Cara mengusir kucing

Cara Mengusir Kucing

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara mengusir kucing – Kucing memang dikenal sebagai hewan yang ramah dan jinak. Namun tidak semua jenis kucing memiliki tabiat demikian. Terkadang kucing-kucing lokal yang liar justru memiliki kecenderungan nakal dan menganggu. Bagi kamu yang sangat suka kucing, tabiat nakal si kucing bisa kamu anggap hal yang wajar. Namun bagi yang tidak terlalu suka kucing yang liar, maka ini sangat menganggu.

Ada banyak cara mengusir kucing yang menganggu kegiatan kamu sehari-hari. Artikel ini bisa menjadi referensi penting bagi kamu yang ingin mengusir kucing dari tempat tinggal kamu. Berikut beberapa cara mengusir kucing yang bandel, yang dapat kamu praktekkan di rumah dengan mudah.

Cara Mengusir Kucing Yang Baik Dan Benar

Jadi, ada 15 cara yang sudah Sudut Hewan rangkum pada berikut ini agar ketika mengusir kucing tidak menyakitinya.

Baca juga: Cara melatih kucing

1. Jangan Pernah Memberikan Makanan Atau Minuman

Kucing termasuk hewan yang bisa mengingat dan membedakan mana tempat yang dianggap sumber makanan dan mana tempat yang bisa digunakan untuk buang kotoran. Jika kamu memberi makan kucing liar yang mampir dan menganggu di rumah kamu, maka ini langkah yang keliru. Kucing tersebut akan menjadikan kamu sosok yang akan memberikan makanan untuknya, kucing akan kembali lagi kepada kamu ketika merasa lapar.

2. Tutup Akses Makanan

Kucing bisa kembali lagi ke rumah kamu karena ada akses makanan yang bisa dimasuki. Jika akses ini tidak ditutup, maka kucing akan menganggap rumah kamu sebagai sumber makanan. Pastikan kamu menutup akses ke tempat makanan seperti jendela, pintu dan juga tong sampah yang biasa kamu gunakan untuk membuang sisa makanan.

3. Jaga Kebersihan Di Sekitar Rumah

Jika sekitar rumah kamu terdapat banyak sampah sisa makanan, maka ini bisa menjadi salah satu sumber penyebab datangnya kucing-kucing liar yang menganggu. Sehingga kamu harus rajin membersihkan lingkungan sekitar dari sampah, terutama sampah organik sehingga si kucing tidak akan menganggap rumah kamu sebagai tempat makannya.

4. Sesegera Mungkin Hilangkan Jejak

Jejak yang dimaksud salah satunya adalah kotoran kucing. Bisa bab kucing atau air kencing kucing. Kucing akan mengenali dimana lokasi ia untuk buang kotoran melalui indera penciuman. Sehingga jika ada bekas kotoran kucing, segera dibersihkan dan dipastikan tidak berbau lagi sehingga tidak akan didatangi oleh si kucing lagi.

5. Gunakan Kapur Barus

Perlu kamu ketahui bahwa kucing tidak menyukai bau kapur barus, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk mengusir kucing. Bagaimana cara mengusir kucing dengan kapur barus? Kamu bisa langsung menggerus kapur barus hingga menjadi butiran kecil kemudian tempatkan di lokasi-lokasi yang biasa dijadikan tongkrongan si kucing.

Bisa juga digunakan untuk menghiangkan bau bekas kotoran kucing sehingga kucing tidak akan berada disana lagi untuk buang kotoran.

6. Memasang Pagar Anti Kucing

Jika kamu memiliki cukup dana, kamu bisa menggunakan cara ini. Memasang pagar anti kucing memang membutuhkan biaya yang besar karena desain pagar akan sangat tinggi. Hal ini dikarenakan kemampuan kucing yang memanjat dan melompat yang tinggi membuat pagar biasa tidak akan mampu menghambat kucing masuk.

Dibutuhkan pagar yang dibuat tanpa celah atau ada celah namun sempit sehingga kucingpun tidak akan bisa menerobos masuk, dan juga sangat tinggi.

7. Gunakan Air

Ini termasuk cara yang paling alami dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kucing liar yang menganggu. Pada umumnya kucing sangat tidak suka air, sehingga jika kita semprotkan air ke tubuh kucing, kucing akan segera berlari menjauh. Cara ini tergolong sangat efektif dalam jangka pendek, namun tidak lama kemudian bisa jadi si kucing akan kembali lagi.

8. Gunakan Serai

Serai sebagaimana kapur barus, memiliki bau yang khas dimana para kucing tidak begitu suka. Sehingga menempatkan beberapa batang serai di sudut-sudut rumah atau lokasi yang biasa ditempati kucing bisa menjadi cara mengusir kucing liar.

9. Gunakan Lemon

Ternyata bau lemon juga tidak disukai oleh kucing. Caranya adalah iris beberapa potong lemon, kemudian peras dan campurkan dengan air. Semprotkan ke beberapa titik yang biasa dilalui kucing. Cara ini termasuk berbiaya tinggi mengingat harga lemon tergolong cukup tinggi, namun masih layak untuk kamu coba.

10. Taburkan Lada

Indera penciuman kucing sangatlah tajam dan sensitif. Aroma-aroma seperti lada bisa membuat tidak nyaman kucing. Sehingga jika ada kucing liar yang datang menganggu, kamu tinggal menaburkan bubuk lada ke kucing, maka kucing akan segera berlari menjauh.

11. Pindahkan Kucing Ke Tempat Jauh

Ini adalah cara pengusiran tanpa bantuan alat atau bahan apapun. Kamu tinggal menangkap kucing kemudian bawa pergi ke tempat yang jauh. Pastikan tempat itu bisa menjadi sumber makanan bagi si kucing sehingga si kucing akan betah disitu. Biasanya pasar adalah lokasi yang tepat bagi kucing. Ingat, pindahkan sejauh mungkin karena kucing bisa tahu jalan kembali berkat indera penciuman yang tajam.

12. Menggunakan Rekaman Suara Anjing

Anjing umumnya menjadi musuh bagi kucing. Gonggongan anjing bisa membuat kucing waspada dan akan menjauh. Sehingga rekaman suara anjing yang menggonggong bisa menjadi solusi praktis untuk mengusir kucing liar. Namun pastikan kamu juga tidak terganggu dengan suara gonggongan anjing.

13. Menggunakan Botol Air Mineral

Cara mengusir kucing yang satu ini sangatlah unik dan sudah umum dilakukan oleh masyarakat Jepang. Berbekal asumsi bahwa kucing benci air, maka jika kita menaruh banyak botol berisi air di daerah dimana kucing biasa buang kotoran atau nongkrong, maka si kucing akan segan mendekat. Dengan demikian kita bisa mengusir kucing tanpa kita bersusah payah lagi.

14. Lempari Dengan Benda Lunak

Cara ini bisa menjadi ajang refreshing juga buat kamu. Kucing akan menganggap benda-benda yang dilemparkan ke dia sebagai sesuatu yang mengancam, maka respon kucing akan berlari menjauh. Namun pastikan benda yang akan kamu gunakan untuk dilemparkan ke kucing aman ya.

Bisa menggunakan kertas yang diremas-remas menjadi bola, mainan yang terbuat dari karet, atau benda apapun yang penting tidak akan melukai kucing. Kita memang tidak mau diganggu si kucing namun kita juga jangan mengusirnya dengan cara melukainya.

15. Memelihara Tanaman Yang Tidak Disukai Kucing

Bagi kamu yang suka merawat tanaman, cara ini sangat menyenangkan. Ternyata ada beberapa tanaman yang mengeluarkan bau dimana kucing tidak suka. Beberapa tanaman tersebut semisal rue, lavender dan pennyroyal dapat kamu gunakan untuk mengusir kucing yang bandel.

Baca juga: Cara menjinakkan kucing

Berbagai cara mengusir kucing di atas berlaku bagi kucing-kucing liar yang menganggu. Namun sebenarnya hadirnya kucing bisa menjadi solusi dalam mengendalikan tikus yang ada di lingkungan sekitar kita. Bahkan dalam sejarah di Mesir Kuno sudah sejak lama menggunakan kucing sebagai hewan yang menjaga lumbung padi dari serangan hewan pengerat seperti tikus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *