manfaat kulit buah naga

Manfaat Kulit Buah Naga

Bismillahirrahmanirrahim, Buah naga atau disebut dengan nama ilmiah Hylocereus adalah buah yang sudah cukup dikenal di berbagai Negara termasuk Indonesia. Tanaman ini sebenarnya asalnya dari daerah Amerika Selatan dan Tengah. Buah naga termasuk jenis kaktus dan di daerah Asia sudah banyak sekali yang membudidayakan. Buah naga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah manfaat kulit buah naga.

Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Sudah banyak yang mengakui bahwa buah naga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Diantaranya adalah antioksidan vitamin C, vitamin E, serat yang tinggi dan masih banyak yang lainnya. Bahkan di kalangan tertentu dikenal dengan buah ajaib karena dapat memberikan efek kesehatan yang ajaib. Namun, umumnya masyarakat hanya mengkonsumsi daging buahnya saja. Padahal kulit buah naga juga mengandung banyak manfaat kesehatan buat tubuh kita. Berikut setidaknya ada 8 manfaat kulit buah naga yang Sudut Kebun rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Menangkal Radikal Bebas

buah naga menangkal radikal bebas

Kita mengenal antiokasidan adalah senyawa yang dapat menangkal segala macam radikal bebas yang menyebabkan penyakit. Dalam kulit buah naga ternyata kaya akan antioksidan seperti anthocyanin. Karena kandungan senyawa inilah, banyak produsen kosmetik menggunakan kulit buah naga untuk produk kosmetiknya. Manfaat kulit buah naga untuk wajah dan kulit terbukti sangatlah banyak. Salah satunya adalah memberikan kelembaban alami dan penangkal radikal bebas yang menempel pada kulit wajah dan tubuh lainnya.

2. Melenturkan Pembuluh Darah

buah naga melancarkan pembuluh darah

Pembuluh darah yang keras menjadi masalah serius bagi penderita penyakit jantung koroner. Serangan jantung bisa datang tiba-tiba dan membuat pecah pembuluh darah. Dengan melenturkan pembulu darah, maka resiko masalah jantung yang menyebabkan stroke bahkan kematian dapat diminimalisir dengan baik. Kulit buah naga adalah solusi alami tanpa efek samping untuk melenturkan pembuluh darah. Ada dua senyawa yang terdapat di kulit buah naga yang berperan penting untuk tugas ini, yakni senyawa aktif araxast 12 dan pentacylic triyepene. Keduanya bersinergi untuk dapat melenturkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan maupun kaku.

Baca juga: Cara menanam buah naga

3. Mencegah Penyakit Aterosklerosis

manfaat kulit buah naga untuk wajah

Dengan lenturnya pembuluh darah, maka resiko penyakit penyempitan pembuluh darah atau dikenal dalam bahasa kedokteran dengan istilah aterosklerosis dapat diminimalkan. Jika seseorang mengalami penyempitan pembuluh darah, maka terjadilah serangan jantung yang bisa berakibat fatal. Cara kerja senyawa antioksidan yang ada di kulit buah naga adalah dengan menghambat proses aterogenesis melalui oksidasi lemak jahat dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Kanker

buah naga mencegah kanker

Menurut sebuah studi penelitian mengenai kandungan kulit buah naga, tercatat hasil yang mengejutkan bahwasannya kulit buah naga mengandung banyak sekali senyawa fitoalbumin dan vitamin C. Fitoalbumin yang berkombinasi dengan vitamin C merupakan dua senyawa antioksidan super yang dapat mencegah munculnya penyakit sejenis kanker. Mulai dari kanker darah, payudara, hati, paru-paru dan sebagainya.

5. Dapat Mendeteksi Adanya Boraks dan Formalin Dalam Makanan

manfaat kulit buah naga merah

Manfaat kulit buah naga merah yang satu ini pasti jarang sekali orang mengetahuinya. Padahal pengetahuan ini sangatlah penting mengingat dewasa ini banyak sekali pedagang makanan yang ingin meraup keuntungan besar dengan menggunakan cara-cara berbiaya murah seperti menggunakan bahan-bahan berbahaya ini. Kita tahu bahwa baik boraks maupun formalin dalam jangka panjang akan sangat buruk bagi kesehatan bahkan dipercaya bisa menyebabkan munculnya penyakit kanker. Cara memanfaatkan kulit buah naga untuk mendeteksi boraks atau formalin sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan kulit buah naga dan potong kecil-kecil
  • Rendam kulit buah naga dengan air tawar
  • Tambahkan perasan jeruk dan diamkan beberapa saat hingga air bewarna merah
  • Celupkan tisu hingga terendam
  • Angkat dan letakkan tisu ke makanan yang hendak dideteksi
  • Jika warnah tisu berangsur-angsur menjadi putih kembali, maka makanan tersebut tidak mengandung boraks maupun formalin
  • Namun jika warna tisu tetap merah, maka jangan makan makanan tersebut karena pasti mengandung borask dan atau formalin

Langkah dan bahan yang perlu anda siapkan sangatlah mudah, sehingga anda bisa langsung menerapkannya. Cara ini sangatlah aman, senyawa yang terserap pada makanan dari rendaman kulit buah naga tidaklah berbahaya.

6. Menyamarkan Keriput

manfaat kulit buah naga untuk kantung mata

Manfaat kulit buah naga untuk kantung mata juga sangat tinggi. Masalah kantung mata dan juga keriput di area samping mata sudah umum diresahkan oleh banyak orang khususnya kaum perempuan. Tampilan yang kurang menarik menjadi salah satu alasan yang kuat mengapa mereka mengeluhkannya. Namun jangan khawatir, karena kandungan vitamin C dan E yang sanat tinggi di kulit buah naga dapat mengatasi masalah tersebut. langkah-langkahnya sangat sederhana, prinsipnya jadikan kulit buah naga sebagai masker wajah.

  • Potong kecil-kecil kulit buah naga
  • Anda bisa memilih cara tradisional dengan ditumbuk atau diblender untuk menghasilkan adonan kulit buah naga
  • Adonan tersebut kemudian jadikan masker yang bisa dioleskan ke kantung mata dan bagian wajah yang keriput
  • Untuk waktu yang optimal disarankan gunakan pada malam hari sebelum tidur dan lakukan secara rutin

Jika langkah-langkah diatas sudah anda lakukan, maka berangsur-angsur masalah kulit wajah dan kantung mata yang anda alami akan hilang.

7. Mengatasi Tumor

manfaat kulit buah naga untuk kesehatan

Manfaat kulit buah naga berikutnya adalah dapat mengatasi dan mencegah sel tumor muncul dan berkembang. Kandungan banyak senyawa antioksidan yang ada pada kulit buah naga adalah penyebabnya. Cara kerja senyawa ini adalah dengan menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel abnormal yang bakal menjadi tumor. Cara mengelola kulit buah naga untuk masalah ini sangat mudah anda lakukan.

  • Potong kecil-kecil kulit buah naga
  • Keringkan dengan cara alami, yakni dengan dijemur di bawah terik matahari
  • Setelah kulit buah naga kering, gunakan sebagai pengganti daun teh untuk anda minum
  • Ambil beberapa potong kulit buah naga kemudian seduh dengan air panas
  • Disarankan tanpa gula agar masalah kesehatan lain seperti diabetes tidak menghampiri anda

8. Merawat Kesehatan Rambut

manfaat kulit buah naga

Jika anda mengalami masalah rambut seperti rambut kusam dan mudah patah, maka jangan buru-buru membuang kulit buah naga setelah anda memakan dagingnya. Karena kulit buah naga juga dipercaya bisa mengatasi masalah kesehatan rambut anda. Cara pengelolaanya sama dengan penggunaan kulit buah naga untuk masalah kulit wajah, yakni dengan menjadikannya masker. Gunakan tiap kali sebelum keramas agar anda mendapatkan hasil yang optimal. Masker kulit buah naga akan dapat menghilangkan kusam pada rambut dan juga menutrisi akar dan batang rambut, sehingga rambut anda tidak mudah patah.

Manfaat kulit buah naga memang tidak diragukan lagi. Namun untuk konsumsi buah naganya sendiri perlu dibatasi atau jangan berlebihan. Beberapa efek samping seperti rasa mual dan bahkan memicu maag, sudah sering terjadi. Hal ini dikarenakan sifat asam yang cukup tinggi pada buah naga. Kadar gula yang tinggi pada buah naga juga menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes dapat menghampiri anda.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Buah_naga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *