Harga ayam cemani terbaru

Harga Ayam Cemani

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Ayam cemani adalah spesies ayam unik yang berwarna hitam. Warna hitam legam pada ayam cemani tidak hanya menempel pada bulunya saja, melainkan juga pada darah, daging dan tulangnya. Keunikannya ini lah yang membuat harga ayam cemani menjadi sangat mahal.

Harganya yang mahal juga membuat keberadaan ayam cemani menjadi sangat langka. Sebagian orang percaya bahwa ayam cemani dapat menjadi obat yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh dunia medis.

Mahalnya harga ayam cemani hitam dipengaruhi oleh sulitnya proses pengembangbiakkannya. Maka tidak heran jika ayam cemani dijual dengan harga yang sangat tinggi, yaitu di kisaran jutaan rupiah. Walaupun harganya mahal, ayam cemani tetap banyak dicari. Berikut pembahasan mengenai ayam cemani asli dan harganya.

Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli

Ciri-ciri ayam cemani asli

Kita sudah sama-sama tahu bahwa harga ayam cemani asli sangat mahal di pasaran. Akan tetapi apabila kamu hendak membeli seekor ayam jenis ini, sangat penting bagimu untuk memahami ciri-ciri ayam cemani asli untuk mencegah dan menghindari penipuan yang biasa dilakukan oleh para oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Ciri khas ayam cemani adalah warna hitam legam di seluruh bagian tubuhnya. Namun tidak jarang ada oknum penjual yang menggunakan pewarna atau sepuhan pada ayam jenis biasa agar bisa mengelabuhi pembeli. Oleh karena itu, sebelum mulai mencari dan akan membeli salah satu ekor ayam cemani, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri ayam cemani asli terlebih dahulu. Berikut ciri-ciri ayam cemani.

Baca juga: Harga ayam bangkok

1. Bagian Paruh

Sama seperti bagian tubuhnya yang lain, paruh ayam cemani juga berwarna hitam. Ketika usianya masih kecil, paruh ayam cemani akan sangat terlihat. Namun ketika beranjak tumbuh dan sudah mencapai usia dewasa, biasanya warna hitam yang ada di bagian ujung paruh ayam cemani akan sedikit memudar karena sering dipakai untuk mematuk. Meskipun begitu, perbedaan antara paruh ayam cemani dan ayam biasa akan sangat terlihat.

2. Bagian Bulu

Bulu ayam cemani sama seperti bulu ayam jenis lain pada umumnya. Hanya warna hitam saja yang menjadi perbedaannya. Akan tetapi, tetap saja warna hitam yang dimiliki ayam cemani pada bulunya terkesan sangat unik. Ketika ingin membeli ayam cemani, coba perhatikan dulu warna bulunya. Apabila terdapat perbedaan ketebalan warna pada bulu yang satu dengan bulu yang lainnya, maka kamu patut mempertanyakan keasliannya.

3. Bagian Jengger

Tak seperti jengger ayam pada umumnya yang berwarna merah, bagian jengger ayam cemani asli juga berwarna hitam. Selain jengger, ayam cemani juga mempunyai mata yang warnanya hitam legam.

4. Bagian Kaki

Jika biasanya bagian kaki atau ceker ayam berwarna putih dan kekuningan, maka tidak dengan ceker ayam cemani. Ayam cemani mempunyai ceker yang berwarna hitam, tapi tidak terlalu legam karena terdapat sisik pada tekstur kulit kakinya. Oleh sebab itu, jika kaki ayam cemani kering, maka akan terlihat sedikit warna putih.

5. Bagian Lidah

Bagian lidah merupakan hal yang paling unik dan khas dari seekor ayam cemani asli. Lidah ayam cemani juga berwarna hitam. Jadi, ketika hendak membeli ayam cemani, pastikan bahwa kamu benar-benar melihat dan memeriksa bagian lidah dan tenggorokannya terlebih dahulu.

Manfaat Ayam Cemani

Walapun manfaat ayam cemani belum bisa dibuktikan dalam dunia medis melalui berbagai penelitian dan riset, namun manfaat ayam cemani sudah dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu metode pengobatan yang ampuh.

Ayam cemani bisa diolah menjadi minyak pengobatan yang bisa mengobat berbagai keluhan, misalnya meningkatkan vitalitas dan kejantanan pria, mengobati luka, menyembuhkan keseleo dan lain sebagainya. Berikut manfaat dari ayam cemani.

1. Menambah Vitalitas Tubuh

Oleh sebagian masyarakat, darah ayam cemani dipercaya mampu menambah vitalitas bagi pria dewasa dalam hal berhubungan intim. Dengan meminum darah ayam cemani, dikatakan hubungan intim bersama pasangan akan lebih menggairahkan.

Selain darahnya, telur dari ayam cemani juga dipercaya mempunyai khasiat yang sama. Cara mendapatkan khasiat dari telur ayam cemani adalah dengan mengkonsumsinya setelah telur direbus terlebih dahulu.

2. Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Daging ayam cemani dapat diolah menjadi minyak dengan cara dikukus. Olahan minyak ayam cemani ini dapat menyembuhkan luka pada kulit. Cukup oleskan minyak ayam cemani pada area kulit yang terdapat luka. Meskipun belum dapat dibuktikan secara medis, banyak orang sudah merasakan khasian minyak ayam cemani ini.

3. Mengobati Keseleo

Selain dapat menyembuhkan luka kulit, minyak ayam cemani juga dikatakan bisa mengobati bagian tubuh yang keseleo. Oleskan minyak ayam cemani di bagian tubuh yang keseleo sambil pijat bagian tubuh tersebut secara perahan. Maka keseleo dipercaya akan sembuh dengan cepat.

Mitos Ayam Cemani

Masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan mitos-mitos yang sudah menjadi budaya nusantara. Ada banyak berbagai macam mitos yang tersebar di kalangan masyarakat, termasuk mitos ayam cemani. Mitos ayam cemani diturunkan secara turun temurun sejak zaman dulu. Hal ini juga yang menjadi faktor betapa mahalnya harga ayam cemani untuk ritual.

Walaupun tidak bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan dan sains, tapi tetap saja ada banyak orang yang mempercayai kebenaran dari mitos-mitos ayam cemani. Berikut beberapa mitos ayam cemani.

1. Bisa Untuk Memperoleh Kesaktian

Tidak sedikit orang percaya bahwa ayam cemani dapat dimanfaatkan untuk memperoleh kesaktian tubuh, mulai dari kebal senjata tajam maupun jenis kesaktian yang lain.

2. Menambah Keberuntungan dan Rezeki

Sebagian orang percaya bahwa telur ayam cemani mampu memudahkan rezeki. Dengan menyimpan telur ayam cemani, maka katanya keberuntungan akan datang kepada pemiliknya. Hal ini tentu sangat berlawanan dengan prinsip agama. Walaupun begitu masih banyak orang percaya dengan mitos ini.

3. Ritual Ghaib

Biasanya ayam cemani juga digunakan sebagai tumbal atau sesajen dan menjadi bagian dari ritual ghaib pada saat sebuah bangunan, jembatan atau bendungan dibangun. Ayam cemani juga sering dijadikan tumbal sebelum membuka sebuah usaha.

Katanya tumbal ayam cemani bisa melancarkan usahanya. Dalam agama Islam, perbuatan ini tentu saja tergolong musyrik dan termasuk salah satu dosa besar.

4. Menangkal Roh Jahat

Memelihara ayam cemani juga dipercaya mampu mengusir roh jahat yang akan mengganggu pemilik rumah atau anak bayinya yang baru lahir. Hal ini disebabkan ayam cemani memiliki bulu berwarna hitam legam yang berkemampuan mistis dapat mengusir roh jahat.

Baca juga: Harga ayam kate

Harga Ayam Cemani

Disamping manfaat dan berbagai macam mitosnya, tetap saja ayam cemani memiliki keindahan dan keunikan tersendiri bagi para pecinta ayam. Berikut daftar harga ayam cemani asli yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

NoUmur Ayam CemaniHarga Ayam Cemani
1TelurRp. 80.000-an
21 BulanRp. 110.000-an
32 BulanRp. 150.000-an
43 BulanRp. 200.000-an
54 BulanRp. 300.000-an
65 BulanRp. 500.000-an
7Betina DewasaRp. 1 Juta-an - Rp. 1,6 Juta-an
8Jantan DewasaRp. 2 Juta-an - Rp. 2,6 Juta-an
9Ayam Cemani LangkaRp. 40 Juta - Rp. 70 Juta

Sekian pembahasan mengenai ayam cemani dan daftar harga ayam cemani hitam dari berbagai usia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *