Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga

Cara Merawat Bunga Mawar

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Cara merawat bunga mawar – Bunga mawar dikenal banyak orang khususnya orang yang lagi jatuh cinta sebagai symbol romantisme. Memberikan hadiah bunga mawar yang dilakukan oleh seorang pria kepada pasangan wanitanya sudah seperti tradisi yang dikenal kuat di masyarakat.

Bunga yang satu ini memang dikenal memiliki bentuk yang sangat indah dan aroma wangi yang khas. Sehingga banyak orang menyukainya. Bunga mawar memiliki beragam jenis yang bisa dibedakan berdasarkan warnanya dan aroma yang khas masing-masing.

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Selain itu, kemudahan dalam menanam dan merawat bunga mawar, menjadi salah satu alasan beberapa orang untuk membudidayakannya. Di artikel ini Anda akan mendapatkan informasi yang luas tentang bagaimana cara merawat bunga mawar. Sehingga bisa cepat berbunga dan tentu saja tidak mudah layu.

1. Gunakan Pot Yang Tepat

Cara merawat bunga mawar agar tidak layu

Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup untuk menanam atau budidaya bunga mawar, maka Anda bisa menggunakan pot. Cara merawat bunga mawar di pot yang paling penting diketahui adalah dalam memilih pot.

Pot yang tidak ada pori-pori atau lubang air dibawahnya akan mempercepat pembusukan akar tanaman mawar. Air yang menggenang terlalu banyak di dalam pot akan menyebabkan tumbuh suburnya bakteri atau hama yang akan merusak akar tanaman. Sehingga gunakan pot yang berlubang dibawahnya dan terbuat dari tanah liat. Pot yang yang terbuat dari tanah liat memiliki pori-pori yang banyak di dindingnya sehingga bisa meresap air yang berlebihan di dalam pot.

2. Perhatikan Teknik Penyiraman

Bunga mawar tidak terlalu suka dengan air, sehingga pemberian air yang berlebihan dapat berdampak negatif pada perkembangan bunga mawar. Jika musim hujan, tidak perlu dilakukan penyiraman karena sudah tergantikan oleh air hujan. Namun tetap diperhatikan debit airnya, jika dalam pot sudah ada air menggenang, maka jauhkan pot dari paparan air hujan langsung.

Sedangkan jika musim kemarau, maka siram bunga mawar sehari dua kali, tiap pagi dan sore hari. Semprot juga bagian daun dan bunga dengan semprotan khusus atau sprayer. Teknik ini dilakukan karena daun dan bunga mawar rentan kering sehingga butuh pembasahan.

Baca juga: Cara menanam bunga mawar

3. Pastikan Cukup Terkena Sinar Matahari

Pastikan bunga mawar cukup terkena sinar matahari

Ini adalah cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga, yakni dengan memberi paparan cahaya matahari yang cukup. Sehingga tempatkan bunga mawar di lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Namun saat musim kemarau, Anda harus menyemrotkan air ke daun dan bunga lebih sering sehingga tidak menjadi kering. Atau Anda bisa menggunakan semacam jaring penghalang sinar matahari untuk menurunkan suhu matahari yang mengenai tanaman mawar.

Jika Anda meletakkan bunga mawar di dalam rumah, maka Anda perlu mengeluarkan bunga mawar tiap pagi, antara jam 7 hingga 9 pagi. Tujuannya adalah untuk memberikan sinar matahari yang cukup bagi tanaman mawar. Karena jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka bunga mawar tidak akan tumbuh secara baik.

4. Pemangkasan Rutin

Pemangkasan Bunga Mawar

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses perkembangan tanaman mawar, akan selalu ada bagian ranting dan daun yang mongering atau membusuk. Jika bagian yang seperti ini masih menempel di tanaman mawar, maka akan merembet ke bagian yang lainnya. sehingga langkah yang harus diambil adalah pemangkasan.

Pemangkasan dilakukan di ranting yang daun atau batangnya mengalami pembusukan atau kering. Anda perlu memperhatikan secara rutin sehingga pertumbuhan bunga mawar akan optimal. Pangkas dengan menggunakan gunting taman secara lurus dan rapi.

5. Pemberian Pupuk

Semua makhluk hidup membutuhkan asupan makanan yang bergizi agar mendapatkan energi sebagai kebutuhan hidupnya, tidak terkecuali pada tanaman mawar Anda. Jika sumber energi pada manusia adalah makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi sehari-hari, maka sumber gizi bagi tanaman adalah pupuk dan air.

Pemberian pupuk tidak hanya dilakukan saat pertama kali menanam tanaman, namun juga secara periodik tetap dilakukan pemupukan. Pupuk yang sangat cocok untuk tanaman mawar agar tidak layu adalah yang berbahan alami, salah satunya adalah pupuk kandang.

Pupuk kandang bisa terbuat dari kotoran sapi atau kambing, beberapa peternak ayam juga biasa membuat pupuk kandang dari kotoran ayam yang dikumpulkan, lalu difermentasi beberapa hari. Pupuk hijau atau pupuk yang terbuat dari sisa-sisa dedaunan juga bisa menjadi alternatif jika sulit menemukan pupuk kandang.

Pupuk jenis NPK juga bisa Anda gunakan sebagai variasi dari pupuk kandang dan hijau. Bisa Anda berikan tiap satu bulan sekali. Sedangkan yang pupuk kandang dan hijau bisa dua minggu sekali. Pupuk jenis NPK lebih mudah didapatkan karena tersedia di berbagai toko pertanian sekitar lingkungan Anda.

6. Antisipasi Hama Pengganggu

Mengantisipasi hama pengganggu bunga mawar

Dalam proses perawatan bunga mawar yang tidak boleh dilupakan adalah dalam hal mengantisipasi munculnya serangan hama. Ini juga bisa disebut sebagai cara merawat bunga mawar agar tidak layu. Adanya hama penyakit dan berbagai gulma pengganggu memiliki dampak membuat tanaman mawar kita mudah layu.

Penggunaan pestisida sangat dianjurkan agar tanaman mawar tidak disinggahi berbagai macam hama. Kami menyarankan penggunaan pestisida yang ramah terhadap kulit manusia. Namun, pada dasarnya penggunaan pestisida pada tanaman hias bukan yang bersifat konsumsi tidaklah masalah.

Selalu mengontrol kondisi daun dan bunga mawar tiap hari juga sangat dianjurkan. Jika menemui ada daun yang kering, maka segeralah Anda petik. Karena daun yang sudah mati tersebut dapat mengandung hama penyakit yang bisa menyerang ranting dan daun yang masih sehat.

Jika Anda melihat adanya rumput di media tanam atau di pot, maka jangan dibiarkan. Rumput tersebut memang terlihat sebagai hiasan tambahan yang bisa mempercantik pot kita, namun sebenarnya rumput liar tersebut adalah gulma. Dan ini bisa menyerap berbagai zat gizi yang ada di media tanam bunga mawar kita. Jika rumput itu dibiarkan, maka nutrisi yang diserap oleh tanaman mawar kita akan berkurang. Alhasil, bunga mawar kita tidak bisa berkembang cantik.

7. Berikan Tambahan Suplemen

Cara merawat bunga mawar agar bisa berbunga lebat adalah dengan memberikan suplemen ekstra. Jadi, tidak hanya manusia yang memerlukan suplemen tambahan untuk menjaga kesehatannya, tanaman mawar juga memerlukan hal itu.

Biasanya para pembudidaya bunga mawar menggunakan Atonik dan Gandasil B. Dua bahan tersebut terdapat pada pupuk ZPT. Pupuk jenis ini digunakan khusus untuk merangsang tanaman berbunga agar dapat mempercepat proses pembungaan.

Baca juga: Cara menanam kentang

Di dalam ZPT terdapat unsur kalium yang tinggi. Kalium adalah zat yang berperan penting dalam merangsang pertumbuhan tanaman. Sehingga banyak petani bunga mawar jenis apapun yang menggunakan ZPT agar bunganya cepat bermekaran dan lebat.

Bunga mawar selain sangat cocok sebagai hadiah di momen spesial, juga bagus untuk hiasan dekorasi interior maupun ekterior rumah. Anda bisa meletakkan beberapa pot bunga mawar di teras rumah agar rumah Anda menjadi lebih menarik, tamu-tamu yang datangpun akan berdecak kagum meihatnya.

Untuk cara lengkap merawat bunga mawar bisa dilihat di video berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *