macam macam bunga hias

Macam Macam Bunga Hias

Memiliki pekarangan rumah yang luas tak lengkap rasanya jika dibiarkan kosong begitu saja. agar pekarangan rumah semakin cantik, kamu bisa menanam berbagai macam macam bunga hias yang indah.

Sekarang ini, banyak sekali orang yang menjual bunga hias dengan beragam warna, jenis, dan ukuran. Semakin menjamurnya penjual bunga hias menandakan bahwa ada respon positif dari masyarakat. Di tengah hiruk pikuk pekerjaan, menyegarkan pikiran dengan menanam bunga hias adalah hal yang menarik.

Macam-Macam Bunga Hias Beserta Gambarnya

Selain itu, harga bunga hias sendiri tidak terlalu mahal lho! Bahkan kamu bisa membelinya dengan harga di bawah sepuluh ribu rupiah. Ada banyak sekali macam macam bunga hias yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya akan kami rangkup dalam pembahasan berikut ini. Siapa tahu kamu tertarik untuk membelinya!

1. Melati

bunga melati

Bunga melati berasal dari Eurasia, Australasia, dan Oseania. Setidaknya, ada 200 spesies bunga melati. Namun yang sering dibudidayakan adalah spesies Jasminum sambac.

2. Melati Bintang

Memiliki nama latin Jasminum Multiflorum, melati jenis ini dikenal dengan bentuknya yang mirip bintang, sehingga disebut juga dengan melati bintang. Namun secara keharuman kurang begitu kuat.

3. Melati Jepang

Secara bentuk sama dengan bunga melati putih pada umumnya, namun ada aksen ungu di klopak bunganya. Secara keharuman masih kalah dengan melatih putih.

4. Melati Kuning

Tanaman ini paling rimbun jika dibandingkan dengan jenis tanaman melati lainnya. warna bunganya tidak umum sebagaimana melati lainnya, yakni kuning.

5. Melati Belanda

Asal tanaman ini adalah India dan Thailand. Kekhasan dari melati Belanda adalah warna bunganya yang warna-warni. Ada merah muda, putih, ungu, kuning dan lain sebaginya.

6. Petunia

bunga petunia

Tanaman cantik dengan nama latin Petunia berasal dari Amerika Selatan ini memiliki daya tarik tersendiri. Warna dari bunganya bermacam-macam, seperti merah, putih, kuning, biru, dan ungu tua. Tinggi petunia dapat mencapai 16-30 cm dengan mahkota tunggal dan ganda.

7. Kembang Sepatu

bunga kembang sepatu

Kembang sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis adalah bunga hias yang berasal dari Asia Timur. Bunga ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropics dengan tinggi tanaman mencapai 2 hingga 5 meter.

8. Bugenvil

bunga bugenvil

Bougainvillea atau biasa disebut dengan bugenvil adalah tanaman asli Amerika Selatan dan dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam di perumahan. Bugenvil memiliki banyak warna seperti putih, merah muda, dan kuning. Tanaman cantik ini disebut juga sebagai bunga kertas karena kelopak bunganya yang tipis seperti kertas.

9. Pentas

bunga pentas

Bunga hias selanjutnya yang bisa anda pilih adalah Pentas lanceolata atau bunga pentas. Bunga pentas dapat ditemukan di Afrika Selatan, Komoro, Madagaskar, dan Semenanjung Arab.

10. Anggrek

bunga anggrek

Sebagian besar bunga anggrek banyak ditemukan di daerah tropis. Memiliki nama latin Orchidaceae dan menjadi favorit kebanyakan orang karena bentuk dan warnanya yang indah. Bunga dengan batang tunggal ini merupakan bunga yang cocok sebagai hiasan meja rumah atau kantor.

Baca juga: Cara menanam bunga anggrek

11. Anggrek Bulan

Ini berbeda dengan bunga anggrek sebelumnya, bunga ini memiliki nama latin Phalaenopsis Amabilis. Memiliki ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih membuat bunga ini ketika mekar sempurna akan sangat cantik.

12. Anggrek Hitam

Tanaman ini menjadi satu diantara beberapa tanaman yang digunakan sebagai mascot provinisi Kalimanta Timur. Bernama latin Coelogyne Pandurata. Dikenal sebagai anggrek hitam dikarenakan adanya warna hitam pada bunga yang bentuknya mirip lidah.

13. Anggrek Kantong Kelopaking

Tanaman ini hidup di habitat yang tidak umum untuk kategori tanaman hias, yakni di bebatuan yang berlumut. Namun bentuknya yang unik dan menarik dianggap sangat bagus untuk pekarangan rumah belakang maupun depan. Dan fakta uniknya, bunga ini hanya ada di Kalimantan Tengah dan termasuk tanaman yang amat langkah.

14. Anggrek Tebu

Anggrek jenis ini termasuk yang paling besar diantara jenis anggrek selainnya. Tingginya bisa mencapai 3 meter. Memiliki warna dasar kuning dengan bintik-bintik hitam dan coklat merah. Jika batang pohon anggrek ini dipotong, ia akan bertahan hidup bisa sampai 2 bulan lamanya.

15. Teratai

bunga teratai

Jika anda memiliki kolam ikan di pekarangan rumah, alangkah baiknya jika anda menambahkan bunga teratai di atasnya. Ciri khas dari bunga bernama latin Nymphaea ini adalah berdaun lebar yang mengapung di atas air dengan bunga mekar yang indah di bagian tengahnya.

16. Iris

bunga iris

Nama latin dari bunga ini adalah Iris Germanica, bunga iris dominan berwarna ungu. Pada zaman dahulu bunga ini dikenal sebagai lambang kebijaksanaan, harapan dan kesetiaan.

17. Mawar

bunga mawar

Jika iris dikenal sebagai lambang kebijaksanaan, maka lambang cinta dan romansa jatuh pada bunga mawar. Bunga mawar dikenal memiliki bentuk yang sangat indah, sehingga kita perlu merawatnya dengan ekstra hati-hati karena banyak orang yang melirik dan memetik dengan sembarangan.

Baca juga: Cara menanam bunga mawar

18. Mawar Ballerina

Warna bunga mawar jenis ini adalah merah muda yang lembut dengan aksen warna putih dalam mahkota bunganya. Keunggulan dari mawar ballerina adalah dapat berbunga terus menerus atau lebih sering berbunga dibandingkan dengan mawar jenis lainnya.

19. Mawar Blaze

Jika anda menginginkan tanaman yang merambat namun memiliki bunga yang sangat indah, maka pilihan yang tepat adalah Mawar Blaze. Kelopak bunganya mencapai 25 lembar dan sedikit berbau harum.

20. Mawar Bonica

Tanaman ini bisa berulang kali mekar dan yang paling umum di penghujung musim semi atau pada awal musim panas. Warna kelopak bunganya merah muda yang agak gelap.

21. Mawar Chrysler Imperial

Berbeda dengan mawar jenis lainnya, mawar jenis ini memiliki warna merah yang tua. Selain itu, diameter kelopak bunga ketika mekar tergolong sangat besar, yakni mencapai 12,7 cm.

22. Mawar Doble Delight

Tergolong mawar semak dengan kombinasi dua warna, yakni merah muda dan putih pada kelopaknya. Kekhasan mawar jenis ini adalah aromanya yang kuat mirip dengan rempah-rempah.

23. Mawar Iceberg

Dikembangkan pertama kalinya oleh Reimer Kordes dari Jerman pada tahun 1958. Warna putih menjadi kekhasan mawar iceberg serta memiliki aroma yang cukup kuat.

24. Matahari

macam macam bunga hias

Tanaman yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Di taman-taman kota, bunga matahari mudah sekali kita jumpai. Terkenal dengan bentuk seperti matahari yang bersinar dengan warna khas kuning cerah.

Baca juga: Cara menanam bunga matahari

25. Ariocarpus

bunga ariocarpus

Tanaman ini tergolong jenis kaktus, yang khas dari Ariocarpus adalah bentuknya yang seperti prisma. Dan uniknya, tanaman indah ini tanpa duri, berbeda dengan tanaman kaktus pada umumnya.

26. Careus Tetragonus

bunga careus tetragonus

Kaktus yang berasal dari benua Amerika ini tingginya bisa mencapai 2 meter. Bentuknya yang seperti kastil menjadi ciri khas yang banyak disukai.

27. Parodia

bunga parodia

Kaktus jenis ini bentuknya mirip bola namun berduri. Di bagian atasnya terdapat bunga yang berwarna kuning atau pink.

28. Cemara

bunga cemara

Tanaman yang umum dikenal sebagai pohon natal, juga bisa disebut tanaman hias. Hal ini dikarenakan bentuknya yang sangat menawan. Anda juga bisa membonsai cemara untuk memperoleh bentuk tanaman yang unik.

29. Palem

bunga palem

Tanaman hias ini daunnya mirip dengan daun kelapa, namun secara bentuk jauh lebih kecil dari pohon kelapa sehingga sangat cocok sebagai tanaman hias.

30. Tulip

bunga tulip

Bunga ini dapat anda temukan di Benua Afrika, Asia, hingga Eropa walaupun tanaman ini berasal dari Asia Tengah. Bunga yang berbentuk kuncup dengan warna yang menawan ini memiliki nama latin Tulipa.

Macam macam bunga hias diatas bias anda pilih sesuai selera anda, luas pekarangan, maupun jenis tanah di daerah anda.

Pencarian Popular:
macam macam bunga hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *