih betina. Seperti pada umunya burung gelatik, gelatik putih pun menjadikan suara kicauan sebagai pembeda antara gelatik putih jantan dan gelatik putih betina. Suara yang dikeluarkan gelatik putih jantan akan lebih bervariasi dibandingkan suara gelatik putih betina. Untuk lebih jelasnya ciri burung gelatik jantan dan betina ialah sebagai berikut:

Ciri-ciri gelatik putih jantan:

  1. Postur tubuhnya lebih besar dari betina.
  2. Mata lebih tajam dan lebih terang.
  3. Pangkal paruhnya terlihat lebih merah dari betina.
  4. Memiliki variasi suara yang lebih banyak.

Ciri-ciri gelatik putih betina:

  1. Postur tubuhnya lebih kecil.
  2. Paruhnya terlihat lebih pucat.
  3. Hanya memiliki satu variasi suara.

White Java Sparrow menjadi julukan tersendiri bagi burung gelatik putih ini. Mungkin karena warna albinonya yang berbeda dengan jenis burung gelatik pada umumnya. Mengapa terdapat unsur nama Java di dalamya? Karena menurut sejarah burung finch, gelatik putih atau albino ini berasal dari nenek moyang gelatik jawa yang bermutasi genetika. Beberapa sumber pun mengatakan bahwa memang tidak ada bedanya antara burung gelatik jawa dan burung gelatik albino atau putih selain pada warna bulunya saja.

Harga burung gelatik putih atau gelatik albino di pasaran cukup mahal, harganya bisa mencapai kisaran Rp. 800.000 hingga Rp. 1.000.000 per ekornya. Tentunya hal ini disebabkan oleh cantiknya burung gelatik albino atau putih ini.

Baca juga: Harga burung kolibri

Harga Burung Gelatik Semua Jenis

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga burung gelatik dari berbagai macam jenis:

Jenis Burung GelatikHarga Burung Gelatik
Gelatik batu anakanRp. 100.000 - Rp. 150.000
Gelatik jawaRp. 100.000 - Rp. 300.000
Gelatik wingkoRp. 80.000 - Rp. 300.000
Gelatik putihRp. 800.000 - Rp. 1.000.000
Gelatik belongRp. 150.000 - Rp. 250.000
Gelatik gacorRp. 500.000 - Rp. 550.000
Gelatik silverRp. 750.000
Gelatik batu gacorRp. 500.000 - Rp. 550.000

Ada banyak jenis-jenis burung gelatik yang ada di Indonesia dan tentunya bisa dipelihara. Mungkin kamu tertarik untuk memiliki satu diantaranya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *