Cara melatih kucing
Sumber: https://www.hillspet.co.id/

Cara Melatih Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara melatih kucing – Kucing termasuk salah satu hewan peliharaan yang jinak dan secara umum mudah untuk dilatih. Hewan menggemaskan ini sudah menjadi sahabat manusia dari berbagai kalangan, mulai rakyat biasa hingga para raja sejak 9.000 tahun yang lalu.

Cara melatih kucing bisa terbilang gampang-gampang susah. Butuh kesabaran agar kucing kesayangan kamu menjadi jinak dan penurut. Kucing bisa kita ajari berbagai hal, mulai membiasakan buang kotoran di tempatnya, mengerti bahasa atau isyarat manusia, bisa bersalaman, dll. Prinsipnya kucing kita bisa kita latih agar pintar dan nurut. Berikut serangkaian cara mengajari kucing yang bisa kamu lakukan sendiri dimanapun.

Cara Melatih Kucing Dengan Cepat

Melatih kucing bersalaman

Sebenarnya dalam melatih kucing ada banyak sekali teknik yang harus kamu ketahui, dan setiap gerakan (bersalaman, isyarat manusia, dll) mempunyai teknik yang berbeda-beda. Berikut ini Sudut Hewan jelaskan.

1. Memperhatikan Kondisi Kucing Sebelum Dilatih

Sebelum melatih kucing agar nurut kepada kemauan kita, maka kita seyogyanya memperhatikan bagaimana kondisi kucing. Jika kucing menunjukkan gejala-gejala sensitive dikarenakan masa kawin atau sedang dalam kondisi marah karena bertengkar dengan kucing lainnya, maka niat untuk melatihnya hendaknya diurungkan terlebih dahulu.

Kunjungi juga: Cara mengobati kucing keracunan

Kucing yang dalam kondisi tidak tenang akan sulit sekali kita arahkan untuk mengikuti instruksi yang kita inginkan. Ini adalah cara melatih kucing agar nurut yang benar dan tepat.

2. Membuat Kucing Nyaman Sebelum Dilatih

Selain tidak dalam kondisi yang sensitive, kucing yang hendak kita latih juga harus dalam kondisi nyaman atau bahagia. Kita bisa melakukan beberapa hal seperti mengelus badannya dan menggelitik kepalanya. Dijamin si kucing akan semakin tenang dan mau merespon stimulus yang akan kita berikan nantinya.

3. Menyiapkan Kotak Kotoran

Perangkat ini terkait dengan ketika kita hendak melatih agar si kucing buang kotoran di tempat yang kita inginkan. Pelatihan ini adalah yang paling awal dan sangat dibutuhkan bagi kita yang memelihara kucing di dalam rumah. Karena jika kucing buang kotoran sembarangan, maka kitapun akan jadi ribet dan bisa muncul berbagai macam penyakit karenanya.

4. Menyiapkan Makanan Sebagai Reward

Kucing sebagaimana hewan lainnya sangatlah instingtif. Dia akan mengulangi hal-hal yang menyenangkan dan menjauhi hal yang tidak menyenangkan atau membahayakan. Pemberian reward setelah si kucing berhasil menjalankan instruksi yang kita inginkan seperti memanggil namanya untuk datang, akan menjadikan kucing mengingat bahwa menjalankan instruksi adalah hal yang menyenangkan.

Sehingga ia akan mengulanginya jika mendapatkan stimulus yang sama. Reward yang disiapkan adalah makanan atau snack yang memang disenangi oleh kucing kesayangan.

5. Menyiapkan Alat Bermain

Bermain juga bisa menjadi bagian dari cara melatih kucing agar pintar. Bermain adalah stimultan yang baik agar si kucing bahagia dan dalam bermain kita bisa mengajarkan banyak hal kepada si kucing. Bermain bersama bisa menguatkan hubungan antara pemilik dengan kucing peliharaan sehingga nantinya akan mudah untuk melatih si kucing.

6. Mengantisipasi Kebiasaan Yang Hendak Dirubah

Misal ketika kita ingin merubah kebiasaan kucing buang kotoran sembarangan menjadi buang kotoran di wadah khusus dan ternyata terkadang kucing buang kotoran di karpet. Maka, kita perlu langsung bertindak dengan membersihkan kotoran hingga bersih tak berbau. Jika masih berbau, maka si kucing akan tahu tempat tersebut sebagai tempat buang kotoran sehingga kebiasaan kucing yang lama bisa muncul kembali.

7. Menggunakan Isyarat Yang Tetap Atau Konsisten

Kucing memiliki memori sebagaimana manusia, jika kita memberikan petunjuk atau isyarat perintah seharusnya tetap konsisten jangan berubah. Perubahan pada isyarat perintah dapat menyebabkan kucing mengalami kebingungan, maka cara melatih kucing bersalaman adalah kita memberikan isyarat mengulurkan tangan ke arah kucing disertai reward ketika si kucing juga mengulurkan kaki depannya.

Lakukan terus secara konsisten, maka kucing akan memahami bahwa setiap kita mengulurkan tangan, maka dia akan mengulurkan kaki depannya.

8. Mendesain Rumah Menjadi Tempat Aman Bagi Kucing

Kucing juga membutuhkan kenyamanan agar mudah saat kita latih nantinya. Jika kamu memutuskan memelihara kucing di dalam rumah, maka menata ulang perabotan rumah menjadi penting. Barang-barang pecah belah yang pecahannya dapat melukai kucing harus diletakkan di tempat yang tidak dijangkau si kucing.

Kita tahu sendiri kalau hewan imut ini memiliki karakter yang lincah, sehingga bisa memanjat ke tempat-tempat dimana terdapat barang yang berbahaya bagi dia.

9. Mendesain Rumah Menjadi Tempat Bermain Kucing

Selain desain rumah yang aman, kita juga perlu mendesain rumah dengan tujuan menjadi tempat bermain bagi kucing. Adanya lorong-lorong, susunan balok, dan pilihan warna yang cerah dapat membuat kucing betah bermain di dalam rumah kita. Kucing yang dalam kondisi senang akan mudah sekali untuk dilatih melakukan hal yang kita inginkan.

Kunjungi juga: Cara menjinakkan kucing

10. Meningkatkan Intensitas Bermain Bersama

Jangan biarkan si kucing senantiasa bermain sendiri, kamu perlu terlibat di dalamnya. Intensitas yang tinggi bermain bersama kamu dan si kucing akan menjadikan hubungan kamu makin erat. Dan ini adalah cara melatih kucing agar mengerti bahasa manusia yang paling ampuh.

Kucing akan mengenali kamu sebagai sosok yang ramah bagi dia, sehingga apa yang kamu suruh bisa segera direspon oleh si kucing dengan baik. Gunakan isyarat-isyarat yang disertai reward untuk mengganti kalimat perintah dalam bahasa manusia.

Misalnya kita bisa menggunakan isyarat menjulurkan tangan yang disertai reward pemberian makanan untuk mengganti kata salaman. Lambat laun kucing akan mengerti bahasa manusia karena sudah disimbolkan tadi.

11. Meningkatkan Intensitas Jalan-Jalan Bersama

Selain bermain bersama, jalan-jalan bersama juga bisa meningkatkan kedekatan kamu dengan kucing kesayangan. Hewan ini karena begitu lincahnya, sangat suka jika diajak jalan-jalan di sekitar rumah atau di area taman umum.

12. Memberi Makan Dan Minum Kucing Secara Konsisten

Kucing juga bisa setia layaknya anjing. Pemberian makan dan minum secara teratur akan membuat si kucing memandang kita sosok yang baik. Ketika lapar, kucing akan mendekat kepada kita dan tampak lebih menurut.

13. Mengobati Kucing Yang Sakit Sesegera Mungkin

Kepedulian kita kepada kucing yang sedang sakit bisa berefek nurutnya kucing kepada kita. Kucing juga merasakan kebaikan yang kita berikan, sehingga setelah sembuh kucing akan cenderung mendekat dan manja ke kita.

14. Menunjukkan Perilaku Yang Diinginkan Dihadapan Kucing

Dalam membentuk kebiasaan hewan, kita perlu mencontohkan bagaimana kebiasaan tersebut. Hal ini disebabkan karena kita tidak mungkin memberi pengertian kepada kucing betapa pentingnya kebiasaan tersebut. Sehingga lebih mudah menunjukkan langsung kepadanya perilaku yang bagaimana harus ia lakukan.

15. Mengulangi Berkali-Kali Perilaku Yang Ingin Dilatihkan Ke Kucing

Repetisi atau pengulangan sangatlah perlu agar latihan-latihan tersebut dapat menjadi sebuah kebiasaan bagi kucing.

Kamu juga bisa mengikuti cara di video berikut ini agar kucing kamu cepat jinak dan terlatih.

 

Kunjungi juga: Cara mengetahui umur kucing

Ke 15 cara melatih kucing di atas bisa kamu lakukan di rumah kapan saja. Tidak perlu dijalankan sebagaimana urutan di atas, mana yang mudah untuk dilakukan, maka bisa dilakukan terlebih dahulu. Prinsipnya sebenarnya ada pada konsistensi kita dalam melakukannya. Kucing akan melihat konsistensi tersebut sebagai kebiasaan yang secara tidak sadar akan ia lakukan dan menjadikan kegiatan tersebut sebagai kebiasaannya.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *