Harga burung kakatua anakan

Harga Burung Kakatua

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Burung kakatua merupakan jenis burung yang sangat unik dan terkenal di dunia. Selain karena keindahan bulunya dengan dihiasi berbagai warna, burung ini juga mempunyai berbagai kemampuan, salah satunya adalah bisa berbicara. Karena beragam keistimewannya tersebut, harga burung kakatua tergolong sangat mahal.

Apalagi harga burung kakatua yang bisa ngomong, biasanya jauh lebih mahal daripada burung kakatua biasa. Burung yang unik ini tergolong ke dalam keluarga Cacatuidae. Selain populer karena keunikannya, burung ini juga dikenal karena kecerdasannya. Tentu saja semua keistimewannya tersebut juga disebabkan oleh kecerdasannya.

Oleh karena kedua hal tersebut, burung kakatua sering tampil di berbagai acara hiburan baik di televisi maupun di kebun binatang. Biasanya mereka akan disuruh untuk melakukan beberapa hal seperti mengitung atau menirukan suara dari pemandunya.

Sayangnya, kini keberadaan burung kakatua kian langka. Hal ini dikarenakan eksploitasi berlebihan yang menjadikan mereka sebagai burung peliharaan atau burung sangkar. Oleh sebab itu jumlah burung kakatua semakin tahun semakin sedikit saja.

Sebagai respon untuk mencegah terus berkurangnya populasi burung kakatua, pemerintah Indonesia telah memberikan larangan keras aktivitas yang bisa merugikan spesiesnya. Biasanya kalau ada yang memelihara burung kakatua, akan segera dibuatkan atau dimintai surat izin terlebih dahulu.

Baca juga: Harga burung kenari

Jenis-Jenis Burung Kakatua

Harga burung kakatua maluku, macau, yang bisa ngomong

Burung kakatua dibagi menjadi beberapa jenis. Bagi kamu yang ingin memeliharanya tentu harus tahu dulu jenis-jenisnya. Berikut di bawah ini informasi lengkap seputar jenis-jenis burung kakatua di Indonesia beserta harganya.

1. Burung Kakatua Raja

Burung kakatua raja adalah jenis burung kakatua yang paling besar di dunia. Nama lainnya yaitu Probosciger Atterimus. Keunggulannya dalam segi ukuran tubuh tersebut membuatnya sangat fenomenal di kalangan para pecinta burung. Ciri khas burung kakatua raja yang satu ini adalah bulu berwarna pink yang terletak di bagian bawah matanya.

2. Burung Kakatua Jambul Kuning

Jenis burung kakatua dengan nama latin Cacatua Sulphurea ini mempunyai jambul berwarna kuning yang mudah dikenali. Hanya dengan melihat bentuk fisiknya saja, kamu sudah bisa mengenalinya dari jambul warna kuning tersebut.

Jenis ini merupakan salah satu yang paling banyak diminati karena warna bulu putih bersihnya dan hanya jambul yang ada di atas kepalanya yang warnanya kuning. Karena banyak diminati, burung ini dipatok dengan harga yang tidak murah. Kamu harus menyiapkan dana setidaknya Rp. 2.500.000 jika ingin membeli burung kakatua jambul kuning.

Kemudian setelah membelinya, kamu juga harus merawatnya baik-baik sesuai dengan karakternya agar tidak ada salah penanganan. Perlu kamu ketahui juga sebelum membeli burung ini, burung kakatua jambul kuning saat ini sudah termasuk ke dalam hewan yang dilindungi Undag-Undang. Oleh karena itu kamu harus tahu bagaiaman hukum yang berlakunya.

3. Burung Kakatua Jambul Putih

Jenis ini hampir mirip seperti jenis sebelumnya. Yang membedakan tentu saja hanya warna jambulnya saja. Kali ini ada burung kakatua jambul putih. Karena berhabitat di daerah Maluku Utara, Indonesia, jenis kakatua ini memiliki nama latin Cacatua Alba dan merupakan salah satu fauna endemik khas Indonesia.

Untuk memelihara hewan endemik yang satu ini, kamu merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya harga burung kakatua maluku ini bisa sampai di angka Rp. 20.000.000. Sayangnya populasi kakatua jambul putih di habitat asalnya telah mengalami penurunan yang benar-benar drastis, mencapai 70% setiap tahunnya. Hingga menyebabkan hewan ini dilindungi ketat-ketat.

Penurunan populasinya di alam bebas disebabkan banyak hal, namun yang paling utama adalah karena perburuan liar oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Ketika kamu melihat oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba menangkap hewan ini, bisa langsung dilaporkan agar diproses secara hukum dengan cepat dan bisa dijebloskan ke penjara.

4. Burung Kakatua Jambul Orange

Mungkin sebagian masyarakat hanya tahu jenis burung kakatua berjambul kuning dan putih saja. Namun ada juga jenis burung kakatua jambul orange atau jingga. Kamu juga bisa memeliharanya dengan aman. Secara fisik, bentuknya sama dengan jenis kakatua jambul kuning. Hanya warna jambulnya saja yang membedakan.

Bentuk fisiknya yang mungil kadang mampu membuat siapa saja yang melihatnya merasa gemas. Dibandingkan jenis kakatua jambul kuning, harga kakatua jambul orange lebih murah, hanya sekitar Rp. 1.900.000 sampai Rp. 2.300.000. Pastikan juga kamu sudah mempersiapkan berbagai macam keperluan perawatannya sebelum membelinya.

5. Burung Kakatua Galah

Burung kakatua galah memiliki karakteristik gagah, hampir mirip-mirip seperti namanya. Apalagi kalau sudah bertengger, akan terlihat sangat gagah. Ciri fisik kakatua galah adalah bagian dada yang berwarna merah muda, membuatnya selain terlihat gagah juga terlihat menawan. Di sisi lain, karena bulunya berwarna merah muda ia juga agak lucu dan imut.

Apabila dibandingkan dengan burung kakatua jambul orange, kamu perlu merogoh kantong lebih dalam lagi kalau mau beli burung kakatua galah. Harga satu ekornya berkisar di Rp. 4.500.000.

Sebenarnya masih ada jenis burung kakatua lainnya seperti kakatua macau. Namun, karena harga burung kakatua macau yang sangat mahal bisa mencapai belasan hingga puluhan juta, spesiesnya jarang ditemukan di pasaran.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Burung Kakatua

Tentu banyak alasan yang bisa mempengaruhi kenapa harga seekor burung kakatua bisa sangat mahal di pasaran. Maka dari itu, selain perlu mengetahui harganya, sebaiknya kamu juga tahu alasannya kenapa harganya bisa sangat mahal.

1. Sudah Terlatih

Semakin terlatih seekor hewan maka harganya juga akan semakin mahal. Hal ini juga tentu berlaku untuk burung kakatua. Sudah tidak perlu heran jika hewan terlatih dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Karena dengan membeli burung kakatua yang sudah terlatih, kamu tidak perlu susah-susah lagi untuk melatihnya. Biasanya, burung kakatua terlatih juga sudah memenangkan berbagai macam kontes.

2. Dilindungi Oleh Pemerintah

Hampir semua jenis burung kakatua di Indonesia merupakan hewan dengan status dilindungi dari perdagangan dan perburuan. Oleh karena itu, harganya bisa sangat tinggi di pasaran.

3. Hasil Impor Dari Luar Negeri

Biaya pengiriman dan pengurusan bea cukai yang tidak sedikit membuat hewan hasil impor lebih mahal daripada hewan lokal. Itulah mengapa ketika sudah sampai di Indonesia, burung kakatua impor hanya bisa jadi sangat mahal.

Baca juga: Harga burung parkit

Harga Burung Kakatua Lengkap

Secara umum, harga burung kakatua anakan selalu lebih murah daripada yang sudah dewasa. Karena usianya yang masih muda dan juga belum terlatih. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan tabel daftar harga burung kakatua berikut ini.

NoJenis Burung KakatuaHarga Kakatua
1Burung kakatua jambul anakan 5 bulanRp. 1.500.000
2Burung kakatua malukuRp. 1.500.000
3Burung kakatua mini jambul kuningRp. 2.000.000
4Burung kakatua rawaRp. 2.000.000
5Burung kakatua sanguineaRp. 2.500.000
6Burung kakatua jambul kuningRp. 2.500.000
7Burung kakatua goffinRp. 3.000.000
8Burung kakatua raja hitamRp. 4.000.000
9Burung kakatua indukan sepasangRp. 4.000.000

Demikian informasi terbaru dan terlengkap mengenai jenis-jenis burung kakatua beserta harganya. Kalau kamu ingin membeli dan memelihara seekor burung kakatua, pastikan kamu sudah membuat dan mengantongi izinnya juga ya. Agar tidak disangka sebagai aktivitas penyelundupan hewan illegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *