Jenis Burung Kenari

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Jenis-jenis burung kenari – Anda yang memiliki hobi memelihara burung pastinya tahu burung yang satu ini, burung kenari. Burung yang satu ini memang dikenal memiliki suara yang bisa dibilang merdu dan bulu yang sangat indah. Pastas saja burung kenari menjadi salah satu burung yang biasa dilombakan.

Para kicau mania yang suka ikut lomba burung, kebanyakan menggunakan burung jenis kenari karena dikenal memiliki suara yang merdu dan bulu yang bagus. Bahkan beberapa jenis memiliki suara yang lantang, mirip alunan lagu dan berulang-ulang.

Nama latin dari burung kenari adalah Serinus Canaria, disebut canaria karena memang asal dari burung ini adalah di pulau canary. Kepulauan Canary masuk dalam wilayah Negara Spanyol. Tepatnya di sebelah barat laut pesisir Afrika.

Jenis Burung Kenari Dan Harganya

Jenis burung kenari gacor

 

Burung kenari terdiri dari beberapa jenis. Dan beberapa jenis dihasilkan dari perkawinan silang yang dilakukan oleh peternak burung kenari. Di Indonesia, pecinta burung yang biasa ikut lomba pasti mencari burung yang satu ini.

Dalam kesempatan ini, saya akan mengulas berbagai jenis burung kenari agar bisa menjadi referen bagi Anda yang hendak memelihara atau ingin memenangkan perlombaan burung. Berikut jenis burung kenari dan harganya baik lokal maupun dunia.

1. Kenari Belgia

Kenari yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang unik. Terlihat bungkuk sehingga di mata pecinta burung, kenari Belgia dianggap tidak memiliki bentuk tubuh ideal. Di Belgia sebagai tempat asalnya, banyak peternak burung ini mengalami kesulitan membudidayakannya. Hal ini dikarenakan kenari Belgia memiliki hormone tertentu yang membuatnya sulit berkembang biak dengan baik.

Meski begitu, tercatat kenari Belgia kini sudah ada di 60 negara. Ini membuktikan bahwa burung yang satu ini menjadi salah satu primadona burung peliharaan. Untuk harga burung kenari Belgia dewasa di kisaran 1,7 – 2 juta rupiah. Namun jika tabungan Anda masih kurang, anda bisa membeli anakan yang bisa ditebus dengan banderol 500 ribuan.

2. Kenari Cinnamon

Memiliki warna bulu yang merah menyala membuatnya sangat menarik. Kenari yang satu ini asalnya dari Inggris, mulai dikembangkan pada abad ke-19. Kenari cinnamon merupakan hasil perkawinan silang antara burung liar yanga ada di Spanyol.

Ukuran tubuhnya antara 14 hingga 16 cm, membuatnya lebih besar dari kenari jenis Norwich. Dikenal juga dengan sebutan kenari kayu manis. Keindahan warna bulu membuat kenari cinnamon cukup langka. Jika Anda beruntung menemukannya, maka dapat dipastikan harganya relative mahal. Di pasaran untuk harga kenari cinnamon anakan kisaran 300 ribu. Namun jika sudah dewasa, harganya bisa satu juta lebih.

Baca juga: Jenis-jenis Burung Kicau Terbaik

3. Kenari Crested

Dikenal sebagai kenari kecil karena ukuran badannya yang tergolong mini, namun terlihat gemuk. Keuninkan dari kenari crested yang tidak dimiliki burung yang lain adalah adanya bulu yang mirip mahkota diatas kepalanya. Kenari crested berasal dari Skotlandia. Jika Anda menginginkan kenari crested, untuk anakan siapkan dana yang cukup besar, yakni di kisaran Rp 755.000.

4. Kenari Holland

Panjang tubuh kenari yang satu ini termasuk besar, kisaran 13 cm -15 cm. memiliki kombinasi warna yang 100%, ada yang putih, merah, kuning, hijau, abu-abu tua, oranye dan coklat. Bentuk tubuhnya terlihat ideal.

Kenari Holland sangat cocok diikutkan lomba, suaranya dikenal tebal dan bisa seperti alunan lagu yang berulang-ulang. Juga memiliki mental petarung yang handal sehingga potensi memenangkan perlombaab sangat besar. Patas saja banyak kicau mania yang memburu kenari Holland. Karena keunggulannya, harga di pasaran untuk usia dewasa bisa mencapai 2 jutaan. Sedangkan untuk anakan bisa di angka Rp. 700.000.

5. Kenari Lancashire

Burung jenis ini berasal dari Negara Inggris. Kenari Lancashire tergolong memiliki badan yang cukup besar dan tegap. Panjangnya mencapai 20 cm, warna bulunya terdiri dari perpaduan kuning dan putih sehingga membuatnya tampak elegan. Ditambah ada aksen bulu diatas kepalanya yang mirip model rambut pirang.

Untuk urusan keindahan penampilannya, burung kenari jenis ini paling dapat diandalkan untuk memenangkan lomba. Tertarik memelihara jenis kenari yang satu ini? Siapkan dana perkiraan Rp. 500.000 untuk anakan.

6. Kenari Lizard

Burung kenari yang satu ini termasuk yang tertua. Mulai dikembangkan sejak tahun 1700-an. Asalnya dari Perancis. Dinamakan lizard karena corak warna pada bulu burung kenari yang satu ini mirip sisik pada kadal. Ciri yang lain dari burung ini adalah warna kuning cerah dengan tambahan coklat gelap pada sayapnya. Sementara warna kepalanya kuning yang dibalut hitam pada matanya. Harga kenari Lizard di pasaran untuk anakan bis tembus Rp. 500.000.

7. Kenari Lokal Putih

Ternyata di Indonesia juga ada jenis burung kenari. Salah satu jenis burung kenari lokal adalah kenari lokal putih. Sebagaimana namanya, burung kenari yang satu ini memiliki warna dominan putih. Kenari local putih dikenal memilki suara yang merdu dan lantang sekali, istilah orang Jawa suaranya gacor. Untuk itu banyak sekali yang menjadikan kenari jenis ini sebagai gacoan saat lomba. Untuk harganya, burung kenari lokal putih anakan dibanderol dengan harga Rp. 110.000.

8. Kenari Roller

Negara Jerman juga punya spesies burung kenari, namanya kenari Roller. Bagi para pecinta burung, kenari roller dikenal memiliki kicauan yang paling menawan, belum ada yang bisa menandinginya. Karakter suara yang roll panjang menjadi ciri khasnya, sehingga julukannya adalah kenari roller.

Ukuran kenari roller terbilang kecil, hanya 7,5 cm saja. Memiliki dagu yang agak menggelembung, ini yang menjadikan kenari roller memiliki karakter kicauan yang sangat panjang. Siapkan dana sekitar 1 jutaan untuk mendapatkan kenari Roller yang masih anakan.

9. Kenari Yorkshire

Jenis burung kenari berikutnya adalah kenari Yorkshire. Kenari yang satu ini berasal dari negara paman sam atau USA. Namun di Indonesia, kenari Yorkshire cukup banyak penggemarnya. Warna dominan kuning dengan sedikit aksen putih dan hitam membuat penampilannya menarik. Postur tubuh dari kenari Yoerkshire sangat gagah, Anda pasti ingin memeliharanya. Untuk harga dewasa kenari jenis Yorkshire bisa dikisaran Rp. 1.200.000.

10. Kenari Frill

Terakhir adalah jenis burung kenari Frill. Hal yang paling unik dimiliki kenari frill adalah bulu-bulunya yang terkesan acak-acakan. Arah bulunya justru banyak keatas sehingga terlihat jabrik. Ukuran tubuhnya juga relative kecil, antara 10-11 cm saja. Harga kenari frill dewasa relative mahal, mencapai Rp. 2.050.000.

Demikian jenis-jenis burung kenari yang bisa menjadi alternative pilihan bagi Anda yang ingin memulai memelihara burung kenari. Karena burung kenari banyak yang menjadikannya burung pelrombaan, maka bertenak burung kenari bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Baca juga: Jenis-jenis burung lovebird terbaik

Cara ternak burung kenari juga relative mudah dan untuk memelihara burung tidak memerlukan lahan yang besar. Anda bisa membuat sangkar burung bertingkat di ruang yang terbatas, sehingga bisa menampung banyak burung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *