Cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga

Cara Menanam Bunga Mawar

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Bunga sering diasumsikan sebagai lambang keindahan dalam kehidupan. Salah satu bunga yang melambangkan keindahan adalah jenis bunga mawar. Sebagai bunga yang paling banyak digemari dan dikagumi, mawar memiliki berbagai jenis mulai dari mawar liar (wild rose) hingga mawar taman (garden rose). Harganya pun relatif terjangkau di pasaran. Budidaya bunga mawar sangat cocok dilakukan bagi kamu yang mencintai keindahan. Cara menanam bunga mawar pun bisa dengan mudah kamu praktekan di rumah.

Bunga mawar juga memiliki warna-warna yang khas, dari warna yang paling cerah hingga warna yang gelap (hitam). Setiap warna pada bunga mawar melambangkan makna tertentu. Contohnya bunga mawar merah yang melambangkan makna cinta dan kasih sayang. Bunga mawar adalah jenis bunga yang varietasnya kebanyakan tumbuh di daerah dengan iklim sub tropis atau iklim lembap.

Karakteristik Bunga Mawar

Karakteristik bunga mawar

Sebelum mempraktekan cara menanam bunga mawar, terlebih dahulu kamu harus mengetahui ciri-ciri bunga mawar. Secara umum spesies bunga mawar memiliki beberapa karakteristik seperti:

  • Memiliki bentuk akar yang bulat dan memanjang. Akar bunga mawar berwarna coklat muda hingga coklat tua.
  • Memiliki batang dengan cabang yang tak menentu atau tidak beraturan. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa bunga mawar adalah salah satu jenis bunga dengan batang yang memiliki duri. Hal ini adalah sebagai bentuk adaptasi bunga mawar terhadap lingkungan sekitar karena batangnya yang rentan dan berdiameter kecil. Batang bunga mawar memiliki warna abu-abu, coklat atau hijau lumut. Melalui batang ini bunga mawar dapat dijadikan bibit vegetatif (dengan stek).
  • Daun pada bunga mawar adalah daun majemuk, memiliki ujung yang runcing atau bergerigi.
  • Memiliki bentuk bunga yang melingkar yang terdiri dari lapisan-lapisan kelopak bunga.
  • Memiliki warna biji kecoklatan hingga hitam yang mampu kita lihat secara kasat mata pada bagian bunga.

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Bagi kamu yang ingin menanam bunga mawar sebagai penghias pekarangan atau penghias rumah, kamu bisa menanam bunga mawar dengan menggunakan media pot. Tetapi jika kamu menginginkan hasil komersial sekaligus budidaya bunga mawar, kamu juga bisa memanam bunga mawar dalam skala besar dan jumlah yang banyak.

Cara menanam bunga mawar pada dasarnya sama dengan prinsip menanam bunga lainnya. Pemilihan tempat dan media tanam sangat menentukan keberhasilan tumbuhnya bunga. Selain itu ketersediaan cahaya matahari yang cukup juga sangat mempengaruhi proses dan tumbuh kembang bunga.

Baca juga: Cara menanam kentang

1. Persiapan

Persiapan penanaman bunga mawar

Sebelum memulai menanam bunga mawar, terlebih dahulu kamu harus mengetahui bagaimana bunga mawar dapat tumbuh dengan baik. Berkembangnya bunga mawar dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • Bunga mawar dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang memiliki iklim sub tropis, dalam hal ini kamu harus memperhatikan dengan baik intensitas matahari, kelembapan udara dan curah hujan.
  • Media tanam yang digunakan kebanyakan yaitu jenis tanah latosol atau andosol.
  • Tanah yang digunakan harus memiliki tekstur seperti tanah liat berpasir.
  • Struktur tanah harus memiliki sistem pengaliran air/drainase yang bagus, unsur zat hara yang cukup juga subur.
  • Media tanam memiliki pH dengan kisaran 5,5-7,0.

2. Pemilihan Bibit Tanaman

Pemilihan bibit bunga mawar

Bibit bunga mawar dapat kita peroleh baik dari bijinya langsung atau yang sering kita sebut dengan bibit generatif, ataupun dari stek atau bibit vegetatif (dari batang). Kamu perlu memperhatikan pemilihan bibit sesuai dengan keperluan budidaya agar perawatannya pun mudah dilakukan. Sama halnya dengan cara menanam bunga mawar dalam pot, pemilihan bibit sangat menentukan hasil yang akan diperoleh.

3. Persiapan Media Tanam

Cara menanam bunga mawar dalam pot

  • Apabila kamu akan menanam bunga mawar dalam media pot kamu perlu menyiapkan media berupa pasir, campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan jumlah 0,25:1:1. Untuk membantu drainase supaya air mengalir dengan baik, kamu juga bisa menaruh kerikil atau pecahan bata di dalam potnya.
  • Untuk skala yang lebih besar atau untuk budidaya kamu perlu mempersiapkan sejumlah bidang tanah yang telah dibatasi tiap petaknya. Media tanam yang digunakan dan campurannya pun sama hanya saja dengan komposisi yang lebih banyak.

4. Penanaman Bibit

Penanaman bibit bunga mawar

Cara menanam bunga mawar agar cepat tumbuh tidaklah sulit bahkan terbilang mudah, akan tetapi kamu harus memperhatikan dan harus benar-benar cermat dalam menanam bibit bunga.

  • Untuk bibit generatif yang berasal dari biji, kamu hanya perlu menanamnya langsung ke dalam media tanam pot berdiameter sedang yang telah berisi campuran tanah dan pupuk. Apabila kamu menanam dalam skala yang besar tiap petak tanaman harus memiliki jarak sekitar 60 x 70 cm.
  • Untuk bibit vegetatif atau melalui stek dari batang tanaman, kamu perlu menanam batang tepat di tengah media tanam dan pastikan tanah menghimpit tepi batang dengan kuat. Perlu diperhatikan juga bahwa penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari supaya batang tanaman langsung mendapatkan asupan cahaya matahari.

Baca juga: Cara menanam sawi

5. Pemeliharaan Bunga Mawar

Pemeliharaan Bunga Mawar

  1. Siramlah bibit yang telah ditanam secara teratur pada pagi dan sore hari. Akan tetapi perlu diperhatikan juga jangan sampai air yang diberikan terlalu banyak. Hal ini akan menyebabkan akar tanaman mati akibat pembusukan.
  2. Perhatikan dan letakkan tanaman pada posisi dengan intensitas cahaya matahari yang baik dan cukup.
  3. Penyiangan dari gulma atau rumput liar juga sangat perlu dilakukan agar pertumbuhan bunga mawar tidak terganggu.
  4. Dalam jangka waktu yang lama (tahunan) perlu dilakukan pergantian media tanam dengan cara memotong akar tanaman supaya bunga tetap tumbuh dengan baik.
  5. Sesekali tambahkan larutan asam benzoat pada saat menyirami tanaman supaya akar tidak membusuk dan terhindar dari bakteri yang menyebabkan penyakit pada bunga.

Baca juga: Cara merawat bunga mawar

6. Perawatan Bunga Mawar Dengan Pemberian Pupuk

Cara menanam bunga mawar agar cepat tumbuh

Sama halnya seperti jenis tanaman yang lain, cara merawat bunga mawar juga memerlukan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Nutrisi yang baik akan terpenuhi dengan cara pemberian pupuk.

  • Pupuk yang sering digunakan untuk pemeliharaan bunga mawar dalam pot adalah pupuk jenis NPK dengan perbandingan 1:10. Kamu bisa memberikan pupuk tersebut setelah 7 hari masa tanam.
  • Bagi sektor budidaya bunga mawar, kamu juga dapat menambahkan pupuk urea kedalamnya. Apalagi untuk cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga hal ini sangat perlu dilakukan. Pupuk urea akan membantu proses tumbuh bunga mawar dalam skala besar sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Pemberian pupuk tersebut bisa diberikan setiap tiga bulan sekali.
  • Jangan lupa untuk selalu menggunakan alat dan bahan yang bersih pada saat melakukan perawatan. Perilaku merawat yang apik akan memberikan hasil yang memuaskan.

Tidak terlalu sulit bukan? Dengan ketekunan dan kemauan yang kuat, kamu bisa memulai budidaya tanaman bunga mawar. Budidaya bunga mawar dapat dilakukan dalam skala kecil maupun besar. Dengan cara menanam bunga mawar ini, kamu bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang indah di pekarangan rumahmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *