Harga burung elang

Harga Burung Elang

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Harga burung elang – Burung elang merupakan salah satu spesies berdarah panas yang memiliki paruh melengkung untuk mengoyak mangsanya. Burung yang satu ini banyak digemari karena kegagahannya. Saat ini pun, sudah banyak orang yang menganggap keberadaan burung elang tidak hanya sebagai hewan predator yang memangsa makhluk hidup lainnya. Keelokan burung elang yang memiliki sayap lebar dan cengkeraman kuat memikat para pecinta burung untuk memilikinya.

Karakteristik Burung Elang

Sebagai ciri dari gagahnya burung ini ialah matanya yang tajam dan mampu membidik dari jarak yang sangat jauh. Selain itu kecepatannya untuk terbang sudah tidak diragukan lagi. Burung elang dapat terbang di udara hingga 300 km/ jam. Meski begitu, angka usia hidup yang dimiliki seekor burung elang bisa dibilang panjang. Usia hidup yang dimilikinya bisa mencapai 70 tahun.

Keunikan-keunikan diluar gagahnya burung elang menjadi daya tarik tambahan bagi para pecinta burung. Bahkan hanya karena adanya beragam macam burung elang di dunia dan di Indonesia bisa menjadikan burung ini masuk ke dalam daftar salah satu hewan yang digemari dan diincar untuk diperlihara. Walaupun harga burung elang bisa dikatakan memiliki harga yang fantastis, namun keinginan untuk memelihara burung ini masih sangat kuat.

Baca juga: Harga burung pleci

Jenis-Jenis Burung Elang Dan Harganya

Harga burung elang anakan, brontok, bondol, golden eagle

Berbagai macam jenis burung elang tersebar di seluruh penjuru dunia dan juga Indonesia. Setiap jenis burung elang memiliki keunikan dan kriterianya sendiri. Harga burung elang sendiri pun bergantung pada jenisnya.

Namun, harga burung elang anakan relatif lebih murah dari harga elang pada umumnya. Sebagai informasi dan referensi para pecinta burung khususnya burung elang, berikut ialah jenis-jenis burung elang yang terkenal dan banyak digemari beserta harganya.

1. Burung Elang Brontok

Changeable Hawk-eagle atau biasa disebut elang brontok merupakan salah satu jenis elang yang digemari para pecinta burung karena bercak-bercak yang terdapat pada bagian tubuh dan sayapnya. Selain itu, burung ini dikenal dengan sebutan burung rajawali atau burung garuda. Burung elang brontok memiliki ukuran tubuh sekitar 59-79 cm dimulai dari ujung kepala hingga ujung ekornya.

Elang brontok tersebar di wilayah Asia Selatan seperti Sri Lanka dan India, hingga ke tenggara Himalaya, kemudian melintasi Asia Tenggara sampai ke Filipina dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, elang brontok dapat ditemukan di wilayah Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Elang brontok memiliki warna yang normal seperti berwarna terang dengan warna cokelat dan putih. Juga memiliki warna yang gelap seperti berwarna cokelat kehitaman dengan garis ekor yang lebih gelap. Keberagaman warna yang dimiliki oleh elang brontok menjadi pemicu dalam penentuan harga burung elang brontok.

Harga burung elang brontok dimulai dari Rp. 700.000 hingga Rp. 2.000.000 bergantung pada corak yang dimiliki elang brontok tersebut. Namun, harga elang anakan pada jenis brontok ini bisa lebih murah dibandingkan harga burung elang brontok dewasa.

2. Burung Elang Bondol

Burung pemangsa satu ini berbeda dengan burung pemangsa sebelumnya, burung elang bondol memiliki ukuran yang lebih kecil dari burung elang brontok. Elang bondol memiliki ukuran sedang yang berkisar 43-51 cm. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun elang bondol memiliki kebiasaan mencari makan di atas permukaan air dan mencengkeram mangsanya dengan cakarnya.

Ketika berada di udara elang bondol dapat mencapai ketinggian 20 hingga 50 meter. Hewan-hewan kecil yang biasa menjadi santapan elang bondol ini ialah ikan, kepiting, katak, serangga, bahkan bangkai hewan yang sudah mati. Oleh karena itu tak jarang ada yang menyebut elang bondol sebagai salah satu burung elang pemakan bangkai.

Karakteristiknya yang suka memangsa hewan di atas permukaan air, menjadikan elang bondol hidup di sekitar pinggir laut yang agak berlumpur seperti muara sungai, pinggir pantai, dan hutan mangrove. Namun, elang bondol juga dapat ditemukan di area seperti sawah dan rawa. Di Indonesia sendiri, keberadaan elang bondol ini biasa ditemukan di wilayah Bali, Jawa, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Papua, Sumatera, dan Sulawesi.

Warna kepala hingga lehernya yang putih dan tubuhnya yang berwarna merah bata pucat menjadi ciri khas dari elang bondol. Namun untuk elang bondol anakan biasanya berwarna cokelat gelap dan bergaris putih. Elang bondol anakan mulai belajat terbang ketika berusia 40-56 hari dan menjadi dewasa 2 bulan kemudian. Harga burung elang bondol berkisar antara Rp. 600.000 hingga Rp. 1.000.000. Variasi dari harga elang jenis ini berdasarkan besar dan beratnya burung tersebut.

3. Burung Elang Emas (Golden Eagle)

Golden Eagle atau burung elang emas merupakan jenis burung elang yang tersebar di wilayah Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Golden eagle memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan elang yang lain, panjang tubuh elang emas bisa mencapai lebih dari satu meter atau lebih tepatnya berkisar antara 180-234 cm dengan ukuran tubuh 66 sampai 102 cm.

Elang emas memiliki corak berwarna cokelat gelap dan emas pada bagian kepala sampai ke leher. Umumnya, ketika belum terlalu dewasa, elang emas memiliki warna yang lebih gelap dan warna putih disekitar pangkal ekornya.

Habibat elang emas dapat dengan mudah ditemukan di area pegunungan. Meskipun begitu, mereka dapat berkembang biak di dataran rendah. Karena karakteristiknya yang mudah beradaptasi, populasi elang emas menjadi salah satu jenis elang yang banyak ditemukan dan terbesar populasinya dari semua jenis elang. Ada beberapa subspesies yang terdapat pada elang emas dan tentunya setiap subspesies memiliki harga burung elang emas masing-masing.

Karena ukuran elang emas yang besar, burung ini tak jarang memangsa hewan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri. Misalnya yaitu rusa dan kambing. Penglihatannya yang mencapai empat kali lipat lebih bagus dari manusia, membantu para predator burung elang termasuk jenis elang emas untuk berburu mangsa tepat sesuai sasaran.

Seorang pria asal Semarang membandrol harga burung elang emas miliknya yang merupakan burung elang asli Ceko sebesar Rp. 300.000.000, hal ini dikarenakan keberadaan elang emas yang langka dan dilindungi di Indonesia. Meskipun populasi elang emas yang banyak, namun kehidupan elang emas sendiri langka di Indonesia. Keberadaan elang emas lebih cenderung memopulasi di wilayah benua Eropa dan Amerika Utara.

Baca juga: Harga burung poksay

Harga Burung Elang Hari Ini

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, berikut ini ialah daftar harga burung elang:

NoJenis Burung ElangHarga Burung Elang
1Elang Brontok HitamRp 850.000,- s.d Rp 1.000.000,-
2Elang Brontok PutihRp 1.300.000,- s.d Rp 1.500.000,-
3Elang Brontok CokelatRp 1.700.000,- s.d Rp 2.000.000,-
4Elang AnakanRp 350.000,- s.d Rp 550.000,-
5Elang BondolRp 600.000,- s.d Rp 1.000.000,-
6Elang JawaRp 550.000,- s.d Rp 750.000,-
7Elang BidoRp 400.000,- s.d Rp 700.000,-
8Elang LautRp 500.000,-

Inilah beberapa harga burung elang yang sering dicari dan digemari oleh para pecinta burung. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Tertarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *