Makanan burung parkit agar cepat bertelur

Makanan Burung Parkit

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Makanan burung parkit – Banyak sekali jenis burung yang memiliki penampilan menarik dan suara yang enak di dengar, salah satunya adalah burung parkit. Tak ayal banyak sekali pecinta burung yang memelihara jenis burung yang satu ini.

Dari beberapa jenis burung parkit, yang paling populer adalah parkit Australia. Penampilannya yang berjambul mirip dengan burung kakatua namun dengan ukuran tubuh yang jauh lebih kecil. Wajar saja ada kemiripan karena kakatua yang merupakan burung khas Pulau Cendrawasih, Papua sangat dekat secara geografinya dengan Australia. Namun berdasarkan penelitian, keluarga burung ini justru dekat dnegan parkit atau betet sehingga tidak dimasukkan jenis kakatua.

Selain itu beragamnya warna yang ada di berbagai jenis burung parkit menjadi daya tarik tersendiri bagi kicau mania. Dengan keunggulan yang demikian, burung parkit juga sering diikutkan perlombaan burung walaupun tidak terlalu banyak karena secara kicauan masih kalah dengan burung yang lainnya semisal kenari.

Makanan Burung Parkit Agar Jinak

Milet, makanan burung parkit agar gacor
Milet, makanan burung parkit agar gacor

Bagi Anda yang ingin merawat burung yang punya nama lain burung betet ini pastinya membutuhkan wawasan tentang apa saja makanan yang disukainya. Jika makanan yang Anda berikan sudah tepat, maka bisa mempercepat burung parkit bertelur hingga bersuara gacor. Berikut beberapa makanan burung parkit agar cepat gacor:

1. Biji Jagung Muda

Makanan burung parkit yang pertama adalah biji jagung muda. Beberapa kicau mania menganggap biji jagung khususnya yang masih muda, segar dan sedikit basah menjadi menu paling digemari burung parkit. Jadi jika Anda membeli biji jagung muda, pastikan Anda merendamnya terlebih dahulu agar sedikit basah.

Selain itu, teknik merendam ini bisa digunakan untuk memilih mana biji jagung yang berkualitas dan mana yang tidak. Biji jagung yang tenggelam adalah yang berkualitas sedangkan yang mengapung itu tandanya tidak ada isinya atau ompong dan kering.

2. Biji Beras Merah

Beras merah juga disukai burung parkit dan menjadi salah satu makanan burung parkit lokal. Cocok juga langsung disajikan dalam kondisi kering tidak perlu direndam sebagaimana biji jagung muda. Kini sudah banyak sekali toko sembako yang menjual beras merah, harganya relative lebih mahal sedikit dari beras putih.

3. Biji Jewawut

Makanan burung parkit berikutnya adalah biji jewawut. Biji yang satu ini pasti mudah didapatkan di toko-toko pakan burung. Berbagai macam burung termasuk parkit tidak akan menolak biji yang satu ini. Biji jewawut memiliki cukup banyak kandungan protein, lemak dan karbohidrat yang sangat baik bagi burung parkit.

4. Milet

Ini adalah salah satu makanan burung parkit Australia dan beberapa jenis burung yang lain seperti kenari, perkutut, gereja dan burung pipit. Secara penampakannya sama dengan biji jewawut, namun butiran milet lebih besar, mengkilap sehingga terlihat licin. Ada dua tipe milet, merah dan putih. Secara kualitas banyak yang mengatakan merah lebih bagus, oleh karenanya secara harga juga lebih mahal.

5. Sayuran Kol

Selain biji-bijian, burung parkit juga suka dengan beberapa jenis sayuran. Salah satunya adalah kol. Berikan kol untuk selingan pakan burung parkit paling tidak seminggu dua kali. Kol banyak kandungan gizinya sehingga bagus utuk perkembangan burung parkit.

6. Sayuran bayam

Bayam ternyata tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh manusia karena kandungan zat gizi yang melimpah. Namun juga berpengaruh positif untuk kesehatan burung parkit. Sebagaimana sayuran kol, Anda tidak perlu memberikan bayam setiap hari. Berikan sebagai selingan dari makanan utama burung parkit, yakni biji-bijian.

Baca juga: Daftar harga burung parkit

7. Sayuran Brokoli

Mungkin brokoli menjadi menu sayuran paling favorit bagi burung betet. Dilihat dari tekstur dari brokoli lebih menyerupai biji-bijian sehingga minat makan burung parkit terhadap brokoli lebih tinggi dibandingkan dua sayuran sebelumnya.

8. Sayuran Toge

Bagi manusia, toge dipercaya sangat baik untuk kesuburan. Ternyata hal ini juga bisa berlaku bagi burung parkit. Bagi Anda yang saat ini sedang membudidayakan burung parkit, maka selingan makanan toge sangat baik agar burung parkit cepat bertelur. Selain itu, kandungan vitamin E dalam toge juga sangat baik bagi kesehatan bulu-bulu parkit kesayangan.

9. Buah-buahan

Di alam liar, burung parkit tidak hanya menyukai biji-bijian, tapi juga buah-buahan. Beberapa buah yang cukup digemari burung parkit seperti apel, pisang, pir, melon, jeruk dan anggur. Tidak dapat dipungkiri bagaimana kandungan gizi yang ada di buah-buahan sangat melimpah. Sehingga akan sangat baik bagi kesehatan burung parkit.

Jangan lupa untuk mengontrol sisa buah yang tidak dimakan. Idealnya pakan buah hanya bertahan 2 jam, sehingga jika dalam waktu 2 jam masih ada sisa buah yang tidak dimakan, maka segera buang dan ganti yang baru. Sisa buah yang tidak segera dibuang akan dapat membusuk dan justru berbahaya bagi burung parkit jika dimakan.

10. Batu Kerikil

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa batu kerikil bisa menjadi makanan burung parkit. Di dalam batu kerikil sebenarnya juga mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh burung parkit. Namun ada fungsi unik jika memakan batu kerikil pada sistem pencernaan burung parkit. Yakni membantu proses pencernaan makanan yang dikonsumsi burung parkit, spesifiknya membantu menghaluskan makanan.

11. Grit

Jika Anda merasa kerepotan untuk menyiapkan batu kerikil, kini di toko-toko pakan burung telah ada produk yang memiliki fungsi sama dengan batu kerikil, yakni grit. Komposisinya pun tidak hanya batu kerikil, namun juga ada pecahan kulit bekicot, kulit kerang, pecahan batu kali bahkan arang batok granit. Grit lebih praktis daripada Anda menyiapkan batu kerikil dimana Anda harus menumbuknya dan tidak boleh terlalu halus juga.

12. Pakan Instan

Selain grit yang bersifat praktis, terdapat pakan instan berbagai jenis juga tersedia di toko pakan burung peliharaan. Terutama bagi Anda yang memelihara burung parkit anakan, maka pakan instan bisa menjadi alternative utama makanan burung parkit anakan. Hal ini dikarenakan kandungan gizinya sudah tertakar dengan baik sehingga Anda tidak perlu khawatir kesehatan burung parkit ternak Anda.

Makanan paling disukai menurut admin adalah biji-bijian, sangat sesuai dengan jenis paruh burung parkit, yakni paruh bengkok. Burung yang memiliki bentuk paruh seperti ini umumnya menyukai biji-bijian. Namun Anda tetap harus memvariasi menu makanannya agar parkit tidak jenuh dan kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi. Karena kalau hanya satu jenis makanan, maka kandungan gizinya ada yang kurang lengkap.

Walaupun jarang dilombakan, burung betet sangat menarik untuk dipelihara dan dijadikan hiasan. Pilihan warnanya juga sangat banyak, ada yang kuning, hijau, biru kehijauan dan sebagainya. Banyak sekali anak-anak yang menyukai penampilannya yang lucu sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri di kala stress.

Dengan kata lain, memelihara burung parkit memiliki dua keuntungan, pertama bisa menjadi burung kicauan dan yang kedua sebagai burung hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *