Harga burung kacer bahan
Sumber: https://kacer.co.id/

Harga Burung Kacer

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Bagi mereka yang lebih suka burung berkicau, maka salah satu jenis burung kicau yang paling dicari adalah burung kacer. Ditambah, harga burung kacer relatif lebih murah dibandingkan jenis burung-burung lainnya.

Burung dengan ukuran fisik kecil ini bisa dibilang jagonya seputar kicauan. Suaranya yang nyaring dan melengking membuatnya populer di kalangan burung kicau. Suara kicauannya juga dinilai bervariasi dan tidak monoton.

Jenis-Jenis Burung Kacer dan Harganya

Harga burung kacer anakan

Tiap-tiap daerah di Indonesia biasanya punya masing-maing jenis burung kacer dengan karakternya masing-masing. Hal ini yang mengakibatkan banyaknya jenis burung kacer yang bisa kamu temui di Indonesia.

Biasanya yang lebih diminati adalah kacet jantan dibandingkan kacer betina. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan. Karena burung kacer jantan dianggap mempunyai suara yang lebih merdu dan bisa memvariasikan suaranya serta terlihat lebih gagah.

Sebelum memutuskan untuk beli burung kacer, ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu berbagai jenis-jenis burung kacer dan harganya di bawah ini.

Baca juga: Harga burung kakatua

1. Burung Kacer Gacor

Jenis burung kacer yang pertama adalah burung kacer gacor. Jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling terkenal dan tidak boleh kamu lewatkan.

Dari segi tampilan fisiknya, tidak jauh berbeda dengan kacer-kacer lainnya, yaitu didominasi oleh warna hitam. Tapi suaranya yang bisa dibuat bermacam-macam variasi dan merdu membuatnya bisa memenangkan beragam kontes dan perlombaan. Suaranya ini sangat mantap dan paten.

Namun bukan sebuah keharusan untuk mengikutsertakannya di sebuah perlombaan. Kamu tetap bisa memeliharanya di rumah dan menjadikannya sebagai burung hias. Satu ekor burung kacer gacor bisa dipatok harga sekitar Rp. 1.000.000.

2. Burung Kacer Bahan

Jenis ini merupakan jenis kacer yang mudah kamu temukan. Di pasar burung kamu bisa mencari kemudian mendapatkannya.

Pastikan kamu memperhatikan dengan jeli semua bagian tubuhnya agar tidak mendapat kerugian. Sebaiknya arahkan fokus kamu pada mental dan Kesehatan burung ini ketika ia berkicau. Pastikan juga kamu memilih burung kacer bahan yang suaranya keras dan tidak serak. Karena terlalu sering diperdagangkan, biasanya jenis burung kacer bahan ini paling rentan terhadap serak ketika bersuara.

Harga burung kacer bahan masih tergolong sangat murah, yaitu Rp. 300.000 dan Rp. 400.000 buat yang sudah jadi bakalan.

3. Burung Kacer Bali

Karakteristik burung kacer bali tidak jauh beda dengan jenis burung kacer yang lain. Kalau memang suka, kamu bisa memilihnya untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Namun, kamu harus merogok kantong agak dalam lagi supaya bisa mendapatkan seekor burung kacer bali. Pasalnya, harganya sedikit lebih mahal. Terlebih lagi jika kamu belinya tidak langsung di pulau Bali.

Jika membeli langsung di Bali, kamu akan mendapatkan harga sekitar Rp. 300.000 untuk satu ekor burung kacer bali bakalan dan Rp. 500.000 untuk sudah jadinya. Sementara harga di luar Bali untuk bakalan burung kacer Bali sekitar Rp. 500.000. Dan yang sudah jadinya bisa mencapai Rp. 700.000.

Umumnya burung yang sudah mulai bisa ngeriwik dan ngeplong harganya bisa sangat mahal. Hal ini juga terjadi pada burung kacer bali ini.

4. Burung Kacer Jawa

Jenis kacer jawa terbilang cukup populer di kalangan para pecinta burung. Kacer jenis ini terdiri dari 2 macam, yaitu kacer jawa barat dan kacer jawa timur. Sesuai dengan namanya, habitat aslinya adalah pulau Jawa.

Suara burung kacer jawa ini sangat jernih, merdu dan juga lantang. Karena keistimewaan suaranya tersebut, kamu bisa mempartisipasikannya di sebuah perlombaan atau juga dijadikan burung hias di rumah sebagai sarana hiburan.

Harga kacer jawa ini sanagt mahal, bisa mencapai angka Rp. 1.000.000 untuk satu ekor yang sudah jadi atau yang sudah berkicau dengan handal. Namun harga burung kacer anakan jawa tentu lebih murah, sekitar Rp. 500.000, kamu bisa menjadikannya sebagai pilihan alternatif.

5. Burung Kacer Sumatera

Ketangguhan dan kemapuan beradaptasi merupakan dua keunggulan burung ini. Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa merawatnya dengan asal-asalan. Karena mereka juga bisa mengalami stres dan menyebabkan mental saat berkicaunya menurun drastis.

Apabila sudah pernah memenangkan sebuah kontes, satu ekor burung kacer sumatera bisa dijual dengan harga Rp. 1.000.000 dan Rp. 500.000 jika masih bakalan. Tapi ingat ya untuk selalu merawatnya dengan baik walaupun ia begitu tangguh.

6. Burung Kacer Dada Putih

Burung kacer putih merupakan jenis burung kacer yang memiliki beragam macam variasi harga. Hal tersebut karena burung kacer dada putih telah memiliki klasifikasi tersendiri oleh para peminat burung.

Klasifikasi yang pertama adalah kacer dada putih bakalan hasil tangkapan hutan dengan harga yang paling rendah, yaitu Rp. 450.000.

Kemudian ada klasifikasi kedua, masih bakalan tapi sudah masuk ke penangkaran, harga burung kacer anakan klasifikasi ini sekitar Rp. 600.000. Lalu klasifikasi ketiga ada burung kacer dada putih ngeplong yang sudah bisa ngeriwik, dijual seharga Rp. 700.000.

Klasifikasi yang keempat ada kacer dada putih gacor tapi belum pernah ikut perlombaan, harganya sekitar Rp. 900.000. Dan klasifikasi burung kacer putih yang terakhir merupakan sang partisipan kontes, dijual kurang lebih Rp. 1.000.000.

7. Burung Kacer Dada Hitam

Untuk mengenali jenis burung kacer yang satu ini sangat mudah, kamu hanya perlu melihat bulunya yang dominan warna hitam. Warna hitam ini benar-benar melekat ke semua bagian tubuhnya termasuk perut dan sayap. Jadi tidak sulit untuk membedakannya dengan jenis burung kacer lainnya di pasaran.

Burung kacer hitam dibagi menjadi 2 jenis di pasaran, kacer hitam bakalan dan kacer hitam ngoceh. Untuk burung kacer hitam bakalan dijual seharga Rp. 500.000. Sedangkan untuk harga burung kacer hitam yang sudah bisa ngoceh biasanya dihargai sekitar Rp. 700.000.

8. Burung Kacer Poci

Kacer poci merupakan jenis burung kacer yang paling sering diikutkan dalam kontes. Jenis ini terkenal akan suara kicauannya yang merdu dan bisa bertahan dalam durasi yang lama.

Ada 3 macam burung kacer poci. Yang pertama kacer poci trotol yang dijual kisaran harga Rp. 150.000. Kedua ada bakalan poci dengan harga Rp. 300.000. Dan yang terakhir poci gacor atau yang sudah jadi, harganyar sekitar Rp. 1.000.000.

Baca juga: Harga burung kenari

Daftar Harga Burung Kacer

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat pada tabel daftar harga lengkap berikut, termasuk harga burung kacer bahan.

Jenis Burung KacerHarga Burung Kacer
Burung kacer betina mudaRp. 250.000
Burung kacer betina 1 tahunRp. 300.000
Burung kacer betina indukanRp. 350.000
Burung kacer putih bakalan muda hutan (jantan)Rp. 400.000
Burung kacer putih bakalan voer (jantan)Rp. 550.000
Burung kacer putih gacorRp. 850.000
Burung kacer putih kelas kontesRp. 950.000
Burung kacer jawa bakalanRp. 450.000
Burung kacer jawa jadiRp 1.200.000
Burung kacer hitam bakalanRp. 450.000
Burung kacer hitam ngocehRp. 650.000
Burung kacer poci bakalanRp. 350.000
Burung kacer poci trotolRp. 120.000
Burung kacer poci jadiRp. 1.000.000

Itu dia informasi lengkap mengenai jenis-jenis burung poci beserta harganya. Pastikan kamu selalu melakukan survey harga di daerah terdekat sebelum membeli burung kacer. Dan pilihlah yang sehat dan bermental kuat saat berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *